Posted in Uncategorized

#1550 – 2015 Spring Trip (Part III: Tokyo (3))

ENGLISH

Previous post on the 2015 Spring Trip to Japan series:
1. Getting to Japan
2. Part I: Tokyo (1)
3. Part II: Tokyo (2)

Previously on 2015 Spring Trip: Zilko went to Japan for a conference where he would later extend his stay in Japan for a trip after the conference where he would meet his parents and brother. He stayed in Tokyo for twelve days and this post is the third and final one of the Tokyo part of the trip.

***

Mount Fuji

Probably one of the most famous mountains in the entire planet, Mount Fuji was definitely in our itinerary to visit. To get there, we decided to just book a local tour so we did not have to arrange anything ourselves. We chose the Mount Fuji and Hakone one day tour with a Shinkansen (bullet train) ticket to go back to Tokyo (if we did not want the Shinkansen ticket, there was a cheaper tour for around €30 cheaper. But heck we were in Japan so obviously we needed to try the famous Shinkansen as well!😀 )

Our tour departed at 9 AM from Hamamatsucho Bus Terminal. We arrived there a little bit early, at around 8:15 AM, and it turned out to be a blessing to us because at that time the queue for the tour was still tame. A few minutes later, the bus terminal was flocked with people going on tours (the tour agency organized a few different tour packages everyday, and it was Sunday) so the queue became crazy. Anyway, our bus departed a little bit late at around 9:15 AM. Our tour guide today was Katsu, whose name reminded me of “chicken katsu” or “beef katsu”, haha😳 .

Our first destination today was Mount Fuji Visitor Centre which was around 2 hours drive from Tokyo. On the way, Katsu gave a nice lecture on general information about Japan, like the size, the number of population, the season, etc; on the Japanese language, like the reason for the existence of the hiragana, katakana, and kanji characters; and on the geological history of Mount Fuji. I was probably one of the few people on the bus who actually listened to him, haha😆 . But honestly, it was a good lecture actually!

Katsu giving a lecture on the Japanese geography
Katsu giving a lecture on the Japanese geography

Anyway at 11 AM we arrived at the Mount Fuji Visitor Centre where apparently our sole purpose there was a toilet break, haha😆 . We had 20 minutes and thanks God I was a guy so there was no queue in the men’s restroom, haha. So I had a few minutes to take picture of the majestic Mount Fuji there; which turned out as a blessing because this turned out to be the last place today where I could get good view of the mountain.

Fujiyama
Mount Fuji as seen from the Visitor Center

The weather was not the best today. And by not being the best I mean it was actually snowing quite hard in Mount Fuji. Snowing as in when we were there, the snow was actually falling down! WOW!! It has really been awhile since I experienced that! The past two winters in the Netherlands have been tame so it was quite nice to experience an actual winter weather in Japan! Haha. But because of it, the road to Mount Fuji’s 5th Station was closed so we could only go to the 4th station.

Here is a short vlogging video from Mount Fuji’s 4th Station:

From the 4th station, we went back down to have lunch at a pre-arranged restaurant somewhere in Kawaguchi. The lunch was, unfortunately, extremely horrible. It was basically a bowl of horrible soup with noodles. They made distinction between vegetarian and non-vegetarian but I honestly saw only very little difference between the two options.

I would be lying if I said I enjoyed this meal
I would be lying if I said I enjoyed this meal

From there, we went to Hakone where we were taken to the Hakone Ropeway. Initially, the plan was to go to the Hakone Komagatake Ropeway but due to poor weather, the Komagatake Ropeway was closed today. So they changed the plan and went to the other one instead. Even here, we only had like literally 3 minutes at the top of the Hakone Ropeway at Owakudani where I managed to snap a few shots before having to go back down immediately.

Really bad weather at the Hakone Ropeway
Really bad weather at the Hakone Ropeway today😦
Owakudani at the top of the Hakone Ropeway
Owakudani at the top of the Hakone Ropeway

From there, they took us to Lake Ashi where we were supposed to take a boat ride. At first I thought the boat would look like this:

A pirate-themed ship
A pirate-themed ship

but then it turned out to be a “normal” catamaran boat:

A catamaran
A catamaran

haha😆 .

