General Life · my apartment · Zilko's Life

#1904 – A (Long) Weekend Story

ENGLISH

The theme of this weekend of mine was to make my apartment in Amsterdam habitable, haha.

The apartment comes “empty”, i.e. I have to fill it in with furnitures so that it becomes livable. Well, at least I am “lucky” that I already get the flooring (in many cases in the Netherlands, often an apartment/house does not come with flooring, even the rental ones!) and the walls are already painted (plain white, though, but I am fine with that ๐Ÿ˜› ). So these two factors definitely help a lot!

By furnitures, btw, thoseย are not only the bed, tables, sofa (I ended up getting a sofa bed, btw ๐Ÿ˜› ), cupboards, chairs, fridge, washing machine, etc; but also the curtains, lamps, etc that need to be taken care of, haha. Many of my weekends in March were filled with preparing for these stuffs; and I was able to get them all delivered this weekend, haha ๐Ÿ˜› .

The delivery of some of my furnitures

I took a special day off on Friday (it did not take away from my regular holiday allowance ๐Ÿ˜€ ), so that I would have a lot of time for this. Obviously, knowing myself I also arranged for some helpers from the stores to help me set up many of those furnitures. Of course I had to pay extra for these services but to me this was super worth it.

So this weekend I was, basically, supervising these works. And of course I helped myself too, so thatย more work would be finished. Yep, the hammer drill I bought two weeks ago was for this purpose indeed.

Obviously I had to selfie

So is the work finishedย already? No, not at all, lol ๐Ÿ˜† . Quite far from it, actually, lol ๐Ÿ˜† . First of all, I just realized I didย not properly measure all the dimensions in my apartment and so I bought the wrong stuffs, lol ๐Ÿ˜† . This means there are a few things I still need to buy. Secondly, as expected, though, the work took so much time and energy; especially for me who do not do (nor like doing) this kind of activities in aย regular basis, haha. And third of all, especially with the ceiling lamps, I find some of the cabling quite confusing and difficult to handle. It needed lots of creativity.

As a result, I am physically very exhausted, now.ย I actually don’t think this is a good use of my free time and weekend, both for my physical and mental well-being, lol ๐Ÿ˜† .ย And so I am thinking of gettingย a handyman’s help to do the rest of the work for me, hahaha ๐Ÿ˜† . Thisย might cost some fortune (Obviously. What is expensive in the Netherlands is the wage!), but it is worth it!

The assembly extra service was so worth it!!

Nonetheless, at least I can say I learned a few new skills over this (long) weekend. While, to be honest, I didn’t really enjoy it a lot, at least I felt the joy and satisfaction when the stuffs I assembled worked! Lol ๐Ÿ˜† .

BAHASA INDONESIA

Tema akhir pekanku kali ini adalah membuatย apartemenku di Amsterdamย bisa dihuni, haha.

Jadi ceritanya apartemenku ini aku dapatkan “kosong”, artinya aku harus mengisinya dengan mebel-mebel agar bisa aku tempati. Yah, setidaknya aku “beruntung” sih apartemennya sudah berlantai (cukup umum di Belanda, apartemen/rumah itu belum ada lantainya, termasuk yang untuk disewakan!) dan temboknya juga sudah dicat (putih polos sih, tapi aku nggak apa-apa sih dengan warna ini ๐Ÿ˜› ). Jadi kedua faktor ini jelas membantu banget!

Dengan mebel-mebel, btw, bukan hanya ranjang, meja-meja, sofa (akhirnya aku membeli sofa bed sih, ๐Ÿ˜› ), kursi-kursi, lemari, kulkas, mesin cuci, dll; tetapi juga gorden, lampu-lampu, dll yang juga harus diurus kan, haha. Nah, kebanyakan akhir pekanku bulan Maret lalu aku gunakan untuk mengurus ini nih. Dan aku meminta semuanya untuk diantar akhir pekan ini, haha ๐Ÿ˜› .

Pengantaran sebagian dari mebel-mebelku

Aku mengambil cuti spesial di hari Jumat (jadi jatah cuti biasaku tidak berkurang ๐Ÿ˜€ ), sehingga aku memiliki banyak waktu untuk ini. Jelas, dengan mengetahui diriku sendiri, aku juga membayar jasa beberapa orang untuk membantuku memasang barang-barang ini. Jelas aku harus membayar ekstra tetapi bagiku ini worth it banget.

Jadilah akhir pekan ini aku mengawasi pekerjaan ini. Dan tentu saja aku juga ikutan membantu, sehingga semakin banyak pekerjaan yang terselesaikan. Iya, memang bor perkusi yang kubeli dua minggu yang laluย untuk ini kok.

Jelas mestiย selfie dulu dong

Apakah sekarang pekerjaannya sudah selesai? Ya belum lah! Haha ๐Ÿ˜† . Masih jauh dari selesai, haha ๐Ÿ˜† . Pertama-tama, aku baru menyadari bahwa aku tidak mengukur dengan benar semua dimensi dari apartemenku sehingga beberapa barang yang kubeli salah dong, haha ๐Ÿ˜† . Ini artinya ada beberapa barang lain yang masih mesti aku beli. Yang kedua, sesuai dugaanku sih, kegiatan ini sungguh memakan banyak waktu dan energi; terutama untukku yang memang nggak pernah melakukan (dan memang nggak suka) aktivitas beginian, haha. Dan yang ketiga, untuk lampu plafon, aku merasa beberapa kabelnya agak membingungkan dan sulit untuk dikerjakan. Butuh kreativitas banget!

