Posted in Aviation, EuroTrip, Trip Report, Weekend Trip

#1698 – AMS-CDG-BIO vv with Air France

ENGLISH

As usual, I want to start the story of my weekend trip to Bilbao earlier this month with a trip report on how to get there😆 . The drama I had to endure on the departing flights made the story worths its own self-standing post. So here we go…

***

AF 1641 (Amsterdam – Paris CDG)

AF Logo
Flight: Air France AF 1641
Equipment: Airbus A318-100 reg F-GUGP
ATD: 14:27 CET (Runway 18L of AMS)
ATA: 15:15 CET (Runway 26L of CDG)

As this was my first ever intra-Schengen flight out of Schiphol since I became a Flying Blue Gold member, it was my first visit to the KLM Crown Lounge in the Schengen-side of Schiphol Airport.:mrgreen:

Stuffing myself with some snacks, lunch, and glasses of sparkling wine to start the trip
Stuffing myself with some snacks, lunch, and glasses of sparkling wine to start the trip

I checked my Flightradar24 app and saw that flight AF1640 departed from Paris CDG with a bit of a delay. Some time later I checked the departure monitor and it, indeed, stated that my AF 1641 flight would be delayed for 20 minutes. Here is the problem with this: I only had a scheduled 50 minutes of transit in Paris. A 20 minutes delay, assuming no recovery in between, would slash my transit time to only 30 minutes. I started to worry whether this would be enough.

So I went to the ticketing agent in the lounge. The agent totally understood the situation and started to look for alternatives. But there was only bad news: it appeared that I only had two options:

  1. To change my flights to Iberia (with a transit in Madrid) but I would arrive in Bilbao at around 23:00; OR
  2. To still go with my original Air France flights and hope that I would have enough transit time. The downside of this option was that if I missed my connection, she saw no alternative from Paris to Bilbao that day, meaning I would have to stay overnight in Paris!

It was a difficult choice because the arrival time in Bilbao with option 1 was waay too late for me while with option 2, if things went wrong, I could only arrive in Bilbao the next day. Darn. But somehow, my gut feeling sided with the second option. And I decided to listen to it.

My flight route map from Amsterdam to Bilbao. Created with gcmap.com
My flight route map from Amsterdam to Bilbao. I chose to follow my gut feeling and went with option 2. Map created with gcmap.com

Anyway so I went to the gate and boarded the plane: an Air France’s Baby Airbus A318 reg F-GUGP and I quickly settled onto my emergency exit seat (I got this seat for free again btw, yay! :D). It was a normal Amsterdam – Paris flight with Air France. Given that I have flown this route many, many, many time, I am not going to elaborate further than this, haha.

Transiting at Paris CDG

F-GUGP landing at runway 26L of Paris CDG Airport
F-GUGP landing at runway 26L of Paris CDG Airport

F-GUGP landed at runway 26L of Paris CDG Airport at 15:15 and parked at Terminal 2F at 15:25. I was moved forward to a business class seat prior to landing due to my tight connection so I could deplane quickly. However, I knew I still needed to focus because my connecting flight would depart from Terminal 2G which meant that I would need to take the shuttle bus to change terminal. The challenge: boarding was scheduled to start in 10 minutes (at 15:35).

However, knowing Terminal 2 of Paris CDG Airport quite well and my flights were both intra-Schengen, I was still confident I had just enough time to make my connection. BUT THEN, ladies and gentlemen, this happened:

Extra identity check at Paris CDG Airport, even for intra-Schengen passengers!
Extra identity check at Paris CDG Airport, even for intra-Schengen passengers!

There was an obligatory EXTRA identity check at Paris CDG Airport for all passengers, including the transit passengers!! It was basically like an immigration check (where we needed to show our passport and visa/residence permit). And to add matters worse (for me): there was no Sky Priority line which meant I had to queue normally with all other passengers (whom some were also in a rush). And you see the long line in the photo above. WTF!!!

There was nothing I could do at this point except to just accept the situation and a looming one night stay in Paris (and one less night stay in Bilbao), which actually would not be that bad afterall. After waiting for ten minutes, finally it was my turn to get my identity checked. There was no problem at all and immediately I ran to where the shuttle bus to Terminal 2G would leave. Luckily it didn’t take long before the shuttle bus left.

