Posted in General Life, Zilko's Life

#1632 – My Diet Strategy

ENGLISH

As apparently I have been on diet mood recently, here are a couple of things which I do to help me achieve this goal.

Grocery Shopping

just after I have had a meal, i.e. when I am nowhere near feeling hungry. This helps me to think rationally to reach my goal and not succumbing to the temptation of buying those evil chips or snacks full of sugar and calories😛 .

But regarding this strategy, so far my biggest weakness is ice cream because sometimes I still buy a box of ice cream even when I am not feeling hungry. But at least I always buy one with pre-packaged smaller ice cream products inside (either the ones with cones or sticks). This is because if I buy one with no pre-packaged smaller ice cream inside (so basically just a box full of ice cream), I know that I have no self control and there is a very probable risk that I will finish a box just at one time😳😆 .

Brush My Teeth

early.

People say one of the most evil activity while dieting is nibbling some snacks in the night after dinner. And I agree. So to combat the urge of doing so, I brush my teeth early. When I have just brushed my teeth, I feel like I am hesitant to eat something because that would make my teeth “dirty” again and I need to rebrush my teeth. Even after I brush my teeth, I only consume water. Not even tea!! Plus, I find the feeling of munching something when my mouth is basically clean disgusting.

And I think it is good. Because, for instance, this super small package of KitKat:

A small Kit Kat green tea (from Japan)
A small Kit Kat green tea (from Japan)

apparently contains 66 calories. That is the equivalent of, like, running on a treadmill for 5 minutes or so for me! Haha😆 . You see? If I just worked out before, roughly the effect of my 4 – 8 minutes cardio exercise easily got negated just by this one small package of KitKat which couldn’t even “satisfy” the devil!!

***

Yeah, those two are a couple of habits that I try to develop myself. Of course there are a few “cheating” days too though, haha…

BAHASA INDONESIA

Karena ternyata baru-baru ini aku sedang berada dalam modd untuk berdiet, berikut ini beberapa hal yang aku lakukan untuk membantu diriku sendiri mencapai tujuan ini.

Belanja Kebutuhan Sehari-hari (grocery shopping[1])

setelah aku makan, atau dengan kata lain, ketika aku tidak merasa lapar. Ini membantuku untuk bisa berpikir lebih jernih dan rasional untuk mencapai target dan tidak lapar mata yang berakhir dengan membeli keripik-keripik setan itu atau snack yang penuh gula dan kalori😛 .

Eh, untuk strategi ini, kelemahan terbesarku es krim tapinya karena terkadang aku masih bisa juga membeli sekotak es krim bahkan ketika aku tidak merasa lapar. Yaa, setidaknya sih aku selalu membeli kotak yang isinya es krim-es krim yang sudah dibungkus gitu (baik yang cones maupun sticks). Ini karena jika aku membeli yang tidak ada bungkusan di dalamnya (jadi yang berupa satu kotak trus isinya es krim semua gitu), aku tahu aku tidak memiliki kontrol diri dan ada kemungkinan besar aku menyelesaikan satu kotak itu sekali makan😳😆 .

Menggosok gigi

awal.

Banyak yang bilang kalau hal jahat terbesar ketika sedang diet adalah ngemil di malam hari setelah makan malam. Dan aku setujuu. Jadilah untuk melawan keinginan ngemil malam-malam, aku menggosok gigi awal deh. Ketika aku sudah menggosok gigi, aku merasa enggan untuk makan apa pun karena gigi dan mulutku akan jadi “kotor” lagi dan aku jadi harus gosok gigi lagi kan. Bahkan setelah menggosok gigi aku cuma mau minum air putih aja loh. Teh pun ogah, haha. Ditambah lagi, aku merasa mengunyah sesuatu ketika mulutku sudah bersih itu kok menjijikkan ya.

Dan ini ide yang bagus lho. Karena, misalnya, satu bungkus KitKat super kecil berikut ini:

A small Kit Kat green tea (from Japan)
Sebuah Kit Kat green tea super kecil (dari Jepang)

ternyata mengandung 66 kalori dong. Ih, itu kan setara dengan, contohnya, lari di treadmill selama sekitar 5 menit untuk aku! Haha😆 . Nah kan? Jika aku baru saja ke gym sebelumnya, kurang lebih efek dari latihan kardioku selama 4 – 8 menit langsung ditiadakan dengan mudah oleh sebungkus KitKat super kecil ini yang mana ini pun nggak “memuaskan” setan itu kan ya!!

***

Ya, itulah dua contoh kebiasaan yang sedang aku usahakan untuk aku ikuti. Tentu saja ada beberapa hari dimana aku “cheating” juga sih, haha…

26 thoughts on “#1632 – My Diet Strategy

  1. Hahaha keripik2 setan. Aku sekarang lagi keranjingan makan TUC yang paprika. Setan banget itu. Perbanyak minum air tak berwarna (air putih) juga bagus untuk diet. Nahan laper lebih lama. Sama tolak ajakan teman yang tiba2 ketemu dijalan trus ngajak makan hahaha.

    1. Hahaha, aku juga suka rasa paprika😀 . Ahhh, keripik2 gitu memang setan banget!!😀 Untuk minum juga aku seringnya minum air putih kok. Kalau kerja paling pagi gitu minum kopi biar semangat. Dan kalo lagi pengen minum green tea, hehe🙂 . Huahaha, yang ajakan temen itu untungnya nggak sering2 bgt😛

  2. Hahaha saya juga kadang ngerasain jorok kalo langsung makan abis sikat gigi karena gigi lagi bersih. Semoga sukses mencapai target diet dan tetep sehat yaa!

  3. Good strategy! Doing grocery when we’re full is a good thing. Unfortunately for me brush my teeth early never succeeded to stop the evil. I just brush my teeth again. 😀

  4. Yang gosok gigi itu dulu aku juga gosok giginya cepat tuh, jam 8 malam udah gosok gigi dan abis itu cuma minum air putih😀 Tapi kok sekarang malah aku malas banget gosok gigi cepat-cepat, yg ada malah kadang-kadang baru gosok gigi jam 1/2 12 malam walau gak makan apa apa🙂

  5. waah…sama..aku lagi nyoba diet nih..
    lagi pengen nyoba food combining,pagi hanya buah sampai jam makan siang..
    biasanya nasi uduk atau lontong sayur…he..he.., kayaknya kalau pas sibuk lupa deh sama rasa lapar

    1. Hahaha, kalau pola dan kebiasaan makan memang lebih sulit untuk diubah ya😀 . Tapi pelan-pelan pasti bisa. Menurutku yang terpenting dari suatu strategi diet itu adalah konsistensi. Jadi harus dipilih strategi yang kita suka dan bisa kita terapkan dalam jangka panjang😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s