Posted in EuroTrip, Ten Day Trip, Vacation

#1712 – 2016 Spring Trip (The Destinations)

ENGLISH

For Easter this year, I have decided that I want to go on another trip (surprise, surprise! Lol😆 ). The Easter holiday has made it possible to make this trip a longer trip without me really taking too many of my actually many holiday allowances.

Weighing my options

At first, I was considering to go to the States. To Florida, to be more precise. Okay, to Miami, to be even more precise (with a possibility to make a detour to Orlando as well). The Easter timing was perfect as well because it would be during the two-weeks of the Miami Open in Key Biscayne, Florida (near Miami), a big tennis tournament many consider as the “fifth grandslam” (which my favorite tennis players, Venus and Serena Williams, consider their “home” tournament because, well, they live near there).

Serena Williams' reaction after winning her sixth Miami title. Photo credit: Matthew Stockman/Getty Images North America
Serena Williams has won eight Miami titles until 2015. Photo credit: Matthew Stockman/Getty Images North America

But then, I realized this would be a ten-day trip (max) and adding the six-hours time difference between Florida and the Netherlands into the equation, I figured the trip would be quite tough on the body. This was not good because I wanted to be fresh for work after coming back. Moreover, I started roughly calculating the budget I would need to spare for this trip and I estimated a return flight ticket + a Miami Open ticket would, in total, cost approximately €800 already. Well, so I felt like if this trip were going to happen, it would feel so “forced”. In the end I came to the conclusion that this was not the right time, yet, for Florida.

The most optimal solution for me this year is to “just” stay in Europe. Yeah, this year is not going to be like last year where I was fortunate enough to be able to go to Japan in the Spring. Nonetheless, of course it is still very exciting because there are tons of awesome destinations in Europe which are still waiting for me :P . There is actually one “routing” which I have been wanting to take since years ago and I figure this year’s Easter break is the perfect opportunity to make that finally come true.

And so I do just that…

Btw, I will add THREE new European countries into my list with this one trip alone😛 . So ladies and gentlemen, I call this trip:

2016 Baltic Spring Trip

Yes, I am going around the Baltic region for Spring.

Oh, you don’t know where the “Baltic region” is? Well, in short, this is a region surrounding the Baltic Sea in Northern Europe which is illustrated with this map below:

The Baltic region. Map taken from: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Baltic_Sea_map.png
The Baltic region. Map taken from: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Baltic_Sea_map.png

And here are the destinations of this trip:

Stockholm and Helsinki

For starter, I bought a multi-city return ticket of Amsterdam – Stockholm and Helsinki – Paris – Amsterdam. Btw, my Helsinki – Paris flight will be operated by Finnair. As I have never flown with them before, I will add a new airline to my logbook too!:mrgreen:

Technically I have been to Sweden before. Actually exactly two years prior to this trip btw, in my 2014 Easter weekend trip where I met Bebenyabubu in Helsingborg. But I have never been to the Swedish capital so it will still be a new destination to me. Finland, on the other hand, is one of the three new countries which I mention above.

Riga

Knowing that I will visit Stockholm then Helsinki, I must think about how to travel between the two cities. If you look at the map above, you would not be surprised that I thought the most efficient way was to fly. I did find a cheap one way direct ticket from Stockholm to Helsinki on my date of travel with a Norwegian LCC.

However, while browsing for the tickets I glimpsed another option with Air Baltic which would be about €20 more expensive AND with a transit in Riga, Latvia. For most people, this might be a bad choice because why would you pay more and on top of that you don’t get a direct flight? But not for me😛 . Why? Well, there were four factors:

  1. I LOVE to fly;
  2. I have never flown with Air Baltic before (and they promised they would fly a Boeing 737-500 on the Stockholm – Riga flight, a type which is still missing from my logbook. Even though some time ago they changed their mind and switched the equipment to a Bombardier Dash 8 Q400. Damn!);
  3. I have never been to Latvia; and
  4. There was an option for an 8 hours transit in Riga.
An Air Baltic's Boeing 737-500 reg YL-BBQ. Photo credit: Osipov Dmitry/Airliners.net
At first I was promised I would fly with an Air Baltic’s Boeing 737-500 (that is super cute, isn’t it!) like in this photo. Photo credit: Osipov Dmitry/Airliners.net

You see, these four factors meant that it was possible for me to stick in a one-day trip in Riga, Latvia during this trip as well!! So why the hell not???😀

Latvia is the second of the three countries I mention above.

