Posted in North America Trip, USA, Vacation

#1694 – 2015 Year End Trip (Part X: More from New York)

ENGLISH

Previous posts on the 2015 Year End Trip series:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston
3. Part III: Getting to Mexico
4. Part IV: Oaxaca
5. Part V: A Mexican Wedding
6. Part VI: Huatulco and New Year
7. Part VII: Beaches of Huatulco
8. Part VIII: Back to USA
9. Part IX: Fifth Avenue, New York

Previously on 2015 Year End Trip: Zilko travelled to the USA for the first time ever in his life where he went to Boston. From Boston, he went south to Mexico. After spending ten days in Mexico, he was back in the USA where he went to the city of his life-long dream: New York.

***

The Statue of Liberty and the Ellis Island

Hello there, Lady Liberty!
Hello there, Lady Liberty!

For a first-time New York visitor (like me), one of the must-visited sites in the area is definitely the Statue of Liberty! I mean, a (first) trip to New York without having a date with Lady Liberty is like having a cappuccino without the coffee, lol😆 .

I booked a ticket to the Statue of Liberty ever a week before this North America trip. Even then, which meant about three weeks before my planned visit, I was already too late to get a ticket with access to the crown (access to the torch has been closed since 1916[1] for safety reason). But that’s okay, at least I still managed to get a ticket with access to the pedestal (the box thingy Lady Liberty stood on).

The ferry ride to the Liberty Island departed from the Battery Park. The scheduled departure time at that time was 1 PM and so I arrived 30 minutes before that. All visitors must pass a security check first, which was as tight and thorough as an airport security check btw, before boarding the boat.

The boat left on time at 1 PM and our short ride to the Liberty Island began. I chose not to sit because I wanted to have good views of New York and the Statue of Liberty from the open deck😛 . We landed at the pier in Liberty Island and I got off the boat.

Liberty and New York
Liberty and New York

First, I took an audio guide (already included in the ticket) and went straight to the entrance of the statue from its back. I could not bring my backpack in and had to rent a locker for $2 for 2 hours. Then, I went through another security screening before they let me in the pedestal.

Inside the pedestal was a museum of the famous statue where its history was presented. From there, we could go to the top of the pedestal with either stairs or elevator. They said going up by stairs would take around 5 minutes; so I went for it because it should be a good exercise to me after 2+ weeks of vacation, haha😆 . But then, it turned out that I reached the top in just, like, 2 minutes or so. Damn!

Anyway, at the top of pedestal, there was a small balcony around it where we could get some good view. After spending about ten minutes there, I walked back down. I went to the star-shaped base of the statue and took some photos😛 . From there, I exited the area, took my backpack, and had lunch at a nearby restaurant.

Look who was behind me!
Look who was behind me!

Ellis Island

From Liberty Island, the ferry went to Ellis Island first. Since the ticket already included an admission to Ellis Island, I stopped by as well. The architecture of the building in Ellis Island really looked like some Dutch architecture, btw😛 .

There was an Immigration Museum in Ellis Island, which stored stories of the history of immigration in USA. What I really like was just how not discriminative the museum was towards the information. You could find not so nice stories and facts about immigration in the USA. Also, how difficult it was to enter the country back then (at one point, aside from the health and crime check, sometimes the potential immigrants must pass an IQ test before being granted entrance).

Staten Island Immigration Museum
Ellis Island Immigration Museum

The Ellis Island itself was the entry point for those immigrants back in the day. Being located next to the Liberty Island, that is the reason why the Statue of Liberty has become a symbol of immigrating to the USA. All immigrants from Europe would have had to pass (and, thus, see) the statue before docking at Ellis Island. And the immigration building is now the museum. How cool is that!

Lower Manhattan

The financial area of New York was mostly concentrated in the Lower Manhattan region. At one point, I went to possibly the most famous street for people in the finance industry: New York’s Wall Street, haha😆 .

Wall Street
Wall Street

The Ground Zero of the 9/11 tragedy was also around the area which I paid a visit to as well. The sites of the two towers were now two large pools with names of the victims engraved on the pools’ walls. Some construction work was visible going on nearby the area, including the awesome-looking WTC transportation hub😀 .