After the boat trip finished, we were taken by bus to Odawara where we would catch our Shinkansen train back to Tokyo. As if we had not been unlucky enough today, the traffic from Lake Ashi to Odawara was also horrible today with a long traffic jam. Instead of the normal 40 minutes ride to Odawara, it took us 1.5 hours!😦 .

The Kodama Shinkansen 

Long story short, we arrived at Odawara Station and took the Kodama Shinkansen train back to Tokyo. We got the unreserved seat ticket so we got into the unreserved coach where we could sit literally at any empty seat. Luckily I found an empty window seat so I sat there, haha😆 .

#ShinkansenSelfie
#ShinkansenSelfie

The Shinkansen ride turned out to be just okay to me, if not a little bit underwhelming. I mean, it was a cool high-speed train indeed but it was not my first time riding a high-speed train. I have tried Thalys a few times, Eurostar, TGV, and Eurostar Italia before and I have to say that this Shinkansen ride was no better than any of the European high speed train. It was okay (but indeed extremely punctual though). Even actually I think the seats in the European high-speed trains are wider than Shinkansen; even though it seems that the seat pitch in Shinkansen is longer.

Asakusa and Ueno Park

Asakusa

A giant lantern in the Sensoji Shrine in Asakusa
A giant lantern in the Sensoji Shrine in Asakusa

In Tokyo, we stayed in Asakusa. So naturally our first destination in Tokyo was the famous Sensoji Temple in Asakusa. It was on a Friday so it was full of people! And it was beautiful! In Sensoji, we decided to also enter the garden next to it which was only opened in the spring. In Asakusa, we also went to the Kunitsu Sumida Park just by the Sumida River.

Ueno Park

The reason why Spring is the best time to visit Japan is none other than the cherry blossom, or sakura, which blossoming is peaking in, usually, early April and the local celebrates it as the Hanami season. So obviously we know that we must enjoy this given that we are in Japan in exactly this period! Haha😆

So on the day where we knew the weather would be good, we decided to go to Ueno Park; a park in the heart of Tokyo where many deemed as one of the best place in Tokyo to enjoy the cherry blossom.

And it was, indeed, AMAZING!! I don’t think any word can fully describe the awesomeness of the cherry blossom season in Japan, especially the Ueno Park! It was just very stunning!!

The Food

Another superb restaurant which we visited during our trip to Tokyo was the Mutekiya ramen. For this, I must say my biggest thank you to Jendluvu who posted a story about her visit there which inspired me to pay a visit as well, haha😆 .

The ramen restaurant was in Ikebukuro and was not that far away from the JR Ikebukuro station. It was not that difficult to find the restaurant; but probably to add a bit of more detail to what Jen described in her post on how to get there, it was indeed just across the Junkudo building and was exactly in the corner of the main intersection with traffic lights.

Mutekiya Ramen was just accross this building
Mutekiya Ramen was just accross this building

We knew it was a super famous restaurant so we decided to come early for an early dinner at 4:30 PM, hoping to find no queue. But when we arrived at 4:30 PM, it was already like this:

The queue for Mutekiya Ramen at 4:30 PM
The queue for Mutekiya Ramen at 4:30 PM

Dang! Haha😆 .

What I immediately liked about this restaurant was its efficiency. The queueing time was actually quite productive where they asked us to place our order while we were queuing. Therefore, inside we would just sit and not long after our orders would be served right away! Great job!

We ordered while queuing
We ordered while queuing

And how was the ramen? Well:

IT. WAS. THE. BEST.

From the scale of 0 to 10, I score it 11! Seriously! It was just SOO GOOD!! Everything about it was just so perfect. The noodles. The broth. The vegetables. The pork slices. Everything! We ordered three different kind of ramen dish, and all of them were so good. Seriously!

Three extremely delicious ramen at Mutekiya
Three extremely delicious ramen at Mutekiya

If you ever come to Tokyo, this small ramen shop is A MUST to visit! Heck if I am back in Tokyo in the future, for sure I will pay a visit again!

