Posted in Asia Trip, East Asia, Vacation

#1558 – 2015 Spring Trip (Part VII: Kyoto)

ENGLISH

Previous post on the 2015 Spring Trip to Japan series:
1. Getting to Japan
2. Part I: Tokyo (1)
3. Part II: Tokyo (2)
4. Part III: Tokyo (3)
5. Part IV: Hakodate
6. Part V: Sapporo
7. Part VI: Osaka

Previously on 2015 Spring Trip: Zilko went to Japan for a conference where he would later extend his stay in Japan for a trip after the conference where he met his parents and brother. After staying in Tokyo for twelve days and staying in Hokkaido for four days, he was now already in the last stop of this trip: the Kansai region. During his stay there, we went on two day trips to the former imperial capital of Japan: Kyoto.

***

Getting to Kyoto

The reason we went on two day trips to Kyoto (as opposed to, like, actually staying in Kyoto) was because we could not find any available hotel in Kyoto. Yes, everything was literally full! When I browsed for hotels in booking.com, I immediately got the warning that 97% of all hotels they had there had been fully booked! And those 3% were the super expensive ones with rate of, say, €500 per night for a normal room, lol😆 . So the moral of the story here is that if you plan to go to Kyoto during peak-season, book your accommodation(s) way way in advance! The solution for us was to just stay in Osaka and went to Kyoto whenever we felt like going there; as the two cities were close anyway.

Anyway, to go to Kyoto, we decided to take the train on the Hankyu Line, which btw was run by a privately-owned railway company[1]. And the ticket fare between Osaka and Kyoto with the Hankyu Line was surprisingly cheap for just ¥400 (around €3.05) one way!😯 Seriously, it was such a nice surprise for us because we expected something like around ¥1,000 (around €7.62) one way, haha😆 .

Umeda Station, the main station of the Hankyu Line in Osaka
Umeda Station, the main station of the Hankyu Line in Osaka

The trip with the Hankyu Line train from Osaka to Kyoto took one hour. Being a privately owned company, the line obviously did not use JR’s lines and hence did not stop in the “main” stations like Osaka Station or Kyoto Station. In Kyoto, we got off at Kawaramachi Station. This was actually perfect because Kawaramachi was basically just accross (the river of) an important district of Kyoto which I really wanted to visit: Gion.

Gion

Nine years ago, I read the novel Memoirs of a Geisha and also watched, a few days later, its movie adaptation and I actually really liked it (especially the novel). The setting for a good part of this novel was the district of Gion in Kyoto, which indeed was (is) famous for being the most exclusive geisha district in Japan.

Gion
Gion
A busy street in Gion
A busy street in Gion

To me, Gion delivered. The atmosphere there still felt like it was a few hundreds years ago: with the buildings, the streets, and the temples; well, except probably the electricity poles and all the cars, haha😆 . Unfortunately we did not see (let alone meet) any geisha though during our short visit there. But it was still very nice to just stroll around in Gion and visualized how Nitta Sayuri, Mameha, and Hatsumomo lived there in the novel🙂 .

The Temples in Kyoto

Fushimi Inari-taisha

This temple was on the top of our priority list of site to visit in our trip to Kyoto. So actually before going to Gion, we decided to go to this temple first, haha😆 . Why? Well, because I wanted to take picture like this:

The famous Fushimi Inari-taisha temple in Kyoto
The famous Fushimi Inari-taisha temple in Kyoto

which was so Facebook cover photo material, wasn’t it? Lol😆

Yes, Fushimi Inari-taisha was the temple with the famous thousands of orange[2] torii gates. And indeed it was very famous because a lot of people were flocking the temple; making it practically impossible to take a picture without being accidentally photobombed by others, haha😆 .

We spent about two hours in the temple (which entrance was free of charge btw, yay!😀 ) before going back to Gion.

Kiyomizu-dera

Another temple which we visited on the other day of our day trip to Kyoto was the Kiyomizu-dera temple. This temple was located on top of a hill so from the nearest bus stop, we had to walk up the hill to reach it. For this temple, however, the entrance was not free of charge. But the entrance fee was just as small as ¥300 (around €2.29) person so it was actually not a big deal anyway.

