Posted in Miscellaneous, Random Things

#1605 – Beating the Alarm

ENGLISH

At one point in highschool, during a civil education class (in Indonesia, civil education was one of the many mandatory courses everyone had to follow. At least back in the day though, not sure about now but it probably still is) my teacher told us about “beating the alarm”. By this, he meant waking up in the morning before the alarm rang at anytime we needed to wake up. He said it was not a difficult task to do but one just needed to practice to be able to do that. And it was actually a very simple practice: before going to bed, keep saying to yourself (and mind) that you must wake up at X AM (I assume most people would neet to get up in the morning rather than afternoon๐Ÿ˜› ). The trick is, you really have to mean it.

At first I thought it was such a difficult and almost impossible task to do, haha. I relied so much on alarm back in the day (both the actual alarm or getting woken up by someone else, lol๐Ÿ˜† ) so the thought of having my mind controlling my body when to wake up sounded a little bit absurd. But I did still try it nevertheless.

Fast forward to the present time.

Now I can say that I have mastered the practice! If I have to get up earlier than normal (for instance if I have an early meeting or appointment somewhere quite far away), I execute this practice. So I tell myself that I need to wake up at a certain time in the morning. And usually five to ten minutes before the meant time, I already open my eyes! Well, of course I still do set my alarm though just in case, haha. But 99% of the time now I always beat the alarm!

I notice a very big advantage of waking up this way as opposed to by an alarm: I feel MUCH FRESHER! When I get woken up by an alarm, usually I feel bad. I still feel like my body wants to have more rest but I know I can’t do that. However, when I wake up on my own, I feel fresh. Okay, maybe a little bit drowsiness is still there but it is not such a big deal. I feel good. My conjecture is: our body has prepared itself to wake up when we set our mind to it. When we need the alarm, our body is not prepared to wake up hence it “cries” for more rest; hence the non-fresh feeling.

But of course there are a few instances where the practice does not go as smooth as normal (usually because there is an external influencing factor). When I know the reason I must wake up early is extremely important to me, this thought somehow messes up with it where I just keep waking up in short interval; making my sleep not sound at all, haha. Usually this happens easier also when I do not sleep in a comfortable place.

So what about you? Do you do this practice?๐Ÿ™‚

BAHASA INDONESIA

Sewaktu SMA dulu di sebuah kelas PPKn (Eh, sekarang masih ada nggak sih mata pelajaran PPKn?), guruku menjelaskan tentang konsep “mengalahkan alarm”. Dengan ini, maksudnya adalah bisa bangun pagi sebelum alarm berbunyi di jam berapa pun kita perlu bangun. Ia berkata ini bukanlah suatu hal yang sulit tetapi memang membutuhkan latihan. Dan caranya mudah ternyata: sebelum tidur, kita hanya perlu mengatakan kepada diri sendiri (dan pikiran) bahwa kita akan bangun pagi jam X. Triknya adalah, kita harus mengatakannya dengan keyakinan dan benar-benar serius.

Awalnya aku kira ini adalah suatu hal yang amat sulit dan nyaris mustahil, haha. Waktu itu kan aku sungguh bergantung dengan alarm (baik itu alarm beneran ataupun dibangunin orang lain, haha๐Ÿ˜† ) jadi ide menggunakan pikiran kita untuk mengontrol tubuh akan waktu bangun kok terdengar absurd gitu ya. Tetapi toh aku tetap mencobanya.

Fast forward ke waktu sekarang.

Sekarang aku bisa bilang bahwa aku sudah menguasai praktek ini lho! Jika aku harus bangun lebih pagi daripada biasanya (misalnya jika ada meeting atau janji gitu di tempat yang agak jauh), aku mempraktekkan ide ini. Jadi sebelum tidur aku berkata kepada diriku sendiri bahwa aku akan bangun jam sekian paginya nanti. Dan biasanya lima sampai sepuluh menit sebelum jam itu, aku sudah membuka mataku! Yaa, tentu saja sih aku masih menyetel alarm just in case kan, haha. Tetapi 99% aku selalu bangun sebelum alarmnya berdering!

