Posted in Mexico, North America Trip, Vacation

#1689 – 2015 Year End Trip (Part VII: Beaches of Huatulco)

ENGLISH

Previous posts on the 2015 Year End Trip series:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston
3. Part III: Getting to Mexico
4. Part IV: Oaxaca
5. Part V: A Mexican Wedding
6. Part VI: Huatulco and New Year

Previously on 2015 Year End Trip: Zilko went to Boston and then Oaxaca to attend his friends’ wedding. After the wedding, they went to Huatulco to spend New Year’s eve there. Being a beach destination, obviously they spent some time at the beaches too…

***

Bahia Maguey

Bahia Maguey
Bahia Maguey

On one afternoon, we decided to go to a beach to just relax there. As obviously only our Mexican friends had local knowledge around the area, we let them pick which beach we would go to (there were a lot of beaches and bays in Huatulco). In the end, they chose “Bahia Maguey”, not really far from Crucecita where we stayed at.

We took two taxis to the beach. Upon arriving, several men from some restaurants chased us to promote their restaurants. It was quite funny as it was like they were saying “Dibs! Dibs on you!“, lol😆 . Long story short, we made no decision until we reached the beach where we could see the restaurants physically. In the end, we chose one which was a little bit farther away from the crowd. We asked them to erect six beach chairs and umbrellas for us. They did, obviously.

And this was pretty much what we did the entire afternoon, lol😆 . Laying down on the beach on a beach chair under the shade of umbrella in a very nice tropical weather was soo nice! Even I napped for a little bit! Haha😆 . Some of my friends went swimming in the sea too. Life was so good, and I questioned why life could not be like this forever? Hahaha😛 .

Life is good
Life is good

My only complaint was the excessive amount of flies, especially after we ordered our (sweet) drinks and snacks. It was like they smelled it and they came to us.

At around 4 PM, we decided that it was probably time to have some late lunch. We decided to eat at the restaurant, as we really loved the service the guy gave us (the same guy who picked us up at the taxis earlier on). As we were six people, he recommended us to have the mixed grill menu (the menu card said it was for four people but it was a lot that it was also enough for six) for about MX$1500 (around €75) and we went with his suggestion. More stories about this late lunch will come below.

After we finished our late lunch, we went back to Crucecita. Even the guy was so nice that he accompanies us back to the main street and called two taxis for us. Wow, what a service!!

A Day Boat-Tour

On our other full day in Huatulco, we decided to go on a day boat tour around the Huatulco beaches.

Hello, I am in Huatulco
Hello, I am in Huatulco

Two Dramas

We were picked up at our hotel on time at 9:30 AM. There was a small drama where the hotel guy (we bought the package from the hotel) tried to cheat off MX$500 (approx €25) from us, which we did not let him of course (when we caught him red-handed, he brought God’s name into the argument, like WTF). But it turned out to be not the only drama we would have to face this morning.

A second drama took place at La Playa Chahue in the marina where the boat would depart from. We were assigned to a boat whose specification was not the same as they advertised. We were promised a good two double-decker medium-sized boat with sun shade but in the end they assigned us to a rather uncomfortable small boat with no toilet nor shade. We complained and rejected this unacceptable service. After arguing for about 40 minutes (well, our Mexican friend did all the argument though because it was better to be done in Spanish, obviously😛 ), we were finally assigned to a big boat with good shade. Not a double decker one, but it was okay as at least it was big and had a shade, a good decision as the sun was blazing that day😀 .

We were finally assigned to this "Macho" boat
We were finally assigned to this “Macho” boat

Finally, our boat departed at around 10:30 AM. It was, nevertheless, a very nice day for a boat and beach trip today so we enjoyed it so much. Even at one point I think I also napped for a little bit on the boat, haha😆 .

Clean Nature and Water

What stood out about the nature of the Huatulco coastline, to me, was not the clear and clean turquoise water, it was the coastline itself. The landscape was dry and barren with a lot of wild cactus plants on it. It was certainly one of a kind!!

