Posted in Aviation, EuroTrip, Trip Report, Vacation, Weekend Trip

#1839 – Flying to/from Vienna and A Funny Drama

ENGLISH

Earlier this month, I went to Vienna for a short weekend trip. I have posted the story from my short stay there, so now is the time for the flying story to get to/back from Vienna😛 .

***

OS 372 (Amsterdam – Vienna)

austrian
Flight: Austrian Airlines OS 372
Equipment: Embraer ERJ195 reg OE-LWM
ATD: 10:39 CET (Runway 18L of AMS)
ATA: 12:10 CET (Runway 34 of VIE)

Learning from my recent AvGeek Weekend Trip with SAS, I decided to go to the airport a little bit earlier today as I was not flying a SkyTeam airline so I wouldn’t get the access to the priority security lane at Schiphol. The last time I had to wait for about 45 minutes for the security check! I arrived at the airport at around 8 AM, about two hours prior to departure, haha😆 . However, it turned out that today the security check was not busy at all and I did not even need to queue! Damn!! 9gagFU

Austrian Airlines' Embraer ERJ195 reg OE-LWM
Austrian Airlines’ Embraer ERJ195 reg OE-LWM

Long story short, boarding commenced on time from Pier B of Schiphol. Btw, today OS 372 was operated with an Embraer 195 reg OE-LWM, much to my excitement because it would be my first time ever flying an Embraer 195! Yeay!! I settled onto my 8F seat. The leg room was very spacious, and this was one reason why I loved flying a regional jet!

Good legroom on board Austrian Airlines' OE-LWM
Good legroom on board Austrian Airlines’ OE-LWM

Boarding the flight was quite unique for European standard, in the sense that they played a boarding instrumental music! It was my first time (as far I recall) encountering a European airline playing a boarding music (Garuda Indonesia normally does the same). And as I was flying Austrian to the Austrian capital of Vienna, very fittingly they played Vivaldi’s Four Seasons at the time!! 😍

Anyway, not long after, we departed and the safety demo was done manually. We took off from runway 18L of Schiphol and our 1.5 hours flight to Vienna began.

Taking off from runway 18L of Schiphol, runway 24 making an appearance
Taking off from runway 18L of Schiphol, runway 24 making an appearance

It took awhile for the pilots to turn off the seatbelt signs off for the passengers. In fact, they did it just when the FAs were ready to distribute the snack service. The snack choice was savoury or sweet (I chose the former) and a selection of drinks (I asked for a coffee and still water).

At around noon, we were approaching Vienna already and I could see the not-so-promising weather from the above, where a lot of cloud had been formed. Anyway, we landed smoothly at runway 34 of Vienna International Airport. Here is the landing video:

OS 373 (Vienna – Amsterdam)

sunexpress
Flight: Austrian Airlines OS 373 operated by SunExpress Deutschland
Equipment: Boeing 737-800 reg D-ASXD
ATD: 15:35 CET (Runway 29 of VIE)
ATA: 17:01 CET (Runway 18R of AMS)

My returning flight from Vienna was super unique, and this was the reason why I chose this particular flight (aside from the perfect schedule😛 ). While it was an Austrian Airlines’ flight, it would be operated by SunExpress Deutschland, a German airline that was a subsidiary of a Turkish airline (SunExpress). Very anti-mainstream, so obviously I liked!!:mrgreen:

Sun Express Deutschland's Boeing 737-800 reg D-ASXD
Sun Express Deutschland’s Boeing 737-800 reg D-ASXD

The flight today was operated with a Boeing 737-800. I was happy that I managed to secure one of the front-row window seats, seat 4F that was in the first row of economy on board D-ASXD. The legroom was a little bit tight for a full-service standard (SunExpress was not really a full-service airline actually), btw. Anyway, not long after boarding, we departed and took off from runway 29 of Vienna Airport. Upon taking-off, we also passed the city of Vienna. Beautiful!

