Posted in North America Trip, Vacation

#1659 – 2015 Year End Trip (The Destinations)

ENGLISH

In July, I shared a spoiler regarding my planned 2015 year end trip this December🙂 . I mentioned there that one destination would be the United States but there was also one other mystery destination. And now, finally it is time to reveal where I will go to!!

So, I will actually visit two countries in this upcoming trip. Both are Northern American countries. One, as I said, being the States; and the other one is:

Mexico!! Source: http://www.istockphoto.com/vector/cartoon-map-of-mexico-17778538
Mexico!! Source: http://www.istockphoto.com/vector/cartoon-map-of-mexico-17778538

Yes, people, I am also going to Mexico!!😀

Btw, it is actually convenient to go to Mexico because as of 2015, we (Indonesian passport holders) do not need a visa to enter Mexico for travel reason/trip IF we have a valid US visa. Source (accessed 2 December 2015).

I also haven’t revealed where actually in the States that I will go to. Well, two American cities will be involved in this trip. They are:

  1. this city:
    Boston. Source: http://signatureboston.com/
    Boston. Source: http://signatureboston.com/

    Boston, Massachusetts

  2. and this one:
    New York. Source: http://www.rainbowbroadband.com/
    New York. Source: http://www.rainbowbroadband.com/

    New York, New York.

Yeaaay!!:mrgreen:

***

Background

So I have been wanting to go to New York for so long (since I was little). In retrospect earlier this year, I felt like the best recent time to go there would have been last year. But since we cannot change the past, earlier this year I told myself that I must go to New York sometime this year.

There was a thought to go there in September to coincide with the US Open, which also took place around my birthday (so I could have justified the trip as a birthday present😀 ). But because I already had a plan for a summer vacation to Southeast Asia, I felt irresponsible for having an extended vacation from work for too long (about +1.5 months😆 ) in a short period of time😛 .

So I went for the most reasonable timing: the end of the year. And in June, I was lucky to spot a return ticket to the East Coast with reasonable price for the Christmas – New Year high-season🙂 . And without a doubt I grabbed it.

Meanwhile, two good friends of mine are also getting married at the end of December. Being Mexican, their wedding will be in Mexico and they invited me (and some other friends) to come there. Because Mexico is next to the States, I thought I could visit both in a single trip.  So I promised them I would come.

***

How to get there

Being located next to each other, I thought the return flight ticket should not be that much to Mexico from the States. But well, how wrong I was!!😦 Due to the high season of Christmas and New Year holiday which I will travel in, a return ticket from Boston/New York to Mexico is even far more expensive than my return ticket from the Netherlands to the States (almost twice as much)! Seriously!

I was so shocked because, to be completely honest, I was not prepared to splurge that much just for the return flights alone! But then, I got a brilliant idea. This situation made me realize that this was the perfect opportunity and time to finally make use of my accumulated Flying Blue frequent flyer miles😀. Flying Blue’s zonal system, which put the States and Mexico in the same zone, meant that a return redemption flight did not require a lot of miles🙂 .

Nevertheless, being a high-season, it was still difficult to get redemption flights even with my points and Flying Blue status, haha. But I actually had enough miles for a one-way flight in economy and another one-way flight in business class, just in case I needed to fly in business for the “free”[1] flight😛 .

Long story short, through some hard-work (of checking the redemption flight page almost every single day😛 ) I was able to get both my return award tickets from the States to Mexico!! For the departure, I got a “free” economy ticket from Boston (BOS) to Mexico City (MEX). Then I would continue my trip with a local LCC from MEX to Oaxaca (OAX) in the evening. For my return to the States, I got a “free” business class ticket all the way from OAX to New York (JFK) via MEX, haha😆 . All of my three award tickets are for flights operated by AeroMexico btw😀 . Yay!!😀

Gonna fly business class in 2016!! :)
Gonna fly business class in 2016!!🙂

I am so super excited now that finally, I will fly in business class for the first time ever in my life! Haha😛

***

So, I cannot wait already!!😀

BAHASA INDONESIA

Bulan Juli lalu, aku membagikan sebuah bocoran tentang rencana perjalanan akhir tahun 2015ku bulan Desember ini nanti🙂 . Aku sebutkan disana salah satu destinasinya adalah Amerika Serikat tetapi masih ada satu lagi destinasi misteri. Dan sekarang adalah saatnya untuk akhirnya mengungkapkan identitas destinasi misteri ini!!

