Posted in Asia Trip, South Asia, Vacation

#1652 – 2015 Fall Trip to India (Part V: The Wedding)

ENGLISH

Previous post on the 2015 Fall Trip to India series:
1. Part I: Getting to India.
2. Part II: Chennai.
3. Part III: Indian Train Trip.
4. Part IV: Tamil Nadu.

Previously on 2015 Fall Trip to India: Zilko and his friends went to India to attend a wedding. After arriving in Chennai and spending two full days there, they took the Shatabdi Express to go to the heart of Tamil Nadu, where the wedding would take place.

And this post is all about the wedding🙂 .

***

First of all, let me tell you that an Indian wedding is probably one of the most complex weddings in the world as in there are a lot of ceremonies that are involved. In our friends’ case, it would be so many that before the trip, our friends sent us (people from the Netherlands😛 ) a 22 pages document of all the ceremonies’ description!😆 In total, the wedding took four days to complete (well, even one week if we count the engagement party).

So this post will be just a brief summary of all of those, in the ceremonies that we attended (we did not need to attend all of them (thankfully since some started really early in the morning, lol!)).

Mehndi Ceremony

This ceremony was only for the ladies and was one where they applied mehndi paste onto the skin in rich design to decorate the body. In short, it looked like a type of temporary tattoo, even though it was not really a tattoo. Apparently it was also good to prevent stress during the wedding and also to cool the body down (well, it was so hot in India so this last feature must have been quite useful).

Mehndi Ceremony
Mehndi Ceremony

Too bad I did not get the chance to get one too because, to be honest, it looked kinda cool😛 . *don’t judge . Btw, this was held three days before the wedding and was the first ceremony which we attended. Okay, we (the guys) did not really attend it though since it was specifically prepared for the ladies. So we came there later when the ceremony was almost over and it was almost time for lunch😛 .

Nallangu Ceremony

In short, it was a ceremony to prepare the groom and the bride for the wedding. The guests applied turmeric paste to the groom’s and bride’s faces, rice was sprinkled onto them, and flowers and leaves were exchanged between the guests and the groom and bride. Of course I took part as well because it looked fun😛 . “Weird” stuffs were also put to the groom and bride. For instance, onion necklace, flower necklace, peanut necklace, candies necklace, a “crown” made from leaves, etc (all at once!).

At the Nallangu ceremony
At the Nallangu ceremony

At first we thought there was some meaning behind it, for instance like to wish them to never be hungry or something. But later on during lunch break our Indian friend described it as a ceremony to make the groom and bride looked ugly to make all the envy go away.  Oh, okay, haha…

Sangeeth Ceremony

When one thinks of an Indian movie, I bet most people would associate it with the singing and the dancing.  Well, it is because the Indians do love singing and dancing!! This was highlighted during this Sangeeth Ceremony.

It was held on the night before the reception where many people performed. From this cute girl:

A little girl dancing
A little girl dancing

to these ladies:

The ladies
The ladies

and this girl

A girl dancing
A girl dancing

and this group of a mother and her three daughters:

A mother and her three daugthers performing
A mother and her three daugthers performing

and the boys as well:

The boys participated as well
The boys participated as well

Our Indian friend even “forced” us to perform as well. The day before, she arranged dance teachers for us to sing along an Indian song (which I had never heard of before, lol). I was shocked, lol, but took part anyway because it was fun!😀 At one point they taught us a move and we were so bad and they were like “Please never do that ever again“, lol😆 .

A proof that I also danced
A proof that I also participated, it was video-taped

During the ceremony, we also organized a surprise treasure hunt game to the groom and the bride (thankfully the organizer was so willing to cooperate with our idea😛 ).

The Reception

Before the reception, they took us to a small Ganesh temple nearby the wedding venue where the groom would arrive, pray, and then we all walked to the venue. And it was by no means low-key; music was played loudly and surely we were drawing attention from all the people, lol😆 .

Wedding selfie
Wedding selfie

Anyway, the reception was similar to wedding receptions everywhere else though where people took photos with the groom and the bride and congratulated them.

The Wedding

Due to time constraint, the order in our friends’ wedding was flipped where the wedding itself was actually the last of all the series of ceremonies they had. It was a very religious (Hindu) ceremony which lasted for about two and a half hour where a few monks from the Sangameswarar Temple led the prayers.

Blessing the newlyweds
Blessing the newlyweds

At one point the guests were given yellow rice to be thrown towards the groom and the bride as a way of blessing them🙂 . Well, after the wedding we also got the chance to do that too though by going up to the stage and, well, sprinkled yellow rice onto them. After the wedding, the groom and the bride were asked to play some traditional Indian wedding games which looked quite fun too😛 .

TO BE CONTINUED…

Next on 2015 Fall Trip to India:
– First time with Jet Airways
– Mumbai’s Chhatrapati Shivaji International Airport
Upgraded to Premium Economy
– Back in the Netherlands

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya dalam seri 2015 Fall Trip to India:
1. Part I: Getting to India.
2. Part II: Chennai.
3. Part III: Indian Train Trip.
4. Part IV: Tamil Nadu.

