Posted in Vacation

#1787 – September 2016: My Sabbatical Month

ENGLISH

The Background

In (literally) two weeks, my PhD contract is going to end while I will start my new job in October. I deliberately arranged it like this so I can take the entire September off and give zero f* about the world. You know, after a long period of continuous stressful working life, it is always good to take some time off and recharge my brain and energy before starting a new chapter in my life🙂 .

And unsurprisingly, I will make use of this month for some travelling!! Yeay!!😎

The Thoughts and Original Planning

As soon as I got the confirmation that my new job would start in October, I immediately thought about going on two different trips in September. Okay, I had had this thought since long before but now that it was confirmed that time-wise it was possible, it was time for me to make the trips actually happen🙂 . Anyway,

Destination #1: Romania

The first one was obvious since the beginning because I had been invited to attend a good friend of mine’s wedding in an Eastern European country, Romania (I have been invited since last year). I promised him I would come and it also happened that he had planned his wedding to be during my sabbatical month. You see, so the timing is extremely perfect!!

Romania. Photo Source: http://mentalfloss.com/article/53461/sneak-peek-inside-dracula%E2%80%99s-castle
Romania. Photo Source: http://mentalfloss.com/article/53461/sneak-peek-inside-dracula%E2%80%99s-castle

Destination #2: Sint Maarten

Romania alone was certainly not enough for me. For this very rare period of my life where I would have pretty much zero contractual responsibility, I wanted a “big” trip as well. Plus, I knew I could afford it (time-wise and budget-wise) so I thought,

“Well, why not making one dream of mine come true?”

I am talking about the dream I mentioned here a couple of years ago, btw.  Yes, I am talking about one big destination in my bucket list: Sint Maarten in the Caribbean, that is a colony of the Netherlands.

A KLM's Boeing 747-406 reg PH-BFB landing at Princess Juliana International Airport (SXM), in Sint Marteen. Photo credit: HGabor/Airliners.net
A KLM’s Boeing 747-406 reg PH-BFB landing at Princess Juliana International Airport (SXM), in Sint Marteen. Photo credit: HGabor/Airliners.net

In May, KLM had this Vijf Dagen Voordeel offer where they sold a return ticket to Sint Maarten at €50 lower than my personal threshold of a return ticket being “cheap”. So without a doubt I quickly grabbed it (even though it turned out two weeks later they dropped the price even further by €25, damn it! Haha😆 ).

A Surprise

Initially I thought two trips should be enough for September, especially considering one of them would be a trans-Atlantic trip and there might be stuffs which I would need to take care of in the Netherlands during the month. So I pretty much settled with these plans.

But then in mid-June, my parents called and told me that they were thinking of going to Europe in September and asked what I thought about it. This was a complete surprise to me!

I did think it was a good idea so I told them so but I also explained the two travelling plans I had already made and that they would have to go along with the plans. No question. They agreed but made sure that visa would not be an issue for the Caribbean part of the trip. I assured them so as I already checked the visa requirements (well, more like the visa exemptions actually😛 ) a few times via a few different sources, haha😆 .

Destination #3: Greece

Santorini, Greece. Photo Source: https://familyworldquest.com/2014/06/25/breathtaking-oia-a-photographers-paradise/
Santorini, Greece. Photo Source: https://familyworldquest.com/2014/06/25/breathtaking-oia-a-photographers-paradise/

But then because my parents would have made all the way to Europe, they would also want to visit another destination. Well, actually there was a long enough time gap between the Romania trip and the Sint Maarten trip. As we would be in Romania anyway and for some reason my mom had been wanting to go to Greece for ages, I suggested why not making a detour to Greece as well as geographically it was not that far (thought the flight tickets are still expensive due to the high season IMO😛 ). They thought it was a good idea and agreed.

Epilogue

Yeah, I think this September is going to be gooood!!😀

My September 2016 flying map. Created with gcmap.com
My September 2016 flying map. Created with gcmap.com

It will be quite tiring as well though, but it will be worth it! Hahaha🙂

BAHASA INDONESIA

Latar Belakang

Dalam waktu dua minggu (dalam artian sebenarnya), kontrak PhD/S3-ku akan berakhir dan aku akan memulai pekerjaan baruku di bulan Oktober. Sengaja aku susun seperti ini sehingga aku bisa liburan di sepanjang bulan September tanpa perlu memedulikan urusan dunia. Maklum lah ya, setelah suatu periode panjang hidup yang penuh dengan ke-stress-an secara terus-menerus, rasanya penting banget untuk berhenti sejenak dan mengisi ulang tenaga otak sebelum memulai babak baru di kehidupan ini🙂 .