Clean and clear water
Clean and clear water

The very clean water was also, honestly, surprising to me though. I mean, being a developing country, somehow I expected the water to be a little bit dirty with probably some garbage here and there. But none of it was visible. I asked this to our Mexican friends and they said that the Huatulco area was indeed deliberatly meant to be like that. All of the stakeholders in the area were encouraged to work together to keep the water clean, as a clean sea was definitely a tourists attracting feature that set them apart from other places in the world with also beautiful sea and beaches. And this was obvious everywhere. In the boat, they kept reminding us not to throw any garbage to the sea as they provided big garbage bins on the boat.

Impressive!!

A Crime

At one point, we were reaching a beach where I saw a lot of boats and people were there. But then, there was a serious announcement (in Spanish) and our boat stood still. Our Mexican friends then told us that apparently there was a robbery going on in the beach with the culprit having a gun and threatened the visitors.

Wisely, our boat decided to turn around and not go there. Well, I 100% agreed with this decision, of course.

Lounging at Bahia San Agustin

The beach of Huatulco
Bahia San Agustin

From the troubled beach, we immediately went to Bahia San Agustin where we could land and have some snacks or lunch at the restaurants there or go snorkeling. A friend and I chose to go ashore and relax there while the other went snorkeling.

After about one hour, the four other friends joined us at the restaurant and we stayed there for about two hours more. It was, again, a very nice place where we could just sit, relax, and not care about the world, haha😆 .

At around 4 PM, we were called to get back to our boat (btw, to get in/off the boat, we had to use a smaller boat from/to the beach. It was quite cool). On the way back, we saw some dolphins jumping around in the sea🙂 .

The Food

A mixed grill menu
A mixed grill menu

Being two beach days, obviously our meals involved only seafood, haha. The mixed grill at Bahia Maguey which I mentioned above was really good. It was basically a very large pan of different seafood, from shrimps and fish to octopus and lobster. Tasty!!

There was also a different kind of “cocktail” which we found there. It was not the usual alcoholic cocktail definition, but rather a seafood cocktail. They mixed several different ingredients, involving seafood of course, and presented it in a big glass. It looked really nice, btw, and also tasted good!!🙂

An octopus cocktail
An octopus cocktail

Speaking of octopus, apparently octopus was also quite a specialty of this region. So in our stay at Bahia San Agustin, I chose an octopus dish for lunch😀 .

TO BE CONTINUED…

Next on 2015 Year End Trip:
– Back to USA in business class
– Manhattan
– Fifth Avenue
A Broadway show
– More of New York

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya dalam seri 2015 Year End Trip:
1. Part I: Getting to North America
2. Part II: Boston
3. Part III: Getting to Mexico
4. Part IV: Oaxaca
5. Part V: A Mexican Wedding
6. Part VI: Huatulco and New Year

Sebelumnya dalam 2015 Year End Trip: Zilko pergi ke Boston dan kemudian Oaxaca untuk menghadiri pesta pernikahan temannya. Setelah pernikahan selesai, mereka pergi ke Huatulco untuk melewatkan malam tahun baru disana. Sebagai tempat destinasi pantai, jelas mereka menghabiskan waktu di pantai juga…

***

Bahia Maguey

Bahia Maguey
Bahia Maguey

Di satu siang, kami memutuskan untuk pergi ke sebuah pantai untuk bersantai. Jelas hanya teman Meksiko kami lah yang memiliki pengetahuan setempat sehingga kami mempercayakan pilihan pantai kepada mereka (ada banyak pantai di Huatulco). Pada akhirnya, mereka memilih “Bahia Maguey” yang berlokasi tidak terlalu jauh dari tempat kami menginap.

Kami naik dua taksi untuk mencapai pantainya. Ketika tiba disana, beberapa lelaki dari beberapa restoran mengejar kami untuk mempromosikan restorannya. Lucu juga lho karena seakan-akan masing-masing dari mereka menge-tag bahwa kami ini “miliknya” bukan restoran lain. Jelas kami tidak membuat keputusan apa pun hingga mencapai pantainya dimana kami bisa melihat sendiri kondisi restorannya. Pada akhirnya, kami memilih satu yang berlokasi agak jauh dari keramaian. Kami meminta mereka untuk mempersiapkan enam kursi pantai dan mendirikan enam payung pantai untuk kami.

