Posted in Aviation, Indonesia Trip, My Interest, Trip Report, Vacation

#1598 – AMS-CGK-JOG with GA89 and GA212

ENGLISH

The flight route map today. Source: gcmap.com
The flight route map today. Source: gcmap.com

So obviously now is the time for the trip report of my recent 18 hours flight from Amsterdam to Yogyakarta with Garuda Indonesia😀 .

Pre-Departure and Check-In

Just like last year, the evening before the trip I checked Flightradar24 to see which Boeing 777-300ER (B77W) that Garuda would deploy for my GA89 flight the next day. At the moment Garuda operates seven B77Ws: PK-GIA, PK-GIC, PK-GID, PK-GIE, PK-GIF, PK-GIG, and PK-GIH. Because I have flown with PK-GIA, PK-GIC, PK-GID, and PK-GIE before, I was hoping I would get either PK-GIF, PK-GIG, or PK-GIH this time. You know, for my logbook😛 .

So when I saw this:

PK-GIG just took off from runway 25R of Soekarno-Hatta International Airport as flight GA88 to Amsterdam. Source: flightradar24.com
PK-GIG just took off from runway 25R of Soekarno-Hatta International Airport as flight GA88 to Amsterdam. Source: flightradar24.com

I was so aesthetic because they deployed PK-GIG in their Jakarta – Amsterdam route on 28 July which meant my Amsterdam – Jakarta flight on 29 July would be operated by this airplane as well! Yay!!😀

Anyway, learning from my most recent experience with Garuda where I did not get a window seat due to a fully booked plane (and because my ticket was the cheap-ish one which did not grant seat selection for the bearer), I decided to try their online check-in for these flights. It turned out to be a smart decision because it appeared that most window seats had already been taken!!😯 But luckily I was still able to snatch one just in time!

Online check-in
Online check-in

I did not get a boarding pass for my GA89 flight, so I would still have to check in at the airport. But it did not really matter because at least I already secured a window seat.

GA 88

Garuda Indonesia logo
Flight: Garuda Indonesia GA 89
Equipment: Boeing 777-300ER reg PK-GIG
ATD: 17:07 CET (Runway 24 of AMS)
ATA: 11:31 WIB (Runway 07R of CGK)

Fast forward to the D-Day. I arrived at Schiphol at around 13:15 which turned out to be too early because the check-in counter would be opened just at 13:45, haha. Anyway, long story short, I checked-in, went pass the super crowded security and immigration check (thanks to the summer holiday), and arrived at the gate. PK-GIG still had not arrived from its short hop flight from London-Gatwick though when I arrived there. Anyway, while waiting I was being given false hope (in Garuda’s defense, by my own expectation) because they called my name to the desk. I have read and heard many experiences before that when this happened, you might get upgraded for free to business/first class, haha😆 . But apparently this time they needed to reposition my seat within the economy class because a family wanted to sit together but there was no room left. Well, my new seat would still be a window seat so I cooperated, haha.

A Garuda Indonesia's Boeing 777-300ER reg PK-GIG which brought me to Jakarta as flight GA 89
A Garuda Indonesia’s Boeing 777-300ER reg PK-GIG which brought me to Jakarta as flight GA 89

At 16:00, the boarding process started. I was one of the first to board the plane, and seated myself on my seat. I was sitting next to a nice and friendly French couple who were honeymooning to Bali and Lombok. It would be a full flight today (with load factor of 100% in economy and business!) so it was quite a long boarding, haha. Anyway, after some time they closed the door and started playing the safety demo, which they did twice because there was a problem in the first, lol😆 . Not long after, we took off from runway 24 of Amsterdam – Schiphol. Here is the taking-off video:

Just after take-off and the seatbelt sign had been switched off, I turned on my smartphone’s wifi connection to try to connect to Garuda’s wifi service. I tried this in both of my flights last year but both attempts failed😦 . But luckily, this time it worked! Yay!! There were two options: the 1 hour service for $11.95 or the 24 hour one for $21.95. Obviously I chose the 24 hour one, even though practically I could only use it for around 13 hours, the duration of the flight, haha😆 . And one of the first things that I did was to write this post😛 .