Dan, tak mengherankan pastinya, aku akan memanfaatkan bulan ini dengan jalan-jalan!! Yeay!!😎

Rencana awalku

Begitu aku mendapatkan konfirmasi pekerjaan baruku akan dimulai di bulan Oktober, aku langsung terpikir dua buah perjalanan di bulan September. Oke, pikiran ini sudah aku miliki semenjak lama sebelumnya sih. Namun, pikiran ini baru bisa beneran terealisasikan menjadi rencana setelah aku mendapatkan konfirmasi waktu mulai kerjaku itu🙂 . Anyway, kedua rencana itu adalah sebagai berikut:

Tujuan #1: Romania

Tujuan pertama ini sudah amat jelas akan kulakukan karena aku diundang untuk menghadiri pernikahan teman baikku di sebuah negara Eropa Timur, Romania (aku sudah diundang dari tahun lalu loh). Aku berjanji aku akan datang dan kebetulan pula ia merencanakan pernikahannya di bulan liburanku ini. Jadi waktunya pas banget lah ya!!

Romania. Photo Source: http://mentalfloss.com/article/53461/sneak-peek-inside-dracula%E2%80%99s-castle
Romania. Sumber: http://mentalfloss.com/article/53461/sneak-peek-inside-dracula%E2%80%99s-castle

Tujuan #2: Sint Maarten

Romania jelas dong tidak cukup untukku. Untuk masa-masa yang jarang ada di hidupku ini dimana aku memiliki, bisa dibilang, nol tanggung-jawab, aku ingin perjalanan yang “besar” pula. Plus, aku tahu aku mampu untuk itu (baik dari segi waktu maupun budget) sehingga aku pikir,

“Hmm, mengapa tidak membuat suatu impianku menjadi kenyataan?”

Dan aku membicarakan mengenai impian yang kusebutkan di sini beberapa tahun lalu, btw. Iya, aku membicarakan sebuah destinasi di dalam bucket list-ku: Sint Maarten di Karibia, yang sedang dijajah merupakan salah satu koloninya Belanda.

A KLM's Boeing 747-406 reg PH-BFB landing at Princess Juliana International Airport (SXM), in Sint Marteen. Photo credit: HGabor/Airliners.net
Sebuah Boeing 747-406nya KLM ber-rege PH-BFB sedang mendarat di Bandara Princess Juliana (SXM) di Sint Maarten. Photo credit: HGabor/Airliners.net

Di bulan Mei, KLM mengadakan promosi Vijf Dagen Voordeel dimana mereka menjual harga tiket pp ke Sint Maarten €50 lebih murah daripada batas suatu harga tiket kesana aku katakan “murah”. Jadilah tanpa ragu aku membelinya (walaupun ternyata dua minggu kemudian harganya diturunkan lebih jauh sebesar €25, kurang ajar! Haha😆 ).

Sebuah kejutan

Awalnya, aku kira dua perjalanan cukup lah untuk September. Apalagi salah satunya adalah perjalanan melintasi samudra Atlantik. Belum lagi kemungkinan akan ada urusan-urusan yang perlu kukerjakan di Belanda di bulan ini. Jadilah aku cukup puas dengan rencana-rencanaku ini.

Tetapi kemudian di pertengahan Juni, orangtuaku menghubungiku dan berkata bahwa mereka memiliki pikiran untuk pergi ke Eropa bulan September ini dan bertanya apa pendapatku tentang pikiran ini. Wah, ini sungguh mengejutkanku!

Aku rasa ini adalah ide yang bagus sehingga aku bilang begitu. Hanya saja, mereka kujelaskan mengenai dua rencana jalan-jalanku sehingga mereka harus mau menurut denganku. Nggak ada tawar-menawar dah. Mereka nggak masalah sih hanya saja mereka meminta aku memastikan bahwa urusan visa tidak akan menjadi masalah di Karibia. Aku yakinkan bahwa aku sudah mengecek persyaratan visanya (ehm, lebih ke pengecualian kebutuhan visa sih😛 ) beberapa kali melalui beberapa sumber yang berbeda, haha😆 .