Jadi, sebenarnya dua negara akan aku kunjungi di perjalanan ini. Keduanya adalah negara di Amerika Utara. Salah satunya, seperti yang kubilang, adalah Amerika Serikat; dan yang satunya adalah:

Mexico!! Source: http://www.istockphoto.com/vector/cartoon-map-of-mexico-17778538
Meksiko!! Source: http://www.istockphoto.com/vector/cartoon-map-of-mexico-17778538

Iyaa, aku akan pergi ke Meksiko juga!!😀

Btw, enak lho pergi ke Meksiko karena per tahun 2015, kita (pemegang paspor Indonesia maksudnya) tidak perlu visa untuk memasuki Meksiko untuk kegiatan turis/jalan-jalan ASALKAN kita memiliki visa Amerika yang masih valid.  Sumber (diakses 2 Desember 2015).

Oh iya, aku juga belum menyebutkan kan di Amerika Serikatnya sendiri aku akan pergi kemana. Ada dua kota di Amerika yang akan aku kunjungi di perjalanan kali ini. Keduanya adalah:

  1. kota ini:
    Boston. Source: http://signatureboston.com/
    Boston. Source: http://signatureboston.com/

    Boston, Massachusetts

  2. dan kota ini:
    New York. Source: http://www.rainbowbroadband.com/
    New York. Source: http://www.rainbowbroadband.com/

    New York, New York.

Yeaaay!!:mrgreen:

***

Latar Belakang

Jadi ceritanya sudah lama banget (semenjak aku kecil, haha) aku pengen banget pergi ke New York. Awal tahun ini ketika sedang memikirkan kehidupanku (*tsah), aku berkesimpulan bahwa sebenarnya waktu terbaik sekarang-sekarang ini untukku pergi kesana adalah tahun lalu. Tetapi karena kita tidak bisa mengubah masa lalu, jadilah awal tahun ini aku berkata kepada diriku bahwa aku pokoknya harus pergi ke New York tahun ini.

Awalnya aku berpikiran untuk pergi kesana di bulan September agar waktunya bebarengan dengan jadwalnya US Open, yang mana kebetulan juga berada di sekitar ulang tahunku (jadi aku bisa menjustifikasi perjalanan ini sebagai hadiah ulang tahun untuk diriku sendiri kan ya😀 ). Tetapi kemudian karena aku sudah terlanjur memiliki rencana untuk liburan musim panas ke Asia Tenggara, aku merasa sungguh tidak bertanggung-jawab apabila liburan lama banget (sekitar 1,5 bulan, haha😆 ) dalam periode waktu yang singkat😛 .

Jadilah aku memilih waktu yang lebih masuk akal: akhir tahun ini. Dan bulan Juni lalu, kebetulan banget aku melihat ada tiket pesawat pp yang harganya cukup murah ke Pantai Timur Amerika untuk periode ramai Natal – Tahun Baru🙂 . Langsung lah tiketnya aku beli.

Sementara itu, dua teman baikku juga akan menikah di akhir Desember. Karena mereka orang Meksiko, acara pernikahan mereka akan dilangsungkan di Meksiko dan mereka mengundangku (dan beberapa teman) untuk datang kesana. Karena Meksiko bersebelahan sama Amerika, aku pikir bisa banget dong ya dua negara ini aku gabungkan dalam satu perjalanan. Jadilah aku berjanji aku akan datang.

***

Kesananya

Karena negaranya bersebelahan, aku kira seharusnya tiket pesawat pp ke Meksiko nggak mahal kan ya dari Amerika. Tetapi aku salah besar dong!!😦 Karena perjalananku berlangsung di musim liburan Natal dan Tahun Baru, harga tiket pp dari Boston/New York ke Meksiko pp itu jauh lebih mahal daripada tiket pp-ku dari Belanda ke Amerika dong (nyaris dua kali lipat)! Beneran!

Aku shock banget karena terus terang aku tidak mempersiapkan diri untuk spend sebanyak itu hanya untuk penerbangan pp-nya aja! Tetapi kemudian, aku mendapatkan ide yang amat jenius. Situasi ini membuatku menyadari bahwa perjalanan ini adalah kesempatan dan waktu yang amat sempurna untuk akhirnya memanfaatkan poin frequent flyer Flying Blue yang sudah aku kumpulkan😀 . Sistem zonanya Flying Blue, yang menempatkan Amerika dan Meksiko di dalam satu zona, berarti tiket redemption dengan frequent flyer ini tidak membutuhkan banyak miles🙂 .

Toh walaupun begitu, karena memang sedang musim ramai, masih susah banget untuk mendapatkan tiket redemption loh bahkan dengan poin dan status Flying Blue-ku, haha. Sebenarnya aku memiliki cukup miles sih untuk perjalanan satu arah di kelas ekonomi dan satu arah dengan kelas bisnis, jika andaikata tiket “gratis”-nya[1] adanya di kelas bisnis saja😛 .

