Posted in Book Review, Review

#1637 – Book Review: Menghirup Dunia

Note: This is a book review post. Due to the reviewed book being in Indonesian, it makes more sense for this post to also be, fully, in Indonesian. So, I apologize for any inconvenience caused by this.

***

Di bulan Agustus lalu, ketika berada di Indonesia, aku membeli buku Menghirup Dunia. Sesuai dengan request-nya Febby di posting itu, berikut ini review-ku tentang buku ini.

Menghirup Dunia

Menghirup Dunia
Menghirup Dunia

Menghirup Dunia adalah sebuah buku karangan enam orang bloggers yang memiliki hobi jalan-jalan (sesuai dengan satu topik yang dibawa di buku ini, aku menghindari penggunaan kata ‘travelling‘ disini dan untuknya aku gunakan kata ‘jalan-jalan’ aja😀 ). Buku ini berisi kumpulan cerita dan pengalaman mereka ketika berjalan-jalan di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia, mulai dari beberapa destinasi di dalam Indonesia sampai tempat-tempat yang jauh banget di Amerika Selatan.

Cerita-cerita yang dibagikan pun bermacam-macam, dari kisah perjalanan yang menyenangkan, kisah yang kurang menyenangkan, hingga peristiwa-peristiwa yang membuat kita berkaca-diri ketika menghadapi/melihat berbagai macam situasi ketika jalan-jalan.

Review-ku

Sebelum aku menulis lebih jauh, aku ingin membagi hal-hal yang berkaitan dengan sebuah acara jalan-jalan ke dalam dua grup: teknis dan non-teknis. Grup teknis berisi segala hal yang berkenaan dengan teknis dari acara jalan-jalan tersebut. Misalnya itinerary, jadwal dan tiket naik bus, hotel tempat kita menginap, dsb. Sementara grup non-teknis berisi hal-hal yang kita rasakan/pikirkan ketika jalan-jalan. Misalnya perasaan senang ketika mencapai suatu tempat tertentu atau pemikiran yang muncul karena kita mengamati sesuatu di suatu tempat tujuan.

Secara umum, aku suka buku ini. Cerita-cerita yang bermacam-macam yang dituliskan di dalamnya mewakili sekali berbagai macam situasi teknis dan non-teknis yang bisa kita temui dalam suatu acara jalan-jalan. Oleh karenanya, aku rasa judul bukunya juga cocok dengan isinya, dimana dengan pergi ke suatu tempat tertentu (teknis berjalan-jalan), kita sekaligus memperkaya diri kita sendiri (non-teknis berjalan-jalan). Cocok kan, kita “menghirup dunia” melaluinya.

Membaca buku ini juga membuatku merasa seperti berada di samping penulis ketika pengalaman itu terjadi. Gaya bahasa khas blogger yang digunakan juga membuat pengalaman membaca buku ini menjadi lebih rileks dan menyenangkan. Dan karena ada enam blogger dengan gaya penulisannya masing-masing, aku juga mendapatkan kesan berwarna-warni ketika membaca buku ini. Seperti memang sedang mendengar cerita pengalaman enam orang yang berbeda. Asyik dan tidak membosankan…

Aku rasa informasi-informasi yang disediakan di dalam bukunya bertujuan untuk membantu pembaca dengan beberapa informasi teknis mengenai tempat tujuan yang dimaksud. Kalau untukku, bagian ini aku lompati karena informasi (yang lebih) terkini (seharusnya) tersedia di internet, hehe🙂 . Buku ini belum lama terbit sih sehingga artinya informasi yang tersedia disana juga seharusnya masih cukup akurat.

Di atas aku sebutkan bahwa aku suka dengan gaya bahasa ala blogger yang cederung tidak terlalu formal yang diusung buku ini. Namun bukan berarti ini tidak ada sisi kelemahannya. Gaya bahasa tidak formal justru lebih tricky karena editor harus bekerja ekstra untuk memperhatikan ejaan dan susunan kalimat. Dan inilah faktor yang paling menggelitik bagiku ketika membaca buku ini. Ada cukup banyak typo dan beberapa susunan kalimat yang menurutku agak ‘aneh’ dan melenceng terlalu jauh dari susunan tata bahasa bahasa Indonesia. Memang susunan kalimat yang baku tidak cocok dengan tema yang diusung buku ini, tetapi bagiku kalau melencengnya terlalu jauh juga membuatku sedikit mengernyitkan dahi :) .

Aku juga suka dengan kehadiran beberapa foto dokumentasi pribadi para penulis yang disertakan di akhir tulisan. Untukku pribadi, pengalaman membaca bukunya akan lebih enak lagi apabila foto-fotonya diletakkan bersama dengan badan utama tulisan sebagai ilustrasi.

Kesimpulan

Satu pertanyaan yang selalu aku tanyakan ke diriku sendiri ketika mengulas sebuah buku adalah: “Secara umum, apakah aku menikmati membaca buku ini?

Dan untuk buku Menghirup Dunia ini, jawabanku adalah “ya“. Seperti yang aku sebutkan di atas, memang ada beberapa area yang mana menurutku bisa lebih baik; tetapi hal-hal ini cenderung minor untuk membawa pengalaman membaca bukuku menjadi tidak menyenangkan. (Tetapi ini tetap merupakan PR bagi editor untuk ke depannya🙂 ).

Aku suka dengan konsep bukunya, aku juga suka dengan pilihan-pilihan ceritanya, dan yang terpenting, aku menikmati waktuku ketika membaca buku ini.

Reading "Menghirup Dunia" while waiting for a ride at Universal Studio Singapore
Membaca buku “Menghirup Dunia” sambil mengantri sebuah mainan di Universal Studio Singapore

25 thoughts on “#1637 – Book Review: Menghirup Dunia

  1. Gw ga ikut nulis tapi ikut deg-degan loh Ko. Hahahaa. Deg-degan lu bakalan suka ato nggak. Emang tugas si editornya berat dan gw emang mendapati beberapa typo dan penggunaan bahasa yang jauh banget dari baku. Tapi karena enak bacanya gw ya ngalir aja lewaaat. Hihihi.

    1. Iya banget! “Komplain”-ku itu sebenarnya minor karena secara keseluruhan aku suka konsep dan gayanya 😄. Tapi bener banget, tugas editornya memang berat justru karena gaya informalnya itu 😄

  2. Saya harus setuju dengan Mas Dani, memang kalau penulisannya mengalir dan enak banget, kalau kita baca mah yang lain lewat… tapi matamu jeli sekali Kak :hehe, soalnya saya pertamanya juga tidak menemukan adanya salah ketik tapi setelah dibaca yang kedua kali baru ketemu :hehe.

    1. Setuju! Aku juga suka bahasa dan gayanya kok jadi overall aku enjoy bacanya!! Hehe, trims Gara 😄. Memang untuk kerjaanku aku harus jeli sih ketika membaca jadi kebiasaannya terbawa deh ketika nembaca buku 😝

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s