#1806– September 2016 Sabbatical Trip: The Caribbean (Introduction)

ENGLISH

Posts in the September 2016 Sabbatical Trip: The Caribbean series:
1. Introduction
2. Part I: Getting to Sint Maarten
3. Part II: Sint Maarten
4. Part III: The Maho Beach
5. Part IV: Saint Martin
6. Part V: Back to the Netherlands

Hello all!! On Wednessday I was back from the Caribbean part of my sabbatical month trip; which caused me to develop some jetlag, lol 😆 .

Anyway, how was the trip? Well, it was SUPER amazing!!

I have mentioned here a few times that Sint Maarten has been a dream place to visit for me for years; due to its exotic Princess Juliana International Airport (SXM). On top of that, I got to fly KLM’s Queen of the Skies (Boeing 747-400) to get there too. As the icing on the cake, it turned out I was super lucky in this department because KLM is going to switch their SXM operation from Boeing 747 to Airbus A330-200 per 30 October 2016. So my decision to go to Sint Maarten this September allowed me to still witness and experience this at the famous Maho Bay:

A KLM's Boeing 747-406 reg PH-BFB landing at Princess Juliana International Airport (SXM), in Sint Marteen. Photo credit: HGabor/Airliners.net
A KLM’s Boeing 747-406 reg PH-BFB landing at Princess Juliana International Airport (SXM), in Sint Marteen. Photo credit: HGabor/Airliners.net

While Maho Bay was definitely the best beach in Sint Maarten (and the world, to me 😛 ), Sint Maarten was more than that. The small island is actually governed by the Kingdom of the Netherlands in the south (Sint Maarten area) and France in the north (Saint Martin area). So, uniquely while the Netherlands and France do not share borders in continental Europe, they do thousands of kilometer away in the Caribbean 🙂 . As we rent a car, we were able to visit and explore both sides of the small island during the one week duration of our stay there.

Dutch-French border in the Caribbean
Dutch-French border in the Caribbean

To sum up the week, I LOVED Sint Maarten! Seriously!! It was one of few destinations which I truly enjoyed pretty much everything (well, except for the heat which at some point felt like 40°C). Even though it was a small island and we had one week to spend there, the time passed by super fast! Not to mention that we did not visit any of the nearby islands (Anguilla, Saint Barthelmy, or Saba). I knew at one point I will be back in Sint Maarten, and I want it too! 🙂

Indeed! I ❤️ SXM
Indeed! I ❤️ SXM

As usual, here are some teasers from this trip:

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri September 2016 Sabbatical Trip: The Caribbean:
1. Introduction
2. Part I: Getting to Sint Maarten
3. Part II: Sint Maarten
4. Part III: The Maho Beach
5. Part IV: Saint Martin
6. Part V: Back to the Netherlands

Halo semua!! Hari Rabu yang lalu aku kembali dari bagian Karibia dari perjalanan bulan sabatikalku; yang menyebabkanku terkena jetlag, haha 😆 .

Anyway, bagaimanakah perjalanannya? Hmm, perjalanannya ini seru BANGET!!

Sudah kusebutkan beberapa kali di sini bahwa Sint Maarten adalah satu tempat yang sudah lama banget kuimpikan untuk kukunjungi; terutama karena keberadaan Bandara Internasional Princess Juliana (SXM). Selain itu, aku juga berkesempatan terbang dengan pesawat Queen of the Skies-nya KLM (Boeing 747-400) untuk pergi kesana. Dan puncaknya lagi, ternyata aku beruntung sekali di sisi ini karena KLM akan mengubah operasi SXM mereka dari Boeing 747 menjadi Airbus A330-200 per 30 Oktober 2016. Ini berarti keputusanku untuk pergi ke Sint Maarten September ini membuatku masih bisa menyaksikan dan menikmati pemandangan super keren di Pantai Maho seperti ini:

A KLM's Boeing 747-406 reg PH-BFB landing at Princess Juliana International Airport (SXM), in Sint Marteen. Photo credit: HGabor/Airliners.net
Sebuah Boeing 747-406 milik KLM rego PH-BFB mendarat di Bandara Internasional Princess Juliana (SXM), di Sint Marteen. Photo credit: HGabor/Airliners.net

Walaupun Pantai Maho jelas adalah pantai paling keren di Sint Maarten (dan di dunia sih, untukku 😛 ), Sint Maarten memiliki lebih banyak daripada itu. Pulau kecil ini sebenarnya diperintah oleh Belanda di sisi selatan (area Sint Maarten) dan Prancis di sisi utara (area Saint Martin). Jadi, walaupun Belanda dan Prancis tidak berbatasan di Eropa daratan, uniknya mereka berbatasan langsung ribuan kilometer jauhnya di Karibia 🙂 . Karena kami menyewa mobil di sana, kami bisa mengunjungi dan menjelajahi kedua sisi pulau kecil ini selama waktu satu minggu itu.