TO BE CONTINUED…

Next on 2015 Spring Trip:
– Hakodate
– Sapporo
– Otaru
– Kyoto
– Osaka

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya dalam seri 2015 Spring Trip ke Jepang:
1. Getting to Japan
2. Part I: Tokyo (1)
3. Part II: Tokyo (2)

Sebelumnya dalam 2015 Spring Trip: Zilko pergi ke Jepang untuk sebuah konferensi dimana nantinya ia akan memperpanjang masa tinggalnya di Jepang setelah konferensi berakhir dimana ia akan bertemu dengan orangtua dan adiknya. Ia tinggal di Tokyo selama dua belas hari dan posting ini adalah posting ketiga dan terakhir dari bagian Tokyo dari perjalanan ini.

***

Gunung Fuji

Salah satu dari gunung paling terkenal di dunia, Gunung Fuji, jelas berada di dalam itinerary kami di perjalanan ini. Untuk kesana, kami memutuskan untuk menggunakan jasa tur lokal sehingga kami tidak perlu repot-repot mengurus segalanya sendiri. Kami memilih paket tur satu hari Gunung Fuji dan Hakone dengan tiket kereta Shinkansen (kereta peluru) untuk kembali ke Tokyo (kalau kami tidak mau tiket Shinkansennya, ada tur yang harganya sekitar €30 (sekitar Rp 450.000) lebih murah. Tetapi berhubung kami sudah berada di Jepang jadi kami harus nyobain yang namanya Shinkansen lah ya!😀 )

Tur kami berangkat jam 9 pagi dari Terminal Bus Hamamatsucho. Kami tiba disana agak terlalu awal, sekitar jam 8:15 pagi, yang mana ternyata malah menjadi berkat bagi kami karena jam segitu antrian di turnya masih oke. Beberapa menit kemudian, terminalnya penuh oleh orang-orang yang ingin ikutan tur-turnya (agen turnya menyediakan beberapa paket yang berbeda setiap hari, dan hari itu adalah hari Minggu) jadi antriannya menggila dah. Akhirnya, bus kami berangkat agak terlambat, jam 9:15 pagi. Oh iya, pemandu tur kami hari ini adalah Katsu, yang mana namanya kok mengingatkanku akan “chicken katsu” dan “beef katsu” ya? Haha😳 .

Destinasi pertama kami adalah Pusat Pengunjung Gunung Fuji yang mana lokasinya sekitar dua jam perjalanan dari Tokyo. Di sepanjang perjalanan, Katsu memberikan sebuah kuliah tentang Jepang, seperti ukurannya, jumlah penduduk, musim, dsb; kuliah tentang bahasa Jepang, seperti misalnya alasan terdapatnya aksara hiragana, katakana, dan kanji; dan juga kuliah tentang sejarah geologisnya Gunung Fuji. Aku mungkin adalah satu dari tidak banyak orang di bus yang memperhatikan kuliahnya, haha😆 . Eh, tetapi kuliahnya adalah kuliah yang bagus lho!

Katsu giving a lecture on the Japanese geography
Katsu memberikan kuliah tentang geografi Jepang

Jam 11 pagi, kami tiba di Pusat Pengunjung Gunung Fuji yang mana ternyata satu-satunya tujuan kami berhenti disini adalah istirahat untuk mampir di toiletnya, haha😆 . Kami memiliki waktu 20 menit dan untungnya aku laki-laki dimana tidak ada antrian di toilet laki-laki, haha. Jadilah aku memiliki beberapa menit untuk foto-foto Gunung Fuji yang keren banget itu dari sana; yang mana ternyata adalah berkat juga karena ini adalah kali terakhir hari ini aku bisa mendapatkan pemandangan yang bagus tentang gunungnya.

Fujiyama
Gunung Fuji seperti yang terlihat dari Pusat Pengunjung

Cuaca hari ini bukanlah yang terbaik. Dan dengan bukan yang terbaik maksudku adalah hari ini bersalju lumayan banyak loh di Gunung Fuji. Bersalju dalam artian ketika kami berada disana, saljunya itu sedang turun! WOW!! Sudah lama juga kan ya semenjak terakhir kali aku mengalaminya! Dua musim dingin terakhir di Belanda habisnya jinak sih jadi sebenarnya asyik juga malah merasakan turunnya salju di Jepang! Haha. Tetapi karena cuaca yang seperti ini, jalan ke Stasiun Kelima Gunung Fuji ditutup sehingga kami hanya bisa mencapai Stasiun Keempat saja.

