Posted in PhD Life, Zilko's Life

#1549 – The Story This Week

ENGLISH

Let me bore you by sharing that this week has been another super busy week for me at work, haha😆 . But since being super busy at work seems to have become the norm now, so I can also say that this week has been a normal week for me at work, haha😆 .

On Thursday, the sponsor of my PhD project arranged a one day symposium in Utrecht, just like last year, which I had to attend. Well, what I had to do more than just attending it actually; in fact, I had to give a poster presentation during one session of the symposium.

Having to give a poster presentation meant that I had to prepare the poster before the symposium. There was a deadline for the poster which was on 8 April. But I would still be in Japan on 8 April for my conference and spring trip this year which basically meant that my deadline was actually before my departure day to Japan at the end of March. Which was fine. Except that at that time I also had to, obviously, prepare for my presentation in the conference while at the same time I was loaded with tons of TA duties in March as well. Oh, and I had a weekend trip in March too (the trip was fun of course)😛 . This made my March extremely hectic! Haha😆

Anyway, the presentation went okay. Btw now I feel like I like giving oral presentation better than poster presentation, haha😆 . With oral presentation I only need to go through the entire presentation once whereas with poster presentation, most of the time for sure I have to reexplain my poster many times, haha😆 .

Oh, one more thing that I learn from this symposium (and some incidents which occurred beforehand) is that sometimes we cannot be too nice, especially at work which involves several different parties each with their own interest. And I have a lot to improve in this department.

BAHASA INDONESIA

Aku akan menulis hal yang agak membosankan sekarang dengan menulis bahwa minggu ini telah menjadi minggu yang amat menyibukkan untukku di kantor, haha😆 . Tetapi karena kesibukan di kantor itu sepertinya sudah menjadi norma di kantor sekarang, jadi bisa juga sih aku tulis bahwa minggu ini adalah minggu yang biasa saja di kantor, haha😆 .

Di hari Kamis, sponsor proyek PhD (S3)-ku mengadakan sebuah seminar selama satu hari di Utrecht, ya sama lah seperti tahun lalu, yang harus aku hadiri. Ya, yang harus aku lakukan bukanlah sekedar menghadirinya sih; malahan, sebenarnya aku harus mempresentasikan sebuah poster di seminar ini.

Karena harus mempresentasikan sebuah poster, artinya posternya harus aku persiapkan dulu sebelum seminarnya dong ya. Ada deadline untuk posternya yaitu tanggal 8 April. Nah, masalahnya tanggal 8 April itu aku akan masih di Jepang untuk perjalanan konferensi dan musim semiku tahun ini yang mana artinya deadline untukku adalah sebelum keberangkatanku ke Jepang di akhir Maret dong ya. Nggak masalah sih. Masalahnya, waktu itu aku juga harus, jelas lah ya, mempersiapkan presentasiku di konferensinya sementara pada saat yang sama aku kebanjiran buanyak kewajiban TA (asistensi) di bulan Maret juga. Oh, dan tentu saja aku ada sebuah perjalanan akhir pekan di bulan Maret juga (perjalanannya sih seru banget)😛 . Jadi semua hal ini membuat bulan Maretku kemarin itu hectic banget deh! Haha😆

Anyway, presentasinya sih berlangsung lancar. Btw, sekarang rasanya aku lebih suka memberikan presentasi oral deh daripada poster, haha😆 . Setidaknya dengan presentasi oral aku hanya perlu melakukan presentasinya satu kali saja sementara dengan presentasi poster, seringnya aku harus mengulang-ulang penjelasan tentang posternya berkali-kali, haha😆 .

Oh, dan satu hal lagi yang aku pelajari dari seminar ini (dan beberapa kejadian yang terjadi sebelumnya) adalah bahwa terkadang kita tidak bisa bersikap baik, ramah, dan sopan loh, terutama di pekerjaan yang melibatkan beberapa pihak yang masing-masing memiliki kepentingan sendiri-sendiri. Dan aku masih harus banyak belajar deh di bidang ini.

31 thoughts on “#1549 – The Story This Week

    1. Hahaha, lagi banyak kerjaan Jo😛 . Iya, dan sebenarnya presentasi oral lebih memiliki impact dan lebih bergengsi daripada poster lho, hehe😀

  1. Wah sibuk banget Ko. Kebayang itu hecticnya bulan Maret akhir. DN yang lebih tricky kerja bareng orang kan emang gimana komunikasinya ya Ko. Jangan sampe karena terus ramah dan sopan malah diinjek-injek mulu. *95% curcol

    1. Iya, hectic banget bulan Maret kemarin. Mana di saat yang sama harus mempersiapkan trip-nya juga kan😛 .

      Iya, tetapi yang kasus di kerjaan ini maksudnya adalah hubungan dengan grup/perusahaan lain, hehe🙂 . Jadi lebih ke hubungan eksternal gitu deh😀 .

    1. Hahaha, maksudnya adalah ada beberapa situasi dimana kita nggak bisa bersikap baik dan sopan. Nanti kapan-kapan mungkin aku share disini deh, tapi mungkin aku password postingnya, haha😛 .

      1. Yah jangan di-password Ko, masih perlu belajar ttg internal kerjaan nih krn aku pikir ada bbrp hal yg ga sesuai hati nurani.
        Atau kasih password nya juga bisa kali ya 😉😝

        1. Hehehe, materinya nggak cocok untuk dituliskan di posting yang terbuka untuk umum Grace😉 . Oke deh, nanti aku kirim password-nya ke email🙂 .

    1. Iya kalau oral kan tinggal sekali presentasi aja di depan penonton. Kalau poster kita harus berdiri di samping posternya sepanjang sesi🙂 . Jadi setiap kali ada yang datang baisanya mereka minta dijelaskan kan, hehe🙂 . Thanks! Iya sih, mending sibuk ya daripada nganggur, haha😆

    1. Yaaa, kalau oral kan tentu kita sudah persiapkan dan latihan dulu kan, hehe🙂 . Plus kalau oral biasanya kan kita ada slide presentasinya juga🙂 .

Leave a Reply

