working life · Zilko's Life

#1840 – Four of My Favorite Activities While Commuting

ENGLISH

It is December already today, which means I have been commuting for two months now. Luckily, I feel that I have adapted to it so, for now, the approximately three hours I need to spare every working day are, well, bearable.

Commuting during rush hour
Luckily I have learned some trick (from my own experiences) to avoid this rush hour situation.

Aside from physically adapting to it, I have also developed several activities which I like to do during this time. Aside from occassionally daydreaming, playing some games in my smartphone, and napping (all could be necessary to refresh mind and body), here are four of them:

1. Replying to non-work-related emails/messages

Obviously I have the time to read and reply to work-related emails or messages during my time at the office.

2. Blogwalking

I also find it fun to blogwalk while commuting. It makes the time pass much faster as well because blogwalking takes some time. This also includes leaving some comments as well.

Reading "Menghirup Dunia" while waiting for a ride at Universal Studio Singapore
Basically I read while commuting.

3. Reading non-work-related articles

In a way, this overlaps a little bit with blogwalking because, obviously, most blogs are non-work-related.

4. Replying to blog comments

Every blogger knows that interaction is a key part in blogging. This, of course, includes the interaction in the comment section of each post.

Speaking of this, though, I notice that there is a bug with WordPress where not all comments are also visible from the mobile app. Hmm…

***

All those activities make me feel like I have used the three hours every day wisely and, more importantly, productively! So the three hours and the tiredness do not feel like a waste of my time. I guess this also helps a lot in making those commuting hours more bearable.

And you? Do you have to commute everyday? If so, what is your favorite activity to do?

An Intercity train entering platform 1 of Delft station.
An Intercity train.

BAHASA INDONESIA

Hari ini kita sudah memasuki bulan Desember, yang mana artinya aku sudah nglaju selama kurang lebih dua bulan sekarang. Untungnya, rasanya aku sudah mulai terbiasa dengannya sehingga, sekarang ini, waktu tiga jam yang harus kuhabiskan setiap hari untuk itu terasa lumayan.

Commuting during rush hour
Untungnya aku juga sudah belajar beberapa trik (dari pengalaman pribadi) untuk menghindari situasi di jam sibuk seperti ini.

Di samping terbiasa secara fisik, aku juga mulai terbiasa secara aktivitas yang aku sukai di waktu ini. Selain dari kadang-kadang melamun, main game di hape, dan tertidur sejenak (semuanya penting untuk menyegarkan pikiran dan badan), berikut ini empat di antaranya:

1. Membalas pesan/email yang tak berkaitan dengan pekerjaan

Karena jelas dong aku memiliki waktu untuk membaca dan membalas email yang berhubungan dengan pekerjaan di kantor.

2. Blogwalking

Aku juga merasa blogwalking adalah aktivitas yang seru ketika nglaju. Ini membuat waktu berlalu lebih cepat karena blogwalking kan memakan waktu juga. Ini juga termasuk meninggalkan komen.

Reading "Menghirup Dunia" while waiting for a ride at Universal Studio Singapore
Secara singkat aktivitasku ketika nglaju sih membaca.

3. Membaca artikel yang tak berkaitan dengan pekerjaan

Di satu sisi, ini berpotongan dengan blogwalking sih karena, jelas kan, kebanyakan blog itu tidak berkaitan dengan pekerjaanku, hehe.

4. Membalas komentar di blog

Setiap blogger pasti tahu bahwa interaksi itu adalah elemen penting dari ngeblog. Ini, tentu saja, termasuk interaksi di kolom komentar dari setiap posting.

Ngomongin ini, aku perhatikan sepertinya ada bug nih dengan WordPress dimana tidak semua komentar yang masuk juga muncul di app-nya. Hmm…

***

Semua aktivitas tersebut membuatku merasa waktu tiga jam setiap hari itu aku berguna dan, yang lebih penting lagi, produktif! Jadi waktu tiga jam dan lelahnya badan dari bepergian selama itu tidak terasa seperti membuang-buang waktu deh. Aku rasa ini juga membantuku merasa waktu nglaju itu lumayan.

