#1651 – Gold

ENGLISH

Last year, I was able to meet one of my new year’s resolution of getting upgraded to the Silver tier of my KLM’s Flying Blue frequent flyer programme ๐Ÿ˜† . As you can read in many of my trip report/flying posts this year, this new level of frequent flyer hasย provided me with much more benefit than before.

Coming into this year, I had no resolution at all to take this further (read: reaching the higher tier of membership) as it looked like a long shot. To reach the next level (Gold), I would need to have 30 qualifying flights this year (and even 60 for the highest level (Platinum)). Well, I “barely” made it to 15, the Silver requirement, in 2014 (in total for the entire year, I got 18 last year) so I thought 30 was pretty much out of reach[1]. A reasonable target would be to maintain my Silver status.

***

But then, 2015 happened ๐Ÿ˜† .

As this blog’s readersย should have noticed, somehow I had a lot of travelling plans this year, and most of them involved flying ๐Ÿ˜† . The year with most flights prior to 2015 for me was 2010, where I flew 25 times. But then this year, including my planned upcoming flights until the end of December, my flying frequency jumps to 48[2] ๐Ÿ˜† . Yeay, I set a new personal record this year! ๐Ÿ˜†

So suddenly, Gold becameย very reachable this year if I planned all my flights well.

And to plan my flights well I did.

I reached my 15th qualifying flight, thus maintaining my Silver status, in early June while travelling from Amsterdam to Paris to watch the French Open final.

Upgraded to premium economy!

Upgraded to premium economy on my 30th qualifying flight this year!

Then I reached my 30th qualifying flight, thus reaching the Gold status, in October which was an Air France flight where I got upgraded to Premium Economy from Mumbai to Paris during my Fall trip to India.

Platinum was certainly out of reach this year as I would have had to have 60 qualifying flights in one year, lol ๐Ÿ˜† .

***

As a signageย that my membership tier has reached Gold, lastย week I got a new Gold Flying Blue frequent flyer membership card ๐Ÿ˜€ . As Air France/KLM is a member of SkyTeam, my Gold membership is in the SkyTeam Elite Plus premium status in SkyTeam[3].

So yeah, now I can enjoy even more benefits than before. This includes free access to the more than 629 executive lounges worldwide (and I can invite one guest with me ๐Ÿ˜› ), and even more extra miles bonus than before! ๐Ÿ˜€

Flying Blue Gold, SkyTeam Elite Plus

Flying Blue Gold, SkyTeam Elite Plus

BAHASA INDONESIA

Tahun lalu, aku berhasil mencapai salah satu resolusi tahun baruku yaituย naik kelas ke level Silverย di keanggotaan frequent flyer-nya KLM, Flying Blue ๐Ÿ˜† . Seperti yang bisa dibaca di banyak trip report/posting tentang penerbangan setelahnya, level keanggotaan baru ini telah memberikanku lebih banyak keuntungan daripada sebelumnya.

Masuk ke tahun ini, aku tidak memiliki resolusi sama sekali untuk meningkatkan levelnya lebih jauh (baca: ke tingkat keanggotaan yang lebih tinggi) karena peluangnya nampak kecil nan sulit. Untuk naik ke level selanjutnya (Gold), aku harus terbang sebanyak 30 kali tahun ini (dan bahkan 60 untuk ke level tertingginya (Platinum)). Yah, karena di tahun 2014 aku juga “pas-pasan” untuk memenuhiย persyaratannya Silver, yaitu terbang sebanyak 15 kaliย (totalnya tahun lalu hitungan terbangku adalah 18) sehingga aku rasa 30 adalah jumlah yang sulit dicapai[1]. Target yang masuk akal adalah mempertahankan level Silverku lah.

***

Tetapi kemudian, tahun 2015 terjadi ๐Ÿ˜† .

Seperti yang pembaca blog ini tentu sudah pada tahu, entah bagaimana aku memiliki banyak sekali rencana jalan-jalan tahun ini, dan hampir semuanya melibatkan penerbangan ๐Ÿ˜† . Sebelum tahun 2015, tahun dengan frekuensi terbang terbanyakku adalah tahun 2010, dimana tahun itu aku terbang sebanyak 25 kali. Tetapi tahun ini, termasuk rencana penerbangan yang sudah aku buat hingga akhir tahun nanti, frekuensi terbangku melonjak ke 48[2], huahaha ๐Ÿ˜† . Yeay, artinya sebuah rekor pribadi baru terpecahkan lagi dong ya! ๐Ÿ˜†

Nah, jadilah tiba-tiba Gold menjadi sebuah target yang bisa dicapai tahun ini jika aku merencanakan penerbanganku dengan baik.

Dan aku merencanakan penerbanganku dengan baik.

Aku mencapai penerbangan ke-15ku, artinya level Silver berhasil aku pertahankan tahun ini, di awal Juni ketika berangkat dari Amsterdam ke Parisย untuk menonton final French Open.