After around 5 minutes of bus ride, I arrived at Terminal 2G. Without hesitation, I jumped off the bus, entered the terminal, and looked at the screen to see which gate was my departure gate. I was already 15 minutes late at this point but there was glimmer of hope where the flight was apparently delayed for 10 minutes; so the gate might still be open! This fueled me to literally sprint to the gate.

Terminal 2G of Paris CDG Airport
Terminal 2G of Paris CDG Airport

Literally while I was still sprinting already halfway to the gate, there was an announcement stating that my flight to Bilbao had been further delayed for one hour due to a technical problem and they needed to change the plane! I stopped running and threw my hands up in the air. Then I smiled and laughed a little bit on the funny chain of events that had happened to me today as I was walking back towards the main area of Terminal 2G.

At least I made my flight and would arrive in Bilbao at around 18:30 today; a much better outcome than had I chosen to go with option 1. I was glad I listened to my gut feeling.

What a flying day!
What a flying day!

With one hour to go, I went to Air France’s lounge there, which turned out to be a very small lounge (read: it was super crowded).

AF 1576 (Paris CDG – Bilbao)

HOP! Regional Logo
Flight: Air France AF 1576 operated by HOP! Regional
Equipment: Embraer ERJ170 reg F-HBXH
ATD: 17:19 CET (Runway 26R of CDG)
ATA: 18:36 CET (Runway 30 of BIO)

And then, it turned out that somehow my gut feeling was extremely strong. Upon boarding for my AF 1576 flight to Bilbao, the agent said that I had been upgraded to business class!! 😍 Oh wow, now I was extremely super glad I listened to my gut feeling!! Not only I would arrive earlier than option 1, I also got upgraded to business class with option 2!!

HOP! Regional's Embraer ERJ170 reg F-HBXH which brought me to Bilbao in business class
HOP! Regional’s Embraer ERJ170 reg F-HBXH which brought me to Bilbao in business class

A self-standing trip report of this business class flight had been published earlier.

As I got upgraded last minute, I could not choose my seat and I was assigned to an aisle seat. Well, I always prefer a window seat than an aisle seat; but if the choices were between an aisle business class seat or a window economy class seat, obviously I would choose the former, hands down, lol😆 .

Light meal in business class
Light meal in business class
Economy class snack
Snack service in economy class

Btw, as a comparison, above I also put the complimentary snack service served on my returning Bilbao – Paris CDG flight in economy. The difference was glaring :lol:

Anyway, it was a pleasant business class flight from Paris CDG to Bilbao. We took off from runway 26R. Not long afterwards, the light meal service was served. It was not big (as it was only “light”) but just enough for the short haul flight. At around 18:36, we landed smoothly at runway 30 of Bilbao Airport.

Returning Flights

My return journey to the Netherlands was much smoother and so I will not write much about them here.

A HOP! Regional's Embraer ERJ190 F-HBLC
A HOP! Regional’s Embraer ERJ190 F-HBLC
An Air France's Airbus A318 reg F-GUGF
An Air France’s Airbus A318 reg F-GUGF

My HOP! Regional flight AF 1477 from Bilbao to Paris CDG was delayed for about 10 minutes but it was not a big deal as I had a 2 hours of transit time in Paris, this time, haha. This flight was operated with an Embraer ERJ190 reg F-HBLC. Btw, here is the take-off video from Bilbao Airport. You can see glimpse of Bilbao and Portugalete in it:

My Air France flight AF 1584 from Paris CDG to Amsterdam was also very smooth with no delay. This flight was operated with another Baby Airbus A318 reg F-GUGF.

BAHASA INDONESIA

Seperti biasanya, aku akan memulai cerita perjalanan akhir pekanku ke Bilbao awal bulan ini dengan sebuah trip report perjalananku kesana😆 . Drama yang harus kulalui di penerbangan keberangkatanku membuat cerita ini layak menjadi satu posting tersendiri. Jadi mari kita mulai saja…

***

AF 1641 (Amsterdam – Paris CDG)

AF Logo
Penerbangan: Air France AF 1641
Pesawat: Airbus A318-100 reg F-GUGP
ATD: 14:27 CET (Runway 18L of AMS)
ATA: 15:15 CET (Runway 26L of CDG)

Karena ini adalah penerbangan intra-Schengen pertamaku dari Bandara Schiphol sebagai anggota Flying Blue Gold, ini adalah kali pertama aku mengunjungi KLM Crown Lounge di sisi Schengen dari Bandara Schiphol.:mrgreen:

Stuffing myself with some snacks, lunch, and glasses of sparkling wine to start the trip
Perjalanan aku mulai dengan snack, makan siang, dan sekian gelas sparkling wine 

Ketika aku mengecek app Flightradar24-ku, aku melihat bahwa penerbangan AF1640 berangkat dari Paris CDG sedikit terlambat. Ketika aku cek di layar monitor keberangkatan, ternyata benar saja bahwa penerbangan AG1641ku akan terlambat sekitar 20 menit. Nah, ini nih masalahnya: waktu transit terjadwalku hanyalah 50 menit saja di Paris. Keterlambatan 20 menit artinya akan memotong waktu transit menjadi 30 menit saja, dengan asumsi tidak ada recovery. Akibatnya aku mulai sedikit merasa was-was karenanya.

Jadilah aku mendatangi petugas ticketing di lounge-nya. Ia memahami situasiku dan mulai mencarikan alternatif untukku. Tetapi yang ia temukan hanyalah berita buruk: ternyata waktu itu aku hanya tersisakan dua pilihan saja:

  1. Mengubah penerbanganku ke maskapai Iberia (dengan transit di Madrid) tetapi aku baru akan tiba Bilbao sekitar jam 11 malam; ATAU
  2. Tetap pergi dengan penerbangan Air France-ku sesuai dengan tiket dan berharap waktu transitku cukup. Risiko dari pilihan ini adalah jika aku ketinggalan penerbangan lanjutanku di Paris, tidak ada alternatif sama sekali untuk terbang dari Paris ke Bilbao hari itu juga, artinya aku harus menginap semalam di Paris!

Ini adalah pilihan yang sulit karena waktu ketibaan di Bilbao dengan pilihan 1 terlalu malam untukku sementara dengan pilihan 2, jika kenapa-kenapa, aku malah baru bisa tiba di Bilbao keesokan harinya. Sial. Ah, tapi entah mengapa, intuisiku sangat amat condong ke pilihan kedua deh. Dan aku memutuskan untuk mendengarkan dan mengikuti apa kata intuisiku.

My flight route map from Amsterdam to Bilbao. Created with gcmap.com
Rute penerbanganku hari ini dari Amsterdam ke Bilbao. Aku memutuskan untuk mendengarkan intuisiku dan memilih pilihan 2. Peta dibuat dengan gcmap.com

Anyway jadilah aku pergi ke gerbang keberangkatan dan menaiki pesawatku: sebuah Baby Airbus A318-nya Air France dengan registrasi F-GUGP dan aku langsung duduk pewe di kursi barisan emergency (yang bisa kudapatkan dengan gratis juga loh btw, hore! :D). Ini adalah penerbangan biasa Amsterdam – Paris dengan Air France. Karena sudah ribuan kali (lebay, pakai banget) aku terbang di rute ini, aku tidak akan mengulasnya lebih jauh, haha.

Transit di Paris CDG

F-GUGP landing at runway 26L of Paris CDG Airport
F-GUGP mendarat di landasan pacu 26L Bandara Paris CDG

F-GUGP mendarat di landasan pacu 26L Bandara Paris CDG jam 3:15 sore dan bersandar di tempat parkir di Terminal 2F jam 3:25 sore. Sebelum mendarat, aku dipindahkan ke sebuah kursi kelas bisnis di bagian depan pesawat karena waktu transitku yang super singkat agar aku bisa duluan turun. Namun, aku tahu bahwa aku harus fokus banget karena penerbangan lanjutanku akan diberangkatkan dari Terminal 2G dimana aku harus naik shuttle bus untuk kesana karena aku harus pindah terminal. Masalahnya: boarding penerbangan lanjutanku akan dimulai 10 menit kemudian (jam 3:35 sore).

Namun, karena merasa cukup familier dengan Terminal 2 Bandara Paris CDG dan toh penerbanganku adalah penerbangan intra-Schengen, aku masih cukup yakin bahwa aku masih memiliki cukup waktu untuk mengejar penerbanganku. TETAPIII, saudara dan saudari sekalian, kemudian ini malah terjadi dong:

Extra identity check at Paris CDG Airport, even for intra-Schengen passengers!
Pemeriksaan identitas ekstra di Bandara Paris CDG, bahkan untuk penumpang intra-Schengen!

