Posted in EuroTrip, Vacation, Weekend Trip

#1738 – A Weekend in Rennes (Part I: Rennes)

ENGLISH

Posts in the A Weekend in Rennes series:

1. Introduction
2. Part I: Rennes
3. Part II: Le Mont Saint-Michel
4. Part III: The French Food

***

Getting to/from Rennes

HOP! Regional Logo

Flight: Air France AF 1031/AF 1030 operated by HOP! Regional
Equipment: Embraer ERJ145 reg F-GRGH

A HOP! Regional's Embraer ERJ 145 reg F-GRGH which brought me to/back from Rennes
A HOP! Regional’s Embraer ERJ 145 reg F-GRGH which brought me to/back from Rennes

The Amsterdam – Rennes return flights were operated by HOP! Regional’s Embraer ERJ145. I was super excited for these flights for two reasons:

  1. I had never flown an ERJ145 before so it was certainly a good addition to my logbook🙂
  2. ERJ145 would be the smallest jet airplane I have ever flown on!!

HOP! Regional’s ERJ145 is equipped with only 50 seats so it was certainly a “mini” plane, haha😆 (FYI, Garuda Indonesia’s/Wings Air’s ATR 72s are equipped with 70 – 72 seats so this ERJ145 is smaller than an ATR 72). And have you ever felt troubled about making a decision whether you want to sit on a window or an aisle seat? Well, you can avoid that problem in an ERJ145:

A window AND aisle seat at the same time!!
A window AND aisle seat at the same time!!

Yes, an ERJ145 is in a 1-2 configuration. And so obviously in both flights I chose a seat in the “1” side so my seat was a window AND aisle seat at the same time!! Woo Hoooo!!! 😎😎😎😎😎

Being a “mini” plane, obviously it wasn’t as “roomy” as other more popular bigger planes. However, I did not find it to be a big problem when I was seated. When I was standing or walking, however:

Oops
Oops

Yeah, at 181 cm (not that tall in Dutch standard but tall everywhere else😛 ), my head already touched the ceiling of the plane! Hahaha😆

A couple of years ago my ex-housemate told me his experience of flying an ERJ145 (he had to go to Strasbourg at the time) and he said it was quite “scary” due to the small size of the plane so he definitely “felt” it more upon take-off and landing. However, now I can safely say that I disagree with that statement. Both flights that I took were very smooth (despite the rather bouncy landing at Schiphol but that had nothing to do with the plane of course) and both felt just like normal flights to be honest. Okay, granted that the weather that weekend I went was great; but in bad enough weather, you would still “feel” it even if you fly a bigger plane.

Service-wise, it was a regular short-haul Air France level service so it was good (for European standard). The only one flight attendant per flight (only one due to the plane only carrying 50 passengers max) was certainly busy throughout the flight. Anyway, both were nice 75ish minutes between Amsterdam and Rennes. Here is the landing video at runway 10 of Rennes Saint-Jacques Airport:

Rennes

Rennes turned out to be bigger than what I expected. However, my expectation was actually wrong because I was thinking of a Delft-sized town or so. I mean, Rennes even had their own international airport so it was ridiculous to compare its size to Delft, lol😆 . I also found it to be quite a busy city with not so many tourists, which was in a way nice of course. Most tourists usually go to Rennes only for the train station which they use for a transfer between their TGV ride from/to Paris and the regional bus service to/from Le Mont Saint-Michel.

Place de la Republique
Place de la Republique

Rennes also had one metro line and quite many bus lines that are centered in Place de la Republique; so getting around the city should not be a big problem. Well, except if you traveled on a Sunday or during a public holiday where the service was cut down to nearly non-existent. This happened on the Sunday of my returning flight to Amsterdam. The first bus service from Place de la Republique to the airport was at 10:40 while my flight was scheduled to depart at 11:35! Consequently I had to take a taxi that morning.

