Posted in Asia Trip, South Asia, Vacation

#1630 – 2015 Fall Trip: Back to India!

ENGLISH

Yes people, you read it right. I am going back to India this Fall for a short(-ish) 10-day trip! Yesterday, I got my passport back with an Indian visa stamped on it and I have got my leave request approved a few weeks ago so it seems that the trip is pretty much confirmed🙂 .

Speaking of which, here is the main posts of my previous three weeks adventure to the Land of Spices just less than a year ago:
1. Part I: Getting to India
2. Part II: Karnataka
3. Part III: Tamil Nadu (1)
4. Part IV: Tamil Nadu (2)
5. Part V: Goa
6. Part VI: Rajasthan
7. Part VII: Uttar Pradesh
8. Part VIII: Delhi (1)
9. Part IX: Delhi (2)
10. Part X: Back to Europe

And btw, yes, this trip is one of the two big travelling plans my friends and I discussed in a party in May, with the other one being my year-end trip to the States and a mystery destination🙂 .

***

The Background

For the background of the trip, let us look back at the Part VII post when my friends and I visited the magnificent Taj Mahal in Agra in January earlier this year.

As I mentioned there, two of my friends (who were dating at that time) got engaged in Taj Mahal. Seriously, it was so romantic where the guy (he was Dutch) was on his knee asking the girl (she was Indian) to marry him, with the Taj Mahal in the background (I actually snapped a few pictures for them but for privacy reason, I cannot share it here🙂 ). And she said yes.

The Trip

So naturally a wedding would follow up soon, in India, and they invited my friends and me. At first they wanted to have the wedding in July (according to my Indian friend’s personalized Indian horoscope book, apparently the best time for her wedding was June or July this year). And obviously July was not a good time for me especially with my one month trip to South East Asia coming in August. So I said to them I could not promise anything for July.

But then, somehow they were able to postpone the wedding to October (because July was too soon for them anyway). And October would be possible for me as long as I am aware of how much holiday allowance I have left this year. Obviously they invited us to come to India again where they would have the ceremony and parties.

The ceremony and the parties are the ones that intrigue me the most because, as Christa shared about her trip to India for a similar agenda earlier this year, it will be so different, “so Indian”! And my Indian friend told me that the wedding will last five days! Yes, FIVE DAYS! Amazing, isn’t it? Haha😆

So, my friends and I said that we are in!!

Inside a Hindu temple
Inside a Hindu temple in South India

Arrangement

But then of course there are logistical stuffs that we have to take care of, like the flights to India and stuffs, haha😆 . For the most part in April and May, we found that Lufthansa offered the cheapest flights and with them we could fly with the super cool Airbus A380-800 or Boeing 747-8i (something that made me drool as an aviation enthusiast obviously) on the way back from India. The problem was, Lufthansa was a member of Star Alliance, a rival of SkyTeam, and hence if I flew with them, I would not be able to gain any frequent flyer points on any of my existing frequent flyer accounts.

The last drawback really made me unsure because I was so close to upgrade my membership level with Flying Blue this year so obviously a return trip to India would surely help a lot. But in mid-May, my prayer was answered where I saw Air France offered a cheap return ticket to our destinations in India at exactly our intended dates of travel. It was even cheaper than what Lufthansa offered and, on top of that, it was actually around €130 less per person than what we paid last year!

So we decided to grab the tickets right away😀 .

Even though none of the five flights will be operated by an Airbus A380 or Boeing 747-8i (instead we get Airbus A330-200 on both direction, haha😆 ), I am still excited nevertheless because I am going to fly with two new airlines from this trip. So even though I booked the tickets through Air France, only two of the five flights will be operated by Air France/KLM (one with Air France and one with KLM), the three other flights will be operated by two airlines that I have never tried before: Etihad Airways and Jet Airways, hehe🙂 .

An Etihad's Airbus A330-243 in new livery. Photo credit: Charles Cunliffe/Airliners.net
An Etihad’s Airbus A330-243 in new livery. Photo credit: Charles Cunliffe/Airliners.net
A Jet Airways' Boeing 737-75R at Mumbai Airport. Photo credit: Teemu Tuuri - FAP/Airliners.net
A Jet Airways’ Boeing 737-75R at Mumbai. Photo credit: Teemu Tuuri – FAP/Airliners.net

As usual, I am not going to share our detail plan of the trip (yet). So you can just follow me at Instagram (@azilko) where, for sure, I will share a few live snapshots during the trip (whenever I get free wifi connection, of course😛 ).

***

To be honest, earlier this year when I was still in India for my year end trip, I never thought I would come back to the country in less than a year! Really! But now, well, apparently I will!

And obviously, we went to the Taj Mahal in Agra, Uttar Pradesh
The Taj Mahal in Agra, Uttar Pradesh

BAHASA INDONESIA

Apa yang terbaca di judul benar kok saudara dan saudari sekalian. Aku akan kembali ke India musim gugur ini untuk sebuah perjalanan (agak) singkat selama 10 hari! Kemarin, aku sudah mendapatkan kembali pasporku dengan visa India tertempel di dalamnya dan permintaan cutiku juga sudah disetujui beberapa minggu yang lalu sehingga perjalanannya sudah bisa dibilang terkonfirmasi deh sekarang🙂 .

