Posted in Miscellaneous, Photo Tales

#1653 – Photo Tales (28)

ENGLISH

Photo #60

A KLM Boeing 787-9 Dreamliner model
A KLM Boeing 787-9 Dreamliner model

This coming Monday, KLM is going to start operating their brand new airplane, Boeing 787-9 Dreamliner, on their Amsterdam – Abu Dhabi – Bahrain route. So two weeks ago, a reasonable decision for me as an avgeek was to get myself its 1:200 model plane😛 .

And I like it! The only thing which I don’t really like is that the model does not bear the actual aircraft registration nor does it come with a name (KLM is one of the few airlines in the world who names their birds). KLM’s Boeing 787-9s will be registered as PH-BH* (while the model plane’s registration is PH-KLM) and they will all be named after flowers. KLM’s first delivered Boeing 787-9, PH-BHC, is named “Zonnebloem“, or “Sunflower” in English.

Photo #61

An article in International Relation
An article in International Relation

One of my responsibilities in my current position is, of course, to read as many relevant scientific papers as possible to enrich myself (thus my work). Two weeks ago, I found a paper that contained mathematical methods which were interesting and could be useful for me. The thing was, it was a paper in a journal of political science and it covered a topic about war. The photo above was a paragraph in the introduction part of the paper which highlighted two debates in international relations.

You see, this was a further proof that you cannot escape mathematics😆 . No matter where you turn around, you will need mathematics🙂 . As for me, it was very nice reading something like this; as I had very little knowledge about international relations of course so I also enriched myself with some knowledge (in a very superficial level) in that field too. It was like reading a story book, though I still needed to focus to achieve what I wanted and not get distracted by the international relations topic which was, to me, just a “wrap” in the mathematical content that I was after🙂 .

Photo #62

An Airbus A380-800
One of my airlines’ Airbus A380-800

A little bit of an update of my Air Tycoon Online 2 game, last week I decided my airline to buy 10 Airbus A380-800s! Hahaha😛 . Above is a screenshot of one of them at Soekarno-Hatta International Airport (yes, in the game CGK can handle an A380 while in real-life, as of now, can’t).

Now I understand a little bit more the struggle some airlines has while operating these birds. The capacity they offer is such a double-edged sword. It is good during the high season but it is much trickier during low season (and crisis). To add into the complex equation is the amount of capital needed to buy them. Is it better to buy one Airbus A380 while with the same amount of money, we can buy several other smaller planes?

BAHASA INDONESIA

Foto #60

A KLM Boeing 787-9 Dreamliner model
Sebuah model Boeing 787-9 Dreamliner-nya KLM

Hari Senin besok, KLM akan memulai mengoperasikan pesawat terbaru mereka, Boeing 787-9 Dreamliner, di rute Amsterdam – Abu Dhabi – Bahrain. Nah, jadilah dua minggu lalu, sebuah keputusan rasional bagiku sebagai seorang avgeek adalah membeli model 1:200-nya dong ya😛 .

Dan aku suka! Satu hal yang aku kurang sukai dari modelnya adalah modelnya tidak dilengkapi dengan registrasi pesawat sesuai aslinya dan juga tidak dilengkapi dengan nama (KLM adalah satu dari sedikit maskapai di seluruh dunia yang menamai pesawat mereka). Pesawat-pesawat Boeing 787-9nya KLM akan diregsistrasi PH-BH* (sementara registrasi di modelnya adalah PH-KLM) dan mereka akan dinamai dengan nama bunga. Pesawat Boeing 787-9 pertamanya KLM, PH-BHC, diberi nama “Zonnebloem“, alias “Bunga matahari” dalam bahasa Indonesia.

Foto #61

An article in International Relation
Sebuah artikel di hubungan internasional

Salah satu tanggung-jawabku sekarang adalah, tentu saja, membaca banyak jurnal ilmiah yang relevan sebanyak mungkin untuk memperkaya diriku (dan pekerjaanku). Dua minggu lalu, aku menemukan sebuah paper yang berisi sebuah metode matematika yang menarik dan berkemungkinan berguna untukku. Hanya saja, paper-nya adalah sebuah paper di jurnal ilmu politik dan topik yang dicakup adalah tentang perang. Foto di atas adalah sebuah paragraf di bagian pendahuluan yang menceritakan dua debat di hubungan internasional.