Talinn (?)

Again, if you look at the map above, Helsinki looks close-ish to the capital of another Baltic country, Talinn which is the capital of Estonia. I remember a few years ago my ex-housemate told me about his one day trip from Helsinki to Talinn where he took a ferry back and forth to cross the Gulf of Finland.

I am thinking to do the same even though I have not arranged anything yet for it. So, under the circumstance that this plan is executed, the third of the three countries I mention above is, indeed, Estonia🙂 .

Yay!!:mrgreen: I can’t wait already!😀

BAHASA INDONESIA

Untuk Paskah tahun ini, aku sudah memutuskan bahwa aku akan jalan-jalan lagi deh (nggak ada yang heran pastinya ya😀 ). Liburan Paskah memungkinkanku untuk membuat sebuah perjalanan yang agak panjangan sedikit tanpa aku harus mengambil banyak cuti yang mana sebenarnya jatahku banyak sih.

Menimbang-nimbang pilihanku

Awalnya, aku berkeinginan untuk liburan ke Amerika. Ke Florida, lebih tepatnya. Oke, ke Miami, untuk lebih tepatnya lagi (dengan kemungkinan untuk sekalian mampir di Orlando). Timing yang mana di sekitar liburan Paskah juga sempurna banget karena ini bertepatan dengan dua minggu diadakannya Miami Open di Key Biscayne, Florida (di dekatnya Miami), sebuah turnamen tenis besar yang banyak orang pandang sebagai turnamen “grandslam kelima” (yang mana petenis favoritku, Venus dan Serena Williams, anggap sebagai turnamen di “rumah” mereka sendiri karena, yah, mereka kan tinggal di dekat-dekat sana).

Serena Williams' reaction after winning her sixth Miami title. Photo credit: Matthew Stockman/Getty Images North America
Serena Williams telah memenangi delapan gelar Miami sampai tahun 2015. Photo credit: Matthew Stockman/Getty Images North America

Namun, kemudian aku pikir-pikir perjalanan ini akan setidaknya memakan waktu (maksimal) sepuluh hari dan dengan mempertimbangkan perbedaan waktu enam jam antara Florida dan Belanda, aku merasa perjalanan ini akan melelahkan banget secara fisik. Padahal, aku maunya kan merasa segar gitu ketika pulang. Ditambah lagi, ketika aku menghitung kasar budget yang perlu aku persiapkan untuk perjalanan ini, aku perkirakan tiket pp ke Miami + tiket Miami Open sudah akan membutuhkan setidaknya sekitar €800 (sekitar Rp 12 juta) sendiri. Lah, aku malah jadi merasa bahwa andaikata perjalanan ini beneran terjadi, rasanya kok agak “dipaksakan” gitu ya. Pada akhirnya aku berkesimpulan bahwa sepertinya sekarang bukanlah waktu yang tepat untuk Florida.

Solusi optimal untukku tahun ini adalah jalan-jalan di Eropa “aja” deh, haha. Ya, tahun ini tidak akan seperti tahun lalu dimana beruntung banget aku bisa pergi ke Jepang di Musim Semi. Biarpun begitu toh ini masih seru banget karena masih ada banyak destinasi keren di Eropa yang belum pernah aku kunjungi kan😛 . Nah, sebenarnya ada satu “rute” yang sudah ingin banget aku kunjungi semenjak bertahun-tahun lalu. Jadilah aku menyadari bahwa liburan Paskah tahun ini adalah kesempatan yang tepat untuk membuatnya menjadi kenyataan.

Dan memang ini lah keputusanku…

Btw, aku akan menambah TIGA negara Eropa baru ke dalam daftarku melalui satu perjalanan ini😛 . Nah, saudara dan saudari sekalian, aku umumkan judul dari perjalanan ini nih:

2016 Baltic Spring Trip

Yup, aku akan pergi ke daerah Baltik Musim Semi ini.