What was unique about this temple was its wooden balcony which was “hanging” 13 meters above the hillside. Okay it was not actually hanging because there were wooden supports underneath it, but I hope you get my point😆 .

Kiyomizu-dera Selfie with its wooden balcony
Kiyomizu-dera Selfie with its wooden balcony

The other parts of the temple was also beautiful. And again, being one of the most celebrated temples in Kyoto in combination with the low entrance fee, this temple was also flocked with tourists! Hahaha😆

More Spots in Kyoto

The season for sakura in Kyoto!
The season of sakura in Kyoto!

I also found strolling around in Kyoto very enjoyable. The atmosphere of the city was very nice: crowded in one part (read: the touristy areas) and serene in the other parts (read: the housing neighbourhood). Plus, in combination with it being a hanami season even made the atmosphere more magical! The sakura petal was falling down everywhere. It was extremely beautiful!

Fallen sakura petals in Kyoto
Fallen sakura petals in Kyoto

We also went to some other gardens accross Kyoto, and all of them were very beautiful!🙂

Arashiyama

Another spot in Kyoto which was in the top of our list was Arashiyama, especially its bamboo grove! So on our second day trip to Kyoto, we changed our Hankyu line train at Katsura station to a shorter line from there to Arashiyama. At first it was difficult to spot where the bamboo grove was because our map did not pinpoint exactly where it was. It actually showed the presence of some bamboo forests somewhere else so at first I mistakened these forests for the grove. Luckily we asked a local there who showed us the right direction to the grove!

The Arashiyama Bamboo Grove in Kyoto
The Arashiyama Bamboo Grove in Kyoto

The bamboo grove was a little bit below our expectation. We expected it to be much bigger than it actually was. But nevertheless it was still a nice place to visit. Again, being a popular spot in Kyoto, it was also impossible to take pictures of the bamboo grove without being photobombed by people, haha😆 .

Next to the bamboo grove was the Tenryuji temple which was a UNESCO World Heritage Site. While we were already there, we decided to pay a visit as well (literally, as the entrance was not free). It was a nice temple with a very beautiful garden.

The Food

Sushi at Chojiro Sushi

Once we had lunch at the Chojiro sushi in Kyoto which, obviously, served sushi and its kind, haha😆 . We felt like this restaurant should be a good one because we had to wait in line first for about 30 minutes – in which during we grumbled but were already too lazy to switch restaurant – before we finally got a table.

A very fresh and delicious sashimi at Chojiro
A very fresh and delicious sashimi at Chojiro
A very fresh and delicious sushi set at Chojiro
A very fresh and delicious sushi set at Chojiro

After this trip to Japan, I can say that sushi is definitely not my favorite Japanese dish. I mean, the sushi I had in Japan was very good though. However, now if I am given the choices, I will definitely go for the other dishes than sushi. The sushi we had in Chojiro was indeed the best sushi (and sashimi) we had on this Spring Trip to Japan.

p.s: And I did enjoy it

Kichi-Kichi

Another notable restaurant which we visited in Kyoto was Kichi-Kichi. Again, I know the existence of this restaurant from Jendluvu‘s blog from this post of her. I have to say that we were lucky to be able to dine there. On our first day to Kyoto we went there but the restaurant was fully booked so Kichi, the owner slash the chef, could not let us in.

We tried to make a reservation there for our second day but we got no luck. So on the second day at 5:30 PM we just went there hoping to get some luck. And luckily we did. Someone made a reservation at 5 PM but did not show up so we could get it. Btw, at 5:40 PM, the group which made the reservation at 5 PM actually came and Kichi refused to let them in because they were late by 40 minutes. He literally said (in English, because they were not Japanese) “You are late by 40 minutes. Five minutes is okay, but not 40 minutes. Sorry but I can’t let you in“. Lol😆 . Seriously. Was I in a class with a strict lecturer or something?

The famous chef of Kichi-Kichi.
The famous chef, and yes he had two glasses
The famous Omurice at Kichi-Kichi
The famous Omurice at Kichi-Kichi

Anyway so obviously I ordered the famous omurice, with the attraction of course, haha😆 . Do I like it? Well, I have to say I found the fried rice to be too bitter for my liking. It was still good though, but I could not say it was the best fried rice I have ever had in my life.