Ngomong-ngomong, berikut ini posting-posting utama yang berisi cerita petualanganku selama tiga minggu ke Negeri Rempah-Rempah ini kurang dari setahun yang lalu:

1. Part I: Getting to India
2. Part II: Karnataka
3. Part III: Tamil Nadu (1)
4. Part IV: Tamil Nadu (2)
5. Part V: Goa
6. Part VI: Rajasthan
7. Part VII: Uttar Pradesh
8. Part VIII: Delhi (1)
9. Part IX: Delhi (2)
10. Part X: Back to Europe

Dan btw, ya, perjalanan ini memang satu dari dua rencana perjalanan besar yang aku diskusikan bersama beberapa temanku di sebuah party di bulan Mei, dimana yang satunya adalah perjalanan akhir tahunku ke Amerika dan sebuah destinasi misteri nanti.

***

Latar Belakang

Untuk mengetahui latar belakang dari perjalanan ini, mari kita menilik kembali posting Bagian VII dimana aku dan teman-temanku mengunjungi Taj Mahal yang agung itu di Agra bulan Januari tahun ini.

Seperti yang aku ceritakan disana, dua orang temanku (yang memang berpacaran waktu itu) bertunangan di Taj Mahal. Beneran deh itu suasananya romantis banget dimana yang pria (orang Belanda) berlutut di satu kakinya meminta yang wanita (orang India) untuk menikahinya, dengan bangunan Taj Mahal sebagai background (sebenarnya aku memiliki beberapa foto momen ini tetapi disebabkan alasan privasi, fotonya tidak bisa aku unggah disini🙂 ).  Dan yang wanita menjawabnya dengan jawaban “ya“.

Perjalanannya

Jadi jelas dong ya pesta pernikahan (wedding) bakal mereka selenggarakan segera juga, di India, dan mereka mengundang beberapa teman dan aku untuk datang. Awalnya mereka akan mengadakan wedding-nya di bulan Juli (karena menurut buku horoskop India personal milik temanku yang orang India, ternyata waktu terbaik untuk pernikahannya adalah di bulan Juni atau Juli tahun ini gitu deh). Dan tentu saja sayangnya Juli bukanlah bulan yang baik untukku karena liburan musim panas satu bulanku ke Asia Tenggara di bulan Agustus ini. Jadi aku bilang bahwa aku tidak bisa menjanjikan apa-apa di bulan Juli.

Tetapi kemudian, entah bagaimana mereka bisa menunda sedikit pernikahannya ke bulan Oktober (karena toh Juli terlalu awal juga bagi mereka). Dan bulan Oktober sih bisa-bisa saja untukku asalkan aku berhati-hati dengan sisa jatah cutiku yang aku miliki tahun ini. Jelas mereka mengundang kami ke India lagi dimana proses upacara pernikahan dan pestanya akan diadakan.

Proses upacara pernikahan dan pestanya inilah yang sangat menarik bagiku karena, seperti yang diceritakan Christa di perjalanannya ke India untuk sebuah agenda yang mirip awal tahun ini, ini akan berbeda banget daripada proses/pesta pernikahan yang aku tahu, “India banget” gitu! Dan temanku yang orang India bilang bahwa pesta pernikahannya akan berlangsung selama lima hari loh! Iya, LIMA HARI gitu!! Seru ya? Haha😆

Jadi, teman-temanku dan aku menjawab bahwa kami akan ikutan!!

Inside a Hindu temple
Di sebuah kuil Hindu di India Selatan

Persiapan

Tetapi tentu saja ada hal-hal logistik yang harus kami persiapkan juga, seperti penerbangan ke India dan sebagainya, haha😆 . Sepanjang April dan Mei, kami menemukan bahwa Lufthansa lah yang menawarkan tiket penerbangan pp termurah dan dengan mereka kami bisa terbang dengan pesawat Airbus A380-800 atau Boeing 747-8i yang super keren itu (sesuatu yang jelas membuatku ngiler banget deh sebagai seorang aviation enthusiast) di perjalananku kembali dari India. Masalahnya adalah, Lufthansa adalah anggota Star Alliance, saingannya SkyTeam, sehingga jika aku terbang dengan mereka, aku tidak akan bisa mendapatkan poin frequent flyer di akun keanggotaan frequent flyer yang sudah aku miliki.

Permasalahan terakhir di atas benar-benar membuatku galau karena aku sudah dalam posisi nyaris banget untuk meningkatkan level keanggotaan Flying Blue-ku tahun ini dimana jelas penerbangan pp ke India akan membantu banget dong ya. Nah, di pertengahan Mei, doaku terjawab dimana aku kebetulan melihat Air France menjual tiket pp super murah ke tempat tujuan kami di India dan tepat di tanggal yang kami inginkan! Harganya bahkan lebih murah daripada yang ditawarkan Lufthansa sebelumnya dan, selain itu, harga ini pun lebih murah sekitar €130 (sekitar Rp 2,1 juta) per kepala daripada apa yang kami bayar tahun lalu lho! Lumayan banget kan!

