Posted in General Life, Zilko's Life

#1624 – New OV-Chipkaart and Diet

ENGLISH

New OV-Chipkaart

Because it has been five years since I moved to the Netherlands in August 2010, my personal OV-Chipkaart (short description: the Dutch public transport card) also expires this year (a personal OV-Chipkaart is valid for five years). As my old card would still be valid until the end of October, I thought I could apply for an extension online. But apparently I could not because my card was still active. So I thought I would just wait until it actually expired and then applied for the extension.

But then last week I got a mail from NS (the Dutch railway company) and inside, there was a new personal OV-Chipkaart for me valid until 2020!! Wow! That was cool, and convenient! I did not even apply for it and the extension went automatically? #happycustomer. But then because I did not apply for it, they still used my photo from five years ago, lol😆 .

My new OV-Chipkaart, but with my photo from 5 years ago
My new OV-Chipkaart, but with my photo from 5 years ago

I posted this picture in Instagram (@azilko) and Facebook and people commented on how much I have changed, haha😆 . Okay actually this was not the only time people commented on this matter though. And it happened not only within my Indonesian circle, but also within my Dutch circle here (which includes some professors, haha😆 ).

And they are right, I have slimmed down since 2010 Zilko. In average, I think I have lost about 20-25 kg since then, haha😆 . And at the moment I would want to maintain myself at this weight (without my holiday excess weight though, haha😆 ) because I think my ideal weight (in comparison with my body height) should be around where I am now.

Diet

Which brings us to this topic. So I have been trying to burn off my holiday weight this month; and I do that with two strategies: more sport and watching my diet. The sport strategy has been doing quite well actually where I alternate between gym and playing tennis very regularly (basically (almost) everyday). And I can definitely see and feel the improvement. For instance, I feel like I move better on the tennis court now than, let’s say, last month when I just came back from my summer vacation😀 .

The diet one has also generally been good where I have been trying to eat less carb (so less rice/pasta/noodles/ice cream), less fat (so no pork), and more protein (more beef/fish). But this particular strategy has faced a bit of stronger challenge this month. There were so many occasions this month at work (birthday, baby shower, etc) where my colleagues brought, well, a lot of cakes to share. And my justification was that it would extremely be impolite if I did not have a piece in each occasion. So, well, hahaha😆 .

But I guess there is no easy way for anything, is it?😛

BAHASA INDONESIA

OV-Chipkaart Baru

Karena sudah lima tahun semenjak aku pindah ke Belanda di bulan Agustus 2010, kartu OV-Chipkaart personalnya (penjelasan singkatnya: kartu transportasi umum Belanda) juga habis masa berlakunya tahun ini (OV-Chipkaart personal berlaku selama lima tahun). Karena kartu lamaku akan habis berlaku di akhir Oktober, awalnya aku kira aku bisa mengajukan permohonan perpanjangan di internet. Eh ternyata waktu itu tidak bisa karena kartu lamaku masih aktif. Ya sudah aku pikir aku akan menunggu sampai kartunya beneran hangus dan aku baru akan mengajukan permohonan perpanjangan.

Nah ternyata dong minggu lalu aku mendapatkan surat dari NS (perusahaan kereta api Belanda) dan di dalamnya, ada sebuah OV-Chipkaart personal baru untukku yang berlaku sampai tahun 2020!! Wow! Asyik ya! Aku bahkan tidak perlu mengajukan permohonan perpanjangan lho dan perpanjangannya otomatis! #pelangganpuas . Tetapi ya karena aku tidak mengajukan permohonan perpanjangannya, ya mereka masih memakai pasfoto lamaku dari lima tahun yang lalu, huahaha😆 .

My new OV-Chipkaart, but with my photo from 5 years ago
OV-Chipkaart baruku, tetapi dengan fotoku dari 5 tahun lalu

Aku posting foto di atas di Instagram (@azilko) dan Facebook dan orang-orang pada berkomentar mengenai perubahan penampilanku, haha😆 . Oke sebenarnya nggak kali ini aja sih aku mendapatkan komentar ini. Dan komentarnya tidak hanya muncul di lingkungan kenalan Indonesiaku lho, tetapi juga di lingkungan kenalan di Belandaku (yang mana termasuk beberapa profesor juga, haha😆 ).

Dan mereka memang benar sih, aku memang mengurus kalau dibandingkan dengan Zilko tahun 2010. Secara kasar, aku rasa aku sudah menurunkan sekitar 20-25kg deh semenjak waktu itu, haha😆 . Dan sekarang ini aku ingin mempertahankan berat segini (eh, di luar berat badan ekstra liburanku ya, haha😆 ) karena aku kira berat badan idealku (dibandingkan dengan tinggi badanku) ya di sekitar beratku ini sekarang lah.