But I have to say the main attraction of the restaurant was Kichi himself, who was very funny to watch in his own way🙂 .

TO BE CONTINUED…

Next on 2015 Spring Trip:
– Back to the Netherlands
– My first intercontinental flight with KLM
Experiencing 31 hours in one day, literally

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya dalam seri 2015 Spring Trip ke Jepang:
1. Getting to Japan
2. Part I: Tokyo (1)
3. Part II: Tokyo (2)
4. Part III: Tokyo (3)
5. Part IV: Hakodate
6. Part V: Sapporo
7. Part VI: Osaka

Sebelumnya dalam 2015 Spring Trip: Zilko pergi ke Jepang untuk sebuah konferensi dimana nantinya ia akan memperpanjang masa tinggalnya di Jepang untuk sebuah acara jalan-jalan bersama orangtua dan adiknya. Setelah tinggal di Tokyo selama dua belas hari dan di Hokkaido selama empat hari, ia kini akhirnya sudah berada di perhentian terakhir dari perjalanan ini: daerah Kansai. Disana, ia menyempatkan untuk pergi dua kalu ke bekas ibukota imperialnya Jepang: Kyoto.

***

Ke Kyoto

Alasan kami pergi dua kali perjalanan harian ke Kyoto (dan bukannya, misalnya, sekalian menginap di Kyoto aja) adalah karena kami tidak bisa menemukan hotel yang masih memiliki kamar kosong. Iya dong, semua penginapan disana penuh waktu itu! Ketika aku browsing-browsing hotel di booking.com, aku langsung mendapatkan peringatan bahwa 97% hotel disana sudah habis dipesan di tanggal kunjunganku kesana! Dan yang sisanya 3% itu adalah hotel-hotel yang tarif per malamnya, sekitar, €500 (sekitar Rp 7,28 JUTA) per malam untuk kamar yang biasa, haha😆 . Jadi pesan dari ceritanya adalah: kalau mau bepergian ke Kyoto di masa peak season kayak gini, pesanlah hotel dari jauh-jauh hari banget sebelumnya! Solusinya bagi kami adalah dengan menginap di Osaka dan pergi ke Kyoto ketika kami ingin kesana; karena kedua kota ini toh lokasinya dekat satu sama lain.

Ngomong-ngomong, untuk pergi ke Kyoto, kami memutuskan untuk naik kereta di Jalur Hankyu, yang mana dioperasikan oleh sebuah perusahaan kereta api swasta[1]. Dan harga tiketnya dari Osaka ke Kyoto (dan sebaliknya), mengejutkan nih, murah banget loh karena cuma ¥400 (sekitar Rp 43.000,-) saja satu arah!😯 Beneran deh, ini adalah kejutan yang menyenangkan bagi kami karena kami kira harganya akan sekitar ¥1,000 (sekitar Rp 108.000,-) gitu deh satu arah, haha😆 .

Umeda Station, the main station of the Hankyu Line in Osaka
Stasiun Umeda, stasiun utamanya Jalur Hankyu di Osaka

Perjalanan kereta Jalur Hankyu dari Osaka ke Kyoto memakan waktu sekitar satu jam. Karena dimiliki oleh perusahaan swasta, jalur ini jelas tidak menggunakan jalur kereta apinya JR sehingga mereka juga tidak berhenti di stasiun “utama” seperti Stasiun Osaka atau Stasiun Kyoto. Di Kyoto, kami turun di Stasiun Kawaramachi. Ini malah enak banget karena Kawaramachi pada dasarnya berada di seberang (sungai) sebuah distrik penting di Kyoto yang ingin banget aku kunjungi: Gion.

Gion

Sembilan tahun yang lalu, aku membaca novel Memoirs of a Geisha dan juga menonton, beberapa hari kemudian, versi filmnya dan aku amat menyukainya (terutama novelnya sih). Nah, setting dari sebagian besar cerita di novel ini adalah distrik Gion di Kyoto ini, yang memang terkenal sebagai distrik geisha paling eksklusif di Jepang.