Anyway, Rennes’ main visitors attractions are actually clustered together and everything is within walking distance. So, at least in my case, I did not have to really use the public transportation apart from my travel from the airport😉 .

The Old Town

The Old Town of Rennes
A building in Rennes’ Old Town

The Old Town of Rennes was definitely the main attraction in Rennes. In a way it was a typical old town of a well-preserved European city though: a few impressive big important buildings (the parlement building, the cathedral, etc) surrounded by smaller old buildings with unique old-school architecture where the life of the city was. Nonetheless, it was still awesome and even after almost six years of living in Europe, I still really liked and enjoyed it!🙂

Nearby the Old Town was the majestic Palace Saint-Georges with a nice garden which you could also visit during the day (they closed the garden in the evening obviously).

Palais Saint-Georges in Rennes
Palais Saint-Georges in Rennes

Parc du Thabor

The #1 attraction in Rennes according to Trip Advisor was the Parc du Thabor, a big park just next to Rennes’ Old Town. And so obviously after my visit to the Old Town, I paid a visit there as well.

I was very lucky that weekend where the weather in Rennes (and, apparently, across Western Europe) was very nice with the shining sun and temperature of around 22°C. So obviously a lot of the local Rennes people also went out and many of them decided to go to this beautiful park and sunbath there as well.

Parc du Thabo
A garden at Parc du Thabor

Parc du Thabor consisted of a few gardens and a few playgrounds for the kids. The gardens were also very different from each other. Some were the flowery type with statues and water fountains, one looked like a herbal garden with a lot of different named plants, some were with ponds and bigger trees, and some were well-maintained lawn. So, yeah, it was indeed a very beautiful park!

TO BE CONTINUED…

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri A Weekend in Rennes:

1. Introduction
2. Part I: Rennes
3. Part II: Le Mont Saint-Michel
4. Part III: The French Food

***

Pergi ke/dari Rennes

HOP! Regional Logo

Penerbangan: Air France AF 1031/AF 1030 dioperasikan oleh HOP! Regional
Pesawat: Embraer ERJ145 reg F-GRGH

A HOP! Regional's Embraer ERJ 145 reg F-GRGH which brought me to/back from Rennes
Sebuah Embraer ERJ145 milik HOP! Regional dengan registrasi F-GRGH yang membawaku ke/kembali dari Rennes

Penerbangan pp Amsterdam – Rennes dioperasikan dengan sebuah Embraer ERJ145nya HOP! Regional. Aku merasa bersemangat banget untuk terbang dengan kedua penerbangan ini karena:

  1. Aku belum pernah terbang dengan sebuah ERJ145 sebelumnya sehingga ini adalah tambahan yang oke untuk logbook-ku kan ya🙂
  2. ERJ145 adalah pesawat jet terkecil yang pernah kutumpangi!!

Pesawat ERJ145nya HOP! Regional dilengkapi dengan 50 kursi saja sehingga jelas pesawat tipe ini termasuk sebuah pesawat “mini” (FYI, pesawat baling-baling ATR 72nya Garuda Indonesia Explore/Wings Air diisi dengan 70 – 72 kursi loh. Jadi pesawat ERJ145 ini lebih kecil dari itu). Dan pernah kah merasa galau ingin duduk di kursi jendela atau lorong? Yah, kegalauan ini bisa dihindari ketika terbang dengan ERJ145:

A window AND aisle seat at the same time!!
Kursi jendela DAN lorong sekaligus!!