Obviously I had to selfie while having onboard wifi
And obviously I had to selfie while having onboard wifi

A quick snack service (peanuts) was given not long after take-off. And about one hour later was the dinner service. The choice was a Western meal (pangasius fish) or Indonesian meal (chicken balado). I felt like I wanted the chicken balado but was worried if it was too spicy for me (I can’t eat spicy food), haha. I asked the flight attendant about it and she said that it was spicy but was not THAT spicy. So I decided to give it a go.

Dinner service: chicken balado
Dinner service: chicken balado

And it turned out to be spicy, but okay spicy to me, so it was good, haha. While having dinner, I also decided to watch Doraemon: Stand By Me. Yeah, finally I watched this movie! As much as I love Doraemon, one big “flaw” which struck me the most from this movie was the story. It was so … shallow and normal. I actually think a concept like Doraemon Adventure would have been cooler. Nevertheless, the other aspects were quite good and certainly brought some nostalgia moment.

About halfway, so somewhere above the Gulf Sea, the FAs provided the in-between fuel service, which was a delicious chicken sandwich this time. I also started to watch my second movie on ths flight: Interstellar. I planned to watch this movie on my Japan Airlines flight to Japan this March but cancelled it because the movie would take three hours. This Garuda flight to Jakarta would be longer so I obviously had the time. But I was already quite tired so my plan was to watch about half (90 minutes), then stopped to have some sleep, and finished it when we were already approaching in Indonesia with the breakfast service. But then halfway, the movie became better and better so I decided to watch the entire three hours at once, lol :lol: .

Watching Interstellar
Watching Interstellar

I finished the movie when we already left the Indian airspace so I had about 4.5 hours to go. I slept for about one hour, woke up, and it was already bright outside. The breakfast service was given just before we entered the Indonesian airspace. The choices were an Indonesian breakfast (chicken fried rice) or a Western breakfast (omelette and sausage). I chose the Indonesian one, which was quite good. We passed the city of Padang, then Palembang, before descending to Jakarta.

At 11:31 AM, we landed at runway 07R of Soekarno-Hatta International Airport. Quite an unusual landing because we landed at the runway which was closer to Terminal 1 while our terminal was obviously Terminal 2. So we had to taxi for quite some time, haha. Anyway, here is the landing video:

Transit in Jakarta

As Jakarta was not my final destination, I had a connecting flight to Yogyakarta which would depart at 14:20 meaning I had about three hours of transit in Jakarta. After passing the immigration and custom check, I arrived at the domestic terminal 2F. Upon checking the available lounges there, I spotted a small Bakmi GM restaurant and without a doubt, I decided to have lunch there! Seriously, I did not think I would dine there at this trip looking at my plan. So I was so excited that I saw this opportunity! Haha😀 . I ordered a mie ayam jamur spesial (special chicken and mushroom noodles) and, obviously, their famous pangsit goreng (fried wonton). It was delicious!!

Bakmi GM for lunch at Soekarno-Hatta International Airport
Bakmi GM for lunch at Soekarno-Hatta International Airport

After finishing my lunch, I still had about two hours to go so I decided to wait at one of the lounges at the airport😀 . At 13:45, I walked to the gate, only to find out that my flight was delayed for 15 minutes, haha.

GA 212

Garuda Indonesia logo
Flight: Garuda Indonesia GA 212
Equipment: Boeing737-800 reg PK-GEH
ATD: 14:51 WIB (Runway 07R of CGK)
ATA: 15:37 WIB (Runway 09 of JOG)

The plane to Yogyakarta was parked at a remote stand so they took us with bus there. Then, I was SO shocked when I saw that the plane had this registration:

PK-GEH
PK-GEH

Yes people, PK-GEH!!!! Nooooooooooooo!!!! It was basically my nightmare! Why btw? Well, for two reasons:
(1) PK-GEH is what I call Garuda’s “E”-series, as you can see from the penultimate letter at the registration, which is one of the oldest Boeing 737-800s in Garuda’s fleet. This further means: no IFE on board!!!😦 Here are a couple of stuffs from the plane to back up my points:

No IFE and old tray
No IFE and old tray
Just no word...
Just no word…

(2) Moreover, I got PK-GEH TOO last year exactly on the same flight combo from Amsterdam to Yogyakarta! DAMN!! So no new registration for my logbook!!😦

Anyway, we took off from runway 07R of Soekarno-Hatta International Airport. It was a normal Garuda’s short domestic flight though. Their service on board was still top-notch with their good snack box.

