Posted in Asia Trip, South Asia, Vacation

#1650 – 2015 Fall Trip to India (Part IV: Tamil Nadu)

ENGLISH

Previous post on the 2015 Fall Trip to India series:
1. Part I: Getting to India.
2. Part II: Chennai.
3. Part III: Indian Train Trip.

Previously on 2015 Fall Trip to India: Zilko and his friends went to India to attend a wedding. After arriving in Chennai and spending two full days there, they took the Shatabdi Express to go to the heart of Tamil Nadu, where the wedding would take place.

***

I split the story of our time in our friend’s village for the wedding into two posts: one is fully dedicated to the wedding and the other is for the other places/activities that we visited/did while we were there. I will start with the latter with this post.

The Sangameswarar Temple and the Holy Elephant

We went to the Sangameswarar Temple again. Yes, “again” because last year we also visited this big temple near our Indian friend’s house. Just like last year, our friend’s parents took us there and showed us how to pray in a Hindu temple. It was more or less the same as what we did last year, except that this time we had it during the day😀 .

 

The Sangameswarar Temple
The Sangameswarar Temple

There was one thing that was different this time though.

Being a big and important temple in the region, there was a holy elephant residing in the temple. Yes, not just any elephant, he was THE holy elephant😆 .

Last year, while we were there, the elephant was taking an annual leave from his duty and was on vacation (seriously) so we did not get the chance to meet him. But this year though, he was not vacationing during our visit! Yay!!😀

We met the holy elephant after praying at the temple. We had to give out a small amount (Rs 10) to the elephant, who would take the bill with his trunk and then bless us with his trunk. We were allowed to take pictures while the elephant were blessing us (thanks to our friend’s parents who were devoted members of the temple so they knew the elephant guy).

Of course I got blessed too!😀 And now I understand why the holy elephant was holy. He was, indeed, not just an elephant. He was so smart! While getting blessed, I gave my camera to my friend to take a picture of the blessing, but then she did not get a good shot of it. The elephant, somehow, knew it and he kept blessing me until we got a good shot of the blessing! Wow!!! :shocked: As the result in the end, I got “blessed” about 8 or 9 times, haha😆 .

Getting blessed by the holy elephant
Getting blessed by the holy elephant

But I guess being holy had its disadvantage too. So my friends’ parents would want to serve some offerings (some types of fruits) to the elephant. However, the elephant guy said no because, well umm, the holy elephant got a diabetes because of all the offerings he got in the past. 😅😅😅😅😅

😐

Okay, so it probably makes sense that diabetes can occur to some forms of life other than humans too…

Coimbatore

For now, let us fast forward to the last day of our Fall Trip to India this year.

To go back to Europe, we would start by flying from the city of Coimbatore to Mumbai on a Jet Airways’ domestic flight. As this flight was scheduled to leave in the evening and we had to put some things into our itinerary for the day, we decided to rent a car and spend a day in Coimbatore before going to the airport.

At first we were thinking about visiting a temple there. But then we changed our mind and decided to just take it easy today by going to a mall, haha😆 . For this, we chose the Brookefields mall because there was a cinema there.

Deal or No Deal
Deal or No Deal

However, it turned out that none of the movie was possible for us to watch so we dropped the idea. Instead, we just indulged ourselves in: playing some games at a game center (my favorite was the Deal or No Deal game), having some coffee at a cafe, and, my favorite this one was, going to a salon where I got an Indian head massage! Haha😆

The Food

Outside of the wedding, we had most our meals at our hotel which provided good meals. Wow, I loved all the food they provided even though mostly were frying-based food so it was not super healthy, haha😆 .

Another memorable restaurant that we visited was a restaurant which we also visited last year which was my friend’s brother’s favorite restaurant in Erode, haha😆 . The food was great, just like last year (where we ordered the Japan chicken, tandoori chicken, and a quail dish). However, the most memorable experience from this restaurant was, well, the eating experience itself.

Japan chicken and tandoori chicken
Japan chicken and tandoori chicken

So we went there ourselves without our Indian friend and none of us were Indian. We were quite early today for dinner and we were the only people dining there. And what happened was that after serving our orders, the waiters just circled around our table and they watched us eat, closely😐 .