Ada pemeriksaan identitas EKSTRA wajib dong di Bandara Paris CDG untuk semua penumpang, termasuk penumpang transit!! Kurang lebih ini seperti pemeriksaan imigrasi gitu (dimana kita harus menunjukkan paspor dan visa/izin tinggal). Dan parahnya lagi (untukku): tidak ada jalur khusus penumpang Sky Priority yang mana artinya aku harus mengantri di antrian normal dengan semua penumpang lain (yang mana sebagian juga sedang terburu-buru). Dan terlihat kan betapa panjang antriannya di foto di atas. WTF!!!

Tidak ada yang bisa kulakukan lagi di waktu ini kecuali menerima situasi dan kemungkinan besar menginap satu malam di Paris (dan satu malam lebih singkat di Bilbao), yang mana sebenarnya nggak jelek-jelek amat sih ya. Setelah menunggu 10an menit, akhirnya aku mendapatkan giliranku. Tidak ada masalah sama sekali dan langsung lah aku lari menuju tempat pemberangkatan shuttle bus ke Terminal 2G. Untungnya, tidak lama kemudian busnya langsung berangkat.

Setelah naik bus selama sekitar 5 menitan, aku tiba di Terminal 2G. Tanpa ragu, aku langsung keluar bus, memasuki terminal, dan mengecek layar monitor untuk mencari gerbang keberangkatanku. Aku sudah terlambat 15 menit di waktu itu tetapi masih ada sedikit harapan karena penerbangannya ternyata terlambat 10an menit; jadi mungkin gerbang keberangkatannya masih dibuka! Ini menyemangatiku untuk langsung berlari sprint ke gerbangnya.

Terminal 2G of Paris CDG Airport
Terminal 2G Bandara Paris CDG

Ketika aku sedang berlari sprint, di tengah jalan sebuah pengumuman dikumandangkan dimana penerbanganku ke Bilbao telah ditunda lebih lama lagi selama satu jam akibat permasalahan teknis dengan pesawatnya sehingga sebuah pesawat pengganti dibutuhkan! Langsung deh aku berhenti berlari dan melemparkan tanganku ke atas. Kemudian aku tersenyum dan menertawakan apa yang baru saja terjadi sambil kembali menuju area utama Terminal 2G.

Setidaknya aku tidak tertinggal penerbanganku sih dan aku masih akan tiba di Bilbao sekitar jam 6:30 sore hari ini; hasil yang toh jauh lebih baik kan daripada andaikata aku memilih pilihan 1. Lega deh aku mendengarkan intuisiku.

What a flying day!
What a flying day!

Karena ada waktu satu jam-an, aku menunggu di lounge-nya Air France disana, yang mana ternyata ukurannya kecil banget (baca: rame banget lounge-nya waktu itu).

AF 1576 (Paris CDG – Bilbao)

HOP! Regional Logo
Penerbangan: Air France AF 1576 operated by HOP! Regional
Pesawat: Embraer ERJ170 reg F-HBXH
ATD: 17:19 CET (Runway 26R of CDG)
ATA: 18:36 CET (Runway 30 of BIO)

Nah, ternyata intuisiku itu kuat sekali loh. Ketika boarding penerbangan AF 1576ku ke Bilbao, petugas boarding-nya berkata bahwa aku baru saja di-upgrade ke kelas bisnis!! 😍 Oh wow, sekarang aku benar-benar legaa banget aku mendengarkan apa kata intuisiku itu deh!! Tidak hanya aku akan tiba di Bilbao lebih awal daripada pilihan 1, kini aku bahkan di-upgrade pula ke kelas bisnis dengan pilihan 2!!

HOP! Regional's Embraer ERJ170 reg F-HBXH which brought me to Bilbao in business class
Embraer ERJ170 milik HOP! Regional dengan registrasi F-HBXH yang membawaku ke Bilbao di kelas bisnis

Sebuah posting tersendiri akan penerbangan kelas bisnis ini sudah kutulis beberapa waktu lalu.

Karena aku di-upgrade-nya last minute, aku tidak bisa memilih kursi dan aku diberikan kursi lorong. Yah, aku kan lebih suka kursi jendela ya daripada kursi lorong; tetapi kalau pilihannya antara kursi lorong di kelas bisnis atau kursi jendela di kelas ekonomi, ya jelas lah ya aku milihnya kursi lorong di kelas bisnis, huahahahaha😆 .