Dan kalian? Apakah kalian harus nglaju pula setiap harinya? Jika iya, aktivitas apa yang paling kalian sukai?

Advertisements

29 thoughts on “#1840 – Four of My Favorite Activities While Commuting

  1. Kalau di kereta aku bisa baca, tp kalau dulu commuting naik bis, pusing klo baca jadi ga bisa ngapa2in.. Ya semoga rencana yang itu lancar ya biar ga habis waktu di jalan lagi

    1. Iya kalau di bus mah nyerah deh. Goyang-goyang banget bikin gak enak baca! Hahaha. Iyaa, trims!! It will take some time but it is smarter in the long run juga, hahaha.

    1. Huahaha, lebih produktif ya Tha. Kali nyetir kitanya kan mesti nyetir. Kalo naik kereta kan kita ada sopir (masinisnya 😂) jadi bisa melakukan yg lain gitu 😂.

  2. Kalau aku sekarang lama di angkot karena jalan di cihampelas masih macet parah 😂jadinya untuk memanfaatkan waktu aku blogwalking, atau kalau lagi capek tidur di angkot hahaha.
    Iya nih ada bug di apps nya wordpress, engga semua komentar nya masuk di notifikasi.. 😦

  3. Duh ga bisa share pengalaman commuting. Tinggal di desa sih inih, perjalanan 15 menit udah nyampe kantor 🙂 Perlu dicatet nih tapinya, ntar2 klo pas ada perlu ke kota besar dan harus ngabisin waktu di jalan, jurus2 ini layak diterapkan.

  4. Hai Zilko, salam kenal ya 🙂 aku tinggal di tengah kota, jadi ke uni cuma 15 menit naik mobil dan sekitar 20-25 menit naik sepeda. Pacarku sekarang selama sebulan harus commuting ke rumah sakit di luar kota, jadi dia naik kereta kira2 1-1 1/2 jam sekali jalan – kira2 3 jamanlah sehari kayak kamu. Dia biasanya gunain waktu belajar atau main game aja. Aku sih nggak bisa baca klo naik kendaraan apapun. Enek bawaannya 😰

    1. Halo salam kenal juga 😄. Asyik ya kalo tinggalnya deket gitu. Lumayan tuh sepeda 20-25 menit, hitung-hitung olahraga kan, hahaha 😄.

      Iya kalo kendaraannya goyang-goyang memang kurang enak sih. Mesti relatif stabil. Kalo engga justru bikin pusing! Hahaha

  5. Di kotaku blom ada kereta dlm kota gitu. Jdnya paling naik bus. Kalo di bus ato di mobil yg perjalanannya lama biasanya aku ketiduran. Hehehe. Kegiatan lainnya lihat2 jalan & nama2 toko biar bisa jawab kalo ditanya orang nama tempat/toko

  6. kebetulan kalau naik bus dan kebagian duduk, masih bisa baca buku, kalau dah berdiri yah gak bisa megang buku pake sebelah tangan aja, hahaha.. sekarang seringnya naik ojek, bisa sambil chatting walopun tetep deg2an takut ke jambret hehehe

    1. Iya kalo berdiri lebih susah lagi ya. Membaca gitu mungkin masih bisa sih, tapi kalo udah mesti ngetik, susaaah! 😂 Wuih, iya tuh serem juga kalo naik ojek ya! Rawan!

  7. Kalo dulu pulang pergi kerja, biasanya naik angkot..Dan untuk menghabiskan waktu biasanya sih aku browsing, merhatiin orang di dalam angkotku, atau tidur. Sekarang karena pulang pergi naik ojek dan numpang motor teman, jadi gak begitu ngabisin waktu di jalan deh 🙂

  8. Iya ya, 3 jam jadi lebih bermakna ya kalo dimanfaatkan dgn baik 🙂

    Kalau pagi rumah – daycare gendong L sambil ngobrol ma suami. Daycare – Kantor pakai Ojek menikmati pemandangan sekitar.. Kalau pas lampu merah atau macet keluarin hp liat sosmed 😀 *bahaya sih ini, takut dijambret*.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s