#1582 – New Apartment

ENGLISH

It is time now to reveal one matter which has also occupied myself in the past three months which I have not mentioned at all here in this blog 🙂 .

So when I got back home after my Spring trip to Japan in the beginning of April, actually I was greeted with very bad news. News that made me feel really dejected:

The landlord of my apartment decided to terminate our (my housemates and I) contract because he needed the apartment urgently for his ill wife.

I am so gutted because I really like my current apartment. It has everything. It is roomy. It is comfortable. And it is affordable.

But what could we do?

The landlord was nice though. They told us the news way in advance as they would not need the apartment before 1 August 2015, which meant we had about four months to find new place(s).

***

Life moves on.

We had to face the reality. So I had to find a new place to live. But at that time, the first question to tackle was whether or not we (my housemates and I) would still stick together.

To cut long story short, we decided not to. Each of us decided to go on our own way; because we had different situation and preference regarding our next place to live. Some were personal reasons so I don’t think it is ethical to share here.

***

Just like in 2013 when I moved in to this apartment, I decided to look for a new place starting in July. This meant I would have one month of contract overlap. Sure this meant I would have to pay double rent this July. But it was okay. I would rather have one month to move my stuff than having to move all at once in one day.

In May I was on “apartments-spree” (read: looking at some apartments, it felt a bit like window shopping to be honest, lol 😆 ) and there was one which I liked in the centrum. I made an offer for it and luckily within a few days I got a confirmation that I got it. Yay! 🙂 And btw, I was not looking for a studio for the same reason as I mentioned in that post from 2013 🙂 .

Okay, as it is in the centrum, it is not really an apartment. It is an old (in classic Dutch architecture obviously) Dutch house in the old town of Delft. There are four (big-ish) rooms so I have to share the house with three other people. But there is separate kitchen, shower room, toilets, and a very small living room. And what is premium about this house, IMO, is the location! 🙂

***

This morning, I got the keys of my new house.

So yeah, now everything is kinda set. It seems that I will have to do a lot of exercises this month including moving bags and bags of my stuffs, haha 😆 .

New house
New house, new set of keys

BAHASA INDONESIA

Saat ini adalah waktunya untuk menceritakan suatu perkara yang telah memenuhi pikiranku tiga bulan belakangan ini, suatu perkara yang sama sekali belum aku singgung di blog ini 🙂 .

Ceritanya, ketika aku kembali dari perjalanan musim semiku ke Jepang awal April lalu, aku disambut oleh sebuah berita yang kurang menyenangkan. Sebuah berita yang membuatku sedikit merasa sedih sebenarnya:

Pemilik apartemenku memutuskan untuk mengakhiri kontrak kami (housemates-ku dan aku) karena ia membutuhkan apartemennya untuk merawat istrinya yang sedang sakit parah.

Aku merasa amat sedih karena aku suka banget apartemenku ini. Semuanya ada dan lengkap. Ruangannya lapang dan luas. Nyaman. Dan juga harganya terjangkau.

Tetapi ya mau gimana lagi kan?

Landlord-ku baik sih tapinya. Mereka memberi-tahu kami jauh-jauh hari karena mereka masih belum membutuhkan apartemennya sebelum 1 Agustus 2015, yang mana artinya kami memiliki waktu kurang lebih empat bulan untuk mencari tempat baru.

***

Life moves on.

Kenyataan ini jelas harus dihadapi lah ya, namanya aja masih ngontrak. Ya beginilah risikonya. Jadilah kami harus mencari tempat tinggal baru. Tetapi waktu itu, pertanyaan pertama penting yang harus dijawab adalah apakah kami (housemates-ku dan aku) masih ingin tinggal bersama.

Untuk mempersingkat cerita, kami memutuskan bahwa jawabannya adalah tidak. Kami memutuskan untuk mencari tempat tinggal sendiri-sendiri aja; karena kami memiliki situasi yang berbeda-beda dan memiliki preferensi yang berlainan pula untuk tempat tinggal selanjutnya. Beberapa alasannya adalah alasan personal dimana rasanya tidak etis lah ya untuk aku sebutkan disini.

***

Seperti di tahun 2013 ketika aku baru saja pindah ke apartemenku, aku memutuskan untuk mencari kontrakan baru yang dimulai di bulan Juli. Memang ini artinya bulan Juli ini aku harus membayar dua biaya sewa. Tetapi tidak maslaah kok. Aku lebih memilih untuk memiliki waktu sebulan untuk memindahkan barang-barangku daripada harus repot-repot memindahkan semuanya dalam satu hari.

