Posted in Contemplation, Thoughts

#1606 – Five Years in Europe

ENGLISH

Today five years ago, an Airbus A330-200 reg PK-GPI which belonged to Garuda Indonesia landed at runway 27 of Amsterdam Schiphol Airport and I was one passenger of this flight. That was the first time I set my feet on the European soil. That was the starting point of my life in Europe.

Just like last year though, at the moment indeed I am not in Europe. Actually now I am at Senai International Airport waiting for my AirAsia flight to Yogyakarta. But as this is just a vacation to me, so technically I do live in Europe now, hahaπŸ˜› .

Anyway, let the sentimental post begin now…

First of all, five years! Wow! That is half a decade! That is sixty months! Time does fly. I have had amazing time here in Europe that I can’t believe it has been five years!

The Fifth Year in Retrospect

Since this time last year, well, my working life as a PhD has been extremely busy and much much much more stressful than before. The pressure I felt from my project was really big that I felt it was difficult for me to get a mental grip. To be completely honest, at some point I almost cried because of this. Yes, this third year did teach me that getting a PhD is by no means an “easy” task.

Lucky (I think) I finally was able to somehow channel the stress out and made a more peaceful mind. The trick turned out to be very simple: to look at the bigger picture, not to put too much unnecessary pressure/expectation or negative thoughts on myself, and the belief that everything will be alright. And this worked like magic because it turned out to be a cyclic process. A calmer and positive outlook of the process actually made me work and get some results better. And this further triggered even calmer and more positive outlook.

So yeah, if you ask me now, even though I still have tons of tasks to do in the coming year, I feel like I am in a much better state of mind and mental than this time last year. Maybe one can say that I feel happier nowπŸ™‚ .

Travelling

One effect of my stressed state of mind in the past year was, well, I am sure you have noticed: I travelled a lot in the past year. As I said, travelling (which involves planes and flyingπŸ˜› ) is my way of dealing with stress. I didn’t visit any new European countries so my European country count is still stuck at 18 at the moment. However, I did explore France, Italy, and Norway more this year with my trips to Lyon, Naples, and Oslo.

On the other hand, I had two intercontinental trip in the past one year: a year end trip to India with a group of friends and a Spring trip to Japan for a conference and an extension with my family. Both were incredible and simply amazing!

Going to the Sixth

As I said, the coming year will be a year full of hard work and, again, stress. However, the past year has taught me so much that I will use this experience going into the sixth year. I know it is going to be alright. And I know it is going to be very exciting!πŸ™‚

#KoningsdagSelfie
#KoningsdagSelfie this April
BAHASA INDONESIA

Hari ini lima tahun yang lalu, sebuah pesawat Airbus A330-200 beregistrasi PK-GPI milik Garuda Indonesia mendarat di landasan pacu 27 Bandara Amsterdam Schiphol dan aku adalah salah satu penumpang penerbangan ini. Itu adalah kali pertama aku menjejakkan kaki di Eropa. Itu adalah titik awal mula kehidupanku di Eropa.

Seperti tahun lalu, saat ini memang aku sedang tidak berada di Eropa. Malah sebenarnya aku sedang berada di Bandar Udara Internasional Senai menunggu penerbangan AirAsia-ku kembali ke Yogyakarta. Tetapi karena ini hanya liburan, jadi secara teknis sekarang aku masih tinggal di Eropa dong ya, hahaπŸ˜› .

Anyway, mari posting sentimentalnya kita mulai…

Pertama-tama, lima tahun! Wow! Itu kan setengah dekade ya! Itu kan enam puluh bulan! Waktu sungguh berlalu dengan cepat. Waktuku selama lima tahun ini sungguhlah seru dan menyenakgna di Eropa sampai-sampai aku tidak percaya bahwa sudah lima tahun saja gitu!

Refleksi Tahun Kelima

Semenjak waktu ini tahun lalu, yah, kehidupan pekerjaanku sebagai PhD amatlah sibuk dan jauh sangat sangat sangat lebih stressful daripada sebelumnya. Tekanan yang aku rasakan dari proyekku sangatlah besar sehingga aku merasa amat sulit untuk dapat berdiri kokoh secara mental. Sejujurnya saja ya, di beberapa waktu aku nyaris menangis loh karena tekanan ini. Iya, tahun ketiga ini memang mengajarkanku bahwa proses mendapatkan gelar PhD (S3) itu bukanlah sebuah tugas yang “gampang”.

