Posted in Random Thoughts, Thoughts

#1736 – A Painting Exhibition in Riga

ENGLISH

Posts on the 2016 Baltic Spring Trip series:
1. Part I: Stockholm
2. Part II: Jumbo Stay and Air Baltic
3. Part III: Riga
4. Part IV: Helsinki
5. Part V: Tallinn
6. Part VI: Tallink and Finnair

***

I am not a big artsy person even though occassionally I do enjoy being pretentious and checking out some art exhibitions, especially when I am travelling. But I will never claim myself to be an expert on art, like, ever.

While I was in Riga during my 2016 Baltic Spring Trip (see Part III above), I went to the St. Peter’s Church to go to the top of the tower from where I got good birds’ eyes view of the Latvian capital. It happened that at that time in the main hall of the church, there was a small painting exhibition. As I was already there and I had some time to kill anyway, I decided to check the exhibition out as well.

I fully understand that in many ways, art is a very subjective matter. And here is my (very) subjective opinion of a couple of paintings that I saw in the exhibition.

I was fascinated by one painting. This one, btw:

Autumn by Andzela Lesite
Autumn by Andzela Lesite

To me the painting looked like a real macro photograph, except that it was not as it was a real painting by Andzela Lesite. The colors, the strokes, and everything else about the painting were perfect in my opinion. In two words, I was “super impressed”.

Then after I enjoyed the painting enough, I moved to literally the next painting on display. It was this one:

...

which, ehhhmmmm, in my extremely subjective opinion, looked awful, especially the painting being displayed next to the first painting. I mean … 😅😅😅.

Okay, I understand that maybe I just “don’t get it”🙂 . But still…

The two paintings being displayed next to each other
The two paintings being displayed next to each other

😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅

So what do you think?

BAHASA INDONESIA

Posting-posting dalam seri 2016 Baltic Spring Trip:
1. Part I: Stockholm
2. Part II: Jumbo Stay and Air Baltic
3. Part III: Riga
4. Part IV: Helsinki
5. Part V: Tallinn
6. Part VI: Tallink and Finnair

***

Aku bukanlah seseorang yang artsy walaupun memang kadang-kadang aku menikmati sok-sokan berkelas mengerti melihat-lihat pameran seni gitu sih, terutama ketika sedang jalan-jalan. Tetapi aku tidak pernah mengklaim diriku sebagai ahli seni, tidak akan pernah deh.

Ketika berada di Riga di perjalanan musim semi 2016ku ke Baltik (lihat Bagian III di atas), aku pergi ke Gereja Santo Petrus untuk naik ke puncak menaranya dimana aku disajikan pemandangan ibukota Latvia ini dari ketinggian. Nah, kebetulan pula waktu itu di ruangan utama gerejanya sedang berlangsung sebuah pameran lukisan. Karena toh aku sudah disana dan memang ada waktu, aku memutuskan untuk sekalian melihat-lihat pamerannya.

Aku paham banget bahwa yang namanya seni itu adalah sesuatu yang subyektif banget. Dan berikut ini opini (sangat amat) subyektifku mengenai dua lukisan yang aku lihat di pameran ini.

Jadi ceritanya aku terkagum-kagum sekali dengan sebuah lukisan di sana. Lukisan yang ini nih, btw:

Autumn by Andzela Lesite
Autumn karya Andzela Lesite

Untukku, lukisan ini nampak seperti hasil foto makro, kecuali bahwa ini bukanlah hasil foto makro karena ini adalah sebuah lukisan beneran karya Andzela Lesite. Permainan warna, garis-garisnya, dan semua dari lukisan ini keren banget lah menurutku. Dalam dua kata, aku “sangat terkesan” terhadap lukisan ini.

Nah, setelah selesai menikmati lukisan di atas ini, aku mengecek lukisan di sebelahnya; yang mana berpenampakan seperti ini:

...

Ehmmmm, menurut pendapatku yang sangat amat subyektif, ini lukisannya kok jelek banget ya, hahaha😆 . Apalagi lukisan ini dipajang tepat di sebelah lukisan yang pertama di atas jadi kan … ya gitu deh 😅😅😅.

Oke, memang sih mungkin akunya saja yang memang “tidak memahami” lukisannya🙂 . Ah, tapi kan…

The two paintings being displayed next to each other
Dua lukisan ini dipajang bersebelahan

😅😅😅😅😅😅😅😅😅😅

Bagaimana menurut kalian?

14 thoughts on “#1736 – A Painting Exhibition in Riga

  1. Gw juga suka sok2 artsy lol, gw juga suka yg lo blg macro, bagusss warnanya. Yg satunya mgkn mksdnya abstrak. Biasanya gw suka painting abstrak tp yg ini biasa hehe…apa lah gw cm ngesok doank, katanya hrs keep an open mind klo liat art 😁

    1. Iya, sok-sokan artsy gitu berasa bikin diri ini fancy dan elegan gimana gitu ya, hahahaha😆 .

      Hahaha, bisa jadi. Yang satunya itu nampak seperti gambar pemandangan gitu. Aku berusaha memahaminya tapi entah mengapa aku kok malah mendapatkan impresi “kemalasan” atau “terburu-buru” gitu deh dari pelukisnya😛 . *sok ngerti😛 *

  2. wah, saya juga nggak punya kapasitas yang oke untuk menilai lukisan mas. biasanya, saya ngikutin gambar, dalam arti mencoba membaca apa yang ingin diceritakan semampu saya. tapi, untuk lukisan kedua ini, saya belum bisa menangkap konsep gambar dan perpaduan warna-warna dari lukisan kedua ini. #scroll lagi

      1. Di sebelahnya sih ada tag judul lukisan dan nama pelukisnya. Sayangnya aku nggak foto jadi nggak bisa kucek lagi untuk memastikan sekarang. Hanya saja, aku ingat bahwa tag-nya sama seperti tag-tag lukisan lain. Artinya tidak ada indikasi bahwa pelukisnya adalah peserta khusus, seenggaknya di tagnya nggak tertulis begitu…

    1. Hehehe, kurang lebih sama!! Aku berusaha (semampuku, yang mana bukan lah seorang ahli seni😛 ) menangkap “cerita” di balik lukisan kedua itu. Dan yang aku tangkap sejauh ini adalah antara “kemalasan” atau “terburu-buru karena deadline buat pameran udah dekat”, ahahahaha😆 . Kalau masalah tema lukisannya, sepertinya lukisan itu bertemakan musim gugur nyaris musim dingin. But still, aku nggak terbawa masuk ke dalamnya, haha…

  3. lho? malah yang monokrom itu paling lebar ya? iya kontras banget kedua lukisan…
    mungkin maksudnya musim gugur vs musim semi, kalau galau liatlah yg kiri sendu *pikir keras mencoba paham*

    1. Iya, yang kedua itu lukisannya lebih besar, hahaha😆 .

      Hahaha, dua-duanya lukisan musim gugur kok. Lukisan pertama yang gambarnya bunga itu judulnya “Autumn”😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s