Posted in EuroTrip, Vacation, Weekend Trip

#1532 – A Weekend Trip to Copenhagen

ENGLISH

Getting To/From There

Obviously I decided to fly with KLM to get to/from Copenhagen. To get there, I chose to fly with flight KL 1127 because the schedule was very convenient so that I could have lunch after arriving in Copenhagen. As usual, flight KL 1127 was operated with a Boeing 737-800. But I was so lucky today because out of KLM’s 25 Boeing 737-800s, they decided to deploy PH-BXA, which was nicknamed “Swan”, today for flight KL 1127. But how was I lucky with this? Well, because PH-BXA looked like this:

How PH-BXA looked from the outside
How PH-BXA looked from the outside

Yes!! PH-BXA was a retro jet[1]!! It was super cool, wasn’t it?😆

The flight took off from runway 36L of Amsterdam Schiphol Airport and landed 1 hour later at runway 04L of Copenhagen Kastrup Airport. Here is the landing video:

To get back to the Netherlands, I chose flight KL 1130 because it was the cheapest flight of the day, haha😆 . And the schedule was very convenient too!🙂 And just as usual, this flight was operated with KLM Cityhopper’s Fokker 70. This time, I got PH-WXD, a 20 year old Fokker 70, for my flight. The flight departed on time and took off from runway 04R of Copenhagen Kastrup Airport. About one hour later, we landed at runway 36R of Amsterdam Schiphol Airport. Here is the landing video:

The Kopdar[2] Story

Kutubuku and I decided to meet for a lunch in Tårnet, a new restaurant in the city center of Copenhagen. The restaurant was located inside the tower of the Christiansborg palace. To get in there, we must, first, pass a security check. And this was before we had to queue for the elevator, the only way to get up to the tower and there was just one elevator which could fit only eight people, lol😆 . And today was a busy day at the restaurant where we got stuck for a little bit at the security check because they needed to let some people out first.

A kopdar in Copenhagen!
A kopdar in Copenhagen!

Anyway, so we made it to the restaurant and got our table. You can find the story of the food below in the food section of this post😀 . The kopdar was so much fun btw! We just kept talking for the almost 2 hours that we were there!😀 At around 3:15 PM I had to leave because I must go to my friend’s place in the north part of Copenhagen.

So we left the restaurant and walked accross the city centre to go to Norreport station where I would take a local S-tog train service. And we split there. Well, thanks for the time, and I hope we can meet again!!😀

Copenhagen and Friends

Back to this statue again!!
The HC Andersen statue in Copenhagen

As I said before, the main agenda of this trip was to visit my friends who just had a baby this winter and to give the small present we (two other friends and I) had bought in India. And this was indeed the theme of the rest of the trip.

We did not do much in the first day because one of my friends twisted his ankle that day so he could not really walk. So we just stayed at their place for the rest of the day, which was also very fun because all we did was just talk, talk, and talk! You know, we haven’t met in quite awhile😆 . But I had to leave at around 10:30 PM because I needed to go back to my hostel to complete my check-in process (earlier that day apparently I was too early for check-in).

Copenhagen
Copenhagen

On the second day, we made a plan to meet at noon for a brunch my friend had booked in the Danish Architecture Centre. My plan for the morning was just to laze and got up a bit later. But it turned out that I couldn’t, lol😆 . I got up much earlier than planned so after showering I decided to walk around the city centre a little bit.

We met at the Danish Architecture Centre right on time at noon and we directly went to the second floor for the brunch. Again, the brunch story is below in the food section. After brunch, we went around the city centre. To me, there was nothing new because I already visited Copenhagen last year (except that this time we went into the Marble church where last year I just passed it by). But it was still very fun😀 .

Back to this famous statue again
The famous Den Lille Havfrue statue in Copenhagen

After visiting the famous Little Mermaid statue, we stopped by at a cafe. There, we celebrated the very important (for me, as a mathematician😛 ) Pi Day[3] this year where we ordered super delicious apple pies! Haha😆 . For dinner, we went to the Norrebro Byrghus where we had another amazing meal!

The Food

Smørrebrød

One thing which I missed on my trip to Copenhagen last year was the smørrebrød, the Danish sandwich. So that is why I immediately agreed to go to Tårnet for the kopdar because they provided smørrebrød for lunch. There was a lunch package for Dkk 275 (approx. €37) which consisted of two pre-chosen (by the chef) smørrebrød, a glass of beer, and a choice of tea or coffee. Today, the two pre-chosen smørrebrøds were a chicken and a tartar smørrebrød. And I ordered this.