I can tell you, it was super awkward…

😆

TO BE CONTINUED…

Next on 2015 Fall Trip to India:
– An Indian Wedding
– Indian tradition
– Flying back to Europe
Upgraded to Premium Economy

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya dalam seri 2015 Fall Trip to India:
1. Part I: Getting to India.
2. Part II: Chennai.
3. Part III: Indian Train Trip.

Sebelumnya dalam 2015 Fall Trip to India: Zilko dan teman-temannya pergi ke India untuk menghadiri acara pernikahan. Setelah tiba di Chennai dan menghabiskan dua hari disana, mereka menaiki kereta Shatabdi Express untuk pergi ke jantung Tamil Nadu, dimana pesta pernikahannya akan berlangsung.

***

Cerita dari waktu kami di desa teman kami aku bagi ke dalam dua posting: satu akan aku khususkan untuk cerita yang berkaitan dengan pesta pernikahannya dan yang satu lagi berisi kegiatan lainnya selama disana. Aku akan mulai dengan yang kedua dengan posting ini.

Kuil Sangameswarar dan Gajah Suci

Kami pergi ke Kuil Sangameswarar lagi. Iya, “lagi” karena tahun lalu kami juga mengunjungi kuil ini yang berlokasi di dekat rumahnya teman kami. Seperti tahun lalu, orangtua teman kami mengantar kami kesana dan juga menunjukkan bagaimana umat Hindu beribadah disana. Kurang lebih sama sih seperti tahun lalu, kecuali bahwa kali ini kami kesananya di pagi hari, haha😀 .

The Sangameswarar Temple
Kul Sangameswarar

Eh, tetapi ada satu hal yang berbeda ding tahun ini.

Karena merupakan kuil yang besar dan penting di daerahnya, ada gajah suci loh yang tinggal di kuilnya. Iya, bukan sekadar gajah biasa, tetapi SANG gajah suci, haha😆 .

Tahun lalu ketika kami kesana, gajahnya sedang mengambil cuti tahunan gitu deh jadi ia lagi pergi liburan gitu (serius, beneran ini!) sehingga kami gagal bertemu dengannya. Kali ini, untungnya dia sedang nggak cuti ketika kami berada disana! Hore!!😀

Kami bertemu dengan gajah sucinya setelah berdoa di kuil. Kami memberikan sedikit sumbangan/persembahan (Rs 10) ke gajahnya, yang mengambil uangnya dengan belalainya dan kemudian dengan belalainya itu ia akan memberkati kami. Kami diperbolehkan mengambil foto ketika gajahnya memberkati kami (berkat orangtua temanku yang merupakan umat aktif di kuilnya jadi mereka kenal pawang gajahnya gitu deh).

Tentu saja dong aku juga diberkati!😀 Dan aku mengerti deh sekarang mengapa gajah yang ini kok suci. Ia itu memang bukan sekadar gajah biasa loh. Gajahnya pintar banget! Jadi ketika diberkati itu, aku minta tolong temanku untuk memfotoku dengan kameraku, tetapi ternyata hasil fotonya nggak oke. Eh gajahnya, entah bagaimana, tahu dong dan ia terus-terusan memberkatiku sampai aku mendapatkan hasil foto yang bagus! Wow!! :shocked: Sebagai akibatnya, totalnya aku “diberkati” sebanyak 8 atau 9 kali gitu deh, haha😆 .

Getting blessed by the holy elephant
Diberkati oleh sang gajah suci

Tetapi ternyata menjadi gajah suci itu ada nggak enaknya juga lho. Jadi ceritanya orangtuanya temanku ingin memberikan persembahan (berupa buah-buahan) untuk gajah sucinya. Namun, pawang gajahnya menolaknya karena, ummm, gajah sucinya terkena diabetes dong akibat persembahan-persembahan yang ia terima di masa lalu.😅😅😅😅😅

😐

Oke, jadi mungkin masuk akal juga ya bahwa diabetes bisa menyerang makhluk hidup selain manusia juga…

Coimbatore

Oke, untuk saat ini mari kita meloncat ke hari terakhir dari perjalanan musim gugurku ke India tahun ini.

