Posted in General Life, Zilko's Life

#1810 – The First Day

ENGLISH

Officially, today is my first day with my new job in Amsterdam. Yeay for no longer being unemployed. But boo for my sabbatical month is now over😦 .

However, as you are aware of, today is a Saturday. So technically I will only start to actually work this coming Monday, lol😆 . Yeah, what a way to start a new job, right? With a weekend! Lol :lol: It is quite funny though that the exact same situation happened about four years ago when I started my PhD in TU Delft!

Life Update

Once I got the position, I immediately thought about moving to the neighbourhood of Amsterdam. It was for the obvious: practicality. I did a quick research at the time and found a few options that appeared good enough (location-wise and price-wise). However, when I dug in deeper into those options in July, I found out that they were not as good as they first appeared to be. In the sense that, on top of the monthly rent, I would have to invest a lot into the apartment/house with any of them. On the other hand, the ones which required few to no investment would cost a ton. Well, you get what you pay for, they say😛 .

River Amstel in Amsterdam
House-rent in Amsterdam is not cheap

This situation made me rethink and reanalyze my options. And after a few considerations, I decided to extend my stay in Delft and, in the meantime, to commute everyday between Delft and Amsterdam. It is not that bad anyway, as my apartment in Delft is quite close to the railway station and my Amsterdam office is just two metro stations away from Amsterdam Centraal. I expect to spend at most 1.5 hour one way in each direction, door to door. I think it is still tolerable, but we will see how it actually goes, haha😆 .

This Week Stories

Earlier this week I mentioned that I intended on using this week as my resting week. And so that was exactly what I did😀 . But of course it did not mean that I did nothing and just ate and slept.

The Dracula Castle
The story from my trip to the Dracula Castle is ready!

First of all, I made use of my time this week to finish the stories of my Sabbatical Month trip to Romania, Greece, and Sint Maarten! Haha😆 . It did take a lot of time but they are all pretty much ready now, just waiting for the moments to get published😛 . There are some side stories which I might want to share as well, but writing those posts can always be done in the future, haha😛 .

The Mullet Bay
The stories from the Caribbean is also ready

Secondly, as I had the time anyway, I exercised quite a lot this week. Even on Wednesday and Friday, I went to the gym twice a day! Haha😆 . The tennis lesson at TU Delft also started two weeks ago (though I just joined last week as two weeks ago I was still in the Caribbean drinking cocktails), so I also did that.

Thirdly, in recent times one popular healthy food seems to be the smoothie bowls. I had been dying to try to make one myself, but the fact that I had no blender in my apartment hindered that. And the initial thought of moving to Amsterdam also prevented me in buying a blender because I thought I was going to move anyway so it would be better to buy one after I moved. But then, as you know now, the plan changed, lol😆 . So this week I decided to buy a new blender and started to experiment with smoothie bowls! It is so much fun, btw! As one dish has millions of variations and looks, depending on what you put inside! Haha😆 . For the moment I feel like my smoothie is still not thick enough, though, so I am still trying to get the grip there. But it is getting better😀 .

BAHASA INDONESIA

Secara resmi, hari ini adalah hari pertamaku di pekerjaan baruku di Amsterdam. Hore, nggak lagi pengangguran deh. Tetapi sedih juga bulan sabatikalku sudah berakhir sekarang😦 .

Namun, seperti yang kita semua sadari, hari ini adalah hari Sabtu. Jadi secara teknis aku baru akan mulai bekerja hari Senin nanti sih, huahaha😆 . Iya, asyik banget ya suatu pekerjaan dimulai begini? Dimulai dengan libur akhir pekan! Huahaha😆 . Eh, lucu juga lho bahwa situasi yang sama persis juga terjadi empat tahun lalu ketika aku memulai posisi S3 (PhD)-ku di TU Delft!