Dan siang itu kami bersantai-santai begini aja di pantai, huahaha😆 . Tiduran leyeh-leyeh di atas sebuah kursi pantai di bawah naungan payung dengan cuaca tropis itu nikmat banget ya rasanya! Saking nikmatnya aku sampai ketiduran sebentar loh, hahaha😆 . Beberapa temanku juga berenang di laut selama beberapa waktu. Ah, hidup itu beneran nikmat banget, dan kenapa ya kok kaga bisa begini terus gitu? Hahaha😛 .

Life is good
Life is good

Satu-satunya komplainku adalah banyaknya lalat disana, terutama setelah kami memesan minuman (manis) dan snack. Jadi kayaknya lalatnya bisa mencium bau manisnya dan mereka mendatangi kami.

Sekitar jam 4 sore, kami memutuskan bahwa sudah waktunya bagi kami untuk makan siang (atau sore?). Kami memutuskan untuk makan di restorannya sekalian karena layanan yang diberikan waiter-nya untuk kami (orang yang sama dengan yang menjemput kami di taksi) top banget. Karena kami berenam, ia merekomendasikan menu mixed grill (di menunya sih menu ini diiklankan untuk empat orang tetapi karena makanannya ada banyak, menurutnya cukup juga untuk enam orang) seharga sekitar MX$1500 (sekitar Rp 1,15 juta) dan kami mengikuti sarannya. Cerita tentang makan siang ini ada di bawah.

Setelah selesai makan siang, kami kembali ke Crucecita. Bahkan ia mengantarkan kami kembali ke jalan dan memanggilkan dua taksi untuk kami lho. Servisnya oke banget ya!!

Tur dengan kapal sehari

Di satu hari penuh lain kami di Huatulco, kami memutuskan untuk ikutan sebuah tur dengan kapal satu hari mengunjungi beberapa pantainya Huatulco.

Hello, I am in Huatulco
Halo, aku sedang di Huatulco

Dua Drama

Kami dijemput di hotel jam 9:30 pagi. Ada sebuah drama pagi ini dimana orang hotelnya (kami membeli paketnya melalui hotel) mencoba mencurangi kami sebesar MX$500 (sekitar Rp 375 ribu) yang mana jelas tidak kami biarkan lah (bahkan ketika triknya kami tangkap basah, ia malah membawa-bawa nama Tuhan segala dong, WTF banget kan). Dan ternyata ini bukanlah satu-satunya drama yang kami hadapi hari ini.

Drama kedua berlangsung di La Playa Chahue di marina dimana kapalnya akan berangkat. Disana, kami diarahkan ke kapal yang mana spesifikasinya bukan seperti yang mereka iklankan. Mereka menjanjikan kami akan diberikan kapal bertingkat dua berukuran sedang yang dilengkapi dengan atap pelindung sinar matahari tetapi mereka malah memberikan kami kursi di kapal kecil nggak nyaman yang nggak ada toiletnya dan nggak ada pelindung sinar mataharinya. Jelas dong kami protes dan kami tidak bisa menerima perlakuan tidak profesional seperti ini (eh, cuma teman kami yang orang Meksiko aja sih yang protes karena protesnya lebih lancar jika dilakukan dengan bahasa Spanyol😛 ). Setelah beradu-argumen selama 40an menit, kami diberikan kursi di kapal yang agak besar dengan pelindung sinar matahari. Nggak tingkat dua sih kapalnya, tapi masih oke deh karena setidaknya kapalnya besar dan kami bisa berteduh dari sengatan sinar matahari yang memang terik banget hari itu😀 .

We were finally assigned to this "Macho" boat
Akhirnya kami diarahkan ke kapal “Macho”

Akhirnya, kapal berangkat jam 10:30 pagi. Ini adalah hari yang oke untuk sebuah acara jalan-jalan ke pantai dan laut dan kami benar-benar menikmatinya. Bahkan di satu waktu kalau tidak salah aku sempat tertidur sebentar di kapalnya, haha😆 .

