Posted in Life in Holland, Zilko's Life

#1584 – When Heatwave Strikes

ENGLISH

If you ask me “Which month is usually the hottest month in the Netherlands based on your experience?” I would have answered “May“.

I know that some data (for instance the recent climate data we can find in the Wikipedia of Den Haag or the Netherlands) indicates that the hottest month is, usually, either July or August; which makes perfect sense because it is the middle of the Summer. However, the data is based on average-measure and to answer the question, I don’t base my opinion on the average-measure hence the difference. And don’t worry, I am not going deeper (in statistics/mathematics) than this, lol😆 .

Anyway, the reason I answered with “May” was because the hottest days (which I still remember which means those days were significant enough to stay in my memory), for instance this day in 2012, mostly occurred in May. Okay, apparently this is not 100% true as I also found a couple posts where I rambled about the hot weather here in the Netherlands, and those posts were from July, haha😆 (this one and this one).

But the reason why I associate May with the hottest month in the Netherlands is because it usually rains quite often here in July/August. And obviously rain makes the temperature cooler🙂.

***

Anyway, let’s get to the current topic. This week has been really hot in the Netherlands as well. Apparently this quite because of an unsual cause: heatwave.

I always felt so relieved everytime I reached my office this week because my office is installed with an air-conditioner. And the fact that I had to start moving didn’t help too, haha😆 . So that is why I decided to do the moving before I went to work in the morning and late in the evening way past dinner time so the temperature wasn’t that scorching hot anymore.

It was 29°C (but felt like 33°C) on Saturday and it was scorching hot!! And a thunderstorm was coming as well
It was 29°C (but felt like 33°C) on Saturday and it was scorching hot!! And a thunderstorm was coming as well

BAHASA INDONESIA

Jika ada yang bertanya “Berdasarkan pengalamanmu, biasanya bulan apa sih yang paling panas di Belanda?” Aku akan menjawabnya dengan “Mei“.

Aku tahu kok bahwa data (misalnya data iklim yang bisa kita temui di artikel Wikipedianya Den Haag atau Belanda) mengindikasikan bahwa bulan terpanas itu, biasanya, antara Juli atau Agustus; yang mana masuk akal banget sih karena artinya kan di pertengahan Musim Panas ya. Namun, data itu adalah data yang berdasarkan pengukuran rata-rata sementara untuk menjawab pertanyaan di atas, aku tidak menggunakan pengukuran rata-rata. Ah, tenang aja, aku tidak akan membahas masalah ini (dalam bidang statistika/matematika) lebih dalam daripada ini kok, haha😆 .

Anyway, alasan aku menjawab “Mei” adalah karena hari-hari terpanas (yang masih aku ingat yang mana artinya hari-hari itu berkesan dong ya kalau aku masih ingat), misalnya waktu ini di tahun 2012, seringnya terjadi di bulan Mei. Oke, ini nggak 100% benar juga sih ternyata karena aku juga menemukan dua posting dimana aku bercerita masalah cuaca panas di Belanda, dan keduanya dari bulan Juli, haha😆 (yang ini dan yang ini).

Tetapi alasan aku mengasosiasikan Mei sebagai bulan terpanas di Belanda adalah karena biasanya di bulan Juli/Agustus, disini sering banget hujan. Dan jelas dong kalau hujan temperaturnya agak adem kan ya🙂 .

***

Anyway, mari kembali ke topik utama. Minggu ini di Belanda juga panas banget loh. Ternyata ini adalah akibat sebuah hal yang cukup tidak biasa: gelombang udara panas.

Aku selalu merasa lega setiap kali aku tiba di kantorku minggu ini karena di kantorku kan ada AC-nya, haha. Dan kondisi dimana aku harus mulai pindahan juga membuatnya menjadi sedikit lebih rumit, haha😆 . Makanya deh minggu ini aku memindahkan beberapa barang di pagi hari sebelum berangkat kerja atau di malam hari setelah makan malam dimana temperaturnya sudah tidak sepanas itu lagi.