Update Kehidupan

Begitu aku mendapatkan posisinya, langsung terpikir bahwa aku akan pindah ke area Amsterdam. Alasannya jelas lah ya: supaya praktis. Waktu itu aku meriset kilat pilihan-pilihan yang ada di sana dan beberapa nampak cukup oke (dari segi lokasi maupun harga). Namun, ketika pilihan-pilihan itu aku pelajari lebih mendalam kira-kira di bulan Juli, aku menemukan bahwa mereka tidak lah seideal kesan pertama yang kudapatkan. Dalam artian, di samping biaya sewa bulanan, aku harus inves banyak di apartemen/rumahnya. Di sisi lain, biaya sewa pilihan-pilihan yang tidak memerlukan banyak inves juga mahal banget. Ya gitu deh, ada harga ada rupa, haha😆 .

River Amstel in Amsterdam
Harga sewa rumah di Amsterdam itu tidak lah murah

Situasi ini membuatku memikirkan dan menganalisa ulang pilihan-pilihanku. Dan setelah pertimbangan ini-itu, aku memutuskan untuk memperpanjang masa tinggalku di Delft dan, sementara itu, nglaju deh setiap hari di antara Delft dan Amsterdam. Bukannya nggak enak juga sih, karena apartemenku di Delft kan berlokasi cukup dekat dengan stasiun kereta dan kantor Amsterdamku juga hanya lah dua stasiun metro saja jauhnya dari Amsterdam Centraal. Aku hitung-hitung sih seharusnya waktu tempuhku maksimal 1,5 jam deh satu arah dari pintu ke pintu. Aku rasa ini masih oke lah, tetapi kita lihat saja deh bagaimana nanti kenyataannya, haha😆 .

Cerita Minggu ini

Awal minggu ini kusebutkan bahwa aku berencana menggunakan minggu ini untuk beristirahat. Dan memang itu yang kulakukan😀 . Eh, tetapi bukannya aku nggak ngapa-ngapain dan makan tidur doang yah.

The Dracula Castle
Cerita perjalananku ke Kastil Drakula sudah siap kok!

Pertama-tama, aku menggunakan waktuku minggu ini untuk menyelesaikan rangkaian posting cerita perjalanan Bulan Sabatikalku ke Romania, Yunani, dan Sint Maarten! Haha😆 . Ini memakan banyak sekali waktu lho tetapi sekarang semuanya sudah siap kok, tinggal tunggu jadwal tayangnya aja, haha😛 . Ada juga beberapa cerita sampingan yang mungkin ingin kutuliskan, tetapi posting-posting ini mah bisa menunggu nanti kan ya, haha😛 .

The Mullet Bay
Cerita dari Karibia juga sudah siap😀

Yang kedua, karena ada waktu, aku banyak berolahraga minggu ini. Bahkan di hari Rabu dan Jumat, dalam sehari aku ke gym sampai dua kali loh! Haha😆 . Les tenis di TU Delft juga sudah dimulai dua minggu yang lalu (walaupun aku baru mulai minggu lalu karena dua minggu lalu aku masih berada di Karibia sambil minum cocktail), jadi aku juga melakukan itu.

Yang ketiga, baru-baru ini satu makanan sehat yang lagi happening kan smoothie bowls ya. Aku sudah penasaran banget ingin mencoba membuat sendiri, tetapi kondisi dimana di apartemenku tidak ada blender menghambat keinginan itu. Dan pemikiran awalku untuk pindah ke Amsterdam juga membuatku tidak membeli blender karena kupikir aku akan pindah sehingga mendingan belinya setelah pindah aja. Tetapi, seperti yang sudah pada ketahui sekarang, rencananya berubah, haha😆 . Jadilah minggu ini aku memutuskan untuk membeli sebuah blender baru dan mulai mainan membuat smoothie bowls dengannya! Seru deh! Ini karena satu masakan memiliki jutaan variasi dan penampilan, tergantung dari apa yang kita masukkan di dalamnya! Haha😆 . Untuk saat ini, buatanku masih kurang kental sih, jadi aku masih berusaha untuk mendapatkan feel-nya. Tetapi semakin lama semakin oke juga kok😀 .