Sebelumnya dalam 2015 Fall Trip to India: Zilko dan teman-temannya pergi ke India untuk menghadiri sebuah pesta pernikahan. Setelah tiba di Chennai dan menghabiskan dua hari disana, mereka menaiki kereta Shatabdi Express untuk pergi ke jantung Tamil Nadu, dimana pernikahannya akan berlangsung.

Dan posting ini akan berisi tentang pernikahannya :) .

***

Pertama-tama, harus aku bilang bahwa pernikahan India mungkin adalah satu dari pernikahan paling kompleks di dunia deh dalam hal banyaknya upacara yang harus dilakukan. Dalam kasusnya teman kami, saking banyaknya sampai-sampai sebelum berangkat, mereka mengirimi kami (para undangan dari Belanda maksudnya😛 ) sebuah dokumen sepanjang 22 halaman berisi deskripsi semua upacaranya!😆 Totalnya, pernikahannya memakan waktu empat hari sampai selesai (eh, seminggu ding kalau pesta pertunangannya juga dihitung).

Jadi, posting ini akan berisi ringkasan dari upacara-upacara tersebut, di upacara yang kami hadiri tentunya (kami tidak perlu menghadiri semuanya (untungnya, soalnya beberapa dimulai pagi bener euy, haha!)).

Upacara Mehndi

Upacara ini hanya untuk para wanita saja dimana mereka menorehkan pasta mehndi ke kulit dengan disain yang kaya untuk mendekorasi tubuh. Singkatnya, ini semacam tato temporer gitu, walaupun sebenarnya bukan tato juga sih. Ternyata, pasta mehndi ini juga berfungsi untuk mencegah stress di hari pernikahannya dan juga untuk mendinginkan badan (yah, waktu itu di India mah panas banget jadi kegunaan ini berguna banget pastinya ya).

Mehndi Ceremony
Upacara Mehndi

Sayangnya aku tidak berkesempatan untuk mendapatkannya juga sih padahal kan nampak keren gitu motifnya😛 . *dilarang men-judge. Btw, ini dilaksanakan tiga hari sebelum hari pernikahannya dan adalah upacara pertama yang kami hadiri. Oke, kami (yang laki-laki) tidak benar-benar menghadirinya sih karena upacaranya hanya secara spesifik dipersiapkan untuk para perempuan. Jadilah kami datang kesana ketika upacaranya nyaris selesai dan sudah hampir waktu makan siang😛 .

Upacara Nallangu

Secara singkat, upacara ini adalah untuk mempersiapkan mempelai pria dan wanita untuk pernikahannya. Para undangan menorehkan pasta dari kunyit ke muka mereka, menaburi mereka dengan beras, dan memberikan bunga dan daun kepada mereka. Tentu saja aku ikutan dong karena kan nampak seru ya😛 . Barang-barang “aneh” juga dipakaikan di kedua mempelai. Misalnya saja, kalung dari bawang bombay, kalung bunga, kalung dari kacang, kalung dari permen, “mahkota” yang terbuat dari daun, dll (semuanya pada saat yang sama!).

At the Nallangu ceremony
Di upacara Nallangu

Awalnya kami kira barang-barang itu bermakna tertentu, misalnya mungkin untuk mendoakan agar mereka tidak akan pernah kelaparan atau gimana gitu. Tetapi kemudian ketika makan siang teman India kami menceritakan bahwa upacara ini adalah untuk membuat mempelai pria dan wanitanya nampak buruk rupa agar tidak ada kecemburuan di para undangan. Oh, oke, haha…

Upacara Sangeeth

Jika seseorang mendengar istilah “film India”, aku yakin sebagian besar langsung mengasosiasikannya dengan nyanyi-nyanyian dan, terutama, joget-joget Indianya kan ya. Ya, ini semua ternyata karena memang orang India itu suka nyanyi dan joget!! Ini nampak sekali di upacara Sangeeth ini.

Upacara ini diadakan semalam sebelumnya dimana banyak yang tampil loh. Dimulai dengan gadis kecil ini:

A little girl dancing
Gadis kecil menari

sampai para wanita ini:

The ladies
Para wanita

dan gadis ini

A girl dancing
Seorang gadis menari

dan satu grup ibu dengan tiga anak perempuannya ini:

A mother and her three daugthers performing
Seorang ibu dengan tiga anak perempuannya tampil

dan laki-lakinya juga:

The boys participated as well
Beberapa anak laki-laki tampil juga

Dan teman India kami juga “memaksa” kami untuk tampil juga loh. Sehari sebelumnya, ia sampai menyiapkan dua instruktur tari untuk mengajari kami gerakan-gerakan mengikuti sebuah lagu India (yang mana aku nggak pernah dengar sebelumnya, haha). Aku terkejut dong, haha, tetapi ikutan juga sih akhirnya soalnya kan seru!😀 Di satu waktu mereka mengajari kami sebuah gerakan dan kami payah banget sampai-sampai mereka “Jangan pernah melakukan gerakan itu lagi seumur hidup yah“, haha😆 .