Perjalanan kembali ke Eropa akan kami mulai dengan penerbangan dari kota Coimbatore ke Mumbai di penerbangan domestiknya Jet Airways. Karena penerbangan ini dijadwalkan di malam hari dan jadwal kami di pagi dan siang harinya masih kosong, kami memutuskan untuk menyewa mobil dan menghabiskan seharian di Coimbatore sebelum pergi ke bandaranya.

Awalnya kami berpikir untuk mengunjungi kuil disana. Tetapi kemudian kami berubah pikiran dan memutuskan untuk santai-santai aja hari ini dengan pergi ke mall-nya, haha😆 . Untuk ini, kami memutuskan untuk mengunjungi Brooksfield mall karena disana ada bioskopnya.

Deal or No Deal
Deal or No Deal

Namun, ternyata waktu itu tidak ada jadwal film yang bersahabat dengan kami sehingga rencana menonton film harus kami batalkan. Jadilah kami memutuskan untuk memanjakan diri aja: bermain beberapa game di pusat permainan gitu (favoritku adalah game Deal or No Deal), ngopi di sebuah kafe, dan, yang aku paling sukai nih, pergi ke salon dimana aku memutuskan untuk pijat kepala ala India! Haha😆 .

Makanannya

Di luar pesta pernikahannya, kami hanya makan di restoran hotel kami saja yang menyediakan makanan yang enak. Wow, aku suka semua makanan yang mereka sediakan lho karena enak-enak, walaupun sebagian besar adalah makanan yang berdasarkan asas goreng-menggoreng sih jadi amat nggak sehat gitu, haha😆 .

Restoran lain yang juga berkesan adalah restoran yang sama seperti yang kami kunjungi tahun lalu yang merupakan restoran favoritnya adiknya temanku di Erode, haha😆 . Makanannya enak-enak banget, sama lah kayak tahun lalu (kami memesan menu Japan chicken, tandoori chicken, dan sebuah menu burung puyuh). Namun, pengalaman paling berkesan dari restoran ini kali ini adalah, yah, pengalaman makannya itu sendiri.

Japan chicken and tandoori chicken
Japan chicken dan tandoori chicken

Jadi kami pergi kesana sendiri tanpa teman India kami dan kami semua bukan orang India. Kami tiba disana agak awal hari ini sehingga kala itu kami adalah satu-satunya pengunjung. Nah, setelah selesai mengantarkan pesanan kami, para pelayannya berdiri mengelilingi meja kami dan, umm, menonton kami makan dengan seksama loh😐 .

Aku kasih tahu deh, awkward banget rasanya…

😆

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2015 Fall Trip to India:
– Sebuah pernikahan India
– Tradisi India
– Terbang kembali ke Eopa
Di-upgrade ke kelas Ekonomi Premium

29 thoughts on “#1650 – 2015 Fall Trip to India (Part IV: Tamil Nadu)

  1. Wah gajahnya pengertian banget, :haha. Memang makanan di India itu perwujudan dan tata cara makannya emejing cuma rasanya memang enak banget yaa :hihi, saya sudah pernah dengar di beberapa teman yang pernah ke India :hehe. Ngomong-ngomong keunikan pijat kepala ala India itu seperti apa?

    1. Iya, gajahnya pintar ya ternyata😀 .

      Iya, makanan India enak-enak kok😀 .

      Haha, keunikannya adalah karena sudah lama kepalaku tidak dipijat dan tarifnya jauh lebih murah daripada di Eropa, lol😆

    1. Iya, gajahnya pinter banget memang Chris. Tapi kasian juga jadi diabetes gitu…

      Hahaha, cerita kawinannya sengaja aku postpone sampai edisi nyaris terakhir Chris biar klimaks😛 .

  2. Suka banget dengan tulisan seri travel ke India. Saya cuman naympe ke New Delhi dan Taj Mahal, dan setuju banget, kalo ..makanan india itu, ternyata enak pake banget..bertolak belakang dengan kesan selama ini, bahwa makanan india, terlalu berempah seperti jamu, ternyata kalo di India tidak seper1ti iru, dan saya doayan banget ama segala roti khas india, yang fresh, dan wangi gandum nya terasa..

    1. Betul! Makanan India itu lebih kaya dan bermacam-macam daripada bayangan ya ternyata😀 . Dan semuanya enak-enak!!😀 Cuma menurutku secara umum “kekurangan” yang ada adalah jarangnya menu sayuran segar, hahaha😛 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s