Dutch-French border in the Caribbean
Perbatasan Belanda dan Prancis di Karibia.

Untuk merangkum satu minggu ini, aku SUKA BANGET dengan Sint Maarten! Tempat ini adalah satu dari sedikit destinasi yang mana semuanya benar-benar aku nikmati (eh, kecuali suhu udaranya yang pernah terasa sampai 40°C di kulit sih). Walaupun ini adalah pulau kecil dan kami memiliki waktu satu minggu disana, waktu berlalu sungguh dengan cepat! Ini pun bahkan kami tidak mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitarnya loh (Anguilla, Saint Barthelmy, atau Saba). Aku tahu suatu saat aku akan kembali lagi ke Sint Maarten; dan aku memang ingin! 🙂

Indeed! I ❤️ SXM
Betul sekali! I ❤️ SXM.

Seperti biasa, di atas aku unggah beberapa teasers dari perjalanan ini.

30 Comments Add yours

  1. adhyasahib says:

    luar biasa ya pemandangan pesawat yang mau landing itu, kok agak nyeremin juga banyak orang di bawahnya gitu

    1. zilko says:

      Kereeen bangeettttt!!! 😍😍😍 Huahaha, asyik lho di bawahnya gitu!! Kalo landing relatif aman sih. Agak berisikonya justru ketika ada yg mau take-off. Ini karena semburan mesin jetnya kencang banget!!

  2. fahrizinfa says:

    Pesawat nya landing rendah banget yaa pasti seru pas liat nya dari deket hahahahah

    1. zilko says:

      Seruuuuu bangeeeeettttt!!! 😍😍😍😍😍

  3. goiq says:

    sumpah aku iri banget liat foto-foto di IG mu Ko… huhuhu pengen banget hunting foto pesawat dari pantai Maho

    1. zilko says:

      Hahaha, ayooo ke Sint Maarten!! Maho Bay itu kereeeen bangeeeettt!!! 😍😍😍😍😍

  4. nyonyasepatu says:

    Zi, foto pesawat diatas laut itu bagus bgt. Kayak deket gitu ke lautnya

    1. zilko says:

      Iya Non, memang deket banget soalnya! Kereeen bangeettt!! 😍

      1. nyonyasepatu says:

        deg2an deh kalau ada pesawat ewat haha

        1. zilko says:

          Seruuuu!! Hahaha 😆

  5. Puji says:

    Keren banget ya pas pesawat mau ke landing, seolah-olah mau landing di pantai hihi

  6. Una says:

    Kalau pindah ke bagian yang Prancis punya, ada immigration check nggak?

    1. zilko says:

      Gak ada Na, bebas. Sama kayak intra-Schengen kalau di Eropa, hehehe 😀

  7. Christa says:

    Duh kayaknya seru ya Sint Maarten nya 🙂 pantainya aja keliatan bersihhh dan biruu airnya. Aku nungguin cerita selanjutnya, ga kebayang bisa seminggu di pulau kecil gitu ngga bosen, ngapain aja Ko? pasti seru! hehehe

    1. zilko says:

      Sint Maarten seru banget Chris! Apalagi kalau suka pesawat, huahaha 😆 . Nggak bakal bosen deh duduk-duduk di Pantai Maho seharian setiap hari 😛 .

  8. niee says:

    Cantik banget kayaknya ya pulaunya

    1. zilko says:

      Iyaa, keren banget memang Niee 😍

  9. Pypy says:

    Owh kalo diganti pesawatnya ga mendarat lewatin si Pantai Maho gitu Ko?

    1. zilko says:

      Kemungkinannya kecil Py. Biasanya cuma pesawat kecil doang (kecil maksudnya kapasitas penumpang di bawah 50) yang berani mendarat ga lewatin Pantai Maho Py. Kalo Airbus A330-200nya KLM mah gede, gak mungkin mendarat gak lewat Pantai Maho, riskan soalnya, haha 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s