At least we landed at my favorite runway of Adisucipto International Airport: runway 09 (I hate landing at runway 27). Here is the landing video:

My parents and brother already waited for me at the airport. And my luggage was one of the first to arrive at the baggage belt so it was good, haha. And here, my 18 hours trip from Amsterdam to Yogyakarta ended (which was the start of my summer vacation! :D)

BAHASA INDONESIA

The flight route map today
Peta rute penerbangan hari ini. Sumber: gcmap.com

Jelas sekarang adalah waktunya untuk trip report penerbangan 18 jamku dari Amsterdam ke Yogyakarta dengan Garuda Indonesia😀 .

Sebelum keberangkatan dan Check-In

Seperti tahun lalu, semalam sebelum berangkat aku mengecek Flightradar24 untuk melihat Boeing 777-300ER (B77W)-nya Garuda Indonesia yang mana yang akan mereka gunakan untuk penerbangan GA89ku keesokan harinya. Sekarang ini Garuda memiliki tujuh buah B77W: PK-GIA, PK-GIC, PK-GID, PK-GIE, PK-GIF, PK-GIG, dan PK-GIH. Karena aku sudah pernah terbang dengan PK-GIA, PK-GIC, PK-GID, dan PK-GIE sebelumnya, kali ini aku berharap untuk mendapatkan antara PK-GIF, PK-GIG, atau PK-GIH deh. Tahu lah, untuk logbook-ku :P .

Oleh karenanya ketika aku melihat ini:

PK-GIG just took off from runway 25R of Soekarno-Hatta International Airport as flight GA88 to Amsterdam. Source: flightradar24.com
PK-GIG baru saja lepas landas dari landasan pacu 25R Bandara Soekarno-Hatta sebagai penerbangan GA88 ke Amsterdam. Sumber: flightradar24.com

Aku merasa senang sekali karena mereka menggunakan PK-GIG di penerbangan Jakarta – Amsterdam tanggal 28 Juli yang mana artinya penerbangan Amsterdam – Jakartaku tanggal 29 Juli akan dioperasikan dengan pesawat yang sama kan ya!! Hore!!😀

Anyway, belajar dari pengalaman terbaruku dengan Garuda dimana aku kehabisan kursi jendela karena pesawatnya penuh (dan tiketku adalah tiket yang promo jadi nggak bisa memberikan opsi pemilihan kursi), aku memutuskan untuk mencoba layanan online check-in-nya mereka. Ternyata ini adalah keputusan yang baik karena kebanyakan kursi jendelanya sudah diambil dong!!😯 Untungnya aku masih bisa mendapatkan satu sih!

Online check-in
Online check-in

Aku tidak bisa mendapatkan boarding pass-nya langsung tapinya untuk penerbangan GA89ku, jadi aku tetap harus check-in di bandara. Tetapi nggak masalah sih karena yang penting kan aku sudah memastikan kursi jendelaku.

GA 88

Garuda Indonesia logo
Penerbangan: Garuda Indonesia GA 89
Pesawat: Boeing 777-300ER reg PK-GIG
ATD: 17:07 CET (Runway 24 of AMS)
ATA: 11:31 WIB (Runway 07R of CGK)

Langsung ke hari-H, aku tiba di Bandara Schiphol sekitar jam 13:15 yang ternyata masih kepagian karena konter check-in-nya baru dibuka jam 13:45, haha. Singkat cerita, aku check-in, melewati pemeriksaan sekuriti dan imigrasi yang ramenya minta ampun (namanya aja lagi musim liburan musim panas, haha), dan aku tiba di gerbang keberangkatan. PK-GIG masih belum sampai sih dari penerbangan singkatnya dari London-Gatwick waktu itu. Btw, ketika menunggu, aku di-PHP-in dong (sebenarnya salahku sendiri sih soalnya aku di-PHP-in oleh ekspektasiku, haha) karena namaku dipanggil untuk melapor ke mejanya. Nah, ceritanya aku sering kan membaca-baca cerita atau dengar dari pengalaman teman gitu bahwa kalau ini terjadi, salah satu kemungkinannya adalah karena kita mau di-upgrade gratis ke kelas bisnis/first class gitu deh, haha😆 . Lumayan banget dong ya. Tetapi ternyata kali ini mereka cuma mau memindahkan kursiku di kelas ekonomi karena ada satu keluarga yang ingin duduk bersama tetapi tidak bisa karena pesawatnya sudah penuh dan tidak ada kursi kosong lagi. Ya karena kursi baruku toh masih kursi jendela jadi aku nggak apa-apa deh, haha.