Berikut ini sebuah video vlogging singkat dari Stasiun Keempat Gunung Fuji (dalam bahasa Inggris):

Dari Stasiun keempat, kami turun untuk makan siang di sebuah restoran yang sudah ditentukan di area Kawaguchi. Makan siangnya, sayangnya, nggak enak banget. Pada dasarnya hanyalah semangkok sup dengan mie. Sebenarnya ada dua pilihan untuk menu vegetarian dan non-vegetarian tetapi menurutku kedua pilihan ini pada kenyataannya hampir sama.

I would be lying if I said I enjoyed this meal
Aku bohong kalau bilang aku menikmati makanan ini

Dari sana, kami pergi ke Hakone dimana kami dibawa ke Hakone Ropeway. Awalnya, rencananya adalah pergi ke Hakone Komagatake Ropeway. Tetapi akibat cuaca yang kurang baik, Komagatake Ropeway-nya ditutup hari ini. Oleh karenanya rencananya diubah dan kami dibawa ke kereta gantung yang satunya deh. Itu pun kami hanya memiliki waktu 3 menit saja dong di puncaknya Hakone Ropeway itu di Owakudani dimana aku untungnya masih sempat menjepret beberapa foto sebelum harus langsung turun.

Really bad weather at the Hakone Ropeway
Cuaca yang amat buruk di Hakone Ropeway😦
Owakudani at the top of the Hakone Ropeway
Owakudani di puncaknya Hakone Ropeway

Darisana kami dibawa ke Danau Ashi dimana kami akan menaiki sebuah kapalnya. Awalnya aku kira kapalnya bakal berbentuk kayak gini:

A pirate-themed ship
Kapal dengan tema bajak laut

tetapi ternyata kapalnya adalah kapal catamaran “biasa”:

A catamaran
Sebuah catamaran

haha😆 .

Setelah perjalanan dengan kapalnya selesai, kami dibawa dengan bus ke Odawara dimana dari sana kami akan menaiki kereta Shinkansen untuk kembali ke Tokyo. Karena kesialan kami masih belum cukup, lalu lintas dari Danau Ashi ke Odawara juga buruk banget hari ini dimana kami terjebak macet panjang. Waktu tempuh yang seharusnya 40 menit saja ke Odawara molor menjadi 1,5 jam!😦 .

Shinkansen Kodama 

Singkat cerita, tibalah kami di Stasiun Odawara dan kami menaiki kereta Shinkansen Kodama untuk kembali ke Tokyo. Kami mendapatkan tiket tanpa kursi sehingga kami menaiki gerbong unreserved dimana kami bisa duduk di kursi kosong yang mana pun. Untungnya aku menemukan satu kursi jendela yang kosong dan duduklah aku disana, haha😆 .

#ShinkansenSelfie
#ShinkansenSelfie

Perjalanan dengan Shinkansen rasanya biasa saja untukku ternyata, kalau tidak mau dibilang agak di bawah ekspektasi. Maksudku, memang sih ini kereta super cepat yang amat keren tetapi ini bukanlah kali pertama aku menaiki kereta super cepat. Aku sudah pernah mencoba Thalys beberapa kali, Eurostar, TGV, dan Eurostar Italia sebelumnya dan harus aku bilang pengalaman dengan Shinkansen ini tidak banyak bedanya dengan pengalaman naik kereta super cepatnya Eropa. Biasa saja gitu (tetapi memang sangat amat tepat waktu sih). Bahkan menurutku kursi di kereta super cepatnya Eropa lebih lebar daripada yang di Shinkansen loh, walaupun sepertinya seat pitch-nya kursi di Shinkansen memang lebih lapang sih.