Iyaaa, konfigurasi tempat duduk di pesawat ERJ145 adalah 1-2. Jelas di kedua penerbangan itu aku memilih kursi di sisi yang “1” lah ya sehingga kursiku adalah kursi jendela DAN lorong sekaligus!! Horeeee!!! 😎😎😎😎😎

Sebagai pesawat “mini”, jelas bagian dalam pesawatnya tidak “selapang” pesawat-pesawat lebih besar yang lebih populer lainnya. Namun, toh aku tidak merasakan banyak masalah dengan ini ketika duduk. Hanya saja ketika aku berdiri atau berjalan:

Oops
Oops

Iyaa, dengan tinggi badan 181 cm (nggak tinggi-tinggi amat sih dengan standar Belanda tetapi tinggi di semua tempat lainnya😛 ), kepalaku menyentuh langit-langit pesawatnya loh! Hahaha😆

Sekitar dua tahun yang lalu, mantan housemate-ku bercerita mengenai pengalamannya terbang dengan sebuah ERJ145 (ketika itu ia harus pergi ke Strasbourg) dan katanya rasanya “serem” karena ukuran pesawatnya yang kecil sehingga “berasa” banget sewaktu lepas landas dan mendarat. Hmm, bisa kubilang sekarang bahwa aku kurang setuju dengan pernyataan ini. Kedua penerbangan yang kutumpangi lancar dan mulus banget kok (kecuali pendaratan yang agak bouncy di Schiphol tetapi ini mah nggak ada hubungannya sama tipe pesawat lah ya) dan kedua penerbangan ini berasa seperti penerbangan biasa saja kok. Oke, memang sih cuaca ketika aku terbang akhir pekan itu sedang oke banget; tetapi kalau yang namanya cuaca sudah jelek, akan tetap “berasa” lah ya bahkan ketika naik pesawat yang lebih besar.

Secara servis, ini adalah penerbangan Air France jarak pendek sehingga servisnya oke lah (untuk standar Eropa). O iya, hanya ada satu pramugara saja loh di masing-masing penerbangan (karena pesawatnya hanya mengangkut maksimal 50 penumpang) sehingga jelas pramugaranya riweuh banget sepanjang penerbangan. Anyway, keduanya adalah penerbangan nyaman selama 75an menit antara Amsterdam dan Rennes. Berikut ini video pendaratannya di Bandara Saint-Jacques di Rennes:

Rennes

Rennes ternyata adalah kota yang lebih besar daripada sangkaanku. Eh, tetapi sangkaanku yang ngawur sih sebenarnya dimana aku mengira Rennes adalah kota seukuran Delft gitu. Maksudku, Rennes punya sebuah bandara internasional jadi nggak masuk akal lah ya untuk membandingkan ukurannya dengan Delft, haha😆 . Aku juga tidak melihat ada banyak turis di sana, yang mana jelas asyik nih. Kebanyakan turis biasanya pergi ke Rennes hanya untuk menggunakan stasiun keretanya saja dimana mereka memanfaatkannya untuk transit dari/ke layanan kereta TGV mereka dari/ke Paris dengan layanan bus yang bisa membawa mereka ke/dari Mont Saint-Michel.

Place de la Republique
Place de la Republique

Rennes dilengkapi dengan sistem kereta bawah tanah juga yang terdiri dari satu jalur dan banyak sekali bus yang mana layanannya terpusat di Place de la Republique; jadi berkeliling Rennes bukanlah sebuah masalah. Eh, kecuali kalau bepergiannya di hari Minggu atau di tanggal merah sih dimana layanannya berkurang menjadi nyaris tidak ada. Ini kejadian denganku loh di hari Minggu ketika aku akan kembali ke Belanda. Layanan bus pertama ke bandara dari Place de la Republique adalah jam 10:40 padahal pesawatku dijadwalkan berangkat jam 11:35! Sebagai akibatnya, jadilah pagi itu aku naik taksi ke bandara.

Anyway, atraksi-atraksi pengunjung utama Rennes sebenarnya berlokasi cukup dekat satu sama lain dan bisa dilakoni dengan berjalan-kaki. Jadi, seenggaknya untukku yah, sebenarnya transportasi umum itu tidak begitu dibutuhkan sih kecuali perjalananku dari bandara😉 .