Di bulan Mei, jadilah aku shopping apartemen gitu deh (baca: melihat-lihat banyak apartemen, yaa, semacam window shopping gitu deh, haha 😆 ). Dan ada satu yang aku suka di centrum. Aku membuat penawaran untuknya dan beruntung beberapa hari setelahnya tawaranku diterima! Hore! 🙂 Dan btw, karena alasan yang sama seperti yang kutuliskan di tahun 2013 itu, aku tidak mencari apartemen studio ya.

Oke, karena lokasinya di centrum, ini sebenarnya bukan apartemen juga sih. Ini adalah sebuah bangunan Belanda tua (dengan arsitektur ala Belanda klasik tentunya) di kota tuaya Delft. Ada empat kamar (lumayan besar) jadi aku harus berbagi rumahnya dengan tiga orang lain. Dapurnya terpisah, begitu pula kamar mandi dan toiletnya. Ada sebuah ruang keluarga kecil juga. Dan yang oke banget dari rumah ini adalah, menurutku ya, lokasinya! 🙂

***

Pagi ini, aku mendapatkan kunci rumahnya.

Ya, sekarang semuanya sudah siap. Nampaknya bulan ini aku bakal banyak berolahraga juga nih dengan memindahkan barang-barangku, haha 😆 .

53 Comments Add yours

  1. jampang says:

    untunglah cepat pengganti. selamat pindahan dan semoga betah di tempat baru.

    akhir minggu ini… ruang kantor saya yang pipndahan

    1. zilko says:

      Hahaha, nggak cepat juga sih dapatnya sebenarnya 😛 . Trims!! 😀

      Ah, aku juga pernah harus pindahan ruang kantor beberapa tahun lalu, hehe 😀

  2. cerita4musim says:

    Ayo selametan potong tumpeng:))

    1. zilko says:

      Hahahaha, duitnya habis buat pindahan 😛

  3. denaldd says:

    Butuh orang buat menghadiri pesta pindahannya ga Ko? Dengan senang hati aku bersedia datang hahaha. Selamat ya buat rumah barunya. Aww! Centrum ya. Bisa kopdaran Ko kita kapan2 hehe

    1. zilko says:

      Hahaha, belum tahu nih bakal bikin housewarming ato engga, secara tempatnya rada sempit 😦 . Iya nih, kapan2 kopdaran yaa 😀

  4. adhyasahib says:

    selamat pindahan Ko, mudah-mudahan lancar dan betah ya di tempat barunya 🙂

    1. zilko says:

      Grazie! Amiin! Hehehe 🙂

  5. dani says:

    Selamat pindahan ya Ko! Semoga mendatangkan banyak berkah tempat barunya! 🙂

    1. zilko says:

      Trims!! Amiin, hehehe 🙂

  6. Gara says:

    Semangat pindahannya, Kak! Tempat tinggal baru, kamar baru, rekan serumah baru, dan suasana baru, juga tentu saja kunci baru! :hehe. Saya juga suka pindahan, cuma yang tidak suka adalah membereskan, mengepak, dan menata barangnya kembali setelah di tempat yang baru :hehe. Semoga nyaman dan tenang tinggal di tempat barunya, lokasi yang bagus tentunya jadi nilai tambah soalnya ke mana-mana bisa mudah! :hehe.

    1. zilko says:

      Trims!! 🙂 Iya, harus membereskan, mengepak, dsb itu juga yang aku tidak sukai dari pindahan, hahaha 😀 .

      1. Gara says:

        Semangat ya Kak :hihi.

          1. Gara says:

            Sama-sama!

  7. Puji says:

    Selamat pindahaann Ko, yeeaaay. Seneng pasti tempat tinggal baru suasana baru 🙂

    1. zilko says:

      Thanks! Hehehe 🙂 . Iya, seru juga pindahan sebenarnya 😀

  8. joeyz14 says:

    Ada rasa mellow gitu gak ko ninggalin apt. Yg lama? Aku tiap pindah2 tempat tuh berasa ada yg gimana gt liat ruangan kosong lagi. *terlalu melankolis*

    Selamat pindahan ya ko!

    1. zilko says:

      Sekarang sih belum terasa mellow-nya Jo soalnya rencananya aku masih di tempat yang lama beberapa minggu ke depan ini. Waktu pindahan yang sebelumnya mellow-nya pas hari terakhir, haha. Sudah nyaris kosong banget waktu itu jadi berasa banget auranya.

      Thanks!!

