Posted in Asia Trip, East Asia, Vacation

#1535 – A Short Post from Tokyo

ENGLISH

Hi guys, I don’t have much time now but I would like to share a few of my experience in Tokyo lately…๐Ÿ™‚

Jetlagged

But first of all, let me tell you that my wish did not come true. Apparently I got a jetlag here๐Ÿ˜ฆ . And the problem was, not only that I had jetlag, it was quite the worse one. I have not had good longer than fourย consecutive hours of sleep in all the nights I have been in Tokyo๐Ÿ˜ฆ . It has been getting better though so this is a good sign, haha.

Anyway,

Please respect our custom

The Japanese is very proud of their culture and custom. And they, politely, ask foreigners to respect their custom. For instance, upon checking-in my hotel, the receptionist asked me to read this note:

Please respect our custom
Please respect our custom

Yes, they asked me to take my shoes off before entering the room because that was how things were done in Japan.

And no, it did not mean that I had to leave my shoes actually outside of the room. Just after the door,ย there was a small area where myย shoes could be taken off and there was a second door after that. What they meant by the room was behind this second door. It looked like this:

The footwear area just inside the hotel room
The footwear area just inside the hotel room

Wow! Honestly, even though it made entering and leaving my own hotel room a little bit more complicated than usual (๐Ÿ˜† ), it actually made me feel more like in Japan now!๐Ÿ™‚ Amazing! Btw, it was allowed to wear the hotel’s white sandals pictured above.

Tokyo Train and Metro Map

Anyway, my favorite way of going around when travelling to cities is definitely the public transportation. And being one of the biggest and most modern cities in the world, obviously Tokyo has a sophisticated public transportation system. And it is so sophisticated that the train and metro map of Tokyo looks like this:

The map of Tokyo's rail and metro.
The map of Tokyo’s rail and metro.

๐Ÿ˜†

I know it looks complicated. But actually, after knowing which is which, it is not that hard to read actually, haha๐Ÿ˜† .

I.Love.Tokyo

Anyway, to sum this post up: I. Love. Tokyo! From the moment I landed at Tokyo – Narita International Airport, I feel that I love this city! Really!! So many new things which I learned and experienced in this city!!

Sure most people are reluctant to speak English (They actually do understand English. But their perfectionist nature prevents them from speaking in English because they feel like they cannot speak perfect English. So they think it is better NOT to speak English), but even so, they are still very willing to help you. At least this has happened to me quite a lot during my not-so-long yet stay in the city. Obviously it is usually just small things; but sometimes small things like this are the one which matter, right?๐Ÿ˜‰

BAHASA INDONESIA

Halo semua, aku tidak memiliki banyak waktu nih, tetapi aku ingin menuliskan beberapa pengalamanku di Tokyo baru-baru ini…๐Ÿ™‚

Terkena Jetlag

Tetapi pertama-tama, aku perlu tulis dulu bahwaย harapankuย tidak terkabul dong. Ternyata aku terkenal jetlag jua disini๐Ÿ˜ฆ . Dan masalahnya adalah, bukan hanya aku terkena jetlag, jetlag-nya juga termasuk yang agak parah nih. Di semua malamku di Tokyo sejauh ini, aku belum pernah loh bisa tidur malam selama lebih dari empatย jam non-stop๐Ÿ˜ฆ . Makin kesini sudah makin agak mendingan sih tapinya, jadi ini adalah pertanda baik, haha.

Anyway,

Tolong hormati kebiasaan kami

Orang Jepang amat bangga dan menunjung tinggi adat istiadat dan kebiasaannya. Dan mereka meminta, dengan sopan, orang asing untuk menghormati kebiasaan mereka loh. Misalnya, ketika aku check-in di hotel, resepsionisnya meminta aku untuk membaca pesan berikut ini:

Please respect our custom
Tolong hormati kebiasaan kami

Ya, mereka memintaku untuk jangan lupa melepas sepatu sebelum memasuki ruangan karena memang seperti itu kebiasaannya di Jepang.

Dan tidak kok, bukan berarti aku harus meninggalkan sepatuku di luar kamar. Jadi ceritanya setelah pintu masuk ada sebuah area kecil dimana alas kakiku bisa dilepas dan ada pintu kedua setelah itu. Yang mereka maksud dengan ruangan adalah bagian setelah pintu kedua ini. Penampakannya seperti ini:

The footwear area just inside the hotel room
Area alas kaki di alam kamar hotel.

Wow! Sejujurnya, walaupun ini membuat proses masuk dan keluar kamar agak sedikit lebih merepotkan (haha๐Ÿ˜† ), ini membuatku merasa bahwa aku sedang berada di Jepang lho!๐Ÿ™‚ Beneran deh! Oh ya, di dalam kamar dibolehkan kok mengenakan sandal hotel yang berwarna putih tersebut.