Air dan alam yang bersih

Yang paling menonjol dari pemandangan alam di garis pantai Huatulco, bagiku, bukanlah air berwarna biru turquoise-nya, melainkan garis pantainya itu sendiri. Pemandangan yang terbentang itu sungguh kering dan ada banyak pohon kaktus liar di sana. Benar-benar unik banget!!

Clean and clear water
Air yang bersih dan jernih

Air yang bersih sekali itu juga, sejujurnya, cukup mengejutkanku sih. Maksudku, sebagai negara yang masih berkembang, entah mengapa aku membayangkan lautnya akan sedikit kotor dengan sampah mengambang di sana-sini. Ternyata aku salah besar. Aku menanyakan hal ini ke teman Meksikoku dan mereka bilang bahwa memang area Huatulco ini sengaja dibuat bersih seperti itu. Semua pihak yang terlibat diminta untuk bekerja-sama menjaga kebersihan lautnya karena laut bersih adalah sebuah daya tarik pariwisata yang membuat mereka unggul dari tempat-tempat lain di dunia dengan pantai dan laut yang juga indah. Dan upaya menjaga kebersihan ini terlihat jelas dimana-mana. Di kapal, kami senantiasa diingatkan untuk tidak membuang sampah ke laut dan di dalam kapal telah disediakan kotak sampah besar.

Keren banget!!

Sebuah tindak kriminal

Di satu waktu, kami hendak memasuki sebuah pantai dimana kami melihat banyak kapal dan orang. Tetapi kemudian, ada sebuah pengumuman serius di kapal (dalam bahasa Spanyol) dan kapal kami mendadak berhenti. Teman Meksiko kami bilang bahwa ternyata baru saja terjadi sebuah perampokan di pantai itu dimana perampoknya memiliki senjata api pula dan mengancam para pelancong.

Dengan bijak, kapal kami berputar balik dan memutuskan untuk tidak pergi ke pantai itu. Yah, aku sih 100% setuju dengan keputusan ini, tentu saja ya.

Bersantai di Bahia San Agustin

The beach of Huatulco
Bahia San Agustin

Dari pantai yang bermasalah itu, kami dibawa ke Bahia San Agustin dimana kami bisa berlabuh dan makan di restoran di pantai atau snorkeling. Aku dan seorang teman memutuskan untuk berlabuh dan bersantai sementara yang lain pergi snorkeling.

Setelah kira-kira satu jam, empat teman kami bergabung dengan kami di restorannya dan kami bersantai disana selama dua jam lagi. Sekali ini, ini adalah tempat dimana kami bisa duduk, bersantai, dan melupakan segala sesuatu tentang dunia, haha :lol: .

Sekitar jam 4 sore, kami dipanggil untuk kembali ke kapal kami (btw, untuk naik kapal kami, kami harus dijemput dengan kapal yang kecil. Keren deh). Di perjalanan balik, kami melihat beberapa ekor lumba-lumba yang berenang dan meloncat di laut lepas🙂 .

Makanannya

A mixed grill menu
Sebuah menu mixed grill

Dua hari di pantai, jelas makanan kami berhubungan dengan seafood semua, haha. Menu mixed grill di Bahia Maguey yang kusebutkan di atas enak loh. Menu ini berupa sebuah nampan besar berisi berbagai macam seafood, mulai dari udang dan ikan hingga gurita dan lobster. Enak!!

Ada juga sebuah jenis “cocktail” yang berbeda disana. Ini bukanlah cocktail beralkohol seperti pada umumnya, melainkan sebuah cocktail seafood. Mereka mencampurkan banyak bahan, yang berkaitan dengan seafood tentunya, dan disajikan di dalam sebuah gelas. Penampilannya harus aku bilang menarik, dan rasanya enak juga!!🙂

An octopus cocktail
Sebuah cocktail gurita

Ngomongin gurita, ternyata gurita adalah menu cukup khas di daerah ini. Jadilah di Bahia San Agustin, aku memesan sebuah menu gurita untuk makan siang😀 .

