Posted in About Myself, Thoughts

#1675 – Forgetful

ENGLISH

I notice something has changed with myself in the past two or three years. A change which I don’t necessarily like, actually, but I must admit and accept that it has happened and do something to deal with it.

So what kind of change? Well, it is:

I feel like I am more “forgetful” nowadays than, say, ten to fifteen years ago.

By forgetful, I mean mostly about something that is small-ish, like what I want to buy in the supermarket, what I need to bring to the office, where I put my stuffs, etc.

And to be honest, this annoys myself. Badly. I really hate it when it happens; that even sometimes I swear to myself when it does. I often feel like this disturbs the optimality which I have “calculated” along with my carefully constructed plan. In some cases, though, I can think of an optimal plan B almost immediately, which is good; but still, I don’t feel happy.

Source: http://ak-hdl.buzzfed.com/static/2014-08/18/8/enhanced/webdr07/anigif_enhanced-21512-1408366144-4.gif
Indeed sometimes I am hard on myself.

GifΒ source: http://ak-hdl.buzzfed.com/static/2014-08/18/8/enhanced/webdr07/anigif_enhanced-21512-1408366144-4.gif

I notice that it happens more frequently in recent years too. So I have been trying to look what have changed in the past a few years to diagnose the situation. Two things, which are not independent, come out as arguable the most prominent possible causes:

  1. Age. By definition, I am 10 years older than myself 10 years ago. And people often say the older you get, the more forgetful youΒ become. However, nonetheless, I am still in my (mid) 20s so I don’t think the degradation is that “fast” at this stage of life, or is it?
  2. Work. Naturally, thus far I am in, probably, the most challenging situation I have ever been in in my life with this PhD research. The nature of the work forces me to use a lot of my brain power and, maybe, this causes my brain to let go some of the “less important” stuffs so it can allocate more energy on the “higher priority” matters, especially related to work.

The reason I hate this is because I was always able to count on my memory. You see, this type of change is definitely not pleasant to experience. However, rather than being annoyed with it, it is better for me to just accept and face it. I believe this is the first step to deal with the situation. And so later I will be able to develop a habit as a solution to this “problem”πŸ˜› .

Source: http://guardianlv.com/2014/03/forgetful-it-could-be-genetic/
Source: http://guardianlv.com/2014/03/forgetful-it-could-be-genetic/

BAHASA INDONESIA

Aku menyadari sebuah perubahan dengan diriku dalam dua atau tiga tahun belakangan ini. Sebuah perubahan yang aku kurang begitu sukai, sebenarnya, tetapi harus aku akui dan terima bahwa perubahannya memang terjadi dan aku harus melakukan sesuatu untuk menghadapinya.

Perubahan apakah itu? Yah, perubahannya adalah:

Aku merasa bahwa aku lebih “pelupa” akhir-akhir ini daripada, katakanlah, sepuluh atau lima belas tahun lalu.

Dengan “pelupa”, maksudku adalah lupa terhadap hal-hal kecil dan remeh-temeh sih, misalnya mau membeli apa saja di supermarket, harus membawa apa saja ke kantor, dimana aku meletakkan barang-barangku, dll.

Dan sejujurnya saja, ini sungguh menyebalkan bagi diriku sendiri. Dalam skala yang besar. Aku benci sekali ketika hal ini terjadi; dan bahkan aku mengutuk diriku sendiri loh ketika ini terjadi. Aku merasa bahwa ini mengganggu optimalitas yang sudah aku “perhitungkan” dengan rencana yang sudah kubuat dengan hati-hati. Di beberapa kasus aku masih bisa dengan cepat memikirkan rencana B yang optimal sih untuk menghadapi situasinya; tetapi tetap saja, aku tidak merasa senang.

Source: http://ak-hdl.buzzfed.com/static/2014-08/18/8/enhanced/webdr07/anigif_enhanced-21512-1408366144-4.gif
Memang sih terkadang aku keras terhadap diriku sendiri.

