Posted in Vacation

#1805 – Combating Jetlag

ENGLISH

As of now, I have been awake for about 30.5 hours non-stop. While this does not break my personal record (35 hours), this is still not fun, lol😆 . However, unlike the time I set the record, this time it is more necessary to do so. Why so?

This morning, I was back from from the Caribbean part of my sabbatical month trip. My KL785 flight from Sint Maarten (via Curaçao) landed at 06:10 in the morning. The “problem” was that I could not sleep during the 8.5 hour flight from Curaçao to Amsterdam; mainly because I enjoyed the flight a lot, haha😆 . I got up at around 06:00 on Tuesday Sint Maarten time and as of now, we are approaching 18:30 on Wednesday Dutch time. With six-hour time difference between Sint Maarten and the Netherlands, this equates to the aforementioned 30.5 hours!

I have mentioned a few times here that I prefer (a lot more) westward to eastward jetlag; as I find the effect of eastward jetlag really annoying. It was also quite unfortunate that the flight landed in the early morning today, haha😆 . So to combat this jetlag, my parents and I decided to go to Amsterdam for half a day today just after arriving at Schiphol. It is a good idea to force ourselves as much as we can to stay awake during the day to reduce the jetlag. And as it has passed 18:00 now, I think we have been doing alright, haha😆 .

Originally I planned to post an introduction post to the Caribbean part of my trip; however, it seems that it has to wait a little bit longer now as I really can’t wait to get to my bed (but not before finishing up my laundry! 😧) #postvacationproblem

A pizza in Amsterdam
A pizza in Amsterdam

BAHASA INDONESIA

Saat ini, aku sudah bangun selama sekitar 30,5 jam non-stop loh. Walaupun ini masih belum memecahkan rekor pribadiku (35 jam), tetap aja ini nggak menyenangkan lah ya, haha😆 . Namun, tidak seperti ketika aku membuat rekor itu, kali ini penting untuk aku bangun begini. Mengapa?

Pagi tadi, aku kembali dari bagian Karibia dari bulan sabatikalku. Penerbangan KL785-ku dari Sint Maarten (via Curaçao) mendarat jam 06:10 pagi tadi. “Masalah”-nya adalah, aku tidak bisa tidur di penerbangan 8,5 jam dari Curaçao ke Amsterdam; terutama karena aku sungguh menikmati penerbangannya, haha😆 . Aku bangun sekitar jam 6 pagi di hari Selasa waktu Sint Maarten dan sekarang sudah mendekati jam 6:30 sore di hari Rabu waktu Belanda. Dengan perbedaan waktu enam jam antara Sint Maarten dan Belanda, ini menghasilkan 30,5 jam yang kusebutkan di atas.

Aku sudah sebutkan beberapa kali disini bahwa aku (jauh) lebih menyukai jetlag ke arah barat daripada jetlag ke arah timur; karena aku merasa efek jetlag ke arah timur jauuh lebih menyebalkan. Sialnya, penerbangannya tadi kebetulan mendarat di pagi hari banget pula, haha😆 . Jadilah untuk melawan jetlag ini, aku dan orangtuaku memutuskan untuk pergi ke Amsterdam selama setengah hari tadi begitu tiba di Schiphol. Adalah ide yang bagus untuk memaksa kita bangun selama mungkin di siang hari untuk mengurangi efek jetlag ini. Dan sekarang sudah lewat jam 6 sore nih, jadi sudah lumayan juga rasanya ya, haha😆 .

Awalnya, aku berencana mem-posting posting pendahuluan dari bagian Karibia dari perjalanan ini. Namun, sepertinya ini harus menunggu dulu deh karena sekarang aku sudah nggak sabar banget berbaring di ranjangku (tetapi masih harus menyelesaikan cucian dulu nih! 😧) #problempulangliburan

22 thoughts on “#1805 – Combating Jetlag

    1. Hahaha, kalo balik dari NZ hitungannya westward kan? Masih mending kalau westward gitu; kalau eastward yang ngga enak😛 . Eh, tapi bedanya WIB sama NZ berapa jam sih? Jadi penasaran, hmmm…

      1. Yep, dari NZ ke Jakarta itu westward. Tp untungnya aku ke NZ nya juga gampang nyesuain, bisa lsg molor kl dah malam, haha. Bedanya 5 jam lebih cepat Ko, nah nanti hari minggu, end of daylight saving, jadi bakal beda 6 jam lebih cepat dr jakarta.

        1. Wuih, beda 5-6 jam berarti sama kayak bedanya Europe sama Indonesia ya. Lumayan juga itu!! Iyaa, kalo eastward enak kalau sampenya malam ya. Kemarin ini aku sampenya jam 6 pagi 😣

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s