A proof that I also danced
Bukti bahwa aku ikutan juga, divideo loh ternyata

Di upacara ini, kami juga mengadakan sebuah acara kejutan bagi kedua mempelai yaitu sebuah game treasure hunt (untungnya pelaksana acaranya mau menerima ide kami ini😛 ).

Resepsi

Sebelum resepsi dimulai, mereka membawa kami ke sebuah kuil Ganesha di dekat gedung pernikahan dimana mempelai pria akan datang kesana, berdoa ke Ganesha, dan kami semua berjalan kaki beriringan ke gedung pernikahannya. Dan acara jalan kaki ini sama sekali tidak tenang-tenang aja loh; musik dimainkan dengan keras sehingga kami jelas menarik perhatian banget dah, hahaha😆 .

Wedding selfie
Wedding selfie

Anyway, resepsinya sendiri hampir sama seperti resepsi-resepsi pernikahan pada umumnya dimana para undangan berfoto-foto dengan kedua mempelai dan menyelamati mereka.

Pernikahan

Karena keterbatasan waktu, urutan di acara pernikahan teman ini agak dibalik dimana acara pernikahannya sendiri justru merupakan acara terakhir di rangkaian upacara yang mereka adakan. Ini adalah sebuah upacara yang religius (mengikuti tata cara Hindu) yang berlangsung selama sekitar dua setengah jam dimana ada beberapa biksu dari Kuil Sangameswarar yang memimpin ritual doanya.

Blessing the newlyweds
Memberkati pengantin baru

Di satu waktu, para undangan diberikan beras kuning yang kemudian dilemparkan ke arah mempelai sebagai simbol pemberkatan🙂 . Yah, setelahnya sebenarnya ada kesempatannya lagi sih dengan cara naik ke atas panggung dan menaburi mereka dengan beras kuning. Setelah pernikahan selesai, mempelai pria dan wanita diminta untuk memainkan beberapa permainan tradisional India untuk pengantin baru yang mana nampak cukup seru😛 .

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2015 Fall Trip to India:
– Pertama kali terbang dengan Jet Airways
– Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji di Mumbai
Di-upgrade ke Ekonomi Premium
– Kembali di Belanda

35 thoughts on “#1652 – 2015 Fall Trip to India (Part V: The Wedding)

      1. Hehehe iya Bang, saya hiatus lamaaaaaaaaaaaaa sekali😆

        Sekarang Bang Zil masih melanglang buana yaa di luar sana?🙂
        Belom ada rencana pulang?😀

  1. Pasti seru ya zil lihat ornag india menari secara langsung gitu. 😆

    Iihhh aku klo lihat mahendi inget kulit aku yg sensitif sampe melepuh waktu nikahan 😣

    1. Seru banget Niee. Sekarang aku jadi lebih paham deh mengapa film-film Bollywood itu isinya orang menari dan menyanyi semua. Lha soalnya kalau di India memang pada begitu orang-orangnya, hahaha😆 . Setiap ada perayaan, mereka suka menari dan menyanyi😀 .

      Melepuh karena panas atau karena tintanya Niee? Kata temanku yang mehendi ini nggak panas…

  2. Kawinan Jawa kalau yang ngikutin adat juga kan lama tuh Ko, dari sebelum nikah malah, apalagi nikahan batak ha ha ha
    one life time experience ya menghadiri pernikahan India kek gini, seru abis ! Aku pas di India lagi musim nikah juga, tp gak ada yang ngundang ha ha ha

    1. Hahaha, iya ya kalau dipikir-pikir prosesi dan tatacaranya😛 .

      Bener Once in a lifetime banget!!😀 Apalagi kalau bisa merasakannya di Indianya langsung ya, hehehe🙂 .

  3. Wahhhh…harusnya di India jarang orang yang bercerai ya ko, abis meritnya aja ribet banget gitu…hahahaha, tapi seru pastinya bisa dateng ke undangan kayak gini…

  4. Dilarang menjudge.. wah.. byk yg suka langsung ngejudge ya? itu acara nikahan emang lama bgt, ga kebayang capekny si pengantin hihihi… Btw orang India emang selalu happy, semua dibuat jadi nari hahaha.. (inget film2nya :p) di acara pernikahanpun penuh dengan tarian🙂

  5. Kenyang banget kondangan 4 hariii😀
    Tamunya hadir terus-terusan nggak tuh?
    Kayaknya “upacara” di beberapa adat di Indonesia juga serangkaian panjang gitu ya mulai dari lamaran sampai resepsi. Cuma di sini biasanya ada jedanya dan nggak back-to-back. Dan nggak sebanyak di India joget-nya😛

    1. Iya, kenyang banget sampe puas dah!! Hahaha😆 . Iya ya, kalau pernikahan tradisional Indonesia memang banyak acaranya, tetapi tersebar dalam jangka waktu yang lebih panjang😀 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s