Posted in working life, Zilko's Life

#1825 – One Month Work Anniversary

ENGLISH

As today is November the first, today marks the first month anniversary of my new job in Amsterdam. Job-wise, I think the first month went well where mainly my task was to get used to with the company. Not only that, I also needed to switch my working mindset from academia to industry, as I mentioned after the first week. It feels like there are still a lot to learn, as the company I work for is a big global company; but this is what makes my job exciting!๐Ÿ™‚

Speaking of my contract, I was very lucky and received some good surprises as well during the first month. Last week, I mentioned there was an adjustment with my salary; where in a way, this could be seen as a raise. And a raise in salary is always a good thing, especially when it comes in the first month of employment? Haha๐Ÿ˜† .

A day after I got my first pay slip, I also received a document from the HR manager. Its content surprised me big time, because I was offered the permanent contract!ย ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ

You see, the original agreement was that, as pretty much the norm in the Dutch labour market, I would be under a temporary contract for one year. After which, an evaluation would follow and if the outcome were positive, I would be given the permanent contract. But then, last week, three weeks in since I started the job, I got this offer!! I could not believe it that I even asked my colleague to read the letter as well.ย It was in English and I read English well (I got 9 for reading in my IELTS test years ago *ahem*); however, I could not believe my eyes that I felt like I needed an extra pair of eyes to make sure that this was true! Hahaha๐Ÿ˜† . Well, I couldn’t help but to smile for the rest of the day that day.

Anyway, as a company, we are doing well. So on the last Friday of every month, the company rents out severalย bars in Amsterdam only for the employees in the evening after working hours!ย ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎย Yes people, renting out bars on Friday evening in Amsterdam, arguably the busiest time for bars in the city! And they rent the entire bars, so normal visitors are not allowed to come in. There, we could drink and eat with no limit “for free” (the company pays); and this applied to everything! Including every single drink in the bar, including the expensive ones!ย ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ

It also happened that because it was October, they decided to throw the Halloween theme as well for the evening! There was even a face-painting event!! Haha๐Ÿ˜† . Too bad that I already arranged my Avgeek Weekend Trip the next day so I could not stay that late!ย ๐Ÿ˜Ÿย In my defense, I arranged this trip in July so how would I know about this event! Haha๐Ÿ˜† . But it is noted now! In the future I will arrange my plans accordingly๐Ÿ˜› .

Anyway, yeah, it was so much fun!!

BAHASA INDONESIA

Karena hari ini adalah tanggal satu November, hari ini adalah ulang bulan pertama dari pekerjaan baruku di Amsterdam. Secara pekerjaan, aku rasa bulan pertama ini berlangsung dengan baik dimana tugas utamaku memang adalah membiasakan-diri dengan perusahaan ini. Tidak hanya itu, aku juga perlu untuk mengubah pola pikirku dari mindset akademia ke industri, seperti yang kusebutkan diย minggu pertama. Rasanya masih ada banyak yang mesti kupelajari, karena memang perusahaanku bekerja sekarang ini adalah perusahaan besar yang mendunia; yang mana oleh karenanya lah pekerjaanku ini seruu!๐Ÿ™‚

Ngomongin masalah pekerjaan, aku sungguh beruntung dan mendapatkan beberapa kejutan manis juga di bulan pertama ini.ย Minggu lalu, aku sebutkan bahwa ada penyesuaian dengan gajiku; dimana dari satu sudut pandang, bisa dibilang aku mendapatkan kenaikan gaji. Dan yang namanya kenaikan gaji mah selalu adalah sesuatu yang positif kan ya, apalagi terjadinya di bulan pertama kerja? haha๐Ÿ˜† .

Sehari setelah aku mendapatkan slip gaji pertamaku, aku mendapatkan sebuah dokumen dari manajer HR. Isi dari dokumen ini sungguh mengejutkanku sekali, karena aku mendapatkan tawaran berupa kontrak kerja permanen! ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ

Ceritanya di perjanjian awal, seperti sebagaimana pasar tenaga-kerja di Belanda, kontrak kerjaku adalah kontrak sementara selama satu tahun. Setelah itu, akan ada evaluasi dan jikaย hasilnya positif, aku akan diberikan kontrak kerja permanen. Tetapi minggu lalu, tiga minggu setelah aku mulai bekerja, lha kok aku mendapatkan tawaran ini!! Aku tidak percaya lho waktu itu sehingga aku sampai meminta kolegaku untuk membaca suratnya juga. Suratnya sih dalam bahasa Inggris dan kemampuan reading bahasa Inggris-ku baik-baik saja sih sebenarnya (nilai IELTS-ku 9 dulu di bagian reading *pamer*); tetapi aku tidak percaya dengan apa yang dibaca mataku sehingga aku membutuhkan sepasang mata ekstra untuk memastikan bahwa ini beneran terjadi! Hahaha๐Ÿ˜† . Haha, sepanjang sisa hari itu aku tidak bisa menyembunyikan senyuman dari wajahku deh saking senangnya.

Anyway, sebagai sebuah perusahaan, performa kami cukup baik. Jadilah di hari Jumat terakhir setiapย bulan, perusahaan menyewa beberapa bar di Amsterdam hanya untuk karyawan setelah jam kerja! ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎย Iya loh, menyewa beberapa bar di hari Jumat malam di Amsterdam, padahal ini kan jam-jam sibuknya bar di kota ini kan ya! Dan yang disewa itu keseluruhan barnya gitu, jadi pengunjung biasa tidak boleh masuk. Di sana, kami boleh minum dan makan tanpa batas “dengan gratis” (yang bayar kantor maksudnya); dan ini berlaku untuk semuanya loh! Termasuk segala jenis minumannya, termasuk yang mahal-mahal!ย ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ

Kebetulan juga bulan lalu adalah bulan Oktober kan, jadilah acaranya sekalian diberi tema Halloween malam itu! Bahkan sampai ada acara face-painting segala loh!! Haha๐Ÿ˜† . Sayang banget aku sudah terlanjur ada rencanaย Avgeek Weekend Tripย keesokan harinya sehingga aku nggak bisa pulang malam-malam banget! ๐Ÿ˜Ÿย Ya gimana, acaranya kan aku susun di bulan Juli dan waktu itu kan meneketehe ya ada acara seseru ini! Haha๐Ÿ˜† . Tetapi sekarang aku sudah tahu deh! Jadi nanti-nanti aku menyusun rencananya juga menyesuaikan dengan ini๐Ÿ˜› .

Ya gitu deh, seru banget lah pokoknya!!

26 thoughts on “#1825 – One Month Work Anniversary

    1. Huahaha, ga tahu beer temple termasuk ga, soalnya ada beberapa bar yang disewa katanya. Kemarin aku mah main ngikut aja, ahahah ๐Ÿ˜‚.

      Huahaha, kalo pesawat sih engga tapi hotel iya. Ada limitnya sih tapinya tapi limitnya banyak ๐Ÿ˜›.

    1. Hahaha, trims. Hoki dengan timing aja sih ini, tapi nggak komplain lah ya, ahahahah ๐Ÿ˜‚. Btw yg disewa bukan 1 lho tapi beberapa soalnya karyawannya banyak ๐Ÿ˜‚.

  1. Wah seru banget! Rejeki berlimpah pula: salary adjustment, permanent contract, cool and unique benefits! Bisikin dong kerja dimana๐Ÿ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s