Gion
Gion
A busy street in Gion
Jalan yang ramai di Gion

Untukku, Gion keren banget dah. Atmosfernya memang terasa seperti ratusan tahun yang lalu: dengan bangunan-bangunannya, jalanannya, dan kuil-kuilnya; ya, kecuali tiang-tiang listriknya dan kendaraan-kendaraan yang lewat sih ya, haha😆 . Sayangnya kami tidak melihat (apalagi bertemu) dengan geisha seorang pun disana. Tetapi masih seru banget rasanya bisa berjalan-jalan santai mengelilingi Gion dan membayangkan bagaimana Nitta Sayuri, Mameha, dan Hatsumomo hidup disana di ceritanya🙂 .

Kuil-Kuil di Kyoto

Fushimi Inari-taisha

Kuil ini berada di prioritas teratas untuk dikunjungi di Kyoto bagi kami. Nah, jadi sebenarnya sebelum pergi ke Gion itu kami pergi ke kuil ini terlebih dulu, haha😆 . Mengapa? Yaa, untuk foto-foto semacam ini gitu deh:

The famous Fushimi Inari-taisha temple in Kyoto
Kuil Fushimi Inari-taisha yang terkenal banget di Kyoto

yang mana cocok banget buat dijadiin cover photo di Facebook kan ya? Huahahaha😆

Iya, Fushimi Inari-taisha adalah kuil yang terkenal dengan ribuan gerbang torii yang berwarna oranye[2]. Dan memang kuil ini terkenal banget karena dipenuhi orang-orang; sehingga praktis mustahil deh untuk bisa foto tanpa di-photobomb oleh orang lain, haha😆 .

Kami menghabiskan sekitar dua jam di kuilnya (yang mana masuknya gratis loh btw, hore!😀 ) sebelum pergi ke Gion.

Kiyomizu-dera

Kuil lain yang kami kunjungi adalah kuil Kiyomizu-dera. Kuil ini berlokasi di atas sebuah bukit jadi dari pemberhentian bus terdekat, kami harus berjalan naik ke atas bukit untuk kesana. Untuk kuil ini, biaya masuknya tidak gratis. Tetapi harga tiketnya toh masih murah sih menurutku, yaitu seharga ¥300 (sekitar Rp 32.500,-) per orang sehingga nggak masalah deh.

Yang unik dari kuil ini adalah balkon kayunya yang “menggantung” 13 meter di samping bukitnya. Oke, memang nggak menggantung sih karena ada rangka kayunya di bawahnya, tetapi masih keren lah ya😆 .

Kiyomizu-dera Selfie with its wooden balcony
Kiyomizu-dera Selfie dengan balkon kayunya

Bagian lain dari kuilnya juga indah banget. Dan lagi, karena ini adalah kuil terkenal di Kyoto ditambah lagi dengan harga tiket masuknya yang murah, kuil ini ramai banget dikunjungi turis! Hahaha😆 .

Tempat-Tempat lain di Kyoto

The season for sakura in Kyoto!
Musim sakura di Kyoto!

Aku juga merasa berjalan-jalan di Kyoto itu asyik banget. Atmosfer kotanya nyaman sekali: ramai di satu tempat (baca: tempat-tempat turis) dan amat tenang dan damai di tempat lainnya (baca: area tempat tinggal penduduknya). Apalagi, dikombinasikan dengan saat itu yang sedang musim hanami, atmosfernya menjadi terasa semakin menakjubkan! Kelopak-kelopak bunga sakura sedang berguguran sewaktu itu. Indah sekali!

Fallen sakura petals in Kyoto
Kelopak bunga sakura yang berguguran di Kyoto

Kami juga pergi ke beberapa taman lain di Kyoto, dan semuanya indah!🙂

Arashiyama

Tempat lain di Kyoto yang merupakan prioritas utama kami adalah Arashiyama, terutama hutan bambu kecilnya! Jadi di hari kedua kami ke Kyoto, kami berganti kereta Jalur Hankyu kami di Stasiun Katsura dan dari sana naik jalur lain yang lebih pendek ke Arashiyama. Awalnya agak sulit untuk mengetahui dimana lokasi hutan bambunya karena peta kami tidak menunjukkan lokasi persisnya dimana. Bahkan di petanya ada gambar hutan bambu di tempat lain sehingga awalnya aku kira di tempat lain itulah hutan bambunya. Untungnya kami bertemu penduduk setempat yang menunjukkan lokasi hutan bambunya yang benar!