The Brooklyn Bridge and Brooklyn

Another important site for me to visit in New York was the famous Brooklyn Bridge which connected Manhattan and Brooklyn in New York. My hotel in the Chinatown area was not really far away from the bridge, so at one morning I walked there after a brunch (see, a real New York experience😛 ).

Hello, Brooklyn Bridge
Hello, Brooklyn Bridge

And it was amazing! There was a pedestrian path in the middle of the bridge which actually offered some good views of the bridge and both cities. Obviously I crossed the bridge, from Manhattan to Brooklyn.

Speaking of Brooklyn, on the other evening I decided to go to Brooklyn to see how it differed from Manhattan. And it definitely differed from Manhattan in a lot of ways. The glamour of New York (which you may think of) is mostly associated with Manhattan with all the tall and shiny skyscrapers, while Brooklyn is a New York that is more “calmed down” and “down to earth”. To me, seeing Brooklyn makes New York more “human” and “real”.

The Food

KFC

An American KFC
An American KFC

While in Brooklyn (and USA😛 ), I decided to try out the American KFC restaurant! (Too bad I did not have the chance in Mexico btw). And I have to say that, indeed, the appearance of a KFC restaurant in USA did look like a cheap place to eat (at least the one I went to in Brooklyn); unlike in Indonesia, haha. I ordered my favorite crispy chicken obviously, as I wanted to make a comparison. And it turned out that the Indonesian KFC was still the best to me, haha. The American one was good though, but definitely not anywhere near the goodness of the Indonesian KFC. Well, even I liked the Dutch KFC better than the American!😛

Asian Food

The beauty of America is its multiculturalism. And this is also clear from the wide array of food I can find in New York. Staying in the Chinatown means that there were a lot of Asian food options for me to choose. In two mornings, I decided to eat noodles dish in two different restaurants just accross my hotel.

Satay udon
Satay udon

For one dinner I had there, I found an interesting noodles dish: a sate udon dish!😯 The name itself was very interesting as if it was a combination of an Indonesian and Japanese dish, haha. So I gave it a try. It was delicious even though to me I did not taste the “sate”-ness in the dish😛 .

TO BE CONTINUED…

Next on 2015 Year End Trip:
– Flying from New York to Paris
– Flying with an Airbus A380 again!
– Cool Air France lounges
– Back in the Netherlands (and real life)

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya dalam seri 2015 Year End Trip:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston
3. Part III: Getting to Mexico
4. Part IV: Oaxaca
5. Part V: A Mexican Wedding
6. Part VI: Huatulco and New Year
7. Part VII: Beaches of Huatulco
8. Part VIII: Back to USA
9. Part IX: Fifth Avenue, New York

Sebelumnya dalam 2015 Year End Trip: Zilko pergi ke Amerika untuk pertama kalinya seumur hidup dimana ia pergi ke kota Boston. Dari Boston, ia terbang ke selatan ke Meksiko. Setelah menghabiskan sepuluh hari di Meksiko, ia kembali ke Amerika dimana kini ia berada di kota yang sudah ia impikan semenjak lama: New York.

***

Patung Liberty dan Pulau Ellis

Hello there, Lady Liberty!
Halo, Nyonya Liberty!

Sebagai orang yang baru ke New York untuk pertama-kalinya (kayak aku), satu tempat wisata wajib di kota ini yang harus dikunjungi jelas adalah Patung Liberty! Maksudku, perjalanan (pertama-kalinya) ke New York tanpa ke Patung Liberty itu kan ibarat minum cappuccino tanpa kopinya ya, hahaha😆 .

Aku sudah membeli tiket ke area Patung Liberty semenjak seminggu sebelum perjalanan ke Amerika Utara ini dimulai. Bahkan waktu itu pun, yang mana artinya sekitar tiga minggu sebelum waktu kunjunganku, aku sudah kehabisan tiket akses ke mahkotanya loh (akses ke obornya ternyata sudah ditutup semenjak tahun 1916[1] karena alasan keamanan). Tapi nggak masalah sih, toh aku masih bisa mendapatkan tiket masuk ke pedestalnya (bagian kotak yang diinjak Nyonya Liberty-nya itu).

