Posted in General Life, Zilko's Life

#1663 – Some Recent Stories

ENGLISH

So here are some recent stories from my daily life😀

The Hunger Games: Mockingjay (Part II)

Finally I got the time to watch The Hunger Games: Mockingjay (Part II) (on Sunday) in 3D!😀 It feels nice to finish watching all four movies of this The Hunger Games series. I started watching this series two years ago with the second installment actually while I was transitting in Singapore, haha😆 .

Anyway, so what do I think of the movie? First of all, don’t worry, I am not going to spill any spoilers (though this movie has been around for two weeks, haha😛 ). Second of all, I have to say that it was very goood!! I thoroughly enjoyed watching it. A lot of things were on point in my opinion. The acting was great. The story was smartly and balancedly written. The graphic was cool. The moments of suspense were also nailed well; so if you like horror-thriller kind of movie, The Hunger Games: Mockingjay (Part II) could satisfy you to some point, I think.

It was definitely much better than the previous (Mockingjay (Part I)) movie which to me was a little bit disappointing last year! If I have to score this installement, I give it a 8.5 out of 10 :D . So, I do recommend you to watch this movie🙂 .

Course

This month, I have been following a training course in TU Delft (as part of the mandatory softskill training for PhD candidates). The course was about the autonomy in the research process, and it was carried out by a psychologist. I had to say it was quite an interesting course though, in the sense that being carried out by a psychologist, the course felt really “psychologist”, haha. But I liked it to be honest, especially that there were a few short meditation sessions throughout😛 .

And also, there was one session about “life traps” which I particularly really liked. This session reminded me of a difficult situation I faced last year and make me understand (now) really well why I reacted the way I did, which I was surprised of and did not particularly like. Unfortunately, the situation is a little bit too personal for me to share here though, so I am sorry about that🙂 . But yeah, in conclusion, I really liked this course.

The Hunger Games on Sunday
The Hunger Games on Sunday

BAHASA INDONESIA

Berikut ini beberapa cerita dari kehidupanku akhir-akhir ini :D

The Hunger Games: Mockingjay (Part II)

Akhirnya aku ada waktu juga untuk menonton The Hunger Games: Mockingjay (Part II) (hari Minggu kemarin) di 3D!😀 Ah, senang juga rasanya akhirnya menonton keempat film seri The Hunger Games ini. Aku baru memulai menonton seri ini dua tahun yang lalu dengan film yang kedua sih sebenarnya ketika aku sedang transit di Singapura, haha😆 .

Anyway, bagaimanakah pendapatku akan filmnya? Pertama-tama, tenang saja, aku tidak akan menuliskan spoilers apa pun kok (walaupun film ini sudah beredar dua mingguan kan ya sekarang, haha😛 ). Yang kedua, harus aku bilang bahwa filmnya kereeen!! Aku benar-benar menikmati waktuku sepanjang filmnya ditayangkan. Banyak hal pas banget. Akting pemerannya keren-keren. Jalan ceritanya ditulis dengan cerdas dan seimbang. Grafiknya ciamik pula. Dan momen-momen menegangkannya itu diarahkan dengan oke juga lho; jadi kalau suka film horor-thriller gitu, The Hunger Games: Mockingjay (Part II) ini akan cukup memuaskan deh menurutku.

Film ini jelas lebih baik daripada yang sebelumnya (Mockingjay (Part I)) dimana untukku agak mengecewakan tahun lalu! Jika film ini harus aku nilai, aku akan memberinya nilai 8,5 dari 10😀 . Jadi, aku memang merekomendasikan film ini deh🙂 .

Kelas Kursus

Bulan ini, aku mengikuti sebuah kursus training di TU Delft (sebagai bagian dari training softskill wajib bagi kandidat S3). Kursusnya adalah tentang otonomi di proses riset dengan dosen seorang psikolog gitu. Aku harus bilang bahwa kursusnya menarik juga, dalam artian karena didoseni oleh seorang psikolog, ya kursusnya jadi terasa “psikologis” banget gitu, haha. Tetapi aku suka sih sejujurnya, terutama juga karena ada beberapa sesi meditasi di tengah-tengah kursusnya😛 .