A Garuda Indonesia's Boeing 777-300ER reg PK-GIG which brought me to Jakarta as flight GA 89
Sebuah Boeing 777-300ER milik Garuda Indonesia dengan registrasi PK-GIG yang membawaku ke Jakarta sebagai GA 89.

Jam 4 sore, proses naik pesawat dimulai. Aku adalah salah satu yang pertama naik loh, dan kemudian aku duduk di kursiku. Di sebelahku adalah pasangan dari Prancis baik dan ramah banget yang mau bulan madu ke Bali dan Lombok gitu deh. Penerbangan hari ini penuh loh (load factor-nya 100% di kelas ekonomi dan bisnis!) dan akibatnya proses naik pesawatnya lama deh, haha. Setelah beberapa waktu pintunya ditutup dan video demonstrasi keamanan ditayangkan, dua kali karena yang pertama ada masalah gitu dengan videonya, haha😆 . Tidak lama kemudian, kami lepas landas dari landasan pacu 24 Bandara Amsterdam-Schiphol. Berikut ini video lepas landasnya:

Setelah lepas landas dan tanda kenakan sabuk pengaman dipadamkan, aku menyalakan koneksi wifi smartphone-ku untuk mencoba menyambung ke layanan wifinya Garuda. Aku mencoba ini di kedua penerbanganku dengan mereka tahun lalu tetapi keduanya gagal😦 . Tetapi untungnya kali ini nyambung loh! Hore!! Ada dua pilihan layanan: layanan 1 jam seharga $11,95 atau layanan 24 jam seharga $21,95. Jelas aku memilih yang layanan 24 jam dong ya walaupun praktis cuma terpakai maksimal 13 ajam aja sih, durasi penerbangannya, haha😆 . Dan salah satu hal pertama yang kulakukan adalah menulis posting ini :P .

Obviously I had to selfie while having onboard wifi
Dan jelas harus selfie dong ya karena ada wifinya

Layanan snack ringan (kacang) diberikan tidak lama setelah lepas landas. Dan sekitar satu jam kemudian, layanan makan malam dimulai. Pilihannya adalah menu Barat (ikan pangasius) atau menu Indonesia (ayam balado). Aku merasa tertarik dengan ayam baladonya tetapi khawatir kalau masakannya terlalu pedas untukku (balado kan pedas padahal aku tidak bisa makan pedas), haha. Jadilah aku nanya ke pramugarinya dan katanya sih pedas tetapi nggak pedas-pedas amat lah. Jadilah aku memutuskan untuk mencobanya.

Dinner service: chicken balado
Layanan makan malam: ayam balado

Dan ternyata memang pedas tetapi tidak terlalu pedas jadi masih nggak masalah deh bagiku, haha. Untuk menemani makan malam, aku memutuskan untuk menonton Doraemon: Stand By Me. Ya, akhirnya aku menonton film ini juga! Btw, walaupun aku suka Doraemon, menurutku “kekurangan” terbesar filmnya justru ada di jalan ceritanya deh. Terlalu … dangkal dan biasa-biasa saja. Aku rasa sebenarnya andaikata alur ceritanya dibuat seperti di komik Doraemon Petualangan gitu mungkin akan lebih seru ya. Yaa, toh walaupun begitu aspek lain filmnya bagus sih dan memang cocok untuk nostalgia.