Kapal ferry tujuan Pulau Liberty diberangkatkan dari Battery Park. Jadwal keberangkatannya waktu itu adalah jam 1 siang dan aku jadilah aku tiba di tamannya sekitar setengah jam sebelumnya. Semua pengunjung harus melewati pemeriksaan sekuriti terlebih dahulu, yang mana cukup ketat juga seperti pemeriksaan di bandara, sebelum diizinkan menaiki kapal.

Kapal berangkat tepat waktu jam 1 siang dan perjalanan singkat ke Pulau Liberty dimulai. Aku memutuskan untuk tidak duduk karena aku ingin melihat pemandangan New York dan Patung Liberty jelas ya😛 . Lalu, kami mendarat di dermaga di Pulau Liberty dan aku turun dari kapal.

Liberty and New York
Liberty dan New York

Pertama-tama, aku mengambil audio guide dulu (yang mana sudah termasuk dalam tiketku) dan kemudian masuk melalui pintu masuknya di belakang patung. Aku tidak diperbolehkan membawa tasku ke dalam sehingga aku harus menyewa sebuah locker dengan harga $2 untuk dua jam. Lalu, aku harus melewati pemeriksaan sekuriti lagi sebelum aku diperbolehkan masuk ke dalam pedestal.

Di dalam pedestalnya terdapat sebuah museum yang berisikan cerita patung yang terkenal ini. Dari sana, aku bisa naik ke puncak pedestal dengan tangga atau lift. Tertulis bahwa naik tangga akan memakan waktu sekitar 5 menit; jadilah aku memilihnya karena lumayan kan ya untuk sedikit berolahraga setelah 2+ minggu liburan, haha😆 . Dan ternyata aku mencapai puncaknya hanya dalam 2 menit aja dong. Ih, nyebelin!

Anyway, di puncak pedestalnya terdapat semacam balkon kecil mengelilingi patungnya sehingga kita bisa mendapatkan pemandangan yang oke dari sana. Setelah menghabiskan 10an menit disana, aku berjalan turun. Aku kemudian berjalan-jalan sejenak di bagian dasar patungnya yang berbentuk bintang itu dan, jelas, foto-foto dong disana😛 . Dari sana, aku keluar dari areanya, mengambil tasku, dan makan siang di sebuah restoran di sebuah taman di dekat patungnya.

Look who was behind me!
Eh, siapa tuh yang di belakangku?

Pulau Ellis

Dari Pulau Liberty, kapal feri berhenti di Pulau Ellis dulu. Karena tiketku toh sudah termasuk tiket masuk ke Pulau Ellis juga, aku mampir dong *nggak mau rugi*. Btw, arsitektur gedung di Pulau Ellis ini Belanda banget loh menurutku😛 .

Di Pulau Ellis sendiri terdapat sebuah Museum Imigrasi. Yang aku suka dari museum ini adalah informasi yang diberikan adalah apa adanya dan tidak diskriminatif. Banyak cerita kurang mengenakkan yang bisa dibaca disana mengenai fakta imigrasi ke Amerika dulu. Juga, bagaimana sulitnya masuk kesana dulu (di satu waktu, di samping tes kesehatan dan pemeriksaan catatan kriminal, masa dong ya orang yang mau masuk Amerika harus ikutan tes potensi akademik dulu sebelum diizinkan masuk).

Staten Island Immigration Museum
Museum Imigrasi Pulau Ellis

Dulunya, Pulau Ellis adalah titik masuk Amerika bagi para imigran. Oleh karena berlokasi di sebelahnya Pulau Liberty, Patung Liberty menjadi simbol imigrasi masuk ke Amerika. Semua imigran dari Eropa harus melewati (jadi, otomatis mereka melihat) Patung Liberty sebelum kapal yang mereka tumpangi merapat di Pulau Ellis. Dan sekarang, gedung imigrasinya ini difungsikan sebagai museum ini. Keren ya!

Lower Manhattan

Pusat area finansial di New York terkonsentrasi di area Lower Manhattan. Di satu waktu, jelas aku mampir juga ke sebuah jalan yang paling terkenal di dunia keuangan dan perbankan: Wall Street, haha😆 .

