Posted in General Life, Zilko's Life

#1722 – The Dutch Spring and Red Rice

ENGLISH

The Dutch Spring

It is April already. So if last month I still kinda understood it that maybe Spring had not yet arrived, at this point it would better have been, lol😆 . And I was not the only one thinking this way, it seems the sakura trees around TU Delft also think the same. They have started blossoming!! 😍😍😍😍😍🌸🌸🌸🌸🌸

But then, when you think of the Dutch Spring, do not picture beautiful sunny picturesque view across the country. For sure you would end up disappointed most of the time! Lol😆 . The Dutch weather is unpredictable, more in a not pleasant way unfortunately, where most of the time it is cloudy, windy, and rains a lot in Spring, with occassional sunny days (a day or two).

The following two pictures illustrate how this week has been regarding this. The left picture pretty much illustrates just another “regular” Spring day in the Netherlands while the right one, though nicer,  illustrates one of the few days where the weather is beautiful :) .

Typical Dutch spring
Typical Dutch spring
Not typical Dutch spring
Not typical Dutch spring

Red Rice

Anyway, finally this week I finished my 4.5 kg basmati rice and so I could start consuming the healthier red and brown rice!!:mrgreen:

After coming back from my one month vacation in Indonesia in the summer last year, I was determined to live a healthier life. One of the many things that I do to reach that goal is watching what I eat. And one even more specific things about watching what I eat is to minimize my consumption of rice.

At that time I got an idea to switch to the healthier red or brown rice. So I bought a 1 kg package of brown rice and this was all my rice consumption in the entire September. I felt great afterwards and I planned to keep continuing doing so. However, at that time I also still had a full 4.5 kg package of basmati rice. So I thought I would finish the basmati rice first and then switch to brown or red rice afterwards.

Here is the thing, over the years here, to live healthier I have trained myself to consume much less rice. Five years ago, just after arriving in the Netherlands, I finished a 4.5 kg package of rice in just under a month. But now, it took me more than six months to finish this 4.5 kg package of basmati rice! Haha😆 .

Anyway, finally now I can execute this plan of mine! And I start with red rice🙂 .

Red rice
Red rice

BAHASA INDONESIA

Musim Semi di Belanda

Sudah bulan April sekarang. Jika satu bulan lalu aku masih lumayan memahami bahwa musim semi masih belum tiba, kalau sekarang mah sebaiknya musim seminya sudah tiba ya, haha😆 . Dan bukan aku saja loh yang berpikir demikian, sepertinya pohon-pohon sakura di sekitar kampus TU Delft juga berpikiran sama. Mereka sudah mulai berbunga!! 😍😍😍😍😍🌸🌸🌸🌸🌸

Eh, tetapi kalau ingin membayangkan musim semi di Belanda, jangan membayangkan sebuah pemandangan yang indah dimana matahari bersinar cerah yah. Pasti akan kecewa deh, haha😆 . Cuaca di Belanda itu amat tidak bisa diprediksi, sayangnya tidak bisa diprediksi dalam artian yang kurang menyenangkan sih, karena seringnya berawan tebal, berangin kencang, dan hujan di musim semi. Cuaca cerahnya mah kadang-kadang aja (sehari atau dua hari gitu).

Dua foto berikut ini menggambarkan minggu ini deh mengenai cuaca ini. Foto di kiri kurang lebih menggambarkan sebuah hari “biasa” di musim semi di Belanda sementara yang kanan, walaupun nampak kece, sebenarnya tidak sering terjadi🙂 .

Typical Dutch spring
Tipikal musim semi di Belanda
Not typical Dutch spring
Bukan tipikal musim semi di Belanda

Nasi Merah

Ngomong-ngomong, akhirnya minggu ini beras basmati sebanyak 4,5 kg aku habiskan juga sehingga aku bisa mulai mengonsumsi beras merah atau coklat yang lebih sehat itu!!:mrgreen:

Ceritanya setelah kembali dari liburan satu bulanku di Indonesia musim panas yang lalu, aku bertekad untuk hidup lebih sehat lagi. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan apa yang aku makan. Lebih spesifik lagi, aku berusaha sekali mengurangi konsumsi nasi.

Waktu itu, aku mendapatkan ide untuk beralih ke beras merah atau coklat yang lebih sehat itu. Jadilah aku membeli satu bungkus 1 kg beras coklat dan ini lah konsumsi nasiku di sepanjang bulan September. Aku suka sekali dengan manfaat yang aku rasakan sehingga aku berencana untuk melanjutkannya. Masalahnya, waktu itu aku masih memiliki satu bungkus 4,5 kg beras basmati. Jadilah aku pikir aku akan menghabiskan beras basmatinya dulu dan baru kemudian beralih ke beras coklat atau merah.

Nah, ini nih masalahnya. Beberapa tahun terakhir, untuk hidup lebih sehat, aku sudah melatih diriku untuk tidak banyak mengonsumsi nasi. Lima tahun yang lalu, tidak lama setelah tiba di Belanda, aku menghabiskan satu bungkus 4,5 kg beras dalam waktu kurang dari satu bulan. Sekarang ini, aku membutuhkan lebih dari enam bulan untuk menghabiskan satu bungkus 4,5 kg beras basmati! Haha😆

Ngomong-ngomong, akhirnya sekarang aku bisa melaksanakan rencana ini juga! Dan ini aku mulai dengan beras merah🙂 .

Red rice
Red rice

26 thoughts on “#1722 – The Dutch Spring and Red Rice

  1. Iya Ko aku juga kalau dirumah makan nasi merah, cuma kalau weekend makan diluar ya masi bebas, itung2 cheat day! hehehe awalnya sih aneh rasanya, lama2 terbiasa🙂

    1. Iya, sekali-sekali cheat day mah nggak apa-apa ya Chris. Jadi kan bisa konsisten gitu, hehe. Ah, untungnya aku nggak pernah bermasalah sama rasanya😛

    1. Ah, aku malah baru tahu kalau basmati rice lebih rendah kalori daripada jasmine lho! Hahaha😆 . Waktu itu aku switch ke basmati soalnya sewaktu di India nasinya enaak gitu, bulir-bulirnya jelas banget, dan aku sukaaa! Ahahaha😆 .

      Hahaha, untuung banget aku nggak pernah bermasalah sama rasanya red atau brown rice😛 . Dulu sewaktu masih di rumah ortu memang selama berapa tahun makannya brown rice terus sih, jadi mungkin sudah terbiasa karena waktu itu ya, hehehe😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s