Setengah jalan, ketika berada di atas Teluk, layanan in-between fuel dibagikan, yang mana merupakan sandwich ayam yang enak kali ini. Aku juga mulai menonton film keduaku untuk penerbangan ini: Interstellar. Ceritanya aku dulu berencana untuk menontonnya di penerbangan Japan Airlines-ku ke Jepang Maret lalu tetapi harus aku batalkan karena filmnya akan memakan waktu tiga jam. Penerbangan Garuda ke Jakarta ini kan lebih lama nih jadi jelas dari segi waktu tidak masalah deh. Tetapi karena aku sudah merasa lelah jadi aku berencana untuk menonton sekitar setengahnya (90an menit), lalu berhenti sejenak untuk tidur, dan melanjutkannya ketika sudah di atas Indonesia untuk sarapan. Tetapi di tengah-tengah kok filmnya sedang seru-serunya ya jadi aku memutuskan untuk langsung hajar menonton tiga jam sampai habis deh, haha😆 .

Watching Interstellar
Nonton Interstellar

Aku selesai menonton filmnya ketika sudah meninggalkan ruang udara India, jadi masih ada waktu sekitar 4,5 jam lagi. Aku tidur selama kurang lebih satu jam, bangun, dan ternyata di luar sudah terang. Layanan sarapannya diberikan tepat sebelum kami memasuki ruang udara Indonesia. Pilihan untuk sarapan adalah sarapan Indonesia (nasi goreng ayam) atau sarapan Barat (omelet dan sosis). Aku memilih yang menu Indonesia, yang mana cukup enak juga. Kami melewati kota Padang dan Palembang sebelum kemudian mulai turun mendekati Jakarta.

Jam 11:31 pagi, kami mendarat di landasan pacu 07R Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Agak tidak biasa kali ini karena kami mendarat di landasan pacu yang lebih dekat ke Terminal 1 sementara jelas terminal kami adalah Terminal 2. Jadilah pesawatnya harus taxiing lumayan lama dulu, haha. Anyway, berikut ini video pendaratannya:

Transit di Jakarta

Karena Jakarta bukanlah kota tujuan terakhirku, aku ada penerbangan lanjutan ke Yogyakarta yang akan berangkat jam 14:20 sehingga artinya aku memiliki waktu sekitar tiga jam untuk transit disana. Setelah melewati pengecekan imigrasi dan bea cukai, aku tiba di terminal domestik 2F. Ketika melihat-lihat ada lounges apa aja disana, aku menemukan sebuah restoran kecil Bakmi GM dong dan tanpa pikir panjang, aku makan siang disana! Bener lho, aku tidak mengira aku akan bisa makan Bakmi GM di Indonesia kali ini berdasarkan rencanaku. Jadilah aku merasa senang karena kesempatannya kok datang! Haha😀 . Aku memesan mie ayam jamur spesial dan, jelas, pangsit gorengnya doong. Enaak!!

Bakmi GM for lunch at Soekarno-Hatta International Airport
Bakmi GM untuk makan siang di Bandara Soekarno-Hatta

Setelah selesai makan siang, karena masih ada dua jam lagi, aku memutuskan untuk menunggu di sebuah lounge disana😀 . Jam 13:45, aku berjalan ke gerbang keberangkatannya, dan ternyata penerbangannya kena delay 15 menit, haha.

GA 212

Garuda Indonesia logo
Penerbangan: Garuda Indonesia GA 212
Pesawat: Boeing737-800 reg PK-GEH
ATD: 14:51 WIB (Runway 07R of CGK)
ATA: 15:37 WIB (Runway 09 of JOG)

Pesawat ke Yogyakarta diparkir di tempat parkir remote sehingga kami diantar kesana dengan bus. Dan aku terkejut BANGET ketika aku melihat pesawatnya memiliki registrasi ini:

PK-GEH
PK-GEH

*Zoom in, zoom out 100 kali* Iya dong, PK-GEH!!!! Tidaaaaaak!!!!! Ini pada dasarnya adalah mimpi burukku! *lebay* Kenapa? Ya, dua alasan sih:
(1) PK-GEH adalah yang aku sebut pesawat Garuda seri “E” (seperti yang bisa dilihat di karakter registrasi kedua sebelum terakhir), yang mana merupakan salah satu Boeing 737-800 tertuanya Garuda. Ini lebih jauh lagi berarti: nggak ada IFE di pesawatnya!!!😦 Berikut ini dua buah foto untuk mengilustrasikannya:

No IFE and old tray
Nggak ada IFE dan tray-nya sudah tua
Just no word...
Nah loh, gimana ini coba kursinya…

(2) Lebih jauh lagi, aku JUGA naik PK-GEH tahun lalu di penerbangan yang sama di kombo penerbangan Amsterdam ke Yogyakarta! Sial banget kan!! Jadi aku tidak bisa menambah registrasi di logbook-ku!!😦

Anyway, kami lepas landas dari landasan pacu 07R Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta. Ini adalah penerbangan domestik jarak dekatnya normalnya Garuda. Servis selama penerbangannya baik sekali dengan kotak snack yang isinya murah hati banget.