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2015 Year End Trip:
– Kembali ke Amerika di kelas bisnis
– Manhattan
– Fifth Avenue
Sebuah petunjukan Broadway
– Lebih banyak lagi dari New York

35 thoughts on “#1689 – 2015 Year End Trip (Part VII: Beaches of Huatulco)

  1. Wahhh kok sampe ada perampokan segala di pantai? Serem juga…lagian pake tipu2 pula orang2 sana yaa…liat foto nya yg lg berjemur enak banget ko, lupa deh segala urusan yaa..pantainya coklat gitu ya pasirnya?

    1. Iya, dan bukan perampokan biasa soalnya pelakunya pake pistol juga. Temanku sendiri juga heran banget karena Huatulco ini adalah daerah yang aman banget di Meksiko… . Iya, masalah tipu-tipu ternyata banyak ya dimana-mana, hahaha😆 .

      Iya, lupa deh urusan dunia, nyaman banget waktu itu dan pengennya leyeh-leyeh gitu terus aja, hahaha😆 . Iya pasirnya agak kecoklatan memang…

  2. Perampokan di pantai, saking ramenya itu turis area ya Ko. Terus bagus ya begitu ada kejadian kriminal langsung diinfoin ke area sekitar. Jadi orang bisa waspada.
    Jadi pengen makan baby gurita di Sushi Tei hihi

    1. Iya, tapi katanya Huatulco ini termasuk daerah teraman di Meksiko. Makanya ini semuanya pada heran kok bisa-bisanya ada perampokan di pantai, mana pake bawa-bawa pistol segala… . Iya, untungnya operator kapalnya saling berkomunikasi satu sama lain😀 .

      Hahaha, gurita enaak😀

  3. itu yang main tag pembeli, koq jadi inget kejadian di food court slalah satu perbelanjaan…. yang aktif nanyain orang yang ada di food court itu untuk makan di tempatnya😀

    wah… untunglah nggak jadi ke pantai itu. bisa gawat kalau tetap maksa

    1. Hahaha, iya. Yang ini lucunya mereka menawarkan restorannya ke calon pelanggan secara bersamaan. Jadi kelihatan banget mereka “rebutan” kita gitu, hahahaha😆 .

      Begitulah, memang sebaiknya pantainya dihindari aja ya waktu itu.

    1. Iya, temanku pun bilang kalo turis dan bukan orang Mexico, ada satu area di Mexico City yg sebaiknya dihindari. Duh, dengernya aja kok udah gimana gitu ya, hahaha

  4. Ah iya yaa, laen kali kl naik boat hrsnya pesen yg ada atapnya ya *self reminder* (panas2an n kena sun burn was not the experience i want to repeat again :P). Wah, ada lumba2nya, my fave ♥

  5. Woahh.. Bnyk juga yahh orng yg try to cheat people’s moneyy. Cannot imagine klo ga bs spanish atau bahasa mrk disana.. Will be more troublesome.. Huahua. Luckily the whole trip was fine yaa.. Hehe

    1. Iya, banyak ternyata scammers semacam itu Jen. Kitanya juga mesti tegas sih supaya mereka gak berani “main-main” sama kita, hmmm. Iya, untungnya kita disana sama temen orang Meksiko jadi nggak masalah deh dengan Spanish😀 . Iya, untungnya in general trip-nya masih okee, hehehe

  6. ahh.. Leyeh2 dipinggir pantai itu emang enakkk bangett.. Rasanya ga mau pulang ke realita..haha

    Tipu-tipu di tempat pariwisata ternyata dimana2 sama aja ada ya.. Ckckc.. Eh itu serem bgt Ko ada perampokan bersenjata, syukurlah ga pas kalian sudah sampai pantainya ya..

    1. Iya, rasanya maunya kayak begitu terus ya Py, hahahaha😆 .

      Begitulah ternyata, tipu-tipu semacam begitu ada dimana-mana. Kita juga mesti waspada dan berani untuk speak-up🙂 . Iya, serem banget ada perampokan yang melibatkan senjata pula. Untung banget kita sampai di pantainya rada “telat” jadi bisa membatalkan rencana merapat disana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s