The Arashiyama Bamboo Grove in Kyoto
Hutan Bambu Arashiyama di Kyoto

Sejujurnya hutam bambunya agak sedikit di bawah ekspektasi kami. Ekspektasi kami hutannya kan besar gitu. Ah, walaupun begitu masih indah kok tempatnya, hehe. Lagi, karena ini tempat terkenal di Kyoto, mustahil deh bisa foto-foto disini tanpa di-photobomb oleh orang lain, haha😆 .

Di sebelahnya hutan bambu adalah Kuil Tenryuji yang termasuk dalam UNESCO World Heritage Site. Mumpung sudah disana, ya sudah sekalian kami membeli tiketnya dan masuk. Kuilnya bagus juga dengan taman yang amat indah.

Makanannya

Sushi di Chojiro Sushi

Sekali waktu kami makan siang di Sushi Chojiro di Kyoto yang, jelas, menyediakan sushi dan semacamnya, haha😆 . Kami menduga restoran ini seharusnya bagus karena kami harus mengantri dulu selama sekitar 30 menit – sambil ngomel-ngomel tentunya tetapi kami terlalu malas untuk berpindah restoran, haha – sebelum mendapatkan meja kosong.

A very fresh and delicious sashimi at Chojiro
Sashimi yang amat segar dan enak di Chojiro
A very fresh and delicious sushi set at Chojiro
Sushi set yang amat segar dan enak di Chojiro

Nah, setelah perjalanan ke Jepang ini, aku bisa bilang bahwa sushi bukanlah makanan Jepang favoritku deh. Maksudku, memang sih sushi yang aku makan di Jepang itu enak-enak. Tetapi, jika bisa memilih, aku masih jelas akan memilih makanan lain selain sushi deh. Sushi di Chojiro ini memang adalah sushi (dan sashimi) terenak yang aku makan di perjalanan musim semi ke Jepang ini.

p.s: Dan toh aku menikmatinya kok

Kichi-Kichi

Satu restoran lain yang kami kunjungi di Kyoto adalah Kichi-Kichi. Lagi, aku tahu keberadaan restoran ini dari blognya Jendluvu‘s melalui posting yang ini. Aku harus bilang bahwa kami beruntung lho bisa makan disana. Di hari pertama kami ke Kyoto, restorannya sudah penuh sehingga Kichi, pemilik sekaligus kokinya, tidak bisa menerima kami.

Kami mencoba membuat reservasi untuk hari kedua kami ke Kyoto tetapi kami tidak beruntung. Jadilah di hari kedua jam 5:30 sore kami langsung aja datang kesana, untung-untungan aja. Dan untungnya kami datang lho. Ada yang ceritanya membuat reservasi jam 5 sore tetapi orangnya tidak datang sehingga kami bisa mengambil tempat mereka. Btw, jam 5:40 sore, orang yang membuat reservasi jam 5 sore itu baru datang dan oleh Kichi orangnya dilarang masuk loh karena mereka telat 40 menit. Ia berkata ke mereka seperti ini (dalam bahasa Inggris soalnya orangnya bukan orang Jepang) “Kamu terlambat 40 menit. Lima menit sih nggak papa, tetapi tidak bisa kalau 40 menit. Maaf ya tetapi kamu tidak bisa masuk“. Huahahaha😆 . Beneran loh. Ini ceritanya aku sedang berada di restoran atau di sebuah kuliah yang dosennya tegas dan galak sih?

The famous chef of Kichi-Kichi.
Kokinya yang terkenal dan ya, itu dua kacamata
The famous Omurice at Kichi-Kichi
Omurice yang terkenal itu di Kichi-Kichi

Ngomong-ngomong, jelas aku memesan omurice-nya yang terkenal itu, dengan show-nya tentunya, haha😆 . Apakah aku menyukainya? Hmm, mungkin gini aja deh. Menurutku bumbu cokelat nasi gorengnya itu agak terlalu pahit untuk seleraku. Masih enak-enak aja sih, tetapi harus aku bilang bahwa ini bukanlah nasi goreng terenak yang pernah aku makan.