Upgraded to premium economy!

Di-upgrade ke kelasย ekonomi premium di penerbangan kualifikasi ke-30ku tahun ini!

Lalu, penerbangan ke-30ku, artinya aku berhasil mencapai level Gold, tercapai di bulan Oktober di sebuah penerbangan Air France dimana aku di-upgrade ke level Ekonomi Premiumย dari Mumbai ke Paris di perjalanan musim gugurku ke India.

Kalau level Platinum sih jelas nggak mungkin deh tahun ini karena aku harus mencapai 60 penerbangan dong dalam setahun, haha ๐Ÿ˜† .

***

Sebagai tanda bahwa keanggotaanku sudah mencapai level Gold, minggu laluย aku mendapatkan sebuah kartu Flying Blue Gold baru ๐Ÿ˜€ . Dan karena Air France/KLM adalah anggota dari SkyTeam, keanggotaan Goldku menempatkanku di level SkyTeam Elite Plus-nya SkyTeam[3].

Jadi, ya, sekarang aku bisa menikmati keuntungannya lebih banyak daripada sebelumnya. Ini termasuk akses gratis ke lebih dari 629 lounge eksekutif di seluruh dunia (dan aku bisa mengundang satu tamu denganku juga lho ๐Ÿ˜› ), dan bonus miles yang bahkan lebih banyak daripada sebelumnya! ๐Ÿ˜€

Advertisements

51 thoughts on “#1651 – Gold

  1. Waaaahh selamat!! Banyak banget kan perks-nya kalo udah Gold gitu, naik ekonomi juga dapet priority boarding kan ya? Dedicated check-in line, extra baggage, apalagi ya? Semoga sering dapet free upgrade, Ko! Hahaha.

    Btw dari Juni ke November banyak juga ya berarti terbangnya. Eh ya kalo boleh tau di tahun ini flight yang nggak qualified ada berapa? Atau semua beli tiketnya yang qualified?

    1. Begitulah, perks-nya lebih banyak tetapi jumlah tambahannya nggak sebanyak ketika naik tingkat dari Ivory ke Silver. Kalau naik penerbangannya Air France/KLM, Silver pun dapat priority boarding, dedicated check-in counter, dsb. Cuma memang kalau sudah Gold jadi terstandardisasi ke semua maskapai SkyTeam, nggak cuma Air France/KLM aja, haha ๐Ÿ˜› . Soalnya kemarin Silverku nggak begitu berarti nih sewaktu naik Garuda Agustus lalu ๐Ÿ˜› .

      Perks yang paling terasa adalah akses ke lounge-nya itu ๐Ÿ˜€ . Oh iya, dan aku barusan dapat email sekarang Gold pun bisa memilih preferred seat di penerbangannya KLM gratis lho! Kalau sebelumnya kan masih harus bayar walaupun didiskon 50%, haha ๐Ÿ˜› . Ah, kalau free upgrade mudah-mudahan ya!! Paling asyik kalau itu mah ๐Ÿ˜› .

      Iya, banyak terbang plus konsep “kalau bisa transit, mengapa tidak?” menolong banget karena untuk naik level, jumlah penerbangan kan dihitung. Jadi kalau terbang pp nonstop cuma dapat 2 hitungan, sementara kalau transit di kedua arah dapat 4, haha ๐Ÿ˜› .

      Rencananya sih tahun ini total qualifying flight-ku adalah 35, jadi ada 13 yang bukan qualifying flight ๐Ÿ˜€ .

  2. Seneng yah kalo kita lower expectation, ternyata malah exceeding it! ๐Ÿ˜€ Huaa terbangnya banyak banget dlm setahun, aku diitung pake 1 tangan aja masi kelebihan, apa tuh silver, gold, yang bronze aja ga punyaaa. Btw salam kenal ya zilko, aku udah baca2 blognya tp baru pertama komen ๐Ÿ™‚

    1. Begitulah! ๐Ÿ™‚

      Hehehe, kalau sering terbang, sebaiknya mulai mencari-tahu informasio tentang program frequent flyer ๐Ÿ˜€ . Kalau jarang terbangnya ya tidak seberapa penting sih ๐Ÿ˜€ .

      Salam kenal juga, trims sudah berkunjung ๐Ÿ™‚ .

    1. Salam kenal juga, trims sudah berkunjung dan membaca ๐Ÿ™‚ . Hehehe, jalan-jalannya sih nggak sampai 48 kali kok. Yang 48 kali terbangnya aja ๐Ÿ˜› .

  3. Ko, ini semacam GFF Garuda kah? Garuda anggota skyteam kan? Berarti GFF ku bisa kugunain ke setiap pesawat yang anggota skyteam juga? Goldmu ini bisa turun ga kalo misalkan kedepannya jumlah terbangnya berkurang? Dulu pas waktu kerja GFF ku sudah platinum saking seringnya terbang dari kantor, setelah resign turun perlahan hahaha.