Tujuan #3: Yunani

Santorini, Greece. Photo Source: https://familyworldquest.com/2014/06/25/breathtaking-oia-a-photographers-paradise/
Santorini, Yunani.Sumber: https://familyworldquest.com/2014/06/25/breathtaking-oia-a-photographers-paradise/

Tetapi kemudian karena orangtuaku sudah jauh-jauh ke Eropa, mereka ingin mengunjungi destinasi lain juga. Yah, memang ada waktu di antara perjalananku ke Romania dan Sint Maarten sih. Dan karena toh kita akan berada di Romania dan entah mengapa mamaku sudah lama banget ingin pergi ke Yunani, aku sarankan untuk pergi ke Yunani. Secara geografis kan sudah dekat (tetapi tiket pesawatnya tetap aja mahal sih karena sedang musim liburan, hahaha😆 ). Mereka setuju.

Epilog

Iyaa, September ini bakal seru banget lah!!😀

My September 2016 flying map. Created with gcmap.com
Peta penerbanganku bulan September 2016 ini. Dibuat dengan: gcmap.com

Tapi kayaknya bakal bikin capek juga sih. Ah, tapi yang penting seru kan ya! Hahaha🙂

41 thoughts on “#1787 – September 2016: My Sabbatical Month

  1. Wooohooo Romania! If you need any help or have any questions let me know maybe I can help (I’m no expert but maybe I can be a bit of help since I lived in Buch for a while). Enjoy your travellig month!

    1. Seru banget Niee!! Yunani, mudah-mudahan gak panas banget deh soalnya udah September, ahahahah😆 . Kata temenku suhunya bisa mencapai 40C dong.

        1. Temanku kesana bulan Agustus sih Niee. Seharusnya in theory September lebih ademan dikit lah ya, hahaha😆 . Tapi September masih terhitung musim panas nih. Musim gugur biasanya mulai Oktober.

  2. OMG SXM!!!

    Harus kesana cepet-cepeeet, katanya KLM mau narik 747-nya ya? Semoga nggak jadi deh… Apalah arti SXM w/o the iconic jet blast. Ahh airport bucket list saya in addition to SXM: LUA (liat video landing dan take-off nya keren banget!) dan LYR (northernmost airport with public flights). Ahh semoga bisa tick em off soon! *berdoa ada hujan uang dan hujan cuti*

    1. Hihihi, iya ini beruntung banget Ky. Aku masih kedapetan Boeing 747-400nya KLM. Mulai Oktober nanti pesawatnya bakal diganti jadi Airbus A330-200 yang mainstream itu. Begitu diganti A330-200 ini juga baliknya jadi gak perlu transit di Curacao nih, gak asyik dah, ahahahah😆 .

      Haha, aku bakal banyak stay di deket Maho Beach-nya itu Ky😛 . Air France masih deploy A340-300nya kesana, jadi seru juga kan😛 .

      Huahaha, kalo LUA serem ah Ky😛 . Kalo LYR aku juga penasaraan! Tapi kok jauh dan tiketnya mahal, ahahah😆 .

      1. I was actually gonna be in Europe next month, and was looking cheap fare to SXM. Too bad the timing didn’t work. Arrgghh!

        Nooo, A343 is not as seru as 747😦 *but this is coming from someone who have been onboard A346 and not yet on 747 sih😛 *

        1. Hahaha, aku belum pernah terbang dengan A340 tipe apa pun Ky😐 .

          Tapi memang sih ya, Boeing 747 itu pesawat yang penampilannya paling elegan, hahaha😆 .

  3. Hore,,akhirnya Zilko ke Romania juga, dah nunggu2 nih kpn ya kira2 kamu mau ke sana,hehe, pokoknya dijamin gak bakal nyesel deh liat pemandangan disana yang keren2😉

  4. Ko, jadinya nanti pindah ke Amsterdam ya tinggalnya? Jadi Amsterdamer dong, bukan Delfter lagi (eh apa sih nyebutnya orang yg tinggal di Delft, ngarang aku haha. Kalo Den Haag kan Hagenaar)

    1. Huahaha, iya tapi waktu pindahnya sepertinya bakal mundur nih karena beberapa pertimbangan tertentu😛 . Kalo Delft kayaknya Delftser, hahahaha😆 .

  5. Sounds September will be a very happy month for you, Zilko…Enjoy🙂 BTW, asyik banget ya bisa ada sabbatical month😀 Kalo di sini, susah kayaknya dapat sabbatical month pas lagi pindah kerja, kecuali emang niat mau nganggur dulu🙂 *At least pengalaman aku sih :D* Karena perusahaan barunya biasa paling lambat maunya satu bulan abis diterima langsung kerja, sedangkan perusahaan lama harus one month notice😀

    1. Indeed! Thanks!!🙂

      Huahaha, ini kan aku juga ceritanya nganggur sebulan😛 . Aku beruntung kantor baruku nanti setuju untukku mulai bulan Oktober, hehehe🙂 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s