Tetapi harus aku akui bahwa menurutku atraksi utama restorannya adalah si Kichi-nya itu, yang mana lucu dan antik juga dengan caranya sendiri  :) .

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2015 Spring Trip:
– Kembali ke Belanda
– Penerbangan antar-benua pertamaku dengan KLM
Mengalami 31 jam dalam satu hari

26 thoughts on “#1558 – 2015 Spring Trip (Part VII: Kyoto)

  1. Mungkin karena pelanggannya banyak si resto jadi strictly banget ya Zilko. Tapi telat 40 menit dari janji semula emang sih patut dihukum dengan mengijinkan masuk yang sudsa capek datang duluan ke sana🙂

    1. Dan karena terkenal, hehe🙂 . Begitulah, karena kalau telat 40 menit kan tempatnya jadi kosong sementara pengunjung lain yang sebenarnya sudah datang jadi nggak bisa masuk😀 .

  2. Toss dulu ah sama Zilko🙂 Sushi juga bukan makanan Jepang favorit saya..Ingat dulu waktu makan di restoran kaiten sushi di dekat Tsukiji Market, temen temen seperjalananku bisa menghabiskan 10 piring sushi, sedangkan aku menghabiskan 2 piring aja harus dengan susah payah😀 Kalo makanan Jepang favoritku ramen…Tapi sayangnya banyak yang gak halal😦 Tapi, waktu tahun 2012 kemarin pernah makan di restoran ramen halal yang isinya seafood di daerah dekat Shinjuku Eki🙂

    1. Ah, asyiik, ada temannya yang sama-sama nggak begitu suka sushi! *Toss* Hahaha😀 . Iya, aku juga suka banget ramen. Dan ramen memang salah satu makanan Jepang favoritku sekarang (padahal dulu sebelum ke Jepang aku nggak suka ramen, haha😛 ). Aku malah belum pernah nyobain ramen yang isinya seafood nih…

  3. Ko, sama menurut gw Bamboo Forest ga sama kayak yang selama ini gw liat di foto. Hahaha. Tetep cantik sih, tapi pas kmrn gw kesana juga lagi parah banget ramenya. Jadi ga berasa yg terlalu spesial sih. Tapi Kyoto memang cantik banget ya kotanya🙂

    1. Hahaha, iya kan Mar. Liat di foto-foto gitu kayaknya keren banget ya. Aslinya bagus sih, tapi nggak sebesar yang dibayangkan memang, haha😆 . Iya kemarin ini juga rame banget. Fotonya susah jadi mesti nunggu momen agak sepian dikit dan buru-buru jepret sebelum jadi rame lagi, hahaha😆 . Iya, Kyoto memang cantik banget kotanya!!😀

  4. Widihh rame bgt dong Kyoto nya ya sampe full gitu penginapannya😀 Foto2nya asik2 dan menggugah selera banget ut dikunjungi.. Apalagi kuilnya yg nampak keren banget

    1. Iya, Kyoto rame BANGET Py! Hahaha😆 Musim liburan sih soalnya, hehehe😀 . Iya, Kyoto memang bagus banget Py, layak banget untuk dikunjungi, hehe. Makanya rame ya, hahaha😆

  5. hampir aja geleng-geleng pasrah dan ngelike doang waktu tau tulisannya bahasa inggris, pas ngescroll kebawah, ada bahasa indonesianya :3 yuhuuu😀 wkwk

    Itu kyoto rame juga ya mas😀 seru tuh kayaknya, sampai di pembahasan makanan, aku ilang fokus. LAPEEER😀

    1. Hehehe, kenapa kok pasrah ketika tulisannya dalam bahasa Inggris? Hehe😛 .

      Iya, Kyoto memang ramai banget. Kotanya bagus dan kebetulan ini sewaktu musim liburan, jadilah ramai banget, hehehe😀 . Dan makanan di Jepang memang enak-enak!!🙂

      1. Wahahaha ya gitu deh Bang😀 Inggrisku kan diatas rata-rata, saking diatasnya, jadi agak susah gitu ngresapnya :p wkwkwk

        Seru banget itu pasti kalau di Kyoto ._. pas liburan ya selalu rame ya bang😀 wkwkw ngomongin makanan, beuh, kayaknya makanan jepang enak pol semua😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s