39 thoughts on “#1810 – The First Day

  1. Sering banget liat di instagram orang- orang pada update smoothie bowl… Penasaran sama rasa nya, enak juga ya seperti nya apalagi warna warni nya bikin selera makan makin bagus 😀

  2. jadinya memutuskan untuk bolak-balik delft-amsterdam ko? ya ampun semoga gak kecapean ya (kayak ngerti aja jauhnya seberapa) tapi kalo makan waktu 1,5 jam lumayan juga ya

    1. Iya, sementara ini lebih mending bolak-balik Delft – Amsterdam nih daripada pindah ke Amsterdam, hahaha😆 . Kalau di jadwal transportasinya cuma satu jam lebih sedikit sih, hehehe. Mudah-mudahan nggak masalah deh😀 .

  3. Wah, selamat atas pekerjaan barunya, semoga sukses dan semangat terus sebagai seorang penglaju, hehe. Kalau di sana, sepertinya pengalaman menglaju akan lebih baik daripada di Jakarta sini ya, terutama urusan ketepatan waktu. Jadi meski menglajunya lumayan lama, mudah-mudahan tidak ada masalah berarti. Oh jadi yang sedang hits itu smoothie bowl… lah saya malah baru tahu dari tulisan ini, haha.

    1. Trims Gra, hehehe🙂 . Iya, disini untuk nglaju sepertinya masih cukup oke, apalagi kalau masih di dalam Randstad karena sistem transportasinya bagus, hehe🙂 . Hahaha, smoothie bowl kan lagi ngetren Gara😛 .

    1. Iya, naik kereta Ge. Kalau nyetir sendiri bisa lebih cepat sebenarnya karena jalur kereta dari Delft ke Amsterdam itu memutar, hahaha😆 . Tapi tetap naik kereta sih. Kalau misalnya pas sibuk, kan kalau naik kereta masih bisa kerja, hehehe😀 .

  4. Ada temen di UK juga dia bulak balik Edinburgh – Newcastle Ko, sama waktu tempuhnya 1,5 jam juga naik kereta.. setahun sih dia gak masalah. Semoga semuanya juga lancar yah buat kamu. Good luck!!!

    1. Wuah, keren itu Chris temanmu, berarrti bolak-baliknya lintas negara ya (Scotland dan England), hahaha😆 . Iya, ini seharusnya 1,5 jam maksimal, door to door lah, jadi seharusnya sih nggak masalah lah ya😛 . We will see. Thanks!!🙂

  5. waaa.. goodluck Ko for your first day tomorrow! btw, boleh tau ga harga rent di amsterdam itu sekitar brp-an memang? hehe.. jauh bngt yah sama delft? *maap kepoo* hahaha..

    1. Thanks Jen!😀 Haha, rent-nya tergantung lokasi dan fasilitasnya Jen. Dan di Belanda “aneh”-nya cukup banyak juga apartment yang masih kosong melompong gitu, dalam artian ga ada lantainya dan belum dicat, ahahah. Yang begini ini harga sewanya nampak agak “murah” dikit, tapi invesnya gede kan mesti beli lantai dulu😛 .

      Delft juga agak mahal sih soalnya kota pelajar (jadi demand tinggi) tapi kotanya kecil (jadi supply rendah). Tapi Amsterdam ini masih lebih mahal dah! Hahaha😆 .

      1. Ohhh. Icic.. Lucu juga yaa.. Baru tau sewanya bisa kyk gt, kalo ga ada lantai sih kosong bngt dehhh.. Haha.. Tapi mungkin itu bagus juga yaa.. Kalo km mau berkreasi sendiri.. Tempat2 yg kyk gt bisa buat yg sewa nyaman dngn style yg dia mauu.. Tapi iya sii.. Berat di ongkos yaa.. Hahaha

        1. Iya Jen, argumennya orang sini sih begitu. Kalau udah ada lantainya, bisa aja kan kita ga suka sama lantainya? Jadi kalau masih belum ada lantainya gitu kan enak bisa pilih lantai yang sesuai sama kemauan kita, ahahah😆 . Tapi itu kan, beraaat di ongkosnya! Mendingan kalau itu rumah/apartment punya sendiri kan. Lha ini kan rumah/apartment orang, ahahah😆 .

    1. Huahaha, macet bikin 1 jam berasa 3 jam ya?😛 . Ini di sini kalau nyetir sendiri juga bisa kena macet sih di Amsterdamnya. Makanya mendingan naik kereta. Tapi risikonya, keretanya rame! Hahaha😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s