Kota Tua

The Old Town of Rennes
Sebuah bangunan di Kota Tua Rennes

Kota Tua Rennes jelas adalah atraksi utama di Rennes. Sebenarnya ini adalah kota tua ala Eropa sama seperti di kota-kota Eropa lainnya yang kota tuanya terawat baik sih: beberapa gedung besar keren dan penting (gedung parlemen, katedral, dll) yang dikelilingi oleh banyak gedung-gedung kecil tua berarsitektur antik dan unik yang dulunya merupakan denyut nadi kota. Toh walaupun begitu, masih kereen aja melihat yang beginian bahkan setelah hampir tinggal di Eropa selama enam tahun!🙂

Di dekat Kota Tua berdiri Istana Saint-Georges dengan taman yang indah di depannya yang bisa dikunjungi di siang hari (di malam hari, jelas, tamannya ditutup).

Palais Saint-Georges in Rennes
Palais Saint-Georges di Rennes

Parc du Thabor

Menurut Trip Advisor, atraksi #1 di Rennes adalah Parc Du Thabor, sebuah taman besar tepat di sebelahnya Kota Tua Rennes. Dan jelas taman ini aku kunjungi setelah selesai di Kota Tua.

Aku beruntung banget akhir pekan itu dimana cuaca di Rennes (dan banyak tempat di Eropa Barat lainnya sih) sedang oke banget dengan matahari yang bersinar cerah dan temperatur sekitar 22°C. Sehingga jelas akibatnya ada banyak orang-orang Rennes yang juga keluar dan banyak di antara mereka yang juga memutuskan untuk pergi ke Parc Du Thabor untuk berjemur disana.

Parc du Thabo
Sebuah taman di Parc du Thabor

Parc du Thabor terdiri atas beberapa taman dan beberapa area bermain untuk anak-anak. Taman-tamannya sendiri juga sangat beragam dan berbeda satu sama lain. Ada beberapa yang berjeniskan taman bunga dengan patung-patung dan air mancur, ada satu yang nampak seperti taman herbal dengan berbagai macam tanaman yang diberi nama, beberapa berupa taman dengan kolam dan pohon-pohon yang rindang, dan beberapa bagian lainnya berupa area rumput yang ditata rapi. Jadi, ya, taman ini memang adalah taman yang indah!

BERSAMBUNG…

35 thoughts on “#1738 – A Weekend in Rennes (Part I: Rennes)

    1. Masih ada sih Bu tapi terbataaas banget jadwalnya, nggak kayak hari biasa, hahaha😆 . Yang nyebelin tuh apa-apa juga tutup semua, termasuk supermarket lho! Aku amati tapi memang begini sih di Prancis, hahaha😆 .

      1. Lol!! Ekstrem ya. Klo aku di Kingsford dl sih, krn pemukiman org Asia (mayoritas), tokonya pun pemiliknya orang Asia. Jd ya jam buka toko sama lah kyk di Indo😉 cm emg tutupnya jm 8-8.30an. So klo sore2 kehabisan indomi atau pgn teh botol, yo tinggal ngacir ke toko…

        1. Esktrim banget Bu di Prancis. Di Belanda aja nggak segitunya, hahaha😆 . Kalau weekend seenggaknya supermarket masih buka (sampe jam 5 atau 6 sore aja sih tapinya😛 ). Hahaha, disini Indomie dijual di supermarket biasa juga lho Bu😛 . Tapi kalo teh botol yang S*sro gitu mesti ke toko Asia sih😛

    1. Hahaha, iyaa, cukup banyak ATR yang terbang di langit Indonesia sekarang ya, hehehe😀 .

      Iya, tamannya bagus, rapi, dan bersih! Kalau cuacanya pas oke, enak buat dipakai jalan-jalan dan bersantai😀

    1. Iyaa, kotanya bagus banget:mrgreen: .

      Haha, iya pesawatnya kecil. Tapi nggak banget sih kayaknya soalnya ada beberapa tipe pesawat lain yang lebih kecil lagi, hahaha😆 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s