Setidaknya, kami mendarat di landasan pacu favoritku deh di Bandara Internasional Adisucipto di Yogyakarta: di landasan pacu 09 (aku benci banget kalau mendarat di landasan pacu 27). Berikut ini video pendaratannya:

Orangtua dan adikku sudah menungguku di bandara. Dan bagasiku adalah yang pertama keluar loh jadi asyik deh, haha. Dan disini penerbangan 18 jamku dari Amsterdam ke Yogyakarta kali ini berakhir (yang mana merupakan awal dari liburan musim panasku! :D)

51 thoughts on “#1598 – AMS-CGK-JOG with GA89 and GA212

    1. Hahaha, soalnya rute Amsterdam – Jakartanya sudah bagus banget nih Garuda. Dengar-dengar memang sering penuhnya. Mungkin karena ini ya jadi jarang banget promo😦 . Tapi kadang-kadang aku lihat mereka ada promo juga kok😀

            1. Huaaa, berarti kayaknya cuma di flight yang ke/dari SYD aja ya itu Bu. Jadi penasaraan!! Hahaha😆 Dulu naik Air France juga ada es krimnya gitu, dan enak!! Hahaha😛

            2. Kalo ngga salah ngga ada merknya Bu. Es krim batangan dibungkus plastik gitu. Tapi mungkin memang dari Prancis sih soalnya di perjalanan baliknya (ke Prancis juga) aku ngga lihat, haha😛 .

              Yang keren itu Japan Airlines. Bagi2 es krimnya Haagen Dasz dong, padahal di kelas ekonomi aja, hahaha

            3. Iya Bu. Yang kemasan cup kecil. Dan cuma satu rasa sih, yg vanilla aja, hahaha😆 . Tapi tetep aja Haagen Dazs gitu ya Bu, hahaha😆

  1. Sayangnya ga bisa ketemuan ya Ko. Hihihi. Sok ikrib aja gw pengen kopdaran. Itu gw mupeng banget wifian di pesawat. Penerbangan lokal kayaknya gak bakalan pernah ada dalam waktu dekat ya..

    1. Iya nih, sayang aku ngga ada rencana buat ke Jakarta, hehehe😀 .

      Penerbangan lokal untuk yang tertentu ada wifinya kok, selama pesawatnya dioperasikan dengan Airbus A330-200/300 atau Boeing 777-300ER. Jadi adanya paling di rute Jakarta – Surabaya (penerbangan tertentu) dan Jakarta – Bali (penerbangan tertentu juga), hehehe🙂 .

  2. penerbangan yang lantjar, djaya, sentosa😀
    ini judulnya perjalanan pulang.
    pas di udara indonesia, kenangan-kenangannya apa enggak berhamburan gitu bang, menusuk-nusuk kepala kaya mereka-mereka😀

    1. Iya, untung cuma yang jarak dekat ya, haha. Tapi aku amati memang begitu kok. Kalau aku pelajari pattern-nya di Flightradar24, yang tua-tua ini biasanya cuma dipakai di rute domestik jarak dekat banget dari Jakarta. Jadi kalo ke Surabaya, Bali, atau Medan gitu kayaknya hampir nggak mungkin dapat yang lama, haha😆 . Apalagi yang lebih jauh kayak Makassar, Manado, dan Maluku/Papua😛

  3. Garuda direct Jkt-Ams atau sebaliknya kapan ya mulai beroperasi? Kayaknya suamiku tahun kemaren setelah nikah, september naik garuda sudah direct. Aku pas Januari tahun ini naik Garuda ke Belanda direct, enak sih, tapi pegel juga ya lama dipesawat. Sampai salah tingkah sendiri mau ngapain haha. Nonton film sampai 4 apa 5 judul kayaknya. Tapi lumayanlah GFF nambah haha. Btw, aku pernah 2 kali upgrade ke bisnis, padahal yang salah akunya. Mepet banget check in, mungkin sama Garudanya sudah dijual ya kursiku, trus mendadak aku datang akhirnya diupgrade. Lumayaaann :))))