Vienna from above
Vienna from above

***

A Funny Drama

Anyway, the departure today was delayed for about 20 minutes. Just after take-off and the seatbelt sign was switched off, there was a group of travellers sitting at the back of the plane DECIDED THEMSELVES that they deserved to be moved to the business class due to the delay because they had a connecting flight 😅. I mean, like, come on dudes, you were not the only ones getting a delayed flight on board this flight? Like… 😅

In their defense, this “upgrade” practice was not uncommon. Moving connecting passengers forward in a delayed flight would minimize the risk of these passengers missing their connections, thus no extra cost for the airline (otherwise the airline would have had to buy the passengers new tickets, which meant: cost). I had experienced it a couple of times when flying AirFrance, for instance this time.

The guy in white decided to move himself to the business class
The guy in white decided to move himself to the business class

However, as far as I know, this was done only if the crew did not think they could recover the delay and so the connecting time becoming too tight. In this circumstance, the crew would approach the passengers and asked them to move forward. This was usually done just minutes before landing. This made sense, because the passengers only needed the forward seats to get off the plane; and of course the crew had the responsibility to make business class as exclusive as possible. Otherwise, how would the actual paying business class passengers feel when a cheap economy passenger was moved to business class just after departure just because the passenger had a connecting flight?

So certainly it was not the passengers’ judgment on whether or not they deserved to be moved forward; and certainly not just after take-off and just after the seatbelt sign had been switched off.

On board SunExpress Deutschland's Boeing 737-800 reg D-ASXD.
On board SunExpress Deutschland’s Boeing 737-800 reg D-ASXD. The seats with the red cap were the Europe business class seats.

I was happy to see the crew being very firm and asked these passengers to move back to their original seats. One guy tried to argue with one of the FAs, but she made her point clear and said she could not let them sit in business class, even if they did not ask for any business class meal service. Finally, the passengers listened to the crew and moved back to their original seats.

What I found funny was that midway through the flight, the captain made an announcement that despite the departure delay, we would still land on time in Amsterdam! Lol😆

***

The snack service on board flight OS 373
The snack service on board flight OS 373

Anyway, back to the flight story. Midway through, a snack service was distributed. The snack was literally a small piece of apple and a selection of drink, so it was rather disappointing in my opinion, haha😆 . Overall, the flight was okay and rather uneventful. At 5 PM, we landed at my least favorite runway of Schiphol, the Polderbaan.

BAHASA INDONESIA

Awal bulan ini, aku pergi ke Vienna untuk sebuah perjalanan akhir pekan singkat. Posting berisi aktivitasku disana telah aku publikasikan beberapa waktu yang lalu, jadilah sekarang saatnya untuk cerita penerbanganku kesana/kembali dari sana😛 .

***

OS 372 (Amsterdam – Vienna)

austrian
Penerbangan: Austrian Airlines OS 372
Pesawat: Embraer ERJ195 reg OE-LWM
ATD: 10:39 CET (Runway 18L of AMS)
ATA: 12:10 CET (Runway 34 of VIE)

Belajar dari AvGeek Weekend Trip baru-baru ini dengan SAS, aku memutuskan untuk berangkat ke bandara lebih awal kali ini karena aku tidak terbang dengan SkyTeam, yang mana berarti aku tidak akan bisa mengakses jalur prioritas di Schiphol. Terakhir kali aku harus mengantri selama 45 menit untuk sekuirit saja! Aku tiba di bandara sekitar jam 8 pagi, sekitar dua jam sebelum keberangkatan, haha😆 . Namun, ternyata hari ini pemeriksaan sekuritinya tidak ramai sama sekali sehingga aku tidak perlu mengantri sama sekali dong! Sial!! 9gagFU

Austrian Airlines' Embraer ERJ195 reg OE-LWM
Embraer ERJ195 rego OE-LWNnya Austrian Airlines

Singkat cerita, boarding berlangsung tepat waktu dari Pier B di Schiphol. Btw, hari ini OS 372 dioperasikan dengan sebuah Embraer 195 dengan registrasi OE-LWM, yang mana membuatku merasa bersemangat sekali karena ini adalah kali pertama aku terbang dengan sebuah Embraer 195! Hore!! Aku kemudian duduk di kursi 8F-ku. Ruang kakinya lapang sekali, dan ini lah alasan aku suka terbang dengan pesawat jet regional!