Asakusa dan Taman Ueno

Asakusa

A giant lantern in the Sensoji Shrine in Asakusa
Lentera raksasas di Kuil Sensoji di Asakusa

Di Tokyo, kami menginap di Asakusa. Jadi jelas tujuan pertama kami di Tokyo adalah Kuil Sensoji yang terkenal itu di Asakusa. Hari itu adalah hari Jumat jadi kuilnya penuh orang! Dan memang indah banget! Mumpung disana, kami juga memasuki taman di sampingnya yang hanya dibuka di musim semi saja. Di Asakusa, kami juga mampir di Taman Kunitsu Sumida di sampingnya Sungai Sumida.

Taman Ueno

Alasan mengapa waktu terbaik untuk mengunjungi Jepang adalah di musim semi adalah bunga sakura yang mekar kembangnya memuncak, biasanya, di awal April dan masyarakat setempat merayakannya dengan nama Hanami. Jadi kami tahu jelas kami harus menikmatinya dong ya karena kami berada di Jepang tepat di musim ini! Haha😆

Jadilah di hari dimana kami tahu cuacanya akan bagus, kami memutuskan untuk mengunjungi Taman Ueno; taman di jantung kota Tokyo yang banyak dibilang orang sebagai tempat terbaik di Tokyo untuk menikmati bunga sakuranya.

Dan ternyata tamannya itu memang KEREN BANGET!! Aku rasa tidak ada kata-kata yang mampu mendeskripsikan keindahannya musim bunga sakura di Jepang deh, terutama Taman Ueno! Benar-benar menakjubkan!!

Makanannya

Satu restoran lagi yang amat enak yang kami kunjungi di Tokyo adalah Ramen Mutekiya. Untuk ini, aku harus berterima-kasih kepada Jendluvu yang mem-posting cerita kunjunganya kesana yang menginspirasiku untuk mengunjunginya juga, haha😆 .

Restoran ramennya berlokasi di Ikebukuro dan tidak jauh dari stasiun JR Ikebukuro. Tidak sulit kok untuk menemukan restorannya; dan mungkin untuk memberikan petunjuk tempatnya dengan lebih detail daripada yang dituliskan Jen di posting-nya: lokasinya di seberangnya gedung Junkudo dan tepat berada di pojok perempatan utama dengan lampu merah.

Mutekiya Ramen was just accross this building
Ramen Mutekiya berada di seberang gedung ini

Kami tahu restoran ini amat terkenal sehingga kami memutuskan untuk datang awal saja jam 4:30 sore, berharap tidak ada antrian gitu. Tetapi ketika kami tiba jam 4:30 sore, antriannya sudah kayak gini dong:

The queue for Mutekiya Ramen at 4:30 PM
Antriannya Ramen Mutekiya jam 4:30 sore

Sial! Haha😆 .

Yang langsung kusuka dari restoran ini adalah tingkat efisiensinya. Waktu mengantri kami lumayan produktif karena sembari menunggu kami diminta untuk sekalian memesan makanannya. Jadilah ketika sudah di dalam kami tinggal duduk dan tidak lama kemudian pesanan kami langsung disajikan! Idenya bagus ya!

We ordered while queuing
Kami memesan makanannya sembari mengantri

Dan bagaimanakah ramennya? Well:

RAMENNYA. ENAK. BANGET.

Dari skala 0 sampai 10, aku beri nilai 11 deh! Beneran! Karena memang ramennya itu ENAAK BANGETT!! Semua elemen dari ramennya sungguh sempurna. Mienya. Kuahnya. Sayurannya. Potongan daging babinya. Semuanya! Kami memesan tiga jenis ramen, dan semuanya enak. Serius!

Three extremely delicious ramen at Mutekiya
Tiga ramen yang terlampau enak di Mutekiya

Jadi kalau akan berkunjung ke Tokyo (dan bisa makan makanan non-halal), ramen ini WAJIB untuk dikunjungi! Kalau aku kembali lagi ke Tokyo nanti kapan-kapan, aku yakin aku pasti akan mampir lagi!