Super delicious gourmet smorrebrod
Super delicious gourmet smørrebrød

And it turned out to be really delicious! I seriously loved it! I did not like the tartar steak I had in France but I loved this one they served in the smørrebrød! (Well, to be fair I think what made the difference was the mustard sauce though; I did not like the mustard sauce, not the steak itself). And everything was so tasty!

But then, it turned out that normally non-Danish people did not really like the smørrebrød (according to Kutubuku and my friends). So maybe I was an exception then? Lol😆 .

The Brunches

I had two brunches during my stay in Copenhagen this weekend.

Brunch #1 (the Danish Architecture Centre (story above))

A very nice buffet brunch
A very nice buffet brunch

The brunch was really good btw even though it was not “too” Danish in my opinion. They provided really delicious crispy bacon, and because it was a buffet brunch, basically there was an unlimited supply of it. And as a result, I ate like a lot of them, lol😆 .

Brunch #2 (Charlottenlund)

I had the second brunch on my last day in Copenhagen, in the morning before my flight back to the Netherlands. This brunch was much more Danish; and it was SO amazing! This photo described it much better than any words I could ever write:

An amazing Danish brunch!!
An amazing Danish brunch!!

Norrebro Byrghus

A delicious steak sandwich!!
A delicious steak sandwich!!

We had dinner at the Norrebro Byrghus in the region of Norrebro in Copenhagen. And it was also very good, even though it was a bit pricey as well, lol😆 . At first I was thinking of ordering the three course menu but then I realized it would be better to just buy the a la carte one (as it was cheaper as well). I ordered fried vegetable chips as an appetizer, a very delicious steak sandwich for the main course, and a blood orange sorbet as the dessert. Oh, each of us also ordered a beer package consisting of four different beers🙂

BAHASA INDONESIA

Pergi ke/dari Copenhagen

Jelas aku memutuskan untuk terbang dengan KLM untuk pergi ke/dari Copenhagen. Untuk keberangkatannya, aku memutuskan untuk terbang dengan penerbangan KL 1127 karena jadwalnya sungguh nyaman dimana aku masih bisa makan siang setelah tiba di Copenhagen. Seperti biasa, penerbangan KL 1127 dioperasikan dengan sebuah Boeing 737-800. Tetapi kali ini aku beruntung karena dari 25 pesawat Boeing 737-800 yang dimiliki KLM, mereka memutuskan untuk menggunakan PH-BXA, yang diberi nama “Swan/Angsa”, untuk penerbangan KL 1127 hari ini. Lah, beruntungnya gimana? Yaa, karena penampakannya PH-BXA itu seperti ini:

How PH-BXA looked from the outside
Penampakan PH-BXA dari luar

Iya!! PH-BXA adalah sebuah retro jet[1]!! Keren kan ya? Haha :lol:

Penerbangannya lepas landas dari landasan pacu 36L Bandara Amsterdam Schiphol dan mendarat sekitar 1 jam kemudian di landasan pacu 04L Bandara Kastrup di Copenhagen. Berikut ini video pendaratannya:

Untuk kembali ke Belanda, aku memutuskan naik penerbangan KL 1130 karena penerbangan ini adalah yang termurah untuk hari itu, haha😆 . Dan kebetulan jadwal penerbangannya juga enak!🙂 Dan seperti biasa, penerbangan ini dioperasikan dengan sebuah Fokker 70 milik KLM Cityhopper. Kali ini, mereka menggunakan PH-WXD yang sudah berumur 20 tahun untuk penerbangan ini. Penerbangannya berangkat tepat waktu dan lepas landas dari landasan pacu 04R Bandara Kastrup di Copenhagen. Sekitar satu jam kemudian, kami mendarat di landasan pacu 36R Bandara Amsterdam Schiphol. Berikut ini video pendaratannya:

Cerita Kopdar

Kutubuku dan aku memutuskan untuk kopdaran sambil makan siang di Tårnet, sebuah restoran yang baru di pusat kota Copenhagen. Restorannya sendiri terletak di dalam menaranya Istana Christianbsborg. Untuk naik kesana, pertama-tama kami harus melewati pemeriksaan sekuriti terlebih dahulu. Dan kemudian, kami harus mengantri untuk naik lift, yang mana hanya ada satu lift dan hanya muat delapan orang saja, haha😆 . Dan hari ini kebetulan adalah hari yang sibuk di restorannya sehingga kami harus menunggu dulu di tempat pemeriksaan sekuritinya karena mereka harus menunggu beberapa orang keluar dari restorannya dulu.

A kopdar in Copenhagen!
Kopdaran di Copenhagen!

Singkat cerita, kami sampai juga di restorannya dan mendapatkan meja kami. Cerita makanannya aku