Good legroom on board Austrian Airlines' OE-LWM
Ruang kaki yang lapang di pesawat OE-LWMnya Austrian Airlines

Boarding kali ini cukup unik untuk standar Eropa, dimana ada musik instrumental yang dimainkan untuk menemani penumpang naik pesawat! Ini adalah kali pertama (sejauh yang aku ingat) aku memasuki pesawat sebuah maskapai Eropa dengan alunan musik (Garuda Indonesia biasanya melakukan hal yang sama juga). Dan karena aku terbang dengan Austrian ke ibukota Austria, Vienna, jelas dong dengan sangat amat pas mereka memainkan Four Seasons-nya Vivaldi waktu itu!! 😍

Anyway, tak lama setelahnya, kami berangkat dan pemeragaan keamanan dilakukan manual. Kami lepas landas dari landasan pacu 18L Bandara Schiphol dan penerbangan 1,5 jam ke Vienna dimulai.

Taking off from runway 18L of Schiphol, runway 24 making an appearance
Lepas landas dari landasan pacu 18L Bandara Schiphol, runway 24 juga terlihat.

Pilot mengambil waktu cukup lama untuk mematikan lampu tanda kenakan sabuk pengaman. Malahan, lampunya baru dimatikan ketika pramugari telah siap untuk membagikan layanan snack loh. Pilihan snack-nya adalah savoury atau sweet snack (aku memilih yang pertama) dan pilihan minuman (aku memesan kopi dan air mineral).

Sekitar jam 12 siang, kami sudah mendekati Vienna dan aku bisa melihat cuaca yang kurang meyakinkan dari atas, dimana ada banyak awan yang menggantung di atas kota. Kami mendarat di landasan pacu 34 Bandara Internasional Vienna dengan mulus. Berikut ini video pendaratannya:

OS 373 (Vienna – Amsterdam)

sunexpress
Penerbangan: Austrian Airlines OS 373 dioperasikan oleh SunExpress Deutschland
Pesawat: Boeing 737-800 reg D-ASXD
ATD: 15:35 CET (Runway 29 of VIE)
ATA: 17:01 CET (Runway 18R of AMS)

Penerbanganku kembali dari Vienna cukup unik, dan ini lah alasanku memilihnya (selain jadwalnya yang memang enak sih😛 ). Walaupun ini adalah penerbangannya Austrian Airlines, operatornya adalah maskapai SunExpress Deutschland, sebuah maskapai Jerman yang merupakan anak perusahaan dari sebuah maskapai Turki (SunExpress). Anti-mainstream banget kan, jadilah aku suka!!:mrgreen:

Sun Express Deutschland's Boeing 737-800 reg D-ASXD
Sebuah Boeing 737-800nya Sun Express Deutschland dengan rego D-ASXD

Penerbangan hari ini dioperasikan dengan pesawat Boeing 737-800. Aku senang aku bisa mengamankan salah satu kursi jendela di barisan depan, kursi 4F yang berada di barisan pertama kelas ekonomi di dalam D-ASXD. Ruang kakinya agak cenderung sempit untuk standar full-service (SunExpress sendiri bukan lah full service sih). Tak lama setelah boarding selesai, penerbangan berangkat dan lepas landas dari landasan pacu 29 Bandara Internasional Vienna. Jalur lepas landas kami melintasi atas kota Vienna. Kece deh pemandangannya!

