Posted in PhD Life, Zilko's Life

#1538 – With Great Power Comes Great Responsibility

ENGLISH

This semester, I am assigned as a TA in a Master-level course. This course will end with a written exam which will take place at the end of the semester (obviously). Okay, technically two final exams actually. The first one is the main exam while the second one is a resit exam meant for those who fail in the first exam or those who want to get better grades or those who cannot attend the first exam for whatever reason.

And then, it turned out that I would have to be involved in both exams. So when the course just began earlier this semester, I asked the professor when would these exams be. And she was like “Ok, let’s decide it together!”.

Here, ladies and gentlemen, for the first time ever in my life, I had the power to determine when an exam would take place! Haha😆 . Before I was always in a student position so I had to accept whatever the set date for the exam was. Or even if I was involved as a TA I did not have to deal with the exam (except the grading), I was never in a position to determine the date of an exam! And now, I did[1], muahaha😈 .

A few weeks later, the administrator of the courses sent us two suggested dates for the two exams. But then, it turned out that I was not fond of both dates (I already had a plan in my mind). So I said no and proposed two other dates. And both dates got approved, haha😆 .

Yeah, quite a funny feeling I must say🙂 . However, as Uncle Ben said,

“with great power comes great responsibility”.

Obviously I have some responsibility in this course as I am a TA of it. And for that responsibility, I am “given” more “power” to manage the course. Quite makes sense and natural, I think😉

BAHASA INDONESIA

Semester ini, aku ditugaskan menjadi TA di sebuah mata kuliah level Master (S2). Mata kuliah ini akan diakhiri dengan sebuah ujian tertulis yang diadakan di akhir semester (ya iya lah). Oke, secara teknis dua ujian sih sebenarnya. Yang pertama adalah ujian pertama sementara yang kedua adalah ujian resit bagi mereka yang tidak lulus di ujain pertama atau mereka yang ingin memperbaiki nilai atau mereka yang tidak bisa hadir di ujian pertama karena satu dan lain hal.

Dan kemudian, ternyata aku akan terlibat langsung di kedua ujian ini. Jadi ketika kelasnya baru dimulai awal semester ini, aku bertanya dong ke profesornya kapan ujiannya akan diadakan. Dan jawabannya adalah “Oke, mari kita tentukan bersama!”

Disini, saudara dan saudari sekalian, untuk pertama kalinya seumur hidup, aku memiliki kuasa (power) untuk menentukan kapan sebuah ujian akan berlangsung! Haha😆 Sebelumnya kan aku berada di posisi pelajar/mahasiswa gitu ya jadinya mau nggak mau harus terima-terima aja dong kapan ujiannya dijadwalkan. Atau kalaupun aku terlibat sebagai TA, aku tidak harus berurusan dengan ujiannya (kecuali mengoreksi doang) sehingga aku tidak pernah berada dalam posisi untuk menentukan tanggal ujian! Dan sekarang, aku berada di posisi itu loh[1], muahaha😈 .

Beberapa minggu kemudian, administrasi dari kelasnya mengirimkan dua tanggal usulan untuk kedua ujian ini. Nah, kebetulan, aku kurang suka dengan kedua tanggal ini (soalnya sudah ada rencana gitu deh di pikiran untuk kedua tanggal itu). Jadi aku berkata tidak dan mengusulkan dua tanggal lain. Dan kedua tanggal lain ini diterima, haha😆 .

Ya, rasanya lucu juga menurutku🙂 . Namun, seperti yang dibilang oleh Uncle Ben,

“with great power comes great responsibility”.

Jelas aku memiliki tanggung-jawab di kelas ini ya karena aku kan TA-nya gitu. Dan untuk tanggung-jawab itu, aku “diberikan” “kuasa” yang lebih untuk mengatur jalannya kuliah. Masuk akal dan alami memang yah😉

22 thoughts on “#1538 – With Great Power Comes Great Responsibility

  1. Hi..hi..aku juga lagi ngalamin gitu, Ko…kebetulan aku sekarang lagi jadi guru bahasa Jepang untuk calon trainee di kantorku yg mau dikirim ke Jepang. Dan setiap kali aku bilang besok ujian, wajah muridku tuh jadi pada kayak deg degan gitu…Jadi ingat waktu zaman kuliah atau sekolah dulu aku yg ada di posisi muridku sekarang..dan dulu juga gak pernah nyangka aku bisa di posisi jadi guru😀

    1. Grazie😀 . Iya, kalau disini akademiknya menyusun jadwal utama/kasarnya dan untuk detailnya sepertinya diserahkan ke dosen masing-masing🙂 . Umumnya sih begitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s