#1791 – Heatwave and (Almost) A New Academic Year

ENGLISH

This is pretty much the headline here in the Netherlands this week:

Extreme heat warning 😲

Extreme heat warning 😲

😲😲😲😲😲

Yes, there is a warning of extreme heat!! 😱😱😱😱😱

Yes, we are, currently, being struck by a heatwave causing the temperature to be really hot at the moment. Okay, still in the low 30s (Celsius), though, but still, it has been reallyΒ hot!! This is actually one aspect I don’t really like from summer (aside from theΒ frequent rain; it is a toss up for me between extreme heat or frequent rain).

The forecast says it should be over by weekend; so let us hope it is right, haha πŸ˜† . And at least sometimes the wind blows too and it is not the typical hot wind; so the breeze still feels quite nice πŸ˜€ .

Anyway, speaking of this time of the year, it is almost the new academic year here in TU Delft. Six years ago, I arrived in Delft also at around this time. This means that new batches of students haveΒ arrived;Β and Delft has become a much livelier city than it has been the past two months. There were a lot of events going on; not only in the university but also in the city itself. A lot of associations/groups organized an open-house introducing themselves to the new residents of the city.

While I think it is cool, on the other hand IΒ also feel a little bit of inconvenienceΒ because of this, to be honest. First of all, with more people, the road becomes more crowded. Second of all, a lot of paths have been blocked to make rooms for these events; and this is on top of the never-ending construction works in the city.

***

But this also reminds me that my time in TU Delft as a PhD student will also come to an end, really soon; as my contract will end just before the new academic year starts.

Yeah…

BAHASA INDONESIA

Yang berikut ini cukup merangkumkan topik utama di Belanda minggu ini:

Extreme heat warning 😲

Peringatan cuaca panas ekstrim  😲

😲😲😲😲😲

Iya, ini adalah peringatan akan datangnya cuaca panas ekstrim!! 😱😱😱😱😱

Iya, sekarang ini Belanda sedang diterjang heatwave (gelombang panas) sehingga suhu udaranya panas banget deh sekarang. Oke, masih di 30an (Celsius) bawah sih, tapi tetap aja, rasanya panas bangettt!! Ini nih satu aspek yang tidak kusukai dari musim panas (selain hujan yang sering sih; susah deh menentukan mana yang lebih tidak kusukai, suhu panas banget atau hujan).

Menurut ramalan cuaca sih seharusnya gelombang panasnya selesai akhir pekan ini; jadi mudah-mudahan ramalannya benar ya, haha πŸ˜† . Setidaknya kadang-kadang angin masih bertiup juga sih; dan untungnya anginnya bukan lah angin yang panas, sehingga hembusan anginnya terasa nyaman πŸ˜€ .

Anyway, ngomongin waktu sekarang ini, saat ini sudah hampir waktunya tahun akademik baru dimulai di TU Delft. Enam tahun lalu, aku juga tiba di Delft di tanggal-tanggal segini. Ini artinya, sekarang ini sudah ada banyak kloter mahasiswa baru yang datang; dan Delft menjadi lebih ramai deh daripada dua bulan belakangan ini. Ada banyak acara yang berlangsung; tidak hanya di universitas tetapi juga di kotanya itu sendiri. Ada banyak asosiasi/grup yang mengadakan open-house memperkenalkan diri mereka ke penduduk baru kota ini.

Walau menurutku ini keren, di sisi lain aku juga merasakan sedikit ketidak-nyamanan karenanya sih, sejujurnya. Pertama-tama, dengan ada banyaknya orang, jalanan menjadi semakin ramai. Yang kedua, banyak jalan yang ditutup untuk mengadakan acara-acara ini; dan ini di atas pekerjaan konstruksi yang nggak akan pernah beres disini.

***

Ah, tetapi ini juga mengingatkanku bahwa waktuku di TU Delft sebagai mahasiswa PhD (S3) juga akan berakhir, segera; karena kontrakku akan habis sebelum tahun akademik baru dimulai.

Ya gitu deh…

Advertisements

26 thoughts on “#1791 – Heatwave and (Almost) A New Academic Year

  1. Ko kemaren sampai 34Β°C. Naik sepeda rasanya puanass banget ga sampai2 rumah. Kalau sudah gitu biasanya aku menenangkan diri “tenang, ini ga ada apa2nya dibandingkan panasnya Surabaya” πŸ˜… semogaaa 2 tahun mendatang aku bagian dari mahasiswa baru itu πŸ’ƒ

    1. Iyaa, panas banget memang ya kemarin! Hahaha πŸ˜† . Iya sih, masih mendingan daripada panasnya Indonesia; dan untungnya yang begini cuma dalam hitungan jari aja kan dalam setahun, hehehe πŸ˜› .

      Amiiin πŸ˜€ .

  2. Di rumah saya (Bekasi) kemarin-kemarin juga suhunya panas banget, eh barusan banget, hujan deras! πŸ˜†πŸŒ§
    Kalau disuruh milih panas atau hujan, ya saya milih hujan~ 😁

    1. Huahaha, cuacanya galau begitu ya. Di Belanda juga sering begitu sih. Pernah suatu ketika turun salju lebat banget, 30 menit kemudian cerah dan semua saljunya sudah hilang, hahaha πŸ˜† . Ah, aku tidak suka hujan karena kemana-mana mesti sepedaan dan jalan kaki. Basah! Hahahaha πŸ˜†

        1. Iya, hahaha. Dan payung pun nggak begitu berguna karena disini anginnya besar, sehingga air hujan mengenai badan nggak hanya dari atas, tapi dari depan, belakang, kiri, kanan, dan segala arah, hahaha πŸ˜† .

  3. Pastii di Delft sekarang lagi rame bangett yaa.. apalagi ada banyak mahasiswa baru disana… jadi penasaran pengen ke Delft deh dateng ke acara2 yang ada disana hahaha

  4. masih mending di sini donk yah…. cuaca panas tapi ada angin yang sedikit bikin sejuk.

    nggak bisa ngebayangin kalau panasnnya sampe 38 atau 40 derajat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s