Vienna from above
Vienna dari atas

***

Sebuah Drama Lucu

Anyway, keberangkatan penerbangan hari ini terlambat selama sekitar 20 menit. Tepat setelah lepas-landas dan lampu tanda kenakan sabuk pengaman dimatikan, ada satu grup penumpang yang duduk di belakang pesawat MEMUTUSKAN SENDIRI bahwa mereka berhak untuk dipindahkan ke kelas bisnis akibat keterlambatan ini karena mereka ada penerbangan lanjutan 😅. Ih, come on, memangnya situ pikir yang kena delay di penerbangan ini cuma situ doang gitu? Wedew… 😅

In their defense sih, praktek “upgrade” begini tidaklah aneh sebenarnya. Memindahkan penumpang dengan connecting flight ke depan di sebuah penerbangan yang terlambat akan meminimalisir risiko penumpang ini ketinggalan penerbangan lanjutannya, yang mana berarti maskapai tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan (jika penumpang ketinggalan, maskapai harus membelikan penumpang itu tiket baru, yang berarti: biaya ekstra). Aku sendiri sudah pernah mengalaminya beberapa kali kok ketika terbang dengan AirFrance, misalnya kali ini.

The guy in white decided to move himself to the business class
Bapak-bapak dengan baju putih itu yang memutuskan untuk memindahkan dirinya sendiri ke kelas bisnis

Namun, sejauh yang aku tahu, ini hanya dilakukan jika kru penerbangan cukup yakin mereka tidak akan bisa recover dari keterlambatannya sehingga waktu transit menjadi terlalu singkat. Dalam situasi ini, kru akan mendatangi penumpang dan meminta mereka untuk pindah ke depan. Biasanya ini dilakukan beberapa menit sebelum mendarat. Masuk akal sekali kan, karena toh penumpang-penumpang ini membutuhkan kursi di depan itu hanya untuk keluar dari pesawat; dan tentu saja kru memiliki tanggung-jawab untuk membuat kelas bisnis seeksklusif mungkin. Jika tidak, bagaimana coba perasaan penumpang yang membayar mahal untuk terbang di kelas bisnis ketika melihat penumpang ekonomi dengan tiket murah dipindahkan ke kelas bisnis ketika baru saja berangkat hanya karena si penumpang ekonomi ini memiliki penerbangan lanjutan?

Jadi jelas bukanlah keputusannya si penumpang apakah ia berhak dipindahkan ke depan; dan biarpun begitu, waktu yang tepat untuk pindah jelas bukanlah tepat setelah lepas-landas dan lampu tanda kenakan sabuk pengaman dipadamkan.

On board SunExpress Deutschland's Boeing 737-800 reg D-ASXD.
Di dalam Boeing 737-800nya SunExpress Deutschland rego D-ASXD. Kursi dengan cap merah adalah kursi di kelas bisnis Eropa.

Aku merasa senang ketika melihat krunya bersikap tegas dan meminta penumpang-penumpang ini untuk kembali ke kursi mereka di bagian belakang pesawat. Seorang bapak-bapak berusaha ngeyel dengan salah seorang pramugari tetapi pramugarinya bersikeras bahwa ia tidak bisa mengizinkan mereka duduk di kelas bisnis, termasuk biarpun si bapak tidak meminta layanan makanan kelas bisnis. Akhirnya, mereka menurut dan pindah kembali ke belakang.

Yang kemudian lucu adalah di tengah penerbangan, pilot membuat pengumuman bahwa biarpun penerbangan ini berangkat terlambat, kami masih akan tetap mendarat tepat waktu di Amsterdam! Huahaha😆

***

The snack service on board flight OS 373
Layanan snack di penerbangan OS 373

Anyway, kembali ke cerita penerbangannya. Layanan snack dibagikan di tengah penerbangan. Snack-nya sendiri adalah satu buah apel dengan ukuran tidak terlalu besar dan pilihan minuman, sehingga aku sedikit merasa kecewa deh, haha😆 . Secara umum, penerbangannya berlangsung biasa saja dan uneventful. Sekitar jam 5 sore, kami mendarat di landasan pacu yang paling tidak kusukai di Schiphol, Polderbaan.

12 thoughts on “#1839 – Flying to/from Vienna and A Funny Drama

  1. Aneh ya kok memutuskan sendiri tampa persetujuan pihak maskapai buat duduk di kursi bisnis padahal beli tiket nya yang ekonomi,ada ada aja ya kak Zilko..😂
    Spot paling menyenangkan di pesawat itu memang dekat jendela ya.. jadi bisa liat pemandangan dibawah sana 😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s