Diet

Yang membawa kita ke topik ini. Jadi aku bulan ini berusaha membakar kelebihan berat badan dari liburanku kemarin ini kan. Dan aku melakukannya dengan dua strategi: lebih sering berolahraga dan menjaga asupan makanan. Strategi olahraganya sejauh ini berlangsung lancar sih dimana aku selang-seling pergi ke gym dan main tenis (pada dasarnya (hampir) setiap hari). Dan aku sudah merasakan kemajuannya loh. Misalnya saja, aku rasa aku bergerak dengan lebih baik di lapangan tenis sekarang daripada, katakanlah, akhir bulan lalu ketika aku baru kembali dari liburan musim panasku :D .

Yang menjaga makanan juga secara umum berlangsung oke sih dimana aku berusaha mengurangi asupan karbohidrat (jadi sedikit nasi/pasta/mie/es krim), lebih sedikit lemak (jadi nggak makan babi sekarang), dan lebih banyak protein (daging sapi/ikan). Tetapi strategi yang ini mendapatkan godaan yang cukup kuat nih bulan ini. Jadi ceritanya kebetulan ada banyak perayaan di kantor (ulang tahun, ada yang baru punya anak, dll) sehingga beberapa kolegaku membawa, umm, banyak kue tart untuk merayakannya. Yaaa, justifikasiku kan tidak sopan lah ya kalau kita tidak memakan satu potong di masing-masing perayaan itu. Jadi, ya, hahaha😆 .

Tapi memang tidak ada yang mudah untuk apa pun kan ya?😛

30 thoughts on “#1624 – New OV-Chipkaart and Diet

    1. Iya Non. Susahnya itu kalau sudah berhubungan dengan hubungan sosial dengan orang lain (kolega, teman, keluarga, dll). Kalau ada acara sosial apa gitu biasanya hampir pasti melibatkan makan atau minum kan, hahaha😆 . Ini dia tricky-nya, hahaha😆

  1. Kalau saya mesti sakit dulu baru ada gerakan untuk menuju berat badan ideal :haha. Bukan sesuatu yang bagus sih, jadi saya juga sekarang memulai… sedikit-sedikit… sambil berusaha menikmati semua prosesnya. 20-25kg itu sesuatu yang hebat banget, Kak! Memang tak ada yang mudah di dunia ini tapi kalau kita menikmati semua prosesnya, kesusahan itu pasti tak (terlalu) terasa.

    1. Minimal sudah ada kesadaran kan Gara, hahaha😆 . Iya, prosesnya sih dinikmati aja, ntar nggak terasa kok. Dan jangan berusaha instan (maunya progress cepat). Soalnya kalau instan, kemungkinan gagalnya juga jadi lebih besar lagi, hehe. Hidup sehat kan harus menjadi kebiasaan, bukan cuma untuk periode waktu tertentu aja. Jadi kitanya juga harus bisa me-maintain ini untuk jangka panjang😀 .

  2. Ziiii how much you’ve lost for not having carbo as your diet? Mine 5kg in 5weeks!! Itu udah dicampur olahraga sih tp kdg makanan suka kecolongan gorengan😆
    Anyway keren amat kartunyaaa emas2 kemerahan gitu?

    1. Haha, I don’t eliminate carbs from my diet because that is extreme, not healthy, and I don’t think it will work in the long run for me😛 . What I do is that I reduce my consumption of carbs🙂 . It has been this way in the past 2 or 3 years so this weight loss has something to do with that too, I guess🙂 .

      Haha, kecolongan sekali-sekali mah ga apa-apa kok Ge. Namanya manusia kan, hehehe🙂 . Masa iya mau seumur hidup ga makan gorengan sama sekali, haha😆 .

      Haha, kartunya kuning biasa kok warnanya. Itu kemerahan kayaknya efek filter Instagram aja, hahaha😆

    1. Hahaha, harus memiliki niat yang kuat ya. Dan menurutku sih harus ada kesadaran dari dalam diri sendiri juga karena, untukku, yang begini ini harus jangka panjang🙂

  3. Turunnya kerasa apa engga kerasa bang? Kalo engga berarti enak dong, dietnya engga begitu nyiksa. Aku udah bisa banyangin dulu segede apa?😀 25 kilo itu beras satu karung😛

    1. Hahaha, olahraga teratur dan mengurangi karbohidrat (terutama nasi) Bu. Sekali makan, nasi putihnya 3 sendok makan aja, hahaha😆 . Tapi proteinnya dibanyakin biar kenyang dan dapat energi😀 . (Plus sambil stress ambil S3 kali ya, hahaha😛 )

      1. Poin yg terakhir itu kayaknya bener bgt hahaha. Btw aku jg 2x sukses nurunin BB krn sangat mengurangi konsumsi karbohidrat. Banyakin lauk & buah aja spy kenyang ya.

        1. Kayaknya begitu memang Bu, hahaha😆 . Iya, karbohidrat memang musuh besar diet; tapi lauk dan buah sih nggak apa-apa dan memang harus banyak karena tubuh kan butuh energi untuk beraktivitas juga, hehehe🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s