Eh, tunggu-tunggu, pada nggak familier daerah “Baltik” itu di sebelah mana? Yah, gampangnya, daerah ini adalah daerah yang mengelilingi Laut Baltik di Eropa Utara, tergambarkan melalui peta berikut ini:

The Baltic region. Map taken from: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Baltic_Sea_map.png
Daerah Baltik. Peta diambil dari: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Baltic_Sea_map.png

Dan berikut ini destinasi-destinasi di perjalananku ini:

Stockholm dan Helsinki

Pertama-tama, waktu itu aku membeli tiket pp multi-city Amsterdam – Stockholm dan Helsinki – Paris – Amsterdam. Btw, penerbangan Helsinki – Paris akan dioperasikan dengan Finnair loh. Kan aku belum pernah terbang dengan mereka sebelumnya jadi lumayan nih dapat satu maskapai baru untuk logbook-ku!:mrgreen:

Secara teknis memang sih aku sudah pernah ke Swedia sebelumnya. Sebenarnya, pas dua tahun sebelum perjalanan ini lho, di perjalanan akhir pekan Paskah 2014ku dimana aku kopdaran dengan Bebenyabubu di Helsingborg. Tetapi aku belum pernah ke ibukotanya Swedia sih sehingga Stockholm tetap adalah sebuah tujuan baru untukku. Untuk Finlandia, memang aku belum pernah kesana sebelumnya sehinga negara ini memang adalah satu dari tiga negara baru yang kusebutkan di atas.

Riga

Tahu bahwa aku akan mengunjungi Stockholm dan kemudian Helsinki, aku jelas harus memikirkan bagaimana untuk bepergian di antara keduanya dong ya. Jika peta di atas diperhatikan dengan seksama, tentu tidak mengherankan jika aku merasa bahwa cara terefisien adalah dengan naik pesawat. Kebetulan aku menemukan sebuah tiket satu arah murah meriah dari Stockholm ke Helsinki di tanggal yang aku inginkan dengan sebuah maskapai LCC asal Norwegia.

Namun ketika browsing-browsing tiket itu, aku melihat sebuah pilihan lain dengan maskapai Air Baltic yang mana harga tiketnya lebih mahal €20 DAN dengan transit di Riga, Latvia. Bagi kebanyakan orang, mungkin ini adalah alternatif yang buruk karena sudah harga tiketnya lebih mahal, penerbangannya nggak langsung pula? Ah, tetapi tidak buruk untukku loh😛 . Mengapa? Ada empat faktor:

  1. Aku SUKA terbang;
  2. Aku belum pernah terbang dengan Air Baltic sebelumnya (dan waktu itu mereka menjanjikan untuk mengoperasikan pesawat Boeing 737-500 di rute Stockholm – Riga, sebuah tipe yang masih terlewatkan di logbook-ku. Eh tetapi belakangan ternyata pesawatnya diganti jadi Bombardier Dash 8 Q400 dong. Ih, sial!);
  3. Aku belum pernah ke Latvia sebelumnya; dan
  4. Ada pilihan untuk transit selama 8 jam di Riga.
An Air Baltic's Boeing 737-500 reg YL-BBQ. Photo credit: Osipov Dmitry/Airliners.net
Awalnya aku dijanjikan akan terbang dengan Boeing 737-500nya Air Baltic (yang imut banget kan!) seperti di foto ini. Photo credit: Osipov Dmitry/Airliners.net

Nah kan, empat faktor tersebut berarti mungkin bagiku untuk sekalian menyelipkan sebuah perjalanan satu hari di Riga, Latvia di perjalanan ini!! Jadi mengapa tidak???😀

Nah, jadilah Latvia adalah negara kedua dari tiga negara di atas.

Talinn (?)

Lagi, jika peta di atas diamati, Helsinki nampak agak dekat dengan ibukotanya sebuah neara Baltik lain kan, Talinn yang merupakan ibukotanya Estonia. Aku teringat beberapa tahun lalu mantan housemate-ku bercerita mengenai pengalaman perjalanan satu harinya dari Helsinki ke Talinn dimana ia menaiki kapal feri pergi-pulang untuk menyebrangi Teluk Finlandia.