Light meal in business class
Makanan ringan di kelas bisnis
Economy class snack
Layanan snack di kelas ekonomi

Btw, sebagai perbandingan, di atas aku jejerkan juga foto layanan snack yang diberikan di penerbangan kelas ekonomiku dari Bilbao ke Paris CDG di perjalanan pulangku. Perbedaannya kentara banget yah, huahahaha😆 .

Anyway, penerbangan ini adalah penerbangan yang nyaman di kelas bisnis dari Paris CDG ke Bilbao. Kami lepas landas dari landasan pacu 26R Bandara CDG. Tidak lama kemudian, layanan makanan ringan diberikan. Jelas porsinya tidak terlalu besar (namanya aja makanan “ringan”) tetapi cukup banget lah untuk penerbangan jarak dekat ini. Sekitar jam 6:36 sore, kami mendarat dengan mulus di landasan pacu 30 Bandara Bilbao.

Penerbangan Pulang

Perjalanan kembaliku ke Belanda berlangsung jauh lebih mulus dan aku tidak akan menuliskannya secara mendetail disini.

A HOP! Regional's Embraer ERJ190 F-HBLC
Embraer ERJ190 milik HOP! Regional dengan rego F-HBLC
An Air France's Airbus A318 reg F-GUGF
Baby Airbus A318 milik Air France dengan registrasi F-GUGF

Penerbangan AF 1477ku dengan HOP! Regional dari Bilbao ke Paris CDG terlambat sekitar 10 menit tetapi ini bukanlah masalah yang besar karena aku memiliki waktu transit 2 jam di Paris kali ini, haha. Penerbangan ini dioperasikan dengan sebuah Embraer ERJ190 dengan registrasi F-HBLC. Btw, berikut ini video lepas landasnya dari Bandara Bilbao. Disitu bisa terlihat juga sedikit pandangan akan kota Bilbao dan Portugalete:

Penerbangan AF 1584ku dengan Air France dari Paris CDG ke Amsterdam juga berlangsung dengan mulus tanpa delay. Penerbangan ini dioperasikan dengan Airbus A318 juga, kali ini dengan registrasi F-GUGF.

18 thoughts on “#1698 – AMS-CDG-BIO vv with Air France

    1. Kalo tipe pesawat sejauh ini Airbus A380-800 Win, hehe. Boeing 777-300ER juga oke sih, tapi A380 masih lebih mantap untuk ditumpangi. Stabil banget dan tenang (nggak berisik sama sekali walaupun mesinnya 4 biji dan gede🙂 ).

    1. Hahaha, roti komplimennya gede tapi nggak banget kok, hahaha. Efek foto aja mungkin ya. Tapi ukurannya sudah cukup untuk penerbangan singkat, hehehe🙂

  1. Ko, lucky you bisa di upgrade ya. Kenapa itu di upgrade? Kepo hehe. Btw, snack nya sangat terlihat jelas kalo kasta ekonomi dan bisnis itu berbeda ya 😂

    1. Dugaanku sih karena flight-nya overbooked dan kebetulan frequent flyer-ku level tinggi, jadilah aku yang “ditendang ke kelas bisnis”, hahaha😆 .

      Iya, perbedaan kastanya kelihatan banget ya, hahahaha😆

  2. aku bacanya sambil ikutan deg2an dan ikut kecewa krn ku pikir kamu beneran ketinggalan pesawat, eh gak taunya rejeki emang gak kemana ya, abis itu malah di upgrade juga, luar biasa😉

  3. Aku bacanya ikutan was was Ko haha. Tapi tetep ya ditengah ngepot2 lari foto tetap jalan terus haha. Aku sering dulu Ko kayak gini. Ya emang dasarnya aku yg hobi mepet datang ke Bandara. Tapi bersyukur belum pernah ketinggalan pesawat sekalipun. Pernah transit singapura waktu transitnya dari satu pesawat ke yang lainnya cuman 20 menit, itu deg2an banget kaki lemes takut ketinggalan pesawat haha.

    1. Huahaha, itu foto terminalnya pas sudah tahu kalau penerbangannya delay satu jam😛 . Wuah, gila itu waktu transitnya cuma 20 menit! Walaupun masih satu terminal, tetap aja mepet banget ya!!

  4. Aku ikut deg-degan pas baca bagian ngejar pesawat ke Bilbaonya😦 Tapi, kayaknya faktor keberuntungan selalu berada di sisi Zilko deh🙂 Dan syukur banget kembali diupgrade ke business class🙂

Leave a Reply