Dan juga, ada pula satu sesi tentang “life traps yang secara khusus aku suka sekali. Sesi ini mengingatkanku akan sebuah situasi sulit yang aku hadapi tahun lalu dan (kini) membuatku memahami mengapa aku bereaksi seperti yang aku lakukan yang mana reaksiku itu sebenarnya aku tidak sukai. Sayangnya, situasinya agak terlalu personal untuk aku bagikan disini yah, jadi maaf tidak bisa aku ceritakan🙂 . Tetapi, ya, kesimpulannya, aku suka banget kursus ini.

30 thoughts on “#1663 – Some Recent Stories

  1. Saya tidak mengikuti serial THG jadi tak mengerti :haha. Tapi syukurlah kalau filmnya bagus, artinya kerja keras semua orang pasti tidak sia-sia :)).
    Dan sesi meditasi! Yep, kalau sudah berkaitan dengan psikolog memang jadinya sangat-sangat-sangat rahasia (kita tak akan membuka diri pada mereka kalau tak ada jaminan kerahasiaan, kan). Namun saya selalu suka sesi-sesi itu sebab saya bisa mengenali diri saya dengan lebih baik, jadi kalau kenapa-kenapa manajemen psikologinya bisa lebih baik, kan sudah tahu kelebihan dan kekurangan dirinya ada di mana :haha.

    1. Begitulah Gara. Sebenarnya di dalam pikiran kita sudah tahu jawabannya, tetapi ketika berbincang dengan psikolog itu baru deh menjadi lebih “ngeh” dan mengerti mengapa begitu🙂 .

  2. Ko, aku kan ngefans banget sama film The Hunger Games. Sampai kubelain hujan2 nonton sendirian pas minggu pertama muncul di Pathè. Lha kok yang nonton dikit banget. Cuma 20 orang. Soalnya aku hampir telat datangnya, jadi bisa ngitung kursi yg sudah kebeli. Setuju Ko, baguuuss banget filmnya. Sound effectnya bikin terkaget2 sampe sering teriak aku haha norak. Trus selesai nonton ini, aku langsung cari info kursus memanah di Den Haag 😆
    Wah, kursusnya menarik banget itu Ko. Aku selalu suka kalau psikologi dikaitkan dengan riset. Kualitatif kan erat banget kaitannya dengan psikologi. Aku lebih suka riset kualitatif dibandingkan kuantitatif. Musti mendalami peran juga supaya dapet inti risetnya. Have a nice weekend ya Ko. Hujan deres euuyy

    1. Iya nih, les memanah kayaknya seru ya. Cek ah di kampus ada nggak ya les beginian, huahaha😆 .

      Hehe, ini sih lebih ke psikologi ketika kita melakukan riset S3 sih, jadi nggak terlalu berkaitan dengan materi risetnya; tetapi lebih ke cara berpikir kita dalam menghadapi permasalahan-permasalahan dalam riset😀 .

      Have a nice weekend juga!😀

  3. Saya kalo baca TU Delft jadi ingat beberapa pegawai PU. Dulu kalo orang PU bagian pengairan banyak yang disekolahkan lagi ke TU Delft.
    Saya lihat di google earth daerah sekitar kampus TU Delft hijau ya. Cakep.

    1. Haha, the course makes me think about myself and the process which I have been going through in relation to my research😀 . “Talking” to a psychologist definitely helps too😀 .

  4. Aku juga ga ngikutin THG tp penasaran. Booming bgt yaa…. Manalah sering liat pic Katniss & Peta (cmiiw) bersliweran. Peta nya ganteeeeng hahaha. Si J-Law juga cantik. Jd pengen nonton lbh krn faktor itu ajasih.

        1. Hehehe, begitulah. Tetapi kayaknya sudah agak lama juga ya. Ketika baru mulai PhDku 3 tahun yang lalu, topik mindfulness ini juga sudah sempat dibahas kok di beberapa workshop yang aku ikuti😀

    1. Masa sih Niee ada yang bilang ga ok? Gila itu standarnya mereka super tinggi berarti, haha😛 . Eh, tapi kalau yang dimaksud nggak ok itu Mockingjay 1 aku agak setuju sih😛

  5. Belum nonton dan belum baca hunger games. Ketika temen2 ngajak, aku terpaksa nolak dengan alasan “nggak ngerti ceritanya broo..”

    Semoga tetep lancar dengan hidup ala PhD nya zilko🙂

    1. Hahaha, apalagi kalau sudah seri terakhir begini ya dan belum menonton seri-seri sebelumnya atau membaca bukunya😛 . Jadi tambah enggan deh untuk nonton.

      Trims🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s