    1. Yang direct sudah lumayan lama, sepertinya sih semenjak 14 bulan terakhir ini. Semenjak awal musim panas tahun lalu kalau nggak salah😀 . Iya, direct memang enak soalnya cepat sampai tapi memang jadi pegal ya, haha😆 . Harus sering berdiri dan jalan-jalan meluruskan kaki keliling kabin memang😀 .

      Iya banget! Salah satu alasan aku suka banget naik Garuda ini juga aku bisa sekalian ngumpulin poin untuk Flying Blue (frequent flyer-nya KLM)-ku. Lumayan banget! Secara kalau penerbangan dari/ke Indonesia gitu kan jauh jadi miles-nya juga lumayaan, hahaha😆 .

      Waah!!! Beruntung banget bisa duupgrade gitu!! Ternyata gitu toh caranya! Datang mepet-mepet ke bandara! Pantas aku nggak pernah dapat soalnya kalau ke bandara suka datang awal sih, hahaha😆 .

    2. Btw tapi sekarang ini agak sedikit berbeda ding. Jakarta – Amsterdam pp dilayani 6x seminggu. Yang Amsterdam – Jakarta semuanya direct. Tapi Jakarta – Amsterdamnya yang direct 3x, dan 3x lainnya transit di Singapore, hehehe😀

  4. Ah senang nya. Bisa terbang lama dan enjoy, Kalo aku naik pesawat lama. Waktu singapore johanesburg capetown. Sampe bosan bobo, maklumin aku hobby bobo di pesawat, emak emak banget ya

    1. Hahaha, aku memang anaknya susah untuk tidur kalau ngga di kasur, hehe. Berhubung juga suka pesawat jadi sewaktu terbang memang jarang tidur deh😛 . Kecuali kalau memang sudah ngantuk banget tak tertahankan😛 . Lama ya berarti itu dari Singapore ke Johannesburg, berapa lama kah??

    1. Hahaha, soalnya registrasinya memang urut😀 . Jadi registrasi yang “dulu-dulu” jadi berkorespondensi dengan pesawat-pesawat yang lebih tua, hahaha🙂 . Iya, yang paling penting selamat dan servisnya masih oke banget seperti biasa🙂

  5. Waah, selamat datang kembali di Indonesia :hehe. Mudik, mudik, semoga jadi liburan yang menyenangkan :hehe. Oke, saya juga dapat ilmu baru soal registrasi pesawat di sini, untungnya penerbangan kemarin dengan maskapai ini ke Ternate, pesawatnya baru-baru semua, keren pokoknya, tak salah memang kalau maskapai ini adalah kebanggaan negeri :)).

    1. Trims ya Gara!🙂

      Hehe, kalau penerbangannya agak jarak jauh gitu memang sepertinya hampir pasti dapat pesawat yang baru ya. Pesawat lama mungkin cuma untuk yang jarak dekat aja sehingga biarpun tidak ada hiburan tidak terlalu bermasalah, hehehe🙂 . Garuda Indonesia memang sebuah maskapai yang bagus kok. Standarnya sangat bisa untuk bersaing dengan maskapai-maskapai lain memang🙂 .

        1. Iya, hehe. Aku juga suka Garuda🙂 . Tetapi memang ada beberapa area yang masih bisa ditingkatkan lagi sih🙂 . Beberapa maskapai asing lain juga bagus-bagus banget lho layanannya!

    1. Hahaha, kayaknya yang seri E itu juga dirotasi Niee. Mungkin yg Pontianak sekali-sekali dapat juga sih. Kemarin iseng aku cek ternyata kadang ke Medan juga bisa dapat yang seri E ini lho. Padahal kan jauh ya, hahaha😆 . Tapi kalau rute premium semacam Surabaya/Bali atau luar negeri jarak dekat kayaknya nggak mungkin sih dapat seri E ini😛 .

Leave a Reply