Sumber gif:Β http://ak-hdl.buzzfed.com/static/2014-08/18/8/enhanced/webdr07/anigif_enhanced-21512-1408366144-4.gif

Aku perhatikan ini terjadi lebih sering di beberapa tahun terakhir juga. Jadilah aku berusaha melihat perubahan apa yang terjadi beberapa tahun belakangan ini untuk mendiagnosa permasalahannya. Dua hal, yang mana tidak independen satu sama lain, muncul sebagai kemungkinan penyebab yang paling signifikan:

  1. Usia. Berdasarkan definisi, diriku sekarang 10 tahun lebih tua daripada diriku 10 tahun lalu. Dan banyak yang bilang kan bahwa semakin bertambahnya usia, memang semakin pikun seseorang itu. Namun, walaupun begitu, aku kan masih berada di usia 20an sehingga aku rasa penurunan daya ingatanku tentu seharusnya tidak “secepat” itu kan di umur-umur seini. Apa memang begitu?
  2. Kerjaan. Sekarang ini aku berada di situasi paling menantang seumur hidupku dengan riset S3ku ini. Sifat dari pekerjaanku memaksaku untuk banyak menggunakan kekuatan pikiranku dan, mungkin, ini menyebabkan otakku untuk melepas beberapa hal-hal yang “sepele” sehingga ia bisa mengalokasikan lebih banyak energi untuk hal-hal dengan “prioritas lebih tinggi”, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan.

Alasan aku membenci ini adalah karenaΒ biasanyaΒ aku selalu bisa mengandalkan ingatanku. Nah kan, perubahan ini jelas bukanlah sebuah pengalaman yang menyenangkan. Namun, daripada terus-terusan sebal karenanya, lebih baik bagiku untuk menerima dan menghadapinya. Aku percaya ini adalah langkah pertama untuk berurusan dengan situasi ini. Dan nantinya, aku akan bisa memulai kebiasaan baru sebagai solusi dari “masalah” iniπŸ˜› .

27 thoughts on “#1675 – Forgetful

  1. I have this terrible habit too, and i’m also still in mid 20s.
    -___-
    Anak muda zaman sekarang pada mulai pikun2 kali ya??
    hhahahaha…

    Sometimes, if i have something to do/make, i immediately type all of it on my phone or write it on paper, like right away/instantly, because a minute later, i might (i mean, for sure) forget it.

  2. Iya, paling sering sih pas mau tidur itu, adaaaaa aja yang dipikirin buat besoknya, dan seringnya pagi2nya udah menguap gitu aja. Jadi, kalau pas mau tidur ada kepikiran macem2, biasaanya langsung diketik di handphone aja.
    Tidur lebih nyenyak, dan bangun2 masih ada ”draft’-nya.

    Apalagi mahasiswa phd, pasti banyaak banget ide-ide yang tiba2 muncul (dan sayangnya tiba-tiba lenyap -___- ).

    Zaman sekarang, anak-anak muda penyakitnya macem2 banget, selain pikun ini, yang lebih serem adalah banyak yg udah kena kolesterol, kena stroke, sakit jantung….. Oh My…….😦

    1. Iya, katanya zaman sekarang fasilitas dan teknologi memang sudah lebih maju, tetapi tekanan hidup juga lebih keras dan kompetitif. Kalau yg terakhir itu memang penting banget bahwa kita harus memperhatikan kesehatan ya πŸ˜„

  3. Faktor U memang tidak bisa bohong ya Kak *disambit*. Saya setuju dengan saran dari Mbak Tjetje, harus bawa jurnal kecil, setiap ada ide atau yang mesti diingat, kita catat :hehe. Cuma saya juga malas sih buat membawa-bawanya :haha. Saya juga orangnya pelupa nih akhir-akhir, ya karena mungkin banyak pikiran kali ya. Mungkin kita harus menenangkan otak dan menjauhkan diri dari stres yah :hehe.

    1. Huaaaa Gara πŸ˜‚. Itu dia, makanya kadang aku tulis di notes hp sih, walau kadang malas juga dan bilang “Ah, pasti nanti masih ingat kok”, dan kenyataannya toh lupa juga πŸ˜‚πŸ˜…

  4. Aku juga sekarang jadi sering pelupa zil. Terutama sama hal kecil dan detail gitu. Aku seh selalu beralasan karena udah punya anak. Hahahaha. Urat ingatannya ada yang putus kali πŸ˜†

    Padahal dulu aku termasuk pengingat loh. Tapi ya gitu deh. Kurang ada solusinya

  5. Aha pelupa aku juga di ambang aman alias tidak pelupa ko haha emang kalau sudah lupa mau gimana lagi, kesalahan karen lupa juga sudah tidak ada kata kata lagi sudah mentok..

Leave a Reply