Sebagai akibatnya, sekarang aku merasa lelah banget secara fisik. Aku rasa ini bukanlah ide yang baik untuk menghabiskan waktu senggang dan akhir pekanku, baik untuk kesehatan fisik dan mentalku, haha ๐Ÿ˜† . Jadilah sekarang aku berniat untuk memanggil tukang aja untuk menyelesaikan semua sisa pekerjaannya untukku, hahaha ๐Ÿ˜† . Mahal sih (Ya iya lah, di Belanda yang mahal kan memang biaya tenaga kerja!) tapi memang worth it!

Layanan ekstra pemasangannya worth it banget!!

Toh walaupun begitu, setidaknya sekarang aku bisa bilang bahwa aku mempelajari ilmu baru akhir pekan (panjang) ini. Walaupun, jujur, aku nggak begitu menikmatinya, setidaknya aku juga merasakan kebahagiaan dan kepuasan ketika aku berhasil memasang sesuatu dan itu bekerja dengan baik! Hahaha ๐Ÿ˜† .

Advertisements

33 thoughts on “#1904 – A (Long) Weekend Story

        1. Awalnya sedikit panik Non tapi setelah settled down sedikit jadi nggak panik, haha. Fokus sama yang penting2 dulu dan kualitasnya oke, belinya pelan-pelan aja toh rumah sendiri ๐Ÿ˜„.

  1. Kalo di kerjadin sendiri bakalan gak abis2 ya, kelamaan jadinya, kalo ada yg bantu bisa cepet. Asik bentar lagi Zilko pindahan rumah baru nih, tungguin room tour nya ah *dikata vlog apa*,hehe

    1. Iya banget! Kemarin sempat mikir untung aku menyewa layanan ekstra pemasangan itu ketika melihat banyaknya kardus mebel yang harus dipasang!! Hahaha ๐Ÿ˜† . Huahaha, nggak serajin itu buat bikin vlog nih ๐Ÿ˜› .

  2. Di sana ga ada yg langsung isi gitu ya?
    Aku juga lagi nyari apartement di jakarta, tp berusaha ga yg kosongan. Males ngisinya, blm ntar kalau pindahan lagi :))

    1. Kalau apartemennya sewa sih ada yang langsung isi. Jatuhnya tentu lebih mahal sih soalnya kita juga harus “sewa” mebelnya juga kan. Tapi kalau apartemennya beli kayak tempatku yang ini sih masih kosong, hehe ๐Ÿ™‚ . Bahkan sebagian pun kosongnya masih belum ada lantai dan temboknya belum dicat, hahaha ๐Ÿ˜† .

  3. Selamat pindahan. Tapi klo sedari awal aku yg ngerjain mending nyuruh orang melakukannya. Soalnya aku nggak bakat banget klo di suruh begituan. Nanti malah berantakan ha ha ha…..

    1. Iya aku pikir juga seharusnya lebih baik begitu (nyuruh orang). Masalahnya biaya tenaga kerja di sini kan mahall jadi kemarin mikir dicobain aja dulu sendiri ๐Ÿ˜‚.

  4. kebayang cape nya tapi excited kan… ๐Ÿ™‚
    kok lucu ya ada apartement yang gak berlantai. jadi kalo orang nyewa trus penyewanya mesti pasang lantainya sendiri gitu?

    1. Iya excited tapi cape bgt memang, hahaha ๐Ÿ˜‚. Iya jadi yg nyewa juga harus beli lantai trus masang sendiri gitu. Dan ketika sewanya habis, lantainya mesti dilepasin lagi!! Hahaha

  5. Ngurusnya semua sendiri sih kebayang capenya ya Ko. Emang sudah pas lah ada yang bantu, meski mihil..haha.. Btw, tukang gitu disana manggilnya gimana Ko? Maksudnya dari tokonya atau emang ada tempat khusus buat sewa tukangnya? Kalo disini kan biasa tukangnya, tetangga atau kenalan siapa gitu ๐Ÿ˜€

    1. Iya Py, akhirnya aku manggil tukang aja lah, hahaha ๐Ÿ˜€

      Macam-macam Py. Kalau yang membantuku masang mebel kemarin aku minta dari tokonya. Tapi aku lihat mereka bukan orang tokonya sih, tapi orang perusahaan handyman yang memang ada kerjasama sama tokonya gitu.

      Di sini tukangnya ada yang via tempat khusus atau lepasan gitu Py. Kalau lepasan lebih murah tarifnya, tapi jelas otomatis kurang “terpercaya” kan. Maksudnya kurang terpercaya dalam hal kualitas dan juga keamanan (Misalnya orangnya “nakal”. Kalau dia orang suatu perusahaan gitu kan kita bisa komplain ke perusahaannya. Kalau dia lepasan kan susah, ngabur lah dia, haha).

  6. Selamat berbenah Mas
    Kalo saya, ambil paket pemasangan dari mรถbel aja sekalian daripada pusing dan capek
    tapi bener juga, ada kebahagiaan tersendiri kalo yang dikerjakan bisa sukses

    1. Trims. Iya sebenarnya aku juga lebih suka begitu. Masalahnya tokonya nggak cover semua pemasangannya. Hanya mebel tertentu saja yang dipasangkan. Jadilah sisanya sementara aku coba pasang sendiri. Tapi ternyata bikin capek juga! Hahaha ๐Ÿ˜‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s