Posted in Life in Holland, Zilko's Life

#1542 – When There Were 31 Hours in One Day

ENGLISH

This Thursday was an interesting day for me. Interesting because I had

31 hours in one day

that day. And obviously the reason behind this was my westward flight from Osaka to Amsterdam.

That day, my flight took off from Osaka Kansai at 11:03 Japan time (GMT+9). The flight from Osaka to Amsterdam took approximately 11 hours and 17 minutes which covered a distance of 9250 kilometer. So 11 hours and 17 minutes later, I landed at Schiphol Airport in Amsterdam. The local time, however, was 15:20 Dutch time (GMT+1 with DST). Which means that it felt like I had just been flying for 4 hours and 17 minutes only! Hahaha😆 .

So in my life, on Thursday I spent 11 hours and 3 minutes in Japan, 11 hours and 17 minutes in the international air space, and 8 hours and 40 minutes in the Netherlands. Thus, my Thursday was 11:03 + 11:17 + 08:40 = 31:00.

So in literal sense, on Thursday I had the longest day of my life thus far!!

DST

The reason behind this was obviously the time difference between Japan and the Netherlands. Speaking of which, another reason I am very glad this trip was a spring trip spanning three weeks from March to April was that I gotta skip my less favorite DST (Daylight Saving Time) in the Netherlands in early April! Haha😆 .

That day, the time in the Netherlands was forwarded by one hour. So had I been in the Netherlands that day, I would have had only 23 hours in one day. And that would have suck because I don’t like it.

And this DST is the reason why the time difference between Japan (where DST is not observed now) and the Netherlands is now 7 hours even though the difference in the time zone, GMT-wise, is actually 8 hours.

A KLM's Boeing 777-300ER reg PH-BVG which brought me back to the Netherlands from Japan on Thursday.
A KLM’s Boeing 777-300ER reg PH-BVG which brought me back to the Netherlands from Japan on Thursday.

BAHASA INDONESIA

Hari Kamis yang lalu ini adalah hari yang menarik untukku. Menarik karena ada

31 jam dalam satu hari

hari itu. Dan penyebabnya sudah pasti penerbangan ke arah baratku dari Osaka ke Amsterdam.

Hari itu, penerbanganku lepas landas dari Osaka Kansai jam 11:03 pagi waktu Jepang (GMT+9). Penerbangan dari Osaka ke Amsterdam memakan waktu kurang lebih 11 jam 17 menit dengan menempuh jarak sejauh 9250 kilometer. Jadilah 11 jam 17 menit kemudian, aku mendarat di Bandara Schiphol di Amsterdam. Waktu setempat di Belanda waktu itu adalah jam 3:20 sore (GMT+1). Yang mana waktu itu rasanya seperti aku baru terbang selama 4 jam 17 menit aja dong ya! Hahaha😆

Jadilah di hidupku ini, di hari Kamis kemarin aku menghabiskan 11 jam 3 menit di Jepang, 11 jam 17 menit di ruang penerbangan internasional di udara, dan 8 jam 40 menit di Belanda. Jadi, totalnya hari Kamisku itu terdiri dari 11:03 + 11:17 + 08:40 = 31:00.

Jadi, dalam artian sebenarnya, hari Kamis yang lalu adalah hari terpanjangku seumur hidup sejauh ini!!

DST

Penyebab sebenarnya tentu adalah perbedaan waktu antara Jepang dan Belanda. Ngomong-ngomong, alasan lain aku senang banget perjalanan ini adalah perjalanan musim semi selama tiga minggu dari Maret ke April adalah aku bisa melewatkan penyesuaian DST (Daylight Saving Time) di Belanda yang kurang aku sukai di awal April! Haha😆 .

Hari itu, waktu di Belanda dimajukan satu jam. Jadi andaikan waktu itu aku berada di Belanda, hariku hanya akan sepanjang 23 jam saja. Dan itu tentu sangat menyebalkan sekali karena aku tidak menyukainya.

Dan DST ini adalah alasan mengapa perbedaan waktu antara Jepang (dimana DST tidak diterapkan) dan Belanda sekarang adalah 7 jam walaupun perbedaan dalam hal zona waktu (berdasarkan GMT) sebenarnya adalah 8 jam.

22 thoughts on “#1542 – When There Were 31 Hours in One Day

    1. DST itu penyesuaian waktu, hehe. Waktu yang sebenarnya di negara-negara dimana DST diterapkan biasanya adalah waktu musim dingin. Nah, di musim semi, waktu dimajukan satu jam sehingga matahari bersinar sampai “lebih malam” karena ini dianggap lebih baik untuk produktivitas penduduknya😀 . Akibatnya, di musim gugur, waktunya “dikembalikan” lagi ke sedia kala😀 .

  1. Oh kalau indo ma belanda sekarang kan cuma 5 jam berarti jepang ma belanda 7 jam.
    Mantap lamanya.
    Wah sayang aku ngak punya kawan di jepang,mau tau aja jepang ma indo itu selisih brapa jam ?

    1. Iya.

      Lah, itu sudah jelas kan Ri di komentarmu😀 . Kalau beda Indo dan Belanda 5 jam dan beda Jepang dan Belanda 7 jam, artinya beda Indo dan Jepang 2 jam kan, hehe. Eh, ini Indo maksudnya WIB ya😀 .

  2. Eh Jepang gak apply DST ya? Gw pikir setelah dikasih tahu soal DST kemaren semua negara 4 musim memberlakukan Ko.
    Itu keren banget ya sehari bisa 31 jam. bisa kerja agak lamaan dikit. Hihi..😀

    1. Iya, Jepang nggak pakai DST, hehe. DST setahuku pilihan negara setempat kok. Jadi nggak harus diterapkan, hehe. Sepertinya sih tergantung kebiasaan orang-orang di negara tersebut. Apakah lebih produktif jika bekerja pagi atau jika bekerja di malam hari, hehe😀 .

      Iya, keren dah 31 jam dalam sehari. Sayangnya nggak bisa dipake buat kerja soalnya capek (dan masih dalam rangka cuti juga kan itu jadi nggak kerja doong, haha😛 ).

    1. Hehe, untuk menyesuaikan sinar mataharinya aja kok agar lebih cocok untuk waktu bekerja masyarakat setempat🙂 . Maklum, di negara 4 musim lama siang dan malamnya kan berbeda di antara musim dingin dan musim panas🙂 .

  3. Iya ya, kalau dari waktu keknya cuma 4 jam-an terbangnya..hahah😀 Seru juga ya Ko kalo dijembrengin gini, jadi ketahuan detailnya knp bsia sampai 31 jam..haha

  4. Begitulah perbedaan waktu. Tapi mas zilko sudah mengalami menembus batas ruang dan waktu, dari negara ke negara. Great.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s