Peta Kereta Api dan Metro di Tokyo

Ngomong-ngomong, mode transportasi favoritku ketika jalan-jalan ke kota besar adalah kendaraan umumnya. Dan sebagai salah satu kota terbesar dan termodern di dunia, jelas Tokyo memiliki sistem transportasi umum yang canggih dong ya. Nah, saking canggih-nya, peta kereta api dan metro di Tokyo itu kayak gini loh:

The map of Tokyo's rail and metro.
Peta kereta api dan metronya Tokyo.

๐Ÿ˜†

Ya, ya, sekilas memang nampaknya rumit ya. Tetapi sebenarnya setelah tahu ini itunya, sebenarnya petanya tidak sulit untuk dibaca kok, haha๐Ÿ˜† .

I.Love.Tokyo

Untuk menutup posting ini: Aku.Suka.Banget.Tokyo! Semenjak mendarat di Bandar Udara Internasional Tokyo – Narita, aku merasa bahwa aku memang menyukai kota ini! Banget!! Ada banyak hal baru yang aku pelajari dan lakukan disini!!

Memang sih kebanyakan orang disini pada enggan untuk berbicara dengan bahasa Inggris (Eh, sebenarnya mereka paham bahasa Inggris loh. Hanya saja, budaya Jepang yang serba perfeksionis membuat mereka merasa bahwa mereka tidak bisa berbicara dengan bahasa Inggris secara sempurna. Oleh akibatnya, mereka pikir lebih baik mereka TIDAK berbicara bahasa Inggris). Toh walaupun begitu, mereka masih sangat mau untuk menolong orang loh. Yaa, setidaknya ini yang terjadi beberapa kali kepadaku di masa tinggalku yang baru sebentar banget ini di Tokyo sih, hehe. Jelas ini hanya menyangkut hal-hal kecil saja; tetapi kadang justru hal-hal kecil begini yang bermakna bukan?๐Ÿ˜‰

27 thoughts on “#1535 – A Short Post from Tokyo

  1. Itu map nya ribet amaaat bacanya :O

    Btw aku ke Jepang taun 2003 dan merasa lost in translation, gak memorable banget deh semuanya serba hectic dan bikin aku pusing karena ga bisa bahasa Jepang. Sekarang kalau di jalan gitu udh banyak petunjuk bahasa Inggris belum Ko?

    1. Haha, sebenarnya nggak ribet kok Chris kalau sudah tahu selahnya๐Ÿ˜€ .

      Sekarang sebagian besar masih dalam bahasa Jepang sih. Tapi di Tokyo sendiri juga sudah ada beberapa dalam bahasa Inggris juga jadi membantu banget

  2. Hi…hi…aku gak pernah pake tuh peta kereta apinya kalau ke Jepang secara aku gak pernah bisa baca peta๐Ÿ˜€ Jadi kalau ke sana modalnya ya selalu nanya sama Pak Polisi atau petugas yang ada di sana..
    I really love Tokyo too and have a dream to live and work there someday..Aameen๐Ÿ™‚ And gara-gara tulisan I love Tokyo-nya Zilko jadi kepikiran nanti kunjungan berikutnya mau cari kaos dengan tulisan “I love Tokyo” deh di sana๐Ÿ™‚

      1. Biasa aku kalo mau pergi jalan-jalan, cari info dulu tentang kereta atau bisnya di internet trs catat nama-nama stasiun atau tempat pemberhentian bisnya..Biasanya sih syukur selalu tepat dan gak salah๐Ÿ™‚ Tp kalo masih belum jelas, baru deh nanya ke petugas stasiun atau polisi๐Ÿ™‚

  3. Keren ya Ko, dgn cara buka sepatu gitu beneran berasa banget ya Jepang nya๐Ÿ˜€ Dan peta nya itu emang njlimet yah..haha๐Ÿ˜€ Tapi sebagai orang Indonesia yg sudah terbiasa dgn segala sesuatu yg njlimet rasanya dijelasin dikit aja pasti lgsg paham ya Ko..hahahaha :p

    Smoga jetlag nya cepet ilang dan bisa bobo bablas malem nya yah๐Ÿ™‚

  4. kebiasaan buka sepatu sebelum masuk rumah mirip sama kebiasaan di Korea *akibat keseringan nonton drama korea*, dan petanya itu,ya ampun belom baca aja udah pusing duluan๐Ÿ˜‰

    1. Hahaha, tapi dulu di Korea di hotel nggak diminta untuk buka sepatu juga sewaktu masuk kamar, hihihi๐Ÿ˜€ . Haha, petanya sebenarnya nggak terlalu ribet kok kalau sudah tahu selahnya๐Ÿ˜›

  5. Bener bngt ko.. walaupun mrk ga bisa inggris. tp mrk helpful bngt dngn body language mrk, dan bs kdng anterin sama destinasi kalo dket2 aja.. hahaha. enjoy the rest of your time!

  6. Oh kalau aku perhatikan semua publik umum seperti sekolah siswa siswanya juga pada lepas sepatu dan ada loker khusus untuk tempat sepatu.
    begitu juga di rumah rumah di jepang sana kebanyakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s