Posted in PhD Life, Zilko's Life

#1686 – A Couple of Recent Stories

ENGLISH

A Seminar

One of the (many) things that had kept me busy in the past a few weeks was my group’s weekly seminar earlier this week. So, a few months ago, my big boss (read: the professor who was the head of my research group) said that maybe it was a good idea for me to give a talk (about my research, of course) in one of our group’s weekly seminars. Translation: he asked me to do so, lol😆 . After coordinating with the seminar’s organizer last year, I got this week slot.

And wow, I have to say that my preparation for this seminar felt really intense. To be honest, somehow I was feeling nervous about this talk. I don’t know, it was really weird. I mean, I have presented in several international conferences in front of international audiences before (in London, in Corsica, and in Tokyo last year where some famous professors and researchers from all around the world were in the mix in the audience) and I was totally fine. Of course there was some nerves[1] but it was not overwhelming and I could manage it all. But this time, somehow, this group seminar, whose attendances were mostly other people in my own group, felt more “intimidating”. Strange, I know, haha😆 .

But anyway, it turned out that my presentation went really well. I could compose myself and did a good job in presenting my research (well, not that I am self-praising myself, but I got good feedbacks from everyone regarding my talk so that was definitely relieving😛 ). I also handled all the questions being asked well, I think, haha. Ah, finally it is done now. Phew… . On to the next task…

Can’t wait for longer days

Now that the year 2016 has started and we have passed 21 December 2015, days are getting longer and longer here in the Northern hemisphere. And to be honest, I can’t wait for this to have some significant effect soon. Yes, I cannot wait for the sun to rise early and set really really late!! Haha😆 .

At the moment, as it is still winter here, the sun rises at around 8:30 AM and sets at around 5:15 PM. I know it is not the worst (the further north, the worse it gets😛 ) but still! Haha😆 .

My seminar earlier this week
My seminar earlier this week

BAHASA INDONESIA

Sebuah Seminar

Satu dari (banyak) tugas yang membuatku sibuk beberapa minggu belakangan ini adalah seminar mingguannya grupku awal minggu ini. Jadi ceritanya, beberapa bulan yang lalu, bos besarku (baca: profesor yang merupakan kepala grup risetku) bilang bahwa mungkin ide yang baik untukku memberikan sebuah seminar (tentang risetku, tentu saja) di salah satu seminar mingguan grupku. Baca: ia menyuruhku melakukannya, haha😆 . Nah, setelah berkoordinasi dengan koordinator seminarnya tahun lalu, aku mendapatkan jatah slot minggu ini.

Dan wow, harus aku bilang bahwa persiapan untuk seminar ini rasanya cukup intens untukku lho. Sejujurnya, entah mengapa aku merasa grogi banget kali ini. Nggak tahu, aneh banget deh. Maksudku, aku sudah pernah harus presentasi di beberapa konferensi internasional di depan penonton internasional sebelumnya (di London, di Corsica, dan di Tokyo tahun lalu dan di antara penontonnya itu ada profesor-profesor dan peneliti-peneliti ternama dari seluruh dunia) dan aku sama sekali tidak apa-apa. Jelas sih ada sedikit perasaan deg-degan[1] tetapi perasaan itu tidaklah terlalu menggebu-gebu dan masih bisa aku handle. Tapi kali ini, entah mengapa ya, seminar grupku sendiri, yang mana penontonnya sebagian besar ya orang-orang di grupku sendiri, terasa lebih “mengintimidasi”. Aneh memang, haha😆 .

Ngomong-ngomong, pada akhirnya presentasiku berjalan dengan lancar. Aku tenang dan kalem sepanjang presentasi dan ternyata performaku bagus dalam presentasi ini (bukannya nyombong atau gimana, tapi aku mendapatkan umpan balik yang positif dari semuanya mengenai presentasiku jadi rasanya melegakan banget deh😛 ). Aku juga bisa menjawab semua pertanyaan yang muncul dengan baik, haha. Ah, yang penting akhirnya semua itu sudah terlewati deh. Fiuh… . Akhirnya aku bisa fokus ke tugasku selanjutnya deh…

Nggak sabar untuk hari yang panjang

Karena sudah tahun 2016 yang mana artinya tanggal 21 Desember 2015 sudah lewat, siang hari disini di belahan Bumi utara akan menjadi semakin panjang setiap harinya. Dan sejujurnya, aku nggak sabar nih menunggu efeknya terasa. Iya, aku sudah nggak sabar menunggu matahari yang terbit awal dan terbenam di malam hari banget!! Haha😆 .

Kalau sekarang sih, karena secara teknis masih masuk musim dingin, matahari terbit jam 8:30an pagi dan terbenam sekitar jam 5:15 sore. Memang sih ini bukan yang terburuk (semakin ke utara, semakin parah deh :P) tetapi tetap aja lah ya! Haha😆 .

35 thoughts on “#1686 – A Couple of Recent Stories

  1. pastinya rasa deg-degan itu ada sebelum prsentasi…. mungkin kadarnya aja yang berbeda antara yang sudah terbiasa dan yang belum…. dan bicara di depan orang yang belum kita kenal dengan yang sudah kita kenal… sensasinya juga beda

    1. Begitulah. Nggak mungkin seseorang nggak merasa deg-degan sebelum presentasi, hehehe🙂 . Betul banget, sensasinya beda banget antara bicara di depan orang yang kita belum kenal atau di depan yang kita kenal…

            1. Hahaha, dulu sewaktu pertama kali datang kesini (Agustus 2010) kan sewaktu bulan puasa tuh. Di Introduction Week-nya, yang Muslim mesti sahur jam 3an subuh dan buka hampir jam 10 malam. Gila…

  2. Gak kebayang deh kalau aku harus kerja masih gelap gelap gitu. Pasti rasanya masih pengen tidur. Hahahaha.

    Btw selamat atas presentasinya. Udah deket kelulusan yak 😁

    1. Iya Niee. Berangkat dan pulang kantor jam biasa aja berasa berangkat awal banget dan pulangnya lembur, hahahaha😆 .

      Trims😀 . Hahaha, deket tapi jauh Niee

    1. Hahaha, nggak juga sih sebenarnya😀 . Biasanya kalau ada pertanyaan bukan untuk mengkritik tapi karena memang penasaran dan ingin tahu aja, hehehe. Trims!🙂

  3. Selamat ya Ko bisa terselesaikan dgn baik.. Dan iya, bohong bgt ya kalau bilang pas mo presentasi itu ga deg2an.. Wkwkw.. Dulu saban mo presentasi gw pasti bolak balik toilet.. bahaha..

    Iya enakan matahari lebih lama yah, soale kalo malam yg panjang bawaan males kalo gw Ko :p

    1. Iya Py, bahkan orang yang berpengalaman banget pun pasti tetep ada deg-degannya sebelum tampil, di bidang apa pun lho ternyata, haha😆 .

      Iya, rasanya juga lebih gampang untuk produktif Py kalau mataharinya lama🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s