  9. Eky says:

    Wah pindahan gini pasti mellow-mellow dikit deh *soktau* *pengalaman pribadi baru aja pindahan dari kosan*

    Kak mau tanya, Ph.D. di TU Delft nggak disediain rumah ya sama universitasnya?
    Saya pernah denger cerita (mohon maaf kalo salah, mungkin kuping saya lagi nggak berfungsi dengan baik waktu itu hehe) katanya Ph.D. di Groningen disediain rumah? Bener nggak sih, Kak?

    1. zilko says:

      Sekarang sih belum terasa mellow-nya, biasanya pas hari terakhir nanti baru terasa, hahaha 😆 .

      Hmm, tergantung definisi dari “disediain rumah” itu apa. Kalau maksudnya membantukan mencari rumah, memang untuk PhD baru di tahun pertama TU Delft bisa bantu. Tapi dari pengalamanku, kalau sudah tahu seluk-beluknya disini, mencari sendiri itu lebih asyik soalnya bisa dapat yang 1) lebih murah atau 2) lebih bagus dengan harga yang sama 😉 . Kalau maksudnya dikasih penginapan gratis sih, well, engga banget, haha. Akomodasinya mesti bayar sendiri 🙂 .

  10. rizzaumami says:

    Selamat datang, bang zilko, in your new home. 🙂 Semoga betah dan dapet kejutan-kejutan manis di tempat baru.

    1. zilko says:

      Thanks, hehehe 😀

  11. Selamat Zilko! Pasti spannend👍

    1. zilko says:

      Dankje, semoga ya 😀

  12. Arman says:

    congrats ko buat apartemen barunya 🙂

  13. niee says:

    Waaaahhh makin rame dong housematenya zil. Udah dapet atau belom?? Waaaahhh pasti sebulanan ini gempor ya bolak balik apartemen. Semangatt 😁

    1. zilko says:

      Udah ada yang disana Niee, hehe 🙂 . Iya nih bakal gempor. Tapi nggak papa sih, sekalian olahraga kan, hahaha 😆

  14. Una says:

    Selamat pindah ke tempat yang baruuu Mas… Emang kalau pindahan gitu biasanya barang-barangnya berapa dus Mas?

    1. zilko says:

      Thanks Na, hehe 🙂 . Wah, aku nggak ngitungin berapa dus Na, haha 😆 .

  15. yance says:

    Wahh berbagi dengan 3 orang lainnya? Itu satu rumah gitu dong ko? Dengan minimal 4 kamar sih luas juga yaa…selamatt deh buat apt barumu

    1. zilko says:

      Iya, satu rumah dibagi 4 orang, hehe 🙂 . Ukurannya standar kok (untuk ukuran Belanda, hehehe :D). Thanks 🙂

  16. Ria Angelina says:

    Syukuran dong ko, selamat ya semoga tetangganya bisa bersahabat.

    1. zilko says:

      Thanks Ri, hehehe 🙂 . Iya, mudah-mudahan 😀

  17. winnymarch says:

    selamat pindahan zilko tetap semangkaa 😀

    1. zilko says:

      Thanks Win 🙂

  18. alrisblog says:

    Tempat yang baru lebih enak gak? Pasti ribet ya pindahan, bawa bawa barang, hehe…

    1. zilko says:

      Hehehe, ada plus minusnya kalau dibandingkan dengan tempat yang lama, hehe 😀 . Iya, ribet banget harus angkut-angkut barangnya itu, hehe

  19. Wuoh, lama ga ke sini. Iya, Zil. Perkara pindahan itu PR banget. Ini juga aku lagi nyari-nyari kosan baru yang deket ama kantor.

    1. zilko says:

      Iya Lung, lama nggak aktif sih kamu, hehehe 🙂 . Iya, PR banget ya Lung. Dan setelah dapat, pas harus pindahnya itu, ribet!! Hahaha 😆

  20. shiq4 says:

    Selamat berolahraga mindahin barang-barangnya. Semoga nyaman berada dirumah baru. BTW apa orang-orang yang tinggal serumah orang indonesia juga?

    1. zilko says:

      Trims 🙂 . Bukan, aku tidak tinggal dengan orang Indonesia disini 🙂

  21. Pypy says:

    Smoga betah dirumah barunya nanti ya Ko 😀

    1. zilko says:

      Amin, trims Py 🙂

  22. mamayara says:

    Masak bubur merah putih dong buat selamatan hahah

    1. zilko says:

      Huaaa, aku nggak suka bubur, hehehe 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s