Aku memiliki ide untuk melakukan hal yang sama walaupun aku masih belum merencanakan apa-apa untuknya. Jadi, dengan asumsi rencana ini akan beneran aku eksekusi, negara ketiga yang kusebutkan di atas adalah Estonia🙂 .

Hore!!:mrgreen: Sudah nggak sabar nih!😀

37 thoughts on “#1712 – 2016 Spring Trip (The Destinations)

  1. Wow, perjalanan ke negara-negara dingin di utara! Ditunggu cerita lengkapnya ya Kak, saya penasaran dengan negara-negara Skandinavia itu–yang iklimnya kabarnya lebih ekstrem dari negara subtropis pada umumnya. Penasaran juga dengan bagaimana budaya di sana berbeda dengan negara lain–terutama makanannya :hihi.

    1. Haha, sebelum ini aku ke Scandinavia sewaktu musim panas aja Gara jadi nggak sebegitu ekstrim-nya sih dalam hal dingin, walaupun masih bisa ditemukan banyak salju bahkan di musim panas disana. Keren bangettttt!!!!!

      Sama! Aku juga penasaran masalah makanannya. Untuk Norwegia sendiri, ada dua menu yang menarik dan nggak biasa banget: daging ikan paus dan daging rusa kutub, hehehe😀 .

  2. Waaa Baltic! Sempet ketuker sama Balkan, kirain kamu bakal dateng ke Serbia, Bosnia, dan semacemnya.
    Iya saya juga sering nemu tuh harga tiket murah dari Air Baltic dengan transit yang lama di Riga, lumayan bisa sekalian jalan-jalan di negara baru.
    Btw nulisnya Finnair, Ko bukan Finn Air😀 Wah kamu selingkuh dari SkyTeam nih, kan dia oneworld :)) Codeshare AF kah?

    1. Hahaha, pengen nih sebenarnya ke Balkan Ky, tapi susah kesana dengan SkyTeam, mesti sama maskapai LCC kebanyakan atau tiketnya mahal bangett😛 . Dulu sempat lihat OU jual tiket pp AMS-DBV murah banget cuma €99 pp tapi jamnya nggak enak banget! Mendarat di DBV jam 10 malam dan pulang dari DBV jam 6 pagi! Hahaha😆

      Iya, Air Baltic lumayan banget. Sebenarnya ini bisa sih pilih yang transit sebentar, tapi rugi lah ya kalo transitnya sebentar. Kalo lama kan bisa jalan-jalan di Riganya juga, hahaha😆 .

      Trims! Barusan kukoreksi jadi Finnair!:mrgreen: Aku mah masih setia doong sama SkyTeam. Ini naik Finnair soalnya mereka codeshare sama AF, ahahahaha😆 . Jadi tiketku ber-flight-code AF walau pesawatnya AY ntar. Sayang di HEL-CDG mereka gak deploy A350nya nih😛 . Ini nih aku sukanya codeshare-codeshare gini, bisa nyobain maskapai aliansi sebelah tapi tetap dapat poin! Hahaha😆 .

  3. Baca negara Estonia, jadi ingat komik Topeng Kaca yang salah satu settingnya bercerita tentang negara Estonia yang katanya suhunya sangat dingin dan beku🙂 Dan abis baca tentang itu dulu, langsung googling deh tentang Estonia karena aku gak pernah dengar nama itu sebelumnya😀

    Have fun on your holiday, Zilko🙂 Ditunggu cerita lengkapnya…

    1. Hahaha, Estonia memang negara yang nggak begitu terkenal ya. Aku pun tahu karena beberapa tahun lalu ada seorang pemain tenis dari Estonia, hahaha😛

      Trims!!🙂

  4. Uhuk….lama2 satu Eropa dikelilingin semua deh ko. Ihh barusan ada bom brussels…serammm banget yaa…hati2 aja ko, semoga jalan2 nya lancar .

    1. Hahaha, iya doong, satu-satu dikunjungin😛 .

      Iya, serem banget yang di Brussels itu!!😦 Trims! Iya, mudah-mudahan seterusnya aman-aman terus ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s