Posted in Asia Trip, Long Trip, Vacation

#1594 – One Month South East Asia Trip

ENGLISH

Just like last year, I am also taking a one month holiday this summer, huahaha😆 . Of course this is possible thanks to my 50 working days holiday allowance that I have this year😛 . And just like last year and the year before (when I also took a one month holiday), Indonesia is involved in this trip.

However, unlike last year where I stayed the whole time in Indonesia (and went on a ten day trip to Eastern Indonesia), this time I will go to some neighboring countries around Indonesia with some of my good old friends🙂 . These countries are pretty much mainstream destinations for Indonesian travelers/tourists/visitors to visit though (thanks to the affordable flight tickets😛 ) so they won’t be that surprising for you: Malaysia and Singapore, haha🙂 . Actually I did propose Vietnam to my friends but we couldn’t find cheapish ticket to go there. Anyway, as usual, I will not get to the details of this trip just yet, so stay tuned😉 .

To go to Indonesia (and back), I decided to make the same plan as last year: I am flying Garuda Indonesia because I will need just one transfer to go to/from Amsterdam from/to Yogyakarta, in Jakarta. And Garuda Indonesia is part of SkyTeam too so I can collect some frequent flyer miles as well. But then of course I bought the ticket before Garuda decided to readjust their Jakarta – Amsterdam – London service, haha. It turns out my return flight to Amsterdam will be one that gets readjusted with an extra stopover in Singapore. So on my way back, I will have to stop twice between Yogyakarta and Amsterdam. Well, not that I am complaining about this of course, as this means more time spent on flying! Haha😆

Anyway, so I can’t wait already!!

Btw, this trip is not one of the two big trips I was talking with my friends here last May😉 . Yes, indeed aside from my planned year-end trip to the States (and a mystery destination), I have another big trip planned in my agenda this year😉 . And yes, I am travelling hell a lot this year🙂 .

Garuda Indonesia's Boeing 777-300ER reg PK-GIA at Schiphol Airport
Will I get PK-GIA again this year? I hope not (and not PK-GIC, PK-GID, or PK-GIE as well😛 )

BAHASA INDONESIA

Seperti tahun lalu, musim panas ini aku juga mengambil cuti selama sebulan loh, huahaha😆 . Tentu saja ini bisa kulakukan berkat jatah cutiku yang sebanyak 50 hari kerja tahun ini😛 . Dan seperti setahun yang lalu dan setahun sebelumnya (yang mana aku juga cuti sebulan), Indonesia terlibat pula dalam liburan kali ini.

Namun, tidak seperti tahun lalu dimana aku hanya di Indonesia aja selama sebulan itu (dan jalan-jalan sepuluh hari ke Indonesia Timur), kali ini aku akan pergi ke dua negara tetangga juga bersama dengan teman-teman lama baikku🙂 . Kedua negara ini adalah tujuan yang mainstream sih bagi traveler/turis/pengunjung dari Indonesia (berkat tiket pesawat murah😛 ) jadi nggak akan mengejutkan banget lah: Malaysia dan Singapura, haha🙂 . Sebenarnya aku sempat mengusulkan untuk pergi ke Vietnam sih tetapi kami nggak menemukan tiket yang murah untuk kesana. Anyway, seperti biasa, aku masih belum akan menceritakan detail rencana perjalanan ini, jadi ditunggu aja😉 .

Untuk pergi ke Indonesia (dan kembali), aku memutuskan untuk menggunakan rencana yang sama seperti tahun lalu: aku akan terbang dengan Garuda Indonesia karena aku hanya perlu satu transit aja untuk pergi dari/ke Amsterdam ke/dari Yogyakarta, di Jakarta. Dan Garuda Indonesia jugalah anggota dari SkyTeam sehingga aku bisa mengumpulkan frequent flyer miles sekalian dong ya. Tetapi tentu aku membeli tiket ini jauh sebelum Garuda memutuskan untuk menyesuaikan rute Jakarta – Amsterdam – London mereka, haha. Ternyata penerbanganku kembali ke Amsterdam adalah penerbangan yang disesuaikan dengan satu pemberhentian ekstra di Singapura. Jadi nanti pulangnya aku harus transit dua kali deh di antara Yogyakarta dan Amsterdam. Yaaaa, nggak masalah juga sih ya tentu saja, karena ini artinya kan aku bakal terbang lebih lama! Haha😆

Anyway, sudah nggak sabar nih!!

Btw, perjalanan ini bukanlah satu dari dua rencana perjalanan besar yang aku bicarakan dengan teman-temanku disini Mei lalu ;) . Ya, memang di samping rencana perjalanan akhir tahunku ke Amerika (dan sebuah destinasi misteri) nanti, aku sudah merencanakan sebuah perjalanan besar lainnya di agendaku tahun ini😉 . Dan iya, memang aku banyak banget jalan-jalannya tahun ini🙂 .

70 thoughts on “#1594 – One Month South East Asia Trip

  1. Ceritanya sekalian mudik, dua tiga negara terlampaui ya Kak :hehe. Enak banget kalau cutinya setahun sampai 50 hari, saya mau bangetlah kalau itu bisa saya dapatkan :haha. Sip, ditunggu cerita selanjutnya! Perjalanan ke banyak destinasi tentunya seru banget soalnya banyak cerita yang bisa didapatkan :hehe.