Jadi kami memutuskan untuk langsung membeli tiketnya deh😀 .

Walaupun tidak ada satu pun dari lima penerbangan dalam tiket ini yang akan dioperasikan dengan Airbus A380 atau Boeing 747-8i (dan kami mendapatkan Airbus A330-200 di kedua arah, haha😆 ), toh aku masih excited juga karena aku akan terbang dengan dua maskapai penerbangan yang belum pernah aku naiki sebelumnya. Jadi walaupun aku membeli tiketnya dengan Air France, hanya dua dari lima penerbangan ini yang akan dioperasikan oleh Air France/KLM (satu dengan Air France dan satu dengan KLM). Tiga penerbangan lainnya akan dioperasikan oleh maskapai yang belum pernah aku coba sebelumnya: Etihad Airways dan Jet Airways, hehe🙂 .

An Etihad's Airbus A330-243 in new livery. Photo credit: Charles Cunliffe/Airliners.net
Sebuah Airbus A330-243 milik Etihad dengan livery baru. Photo credit: Charles Cunliffe/Airliners.net
A Jet Airways' Boeing 737-75R at Mumbai Airport. Photo credit: Teemu Tuuri - FAP/Airliners.net
Sebuah Boeing 737-75R milik Jet Airways di Bandara Mumbai, India. Photo credit: Teemu Tuuri – FAP/Airliners.net

Seperti biasa, aku tidak akan menuliskan rencana mendetail dari perjalanan ini. Jadi nanti bisa dilihat di akun Instagramku (@azilko) dimana aku akan mengunggah beberapa foto live dari perjalanannya (ketika aku mendapatkan sinyal wifi gratisan tentunya😛 ).

***

Sejujurnya, awal tahun ini ketika aku berada di India untuk perjalanan akhir tahunku, aku tidak pernah menyangka bahwa aku akan kembali ke negeri ini dalam waktu kurang dari satu tahun! Beneran! Dan ternyata, sekarang aku akan kembali kesana dalam waktu kurang dari satu tahun!

54 thoughts on “#1630 – 2015 Fall Trip: Back to India!

  1. Wow Ko, you’re going to attend and Indian wedding party! I envy you! 😀 Always love wedding ceremonybin Indian movies. They seemed so magical with all the colours and ceremonies. The proposal was so romantic I can imagine!

    1. Yes! That is the very reason why we are coming all the way back to India. For the wedding!!🙂 Indeed, looking at the schedule, it seems to be very festive!!

  2. Wah sayang fotonya ga boleh diunggah, pasti fotonya cakep bgt, berlatarbelakang Taj Mahal gtu.. iih asik tu ke nikahan ala india, dulu pernah diundang org india, tp india di medan, sayang aku wkt itu ga bs dtg krn dah urusan pindahan dari medan ke jkt

  3. Aku udah baca cerita pernikahan India ala teman Christa yang bikin aku pengen ke India…Dan aku tunggu cerita pernikahan India ala teman Zilko nih..Pasti seru banget🙂

    1. Iya, kayaknya seru banget! Dan kayaknya bakal ada sedikit perbedaan dengan temannya Christa karena temanku ini pestanya di India Selatan, jadi sesuai dengan adat tradisionalnya India Selatan gitu, hehe😀 .

  4. aku selalu pengen ke India~ btw, aku pernah datang ke kawinan orang India, tapi yang di Indonesia. mirip si, cuma pas bagian nari2, temen2nya yang notabene bukan India (Jawa, Sunda, Tionghoa, Melayu) disuruh pada nari .😀 tetep seru sih jadinya

    1. Hahaha, kayaknya sih guide di Taj Mahal udah biasa motoin gitu ya. Kemarin kita juga gitu, guide-nya berkali-kali nawarin motoin, haha😆 .

      Thanks!!😀

  5. Waks! 5 hari perayaan pernikahannya?? Betah banget itu. Kayaknya kalo di Indonesia udah diprotes tetangga karena tendanya ganggu sekitar :p Ditunggu cerita liburan (dan pernikahannya)! Pasti bakal meriah banget resepsi 5 hari itu.

  6. Baru baca iniii… waaaahhh ur going to India again and to attend an Indian wedding! Must be super exciting! Bakal dimana Ko? Temen kuliah dulu ada yang nikah pakai adat India Selatan juga (gatau sama apa ngga) tapi groom nya baju nya kayak dodotan Jawa gitu, kemben-an hehehehe seru kayaknya sih, kalo dari foto2 nya kayak lebih colorful.Have fun!!!!!😀

    1. Di India Selatan Chris. Di Tamil Nadu. Ini udah di Chennai sih akunya tp masih travelling . Weddingnya masih nanti 😄. Udah ngga sabar juga liatnya. Pasti seruuu 😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s