Nah kan, ini adalah bukti bahwa kita tidak bisa menghindari yang namanya matematika😆 . Kemana pun kita melangkah dalam hidup, kita akan selalu butuh yang namanya matematika🙂 . Untukku, membaca paper semacam ini amat seru rasanya; karena tentu saja ilmuku di bidang hubungan internasional amat cetek sehingga artinya aku memperkaya diri juga dengan sedikit pengetahuan (di level kulitnya saja tentunya) di bidang ini. Rasanya seperti membaca buku cerita deh, walaupun ketika membacanya tentu aku harus fokus untuk mendapatkan apa yang aku inginkan dan tidak terdistraksi oleh topik hubungan internasional yang, bagiku, merupakan “bungkus” akan konten matematika yang aku kejar🙂 .

Foto #62

An Airbus A380-800
Sebuah Airbus A380-800 milik maskapaiku

Oke, sedikit update dari game Air Tycoon Online 2 yang aku mainkan, minggu lalu aku memutuskan untuk membeli 10 Airbus A380-800 untuk maskapaiku! Hahaha😛 . Di atas adalah sebuah screenshot dari salah satunya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (iya, di game-nya CGK bisa meng-handle sebuah A380 sementara kenyataannya kan, sekarang ini, tidak).

Sekarang aku lebih memahami tantangan yang dihadapi maskapai penerbangan yang mengoperasikan pesawat tipe ini. Kapasitas dari pesawat ini adalah sebuah pisau bermata dua. Kapasitasnya bagus di musim ramai, tetapi sangat berbahaya di musim sepi (apalagi krisis). Yang membuat lebih kompleks lagi adalah besarnya modal yang dibutuhkan untuk membelinya. Apakah lebih baik membeli satu A380 sementara pada saat yang sama, dengan nominal yang sama, kita bisa membeli beberapa pesawat lain yang lebih kecil?

16 thoughts on “#1653 – Photo Tales (28)

  1. Waah punya diecast! Walaupun reg-nya nggak update, seengaknya livery-nya udah ngikutin yang baru yaa😀

    Semoga terminal baru-nya CGK bisa cater A380. Kayaknya Emirates udah gatel banget pengen deploy A380 ke CGK. Terus sepertinya beli A380 itu nggak terlalu rugi asal bisa operasiin dirute yang tepat. Jangan kayak Emirates yang kemana-mana pake A380 terus haha.

    1. Iya, seenggaknya selain regonya, semuanya oke dah!😀

      Terminal barunya CGK bukannya bakal didedikasiin untuk SkyTeam ya Ky? Tapi dari segi kapasitas mungkin masih bisa sih ya setelah terminal baru dibangun, terminal 2 jadi bisa menampung A380nya EK?😛

      Iya, A380 mah mesti pintar-pintar lihat rute dan demand. Kalo engga bakal terbang dengan banyak kursi kosong nih😛

  2. jadi keinget sepupu aku deh kak,dia juga suka ngoleksi miniatur pesawat sama main game air tycoon juga,pokoknya air plane addict deh kyk kakak mungkin ibaratnya kyk cwek suka barbie kali ya

  3. Jadi inget bos aku dulu setiap naik pesawat yg tipenya beda dan dari maskapai berbeda pasti beli model pesawatnya. Udah belasan dia punya. Dulu karena aku baru jadi pegawai aku sampe kagum. Kan itu beli di atas pesawat mahal 😆

    1. Huaa, aku juga pengen beli beberapa model gitu Niee tapi mikir tempatnya, hahaha😆 . Beli di pesawatnya memang oke karena kan seharusnya sesuai dengan spesifikasi pesawat benerannya ya Niee. Cuma masalahnya (untukku) biasanya ukuran skalanya nggak terstandardisasi nih antar maskapai😛 . Kemarin pengen beli modelnya Garuda tapi skalanya aku nggak cocok, jadi nggak beli deh😛 .

      Eh kadang beda harga antara beli di pesawatnya atau di luaran nggak banyak lho.

    1. Hehehe, itu warnanya biru😛 .

      Harga diecast pesawat tergantung model dan ukurannya. Biasanya aku cari yang skala 1:200 dan patokan hargaku sekitar Rp 250.000 – Rp 300.000an sih kalau dirupiahin🙂 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s