  2. selagi ada kesempatan, kemampuan dan juga kesehatan, maksimalkan jalan-jalan agar terbuka mata dan hati pada kebesaran Tuhan.
    Ditunggu reportase lengkapnya, Mas.

  3. Waaah mau mudik pas ko pulang skarang yogya udah ngak macet n sumpek. Masa liburan di indo sudah berahkir. Pluss cuaca lumayan panas ntara 22° sampai 30° tiap hari…

    1. Wah, bagus deh Ri! Memang sewaktu beli tiket dulu sengaja aku pilih beberapa minggu setelah Lebaran biar nggak kena macet dan sumpeknya itu, hehehe🙂 .

    1. Karena profesi aja sih Chris, hehe. Kalau rata-ratanya di Belanda sih sekitar 25-30an per tahun kalau nggak salah😀 . Profesiku juga sebenarnya 40an sih. Ini aku dapat lebih karena sisa tahun-tahun sebelumnya yang nggak aku pakai😀 .

        1. Hahaha, konon katanya jatah cuti di Belanda memang termasuk yang paling banyak Chris. Orang-orangnya pada suka liburan katanya, hahaha😛

    1. Hahaha, iya ini Jakarta cuma aku manfaatin bandaranya doang aja, hahaha😆 . Hihihi, tujuan rahasianya nanti deh kalau rencananya sudah lebih fixed😀 .

  4. Wow! 50 hari! Itu asik bangeet kalo buat travellingan. Suamiku tahun lalu cuti 40 hari buat nikah plus backpackingan dari Bali dan seluruh Jawa. Selamat liburan yaaa, siap2 lihat postingan makanan nih di IG haha

    1. Waah, itu cuti 40 hari langsung diambil sekaligus? Kereen, hehehe. Ini aku cuti 50 harinya aku pecah-pecah ke beberapa acara😛 . Tapi paling banyak memang buat acara liburan yang ini sih, hihihi😀 . Trims!🙂 Hahaha, iya nih. Sudah nggak sabar makan makanan-makanannya!!😀

  5. Pingin banget naik garuda ke Indonesia
    Apa daya tiketnya mahal terus, apa karena pas high season? Penerbangan yg lain walaupun high season suka dapet yg miring juga, garuda selalu diatas seribuan ;(

    1. Iya, Garuda Indonesia enak banget pesawatnya, hehehe🙂 . Iya, karena high-season musim panas jadi tiketnya memang lebih mahal daripada bulan-bulan lain; soalnya ini pesawatnya penuh terus yang Amsterdam – Jakartanya katanya. Tapi kalau bulan-bulan lain rasanya kadang mereka promo kok. Kalau nggak salah aku pernah lihat mereka promo di harga sekitar €500-600an. Tapi memang bukan pas musim panas sih. Tapi musim panas ini aku bandingin sama KLM, Garuda harganya hampir sama lho…

      Cuma yang paling gila promonya KLM tahun lalu. Untuk perjalanan bulan November mereka banting harga jadi €295 pp lho Amsterdam-Jakarta!😯 Tapi sayang kok bulan November, mana sempat aku ke Indonesia bulan segitu, hahaha😆 .

      1. Iya KLM klo musim panas suka mahal banget. Tapi kita bisanya cuma pas liburan zomer, krn anak anak musti sekolahnya klo bulan lain.
        Wih 295 mantap tuh. Kita lebih suka naik Emirates karena banyak hiburannya buat anak anak, dan tiketnya kebetulan selalu lebih murah dari Garuda.😉

        1. Memang gitu ya maskapai-maskapainya. Kalau zomer harga tiketnya melonjak parah, hahaha. Aku dulu pernah pulang bulan November dan dapat harga tiketnya juga oke naik Emirates😛 . Dan iya, hiburannya Emirates memang paling keren banget deh. Sejauh ini maskapai dengan hiburan IFE yang paling lengkap yang pernah aku naiki memang Emirates😀 . Tapi untuk sekarang ini berhubung bedanya gak banyak-banyak amat (soalnya cuma sendiri, kebayang deh kalau sama anak-anak gitu kan bedanya dikali 4 kan ya? Hahaha😀 ), aku setia sama SkyTeam aja soalnya dapat frequent flyer points-nya lumayan😛 .

  6. sebulan cutinya? wow!!!

    di sini seh bisa ngambil cuti selama tiba bulan…. tapi cuma bisa diambil 6 tahun sekali kalau nggak salah

    dan selama cuti… penghasilannya dipotong sama kantor😦

    1. Begitulah, hehe. Jadi ini kalau mau bisa loh ambil cuti selama 10 minggu berturut-turut (satu minggu = lima hari kerja😀 ). Dan selama cuti penghasilan tetap dibayar penuh, hehehe😀 .

  7. Mumpun masih muda fisik masih oke emang seru ya jalan2 itu, sekalian nambahin wawasan juga.. Pengen banget bisa travelling lagi tapi anak masih kekecilan agak susah kalau dibawa2 plus jatah suami cutinya gak segitu banyak hehehe.. Have fun Zilko!

  8. Wahhh kok bisa cutinya 50 hari gitu ko? Banyakkk bangetttt…bisa keliling dunia itu sihh…*sirikkk abis deh. Ditunggu deh cerita liburannya…

    1. Huahahaha, salah satu keuntungannya kerja di tempatku nih. Jatah cutinya banyak benerrrr, hahaha😆 . Haha, iya nih, aku juga udah nggak sabar buat memulai liburannya😀 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s