    1. Yup!! Flying Blue ini ekuivalennya GFF di maskapai KLM/Air France.

      Betul! Garuda anggota SkyTeam makanya kemarin sewaktu ke Indonesia pakai Garuda, aku dapat poin dan hitungan qualifying flight juga ๐Ÿ˜€ . Dan betul, yang sebaliknya juga berlaku. Jadi next time terbang dengan maskapai SkyTeam, misalnya KLM atau Air France, jangan lupa masukin nomor GFF karena bakalan dapat poin dan qualifying flight dari situ, hehehe ๐Ÿ™‚ .

      Iya, bisa turun levelnya tahun depan karena setiap tahun perhitungan levelnya selalu direevaluasi dan dimulai dari nol lagi ๐Ÿ˜› .

      Wah!! Asyik banget tuh kalau udah Platinum!! ๐Ÿ˜€ Tapi rasanya memang kalau tidak sering-sering terbang untuk urusan kerja, me-maintain level Platinum itu bisa dibilang mustahil ya! Hahaha ๐Ÿ˜† .

      1. Ah, thanks banget Ko penjelasannya. Jadi tahu kalo kapan2 naik maskapai Skyteam GFF ku bisa dipakai.
        Iya, pas kerja kaget juga dalam waktu 3 tahun bisa naik sampai platinum. Karena frekuensi travellingnya banyak banget. Karena kantor memang pakainya Garuda. Dari silver sampai platinum, pakai duit kantor, keuntungannya masuk kantong sendiri haha. Ngumpulin poinnya lumayan, pernah dituker penerbangan Jkt-Sby : PP sampai 3 kali kalo ga salah. Itupun masih ada lebih poinnya banyak. Dan aku makainya pas sudan resign haha.

        1. Sama-sama ๐Ÿ˜€ . Btw, tapi menurutku kalau di Belanda lebih “menguntungkan” memiliki membership Flying Blue-nya Air France/KLM sih menurutku (dibandingkan GFF-nya Garuda). Singkatnya karena penukaran poinnya lebih “murah” sehingga bisa mendapat reward flight-nya lebih banyak/lebih cepat ๐Ÿ˜€ .

          Iya, makanya aku juga bikin membership ini awalnya. Toh bakal terbang juga jadi why not memiliki frequent flyer kan ๐Ÿ˜€ . Dan memang lama-lama jadi nggak terasa terkumpul ya, hehe. Ini poinku bakal berguna banget untuk liburanku akhir tahun ntar. Kalau beli sendiri tiketnya muahal banget nih, jadi aku pake poin aja deh jadi “gratis”, nyahaha ๐Ÿ˜† .

          Asyik juga tuh kantornya pakai Garuda kemana-mananya ๐Ÿ˜€ . Kalau kantorku disini bebas mau pakai maskapai yang mana pun, hihi ๐Ÿ™‚ . Jadi jelas kemana-mananya milih maskapai yang enak aja deh, selama di kelas ekonomi tapinya, haha ๐Ÿ˜› .

  4. Waaaaahhh. Tahun depan bisa dapat platinum zilko! Hahahahaha.

    Iihhh asyik deh ya. Klo aku naek air asia promo terus poinnya rendah banget. Gak bisa dikukerin. ๐Ÿ˜†

    1. Hahaha, susah Niee kayaknya naik ke Platinum. Tahun depan mesti terbang 60 kali atau belinya tiket yang mahal-mahal terus, hahaha ๐Ÿ˜› .

      AirAsia mah ngasi poinnya pelit abiss Niee memang, hahaha ๐Ÿ˜† . Bergunanya cuma kalau ada promo BIG sale itu jadi pemegang kartu bisa beli tiket duluan; dan kadang jumlah poin untuk ditukerinnya juga didiskon gede banget. Beberapa kali malah dipotong jadi 0 poin alias gratis, haha ๐Ÿ˜† .

  5. Gara-gara baca ini, aku jadi ngitungin jugak *iseng*, naik pesawat berapa kali tahun ini~ ternyata udah lebih dari 20, tapi naiknya LCC mulu~ atau TransNusa lah~ ๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜„

  6. Saat ga terlalu diharepin malah dapet ya Ko ๐Ÿ˜€ Keren banget ya keuntungannya, ahh andai kapan2 bisa satu penerbangan ya Ko.. Nempel dah biar kecipratan juga..wkwkw

    1. Iya Py. Awalnya nggak nyangka, tapi trus aku amati kok sepertinya bisa dicapai kalau perjalanannya aku rencanakan dengan baik, hahaha ๐Ÿ˜† . Iya, keuntungannya oke banget Py. Ngumpulin poinnya juga semakin cepat jadi bisa semakin sering deh dapet tiket redemption “gratisan”-nya ๐Ÿ˜› . Ayo Py kapan kalo gitu, hahaha ๐Ÿ˜€ .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s