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2015 Spring Trip:
– Hakodate
– Sapporo
– Otaru
– Kyoto
– Osaka

36 thoughts on “#1550 – 2015 Spring Trip (Part III: Tokyo (3))

  1. Walah. Gw pikir Shinkansennya bakalan gimana gitu beda dengan kereta di Eropa. Hihihi. Kalo gw yang naik sih bakalan wah woh kali ya Ko. Itu sistem restoran ramennya dipake sama beberapa resto di sini kalo pas ngantri banget. Sayang gak konsisten dipake terus. Nunggu ada antrian aja. Hihihi.

    1. Iya, dan interior di dalamnya masih lebih bagus kereta super cepatnya Eropa, hehehe🙂 .

      Sistemnya asyik ya kalo gitu. Jadi kan cepat dan efisien, haha.

  2. Wah, baru tahu kalo Sensoji ada gardennya dan cuma buka pas spring. Kalo tahu pasti pas tahun kemarin ke sana aku datangin tuh🙂 Bakal jadi list untuk next visit nih..Thank you infonya, Zilko🙂

    1. Iya, gunungnya cakep banget, terutama karena saljunya itu, hehehe😀 .

      Iyaa, ternyata ada yang gak enak juga. Kayaknya dapat “jackpot” sih ini kok kebetulan dapat yang nggak enak. Soalnya semua makanan yang aku makan di Jepang selain yang satu ini enak-enak semua lhoo, hahaha😆

    1. Bersih banget Non. Padahal disana jarang ada tempat sampah lho. Kata tour guide-nya sih karena memang budaya Jepang dimana sampah itu tanggung-jawab pribadi. Jadi sampah-sampahnya dibawa pulang oleh pemilik sampahnya dan trus dibuangnya di rumah masing-masing gitu deh. Hebat ya budayanya…

  3. Wow, pemandangannya cakep-cakep sekali. Saya suka ramen, jadi ramen asli di Jepang pasti akan sangat memuaskan. Apalagi kalau rasanya juara! Ngomong-ngomong soal antrian, antrian di sana pastinya lebih tertib ya kalau dibandingkan dengan antrian di Indonesia :hehe.
    It must be an unforgettable experience!

    1. Hehehe, aku justru dulu tidak suka ramen di Indonesia. Tapi ramen aslinya ternyata enaaak banget, hehehe🙂 . Oh, iya, antriannya tertib banget. Lebih tertib daripada orang Eropa malahan🙂 .

  4. woahh. makasih udah d mention.. hehe.. iyaa.. enak bngt yah si mutekiya.
    btw.. itu makan di kawaguchi, sebelum naik perahu? waktu itu aku makan disana juga, kyk foodcourt gt, tapi cobain katsu.nyaa.. lumayan enak lohh..
    aduhh.. gunung Fuji.nya cuakep bngt.. sayang bngt waktu itu typhoon. jadi ga bs liat. =(

    1. Iyaaa, Mutekiya juara banget Jen ramennya!!😀 Kalo gak baca postingmu itu aku nggak akan tahu lhoo, hahaha😀 .

      Iya, sebelum naik perahu, tapi restorannya kayaknya beda Jen. Yang ini bukan food court dan makannya di area yang pakai tatami gitu. Jadi kita disuruh duduk di tataminya dan langsung deh makanannya disediain.

      Hahaha, kemarin ini juga cuacanya pas nggak oke nih. Jadi kelihatan gunungnya ya cuma sekali itu aja sewaktu masih di Visitor Centre, haha😆

        1. Iya, ini masih untung paginya masih kelihatan Jen. Sorenya sudah nggak kelihatan sama sekali gara2 kabut, haha😆 . Iya, sayang banget makanannya nggak enak. Makanya di survey kepuasan pelanggannya aku tulis “very dissatisfied” untuk bagian makanannya, haha😆 .

  5. Gunung terkenal, cakep ya. Gunung aja bisa bejibun begitu pengunjungnya. Cara mereka berpromosi oke loh, pelayanannya tentu harus oke juga.
    Baru tau ada makanan jepang yang gak enak, hehe…

    1. Iya sakuranya itu bagussss banget. Mana dimana-mana lagi pohonnya!!! Keren banget dah! Tapi memang sih akibatnya tamannya jadi rame bener, hahaha😆 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s