Satu keuntungan terbesar yang aku rasakan dari bangun dengan cara ini adalah: aku merasa JAUH LEBIH SEGAR! Ketika aku dibangunkan oleh alarm, biasanya aku merasa nggak enak gitu. Rasanya badan masih ingin beristirahat lebih lama tetapi aku tahu aku tidak bisa. Namun, ketika aku bangun sendiri, aku merasa segar. Oke, mungkin ada sedikit rasa ngantuk yang tersisa sih tetapi ini bukanlah masalah besar. Konjekturku akan masalah ini sih begini: badan kita sudah mempersiapkan dirinya untuk bangun ketika kita mengeset pikiran kita untuk bangun jam segitu. Ketika bangun dengan alarm, badan kita masih belum siap untuk bangun sehingga “ngambek” karena masih ingin beristirahat; jadilah rasanya tidak segar.

Tetapi tentu saja ada beberapa situasi dimana praktek ini juga tidak berjalan semulus biasanya (biasanya sih karena ada faktor eksternal yang mempengaruhi juga). Ketika aku tahu bahwa alasan untuk bangun jam segitu itu super penting, pikiran ini ternyata mengganggu juga dimana aku jadi selalu terbangun setiap beberapa interval waktu yang tidak terlalu lama; akibatnya tidurku menjadi tidak nyenyak sama sekali, haha. Dan juga, biasanya ini terjadi ketika aku tidur di tempat yang kurang nyaman.

Bagaimanakah dengan kalian? Apakah mempraktekkan ini juga?๐Ÿ™‚

21 thoughts on “#1605 – Beating the Alarm

  1. untungnya dari sekitar smp atau sma kalo gak salah, gua udah selalu bisa bangun sendiri tanpa alarm. gak perlu sampe ngomong ke diri sendiri, asal udah tau besoknya harus bangun jam berapa ya pasti bangun.๐Ÿ™‚

  2. I do this since my college time! Pertama kali sih karena persiapan UAN gitu Zi kan suka bangun subuh eh jadi keterusan๐Ÿ™‚ I call this as my “body clock” hehehe.
    Fresher, of course! My friend once asked me, dont you ever feel like being lazy in the morning or sth? I notice that you always wake up before 7. Dalem hati gue, jam 7 aja udah siang banget itu! Rezeki gua dipatok ayam!๐Ÿ˜†

  3. Setuju Ko, cara ini emang sering banget gw praktekin. Dan emang jauh lebih efektif dari alarm karena otak kita yang kasih perintah langsung ke badan buat bangun..

  4. Aku dari dulu terlatih tidur gak pake alarm sih, karena tidur aku tuh selalu kebangun bangun pada jam tertentu..kalo bablas tidur terus gak kebangun bangun sampai pagi, bangun paginya badan malah berasa gak segar โ˜บ

  5. Keren yah badan kita… aku pun sering kebangun 2-3 menit sebelum alarm nyala. Tapi biasanya ini gak berjalan mulus, kalau ada sesuatu penting tapi males berangkatnya wkwk๐Ÿ˜€

  6. Iya, kalo tau harus bangun lebih pagi, tinggal mikir besok bangun jam segini. Pasti langsung bangun๐Ÿ˜€ kalo males2an ya males juga bangunnya. kekuatan pikiran hehe

  7. Aku jarang banget bangun pke alarm zil. Biasanya emang bangun sesuai kebiasaan. Kalau misalnya perlu bangun pagi seperti yg lo bilang udah diniatin dari diri sendiri bangun jam 4 misalnya ya pasti bangun.

    Tapi klo skrg seh ada alarm hidup. Klo udah jam 5an pasti si K udah tereak tereak bangunin mamanya. Hahahaha

  8. Iya bener, kalo bangun sndiri jatuhnya lebih fresh dibanding alarm. Dulu juga sering praktekin hal itu, tapi skrg semenjak ada suami jadinya sudah ada alarm alami. Soale klo dah bangun dia dah rusuh gitu deh.. Jadi otomatis bangun :p

    1. Betul banget Py. Walaupun sama-sama tidur sebentar, kalau bangun sendiri rasanya tetap jauh lebih segar, dan mood juga jauh lebih enak, daripada bangun pakai alarm ya, hehehe๐Ÿ˜€ . Eh, kalau bangun karena alasan lain gitu (misalnya ada yang rusuh di dekat kita), efeknya lebih ke yang mana ya? Segar atau nggak segar?

Leave a Reply

