Big Days · Zilko's Life

#1912 – Bye, Bye, Delft!!

ENGLISH

Yesterday morning, I had the final inspection of my apartment in Delft where at the end of it I returned my Delft apartment keys. Yep, 2441 days after arriving in Delft about six and a half years ago, I moved on with my life and had completely closed the Delft chapter of my life.

Btw, while the definition of my first day in Delft is clear, the definition of my last is not. Depending on what we consider as my “last” day, there are a few possibilities, haha.

Officially, I have started living in Amsterdam one day after I got the keys of my apartment when I registered myself in Amsterdam’s gemeente (city hall). However, I did not start to actually live in my apartment until just before my Easter long weekend trip to Zurich because I was waiting for the internet connection to be installed, lol 😆 . Even after that, I still had some of my stuffs in Delft, which all of them I finally moved this weekend. Still, it was just yesterday where I finally had the final inspection and returned the keys. Nonetheless, I paid the full rent for April so technically I could still have had my apartment until this coming April 30th, haha 😆 .

The end of the Delft chapter of my life

I personally like the “keys” definition the best. So if you ask me, yesterday was my last day in Delft. Though, under this definition I have also lived in Amsterdam since the beginning of the month. So, for about three weeks this month, I lived in two different places! Haha 😆

Anyway, as usual, it was quite a little bit emotional to return the keys. And this one was a big one, as it symbolized the final page of the Delft chapter of my life. Possibly a bit similar to my feeling when I was closing the Bandung chapter of my life almost seven years ago.

But well, life goes on.

I feel happy, grateful, and satisfied with the 80 months of my life in Delft, especially that it was where I got my Master and Doctorate degrees. Now that I have both, it is time to move on.

So, as the title of this post says:

Bye, Bye, Delft and thank you for the great 80 months!

Bye, bye, Delft.

BAHASA INDONESIA

Kemarin pagi, inspeksi akhir apartemenku di Delft berlangsung yang mana diakhiri denganku mengembalikan kunci-kunci apartemen Delft-ku. Ya, 2441 hari setelah tiba di Delft sekitar enam setengah tahun yang lalu, aku move on dengan kehidupanku dan telah menutup penuh bab Delft dari hidupku.

Btw, jika definisi hari pertamaku di Delft itu jelas, definisi hari terakhirku kurang begitu jelas. Tergantung dari apa yang kita pandang sebagai hari “terakhir”, ada beberapa kemungkinan, haha.

Secara resmi, aku sudah mulai tinggal di Amsterdam sehari setelah aku mendapatkan kunci apartemenku ketika aku meregistrasikan diriku di gemeente (balai kota)-nya Amsterdam. Namun, aku masih belum tinggal di apartemenku ini sampai tepat sebelum perjalanan long weekend Paskahku ke Zurich karena aku menunggu terpasangnya koneksi internet terlebih dahulu, haha 😆 . Itu pun, barang-barangku sebagian masih berada di Delft, yang mana semuanya akhirnya kupindahkan akhir pekan kemarin. Dan baru kemarin pagi inspeksi akhir berlangsung dan kunci-kuncinya aku kembalikan. Walaupun begitu, aku membayar sewa penuh di bulan April jadi secara teknis bisa-bisa aja sih kalau aku mau tinggal di apartemenku hingga 30 April ini, haha 😆 .

Akhir dari bab Delft dari hidupku

Untukku sendiri, aku paling suka dengan definisi “kunci”. Jadi jika aku ditanya, kemarin lah hari terakhirku di Delft. Walaupun, dengan definisi ini, artinya aku juga sudah tinggal di Amsterdam semenjak awal bulan ini dong ya. Jadi selama sekitar tiga minggu bulan ini, aku tinggal di dua tempat secara bersamaan! Haha 😆

Anyway, seperti biasa, pengembalian kunci terasa emosional bagiku. Dan kali ini “besar” pula, karena pengembalian ini menyimbolkan halaman terakhir dari bab Delft dari hidupku. Mungkin mirip-mirip lah sama perasaanku ketika aku menutup bab Bandung dari hidupku hampir tujuh tahun yang lalu.

Tapi ya gitu kan, kehidupan terus berlanjut.

Aku merasa senang, penuh syukur, dan puas dengan 80 bulan hidupku di Delft, terutama di sana lah aku mendapatkan gelar Master (S2) dan Doktoral (S3)-ku. Sekarang dengan dua gelar ini menjadi milikku, sudah waktunya untukku move on.

Jadi, seperti judul posting ini:

Bye, Bye, Delft dan terima kasih atas 80 bulan yang seru!

Bye, bye, Delft.
36 thoughts on “#1912 – Bye, Bye, Delft!!

    1. Iya Bu. Kalau deposit mah memang wajib ada di sini, haha. Tapi kemarin inspeksinya oke kok jadi bakal dibalikin full. Cuma bakal dipotong biaya bersih-bersih basic aja yang minimal 😀 .

  1. aaahhh seneng ya ko pindah2 kota gitu. entah mengapa aku selalu iri sama orang yang bisa pindah2 dikehidupannya. soalnya kalo aku kan gak pernah pindah. tetep aja di pontianak terus. hiks.

    tapi udah gak lebih emosional seh semenjak punya keluarga. dulu iya emosinya membuncah banget 😆

  2. Momenr pindahan itu emang emotional banget ko. Jaman tinggal di asrama aja selalu sedih karena tiap tahun harus ganti kamar.

    Apalagi pas liat ruangannya kosong…lek berasa hampa gitu ya (hadeh drama beer kamu Jo😂)

    Good luck ya ko di Amsterdam….

    1. Iyaa, liat ruangan kosong, trus pandangan menyapu ruangan dan terakhir melihat kunci yang akan dikembalikan ditaruh di atas meja. Drama banget, ahahahah 😆 *kebanyakan nonton drama*. Trimss!!

  3. Bisa dimaklumi perasaan drama itu. Suka duka pasti ada memorynya kan. tapi enaknya ada new life yang menunggu. perpaduan yang menarik#apaan coba😝😝

  4. Jadi ingat waktu ninggalin apartemen di Jepang yang aku tinggalin cuma 2.5 bulan aja untuk training..Wih, saat itu aku mellow banget dan nangis sambil terus lihat ke arah apartemenku sambil jalan dan mengenang masa masa 2.5 bulan tinggal di sana 😦 Dan hal itu yang sampai sekarang bikin aku suatu hari pengen punya apartemen sendiri, baik di Indonesia atau di Jepang 🙂

Leave a Reply