Singkat cerita, dengan susah payah (setiap hari mengecek halaman penukaran poin untuk tiket redemption, haha😛 ) aku akhirnya berhasil mendapatkan tiket redemption-ku pp dari Amerika ke Meksiko!! Untuk keberangkatannya, aku mendapatkan tiket kelas ekonomi “gratis” dari Boston (BOS) ke Mexico City (MEX). Lalu malamnya perjalanannya langsung aku sambung dengan sebuah maskapai LCC lokal dari MEX ke Oaxaca (OAX). Dan kembalinya ke Amerika, aku mendapatkan tiket “gratis” di kelas bisnis loh dari OAX ke New York (JFK) dengan transit di MEX, haha😆 . Ketiga penerbangan tiket redemption-ku akan diterbangi oleh Aeromexico btw😀 . Hore!!😀

Gonna fly business class in 2016!! :)
Aku akan terbang di kelas bisnis di tahun 2016!!🙂

Wuiiih, aku sudah excited banget nih sekarang. Akhirnya aku akan terbang di kelas bisnis juga untuk pertama kalinya seumur hidup! Haha😛

***

Nggak sabaar!!😀

51 thoughts on “#1659 – 2015 Year End Trip (The Destinations)

  1. Wah baca ini pertama speechless. Keren banget lah kalau sudah baca cerita Kak Zilko soal traveling :hihi. Ditunggu ceritanya soal Meksiko dan Amerika Serikat! Sepanjang pengetahuan saya belum banyak yang bahas Meksiko sebagai tema di blog, bisa jadi ini yang pertama juga Kak :haha. Keren, keren!

  2. Aku kok bacanya ikutan excited juga ya🙂 Wasssyikknya bisa dapat tiket “Gratis” ke Mexico nih🙂 Enjoy your end year holiday and will be waiting for your stories there😀

  3. Aku baca paragraf pertama ngikik Ko. Kita memang ga bisa mengubah masa lalu ya haha. Waahh aku menunggu cerita Mexico. Seruuuu!! Aku selalu antusias dengan cerita Mexico. Akhirnya kepake ya Ko poin kartunya kalo pas kepepet haha, macam aku dulu kalo kepepet akhirnya tukar miles GFF, selamat deh tetep bisa bepergian gratisan :)))

    1. Ho oh nih. Soalnya waktu itu aku mikir: “Ah, seharusnya tahun kemarin ke US nih soalnya waktunya pas dan ideal”. Tapi apa boleh buat, haha😆 .

      Iya, seru ya Meksiko kayaknya!😀 Apalagi ini aku kesana dalam rangka kondangan juga, kayaknya bakal seru😀 .

      Yup! Aku merasa ini adalah waktu yang pas banget buat memanfaatkan poinnya soalnya (1) harga tiket regularnya mahal bener karena high season dan (2) pas di penerbangan yang lumayan jauh kan sehingga poinnya terasa lebih worth it dan “murah” gitu😀 . Dan betul, yg terpenting: membuat rekening bank jadi nggak berdarah, huahaha😆 .

  4. Woaaa.. Pasti bakal menyenangkan bangett🙂 Ngebayangin New York aja dah bikin merinding😀 *kebanyakan nonton film bgini nih*

    Menanti cerita lengkapnyaa😀 Btw, mesti siapin kondisi tubuh yg fit, soale bakal ke daerah panas dan dingin sekaligus kan ya🙂

    1. Seru Niee!! Aku juga sudah nggak sabar berangkat nih. Tapi apa daya masih ada bulan Desember dulu yang mana kerjaannya kok banyak bener gini, hahaha😆

  5. Ahhh serruuu! Bakal ball drop di Times Square dooong? Tambah asik lagi akhirnya miles kepake, bukan cuma buat ngejar status aja. Btw itu free pake kutip, tax-nya berapa, Ko?

    Bener kaan waktu itu saya nebak AF A380-nya dari JFK😛

    1. Haha, pas Malam Tahun Barunya aku nggak di New York Ky jadi nggak lihat ball drop-nya deh😀 .

      Iya, lumayan banget miles-nya akhirnya dipakai juga, haha😆 . Tax-nya total untuk semuanya sekitar €160 kalau nggak salah Ky😀 .

      Hehehe, soalnya penerbangannya AF yang pakai A380 ke East Coast mah cuma JFK atau MIA aja sih ya Ky😛

Leave a Reply