Untungnya (kayaknya), aku berhasil menyalurkan stress ini keluar dan membuat pikiranku lebih damai. Triknya ternyata sederhana saja: pandanglah proses ini dari big picture-nya, jangan menaruh tekanan/ekspektasi tidak penting atau pikiran negatif ke diri sendiri, dan percaya bahwa semuanya akan baik-baik saja. Dan ini bekerja dengan baik karena ternyata semuaya itu siklik. Pandangan yang positif dan sikap yang kalem membuatku bekerja dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Dan lebih jauh lagi ini membuat pikiran lebih tenang dan positif kan.

Jadi ya, kalau pada bertanya, walaupun aku masih memiliki banyak sekali tugas dan kerjaan selama satu tahun ke depan, aku merasa bahwa pikiranku berada di kondisi yan lebih baik daripada tahun ini tahun lalu. Mungkin bisa dikatakan aku merasa lebih bahagia sekarangπŸ™‚ .

Travelling

Satu efek dari perasaan stress yang aku hadapi setahun belakangan ini adalah, ya, pasti sudah pada sadar sih: aku banyak sekali jalan-jalannya setahun belakangan ini. Seperti yang kubilang, jalan-jalan (yang melibatkan pesawat dan terbangπŸ˜› ) adalah caraku untuk meng-handle stress. Aku tidak mengunjungi negara Eropa baru sih setahun belakangan ini sehingga jumlah negara Eropa yang pernah aku kunjungi masih berada di angka 18 aja sekarang. Namun, aku mengeksplor Prancis, Italia, dan Norwegia lebih jauh tahun ini dengan perjalananku ke Lyon, Napoli, dan Oslo.

Di sisi lai, aku memiliki dua perjalanan antar benua selama setahun belakangan ini: sebuah perjalanan akhir tahun ke India dengan teman-temanku disini dan sebuah perjalanan musim semi ke Jepang untuk sebuah konferensi dan mengekstensinya dengan keluargaku. Keduanya adalah perjalanan yang seru banget!

Masuk ke tahun keenam

Seperti yang kubilang, setahun ke depan adalah setahun yang penuh dengan kerja keras dan, lagi-lagi, stres. Namun, setahun belakangan ini sudah banyak mengajarkanku dan aku akan menggunakan pengalaman ini untuk menghadapi satu tahun ke depan. Aku tahu semuanya akan baik-baik saja. Dan aku tahu ini akan menjadi tahun yang seru dan menarik!πŸ™‚

45 thoughts on “#1606 – Five Years in Europe

  1. Ko, baca kehidupan Phd jadi ciut nyali juga nih pengen ngelanjutin kuliahπŸ˜€ apalagi pengennya kan ke TU DelftπŸ™‚ *cita2 mulia sih begitu haha. Semoga project2nya lancar ya Ko biar lancar juga menyelesaikan PhD nya. Selamat 5 tahun di Belanda.

    1. Hahaha, sebenarnya mah tekanan2 gitu paling ada deh di semua pekerjaan :p . Asalkan bidangnya kita suka, menurutku pasti masih bisa dijalani kokπŸ™‚ . Trims!!!

  2. Semoga dipermudah dan diperlancar di tahun ke enam ini dalam mencapai Ph.D.-nya, KoπŸ˜€ Ngomong-ngomong tahun ke-empat berarti udah tahun terakhir buat dapetin Ph.D. ya? Atau gimana kalo di Belanda?

  3. Gak ngebayanhin deh zil klo aku harus ngambil Phd. Emang gak mau juga seh. Hahahaha. Paling banter pengen ngambil s2 aja biar pangkat bisa naek.

    Tapi karena lo ceritanya jalan jalan muluk jadi stressnya di blog gak kelihatan ya. Padahal perjuangannya keras banget 😊

  4. Zilko…kamu hebat banget! PhD is not easy udah pasti apalagi di Europe sana. Anyway, aku suka kata2mu diatas tentang bagaimana menghilangkan tekanan dalam setiap permasalahan kita. Semoga traveling dan pesawat tetap jadi obat stressmu ya

  5. Erggggh aku ga bs membayangkan tantangannya untuk menyelesaikan program PhD. Nyelesaikan S1 aja aku udah senen-kemis, hahaha. Good luck ya ko. Smoga dimudahkan.

  6. Semangaaat terus ya ko, mudah2an lancar sampe selesai program PhD nya. Saluuut, hidup di negara orang jg bukan perihal gampang kan awalnya. Jalan2 emang ngilangin stress! HeheeπŸ˜€

Leave a Reply