42 thoughts on “#1584 – When Heatwave Strikes

  1. di Roma sekarang 33 derajat dengan humidity yg lumayan, semingguan ini panas luar biasa ya. mana lagi puasa, pas keluar rumah langsung sakit kepala, berasa dehidrasi🙂

    1. Hahaha, iya nih, nggak kebayang yang harus puasa di cuaca yang seperti kemarin itu panasnya. Apalagi di Roma ya yang lebih selatan, pasti lebih panas lagi…

  2. Sepertinya di sana memang sedang panas-panasnya ya Kak, akibat gelombang panas ini. Tapi syukurlah semua pekerjaan bisa selesai dengan baik ya, memang agak repot kalau sudah menyangkut pindahan :hihi. Selain itu, kehadiran hujan di penghujung hari lumayan membantu mengademkan suasana ya :)).

      1. Yep, hujan sangat membantu :hehe. Tapi saya baca di blog Mbak Yoyen, di sana hujannya bahkan ada butiran esnya ya, Kak?

        1. Kalau butiran es sih tergantung musim Gara. Kalau musim sekarang hujannya air biasa kok. Nanti kalau sudah agak dingin sedikit, baru deh hujan esnya turun🙂

            1. Mungkin bisa kita tampung untuk membuat es batu, Kak… *pemikiran yang sangat salah :haha*.

  3. Ko, barusan Den Haag hujan gedeee angin kenceng dan mendung tebel. Tadi pagi 28 derajat, siang 14 derajat, sore menuju malam 20 derajat mataharinya gahar lagi. Labil ya haha

    1. Iya, tadi aku merasa lucu soalnya sejam setelah posting ini aku publish kok tiba-tiba hujan deras turun dan angin kencang bertiup, hahaha😆 . Malamnya hujannya nggak turun tapi anginnya masih lumayan kencang nih, haha😛

  4. 29-33 mirip kayak di Jakarta atau Bandung ya berartii. Saya pernah liburan ke Jepang, awal Agustus lalu temperaturnya 35 feels like 41. Rasanya mau tiduran di hostel aja nggak mau kemana-mana…

    1. Begitulah, hehehe🙂 . Tapi 29-33 sudah panass untuk ukuran Belanda. Nggak enak dah, haha😛 . Wah, gila itu kalau feels like 41!! :shocked:

  5. Auch. Gak kebayang sih panasnta summer gimana. Semoga baik – baik aja semuanya ya Ko. Tapi kalo ngebayangin hujan di summer itu kok rasanya romantis ya. Hahahaha. Maapkan isi komennya gak nyambung.

  6. Cuacanya galau ya :p btw, kalo panas gitu sampe bikin kulit kering gitu dong ya, atau kalo kulit kering lebih parah pas musim dingin? Pertanyaan macam apa ini hahahahaa

    1. Kulit kering lebih kalau musim dingin kalau disini. Soalnya panasnya disini agak mirip sama Indonesia gitu, humidity-nya lumayan tinggi jadi kulitnya nggak begitu kering. Tapi kalau di negara yang udaranya lebih kering ya memang bikin kulit kering sih, hehe😀 .

  7. ohh ada gelombang panas yaa ko…di Jakarta perasaan tiap hari panasss banget dahhh, sampe ga bisa bedain mana yang terpanas…karena selalu panas..hahaaha

    1. Iya. Sabtu kemarin diramal bakal tembus 35 Ri disini. Untungnya nggak sampe segitunya sih, hahaha😆 . Iya, kalo di Jogja 29 mah biasa ya😀

  8. Sempet nonton diberita tuh soal gelombang panas. Dinegara mana tuh kan ya sampe ada korban jiwanya. Di Belanda panasnya tp masih bisa diterima kan ya Ko?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s