Wall Street
Wall Street

Di sekitar area ini terdapat Ground Zero dari tragedi 9/11 yang juga aku kunjungi. Tempat dimana dulunya berdiri dua menara kembar WTC itu kini menjadi sebuah kolam raksasa dengan nama-nama para korban diukirkan di dinding di samping kolamnya. Beberapa pekerjaan konstruksi terlihat di sekitarnya sewaktu aku disana, termasuk pusat transportasi WTC yang nampak keren banget😀 .

Jembatan Brooklyn dan Brooklyn

Satu tempat penting lain di New York yang harus kukunjungi adalah Jembatan Brooklyn yang terkenal itu, yang menghubungkan Manhattan dan Brooklyn di New York. Hotelku berlokasi di area Chinatown sehingga berlokasi tidak terallu jauh dari jembatannya. Jadilah di satu pagi aku berjalan kaki kesana setelah brunch (nah kan, pengalaman yang New York banget ini, hahaha😆 )

Hello, Brooklyn Bridge
Halo, Jembatan Booklyn.

Dan jembatannya keren banget lho! Ada jalur khusus pejalan kaki di tengah jembatannya yang menawarkan pemandangan New York yang keren banget. Jelas aku menyebrangi jembatannya dong ya, dari Manhattan ke arah Brooklyn.

Ngomongin Brooklyn, di suatu malam aku memutuskan untuk kesana untuk melihat perbedaannya dari Manhattan. Dan jelas kota ini berbeda sekali dari Manhattan di banyak sisi. Glamornya New York (yang mungkin kita semua bayangkan) sebenarnya hanya terasosiasikan dengan Manhattan saja dengan gedung-gedung pencakar langitnya yang keren itu. Brooklyn sendiri adalah New York yang “kalem” dan “merakyat”. Untukku, melihat Brooklyn telah “memanusiakan” New York dan membuatnya terasa lebih “nyata”.

Makanannya

KFC

An American KFC
KFCnya Amerika

Mumpung di Brooklyn (dan Amerika sih😛 ), aku memutuskan untuk nyobain KFCnya dong ya! (Sayang aku tidak sempat nyobain KFC di Meksiko nih). Dan harus aku bilang bahwa penampilan restoran KFC di Amerika itu memang kayak tempat yang menjual makanan murah ya (setidaknya yang kukunjungi di Brooklyn mah begitu); nggak kayak di Indonesia, haha. Rumah makannya nampak usang dan kotor. Anyway, aku memesan ayam crispy yang merupakan kesukaanku karena aku ingin membandingkan rasanya. Dan ternyata KFCnya Indonesia masih jauh lebih enak loh, haha. Rasa KFC Amerika lumayan sih sebenarnya, tapi masih jauh kalau dibandingkan sama kemantapannya KFC Indonesia. Bahkan menurutku KFCnya Belanda masih lebih enak daripada yang Amerika punya!😛

Makanan Asia

Keindahan dari Amerika adalah kemultikulturannya. Dan ini nampak jelas dari banyak-jenisnya makanan yang bisa aku temukan di New York. Karena menginap di daerah Chinatown, ada banyak rumah makan Asia di dekat hotel yang bisa kupilih. Di dua pagi, aku memutuskan makan mie di dua restoran yang berbeda di seberang hotel.

Satay udon
Udon sate

Di satu makan malam, aku menemukan sebuah menu mi yang unik: menu udon sate!😯 Namanya menarik ya karena seperti kombinasi makanan Indonesia dan Jepang gitu, haha. Jadilah aku cobain. Enak sih walaupun untukku, rasa “sate”-nya nggak berasa sama sekali😛 .

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2015 Year End Trip:
– Terbang dari New York ke Paris
– Terbang dengan Airbus A380 lagi!
Lounge-nya Air France yang keren
– Kembali di Belanda (dan kehidupan nyata)

26 thoughts on “#1694 – 2015 Year End Trip (Part X: More from New York)

    1. Betul! Tapi enaknya beda-beda ternyata di tiap negara, hahaha😆 . Sejauh ini, bagiku paling enak adalah KFC di Indonesia yang diikuti dengan KFC di Belanda😛 .

  1. I just knew kalau kita bisa naik sampai mahkota si lady liberty bahkan dulu bisa sampai torchnya yaaa! Keren ko!!! Tq for this post, berasa ikut jalan2 ke Brooklyn dan Manhattan. Ahhh New York, New York!

    1. Iya, padahal kayaknya keren ya kalau bisa sampai torch-nya itu. Tapi ya mau gimana lagi sih kalau bahaya. Lagian nampak serem gitu tinggi pisan, hahaha😆 .

      Iyaa, New York beneran keren abiss ya!!😀

    1. Hahaha, engga dalam sehari kok. Aku sih kemarin santai aja jalannya😛 . Tapi kalau Liberty dan Lower Manhattan karena berdekatan kayaknya sehari juga bisa sih sebenarnya😛 . Tapi memang bakal jadi terburu-buru banget…

      Hahaha, New York keren banget lhoo😛

  2. ternyata dulu bisa naik sampe ke torch-nya itu ya, gimana ya pemandangan dari atasnya, liat kebawah bakalan pusing,hehe
    wah ternyata KFC di Indonesia emang selalu juara, KFC di Romania juga kalah tapi sambelnya enakan yg di Romania, hehe

    1. Kayaknya keren ya kalau bisa ke torch-nya, tapi memang bakal serem kalau lihat ke bawah kayaknya. Lagian torch-nya itu kecil banget lho ukurannya, hahaha😆 . Ah, jadi ntar kalau ke Romania pengen nyobain KFC ah. Penasaran sama sambelnya, hahahaha😆

      1. Mungkin krn kecilnya itu makanya kalo semua orang pada pengen naik kesana malah gak aman, desak-desakan *sok tau*. btw tadi salah tulis, maksudnya itu bukan sambelnya tapi saosnya, mereka punya saos bawang putih yang nendang, bahasa Romanianya “sos de usturoi” nanti kalo kesana boleh deh di cobain😉

        1. Kayaknya sih begitu, hehe. Atau mungkin karena kecil dan patungnya sudah tua, jadi strukturnya sudah nggak terlalu kokoh kali ya.

          Ah, malah jadi tambah penasaran nih! Aku suka saus bawang putih biasanya, hehehe.

    1. Iya Niee KFC paling enak yang pernah aku cobain sejauh ini ya KFC Indo, hahaha😆 .

      Iya ke Liberty memang mesti naik kapal ferry Niee soalnya dia ada di pulau gitu kan, hehe🙂 .

  3. Wah TFS aku jadi tau kalau mau ke patung liberty musti beli tiketnya jauh2 hari yaa berarti. Btw iya sepakat KFC paling enak tetap di Indonesia yaa… dan sekarang akupun ngidam KFC malam2 hahahahaa

    1. Beli dadakan juga bisa sih Chris tapi jadi cuma bisa masuk grounds areanya doang yang mana harga tiketnya sama kayak kalau dapat akses ke pedestal, hahaha😆 . Kalau mau yang crown cuma nambah $3 doang sebenarnya, tapi tiketnya terbatas banget!😦

      Hahaha, KFC memang mantap!! Ini aku kalau mau ke KFC harus ke luar kota dulu nih, nggak ada KFC di Delft soalnya, hahahaha😆

  4. Wah, keren banget perjalannya… fotonya disetting nggak bisa diklik biar lebih besar ya mas?
    sepakat dengan KFC nya… saya lebih suka versi Indonesia… udah gitu, sambel dan saos gratis…🙂

    1. Ah, trims inputnya! Sepertinya ada bug dengan theme yang aku pakai. Theme-nya sudah aku ganti dan sepertinya tidak ada masalah untuk membesarkan fotonya dengan theme yang ini, hehe🙂

      Iya! KFC Indonesia memang paling mantap ya! Sausnya pun gratis, hahaha😆

  5. after reading all those awesome points fromthe Liberty Statue then I saw KFC. I was like what???!!Hahaha.. But nice info for the comparison.😛 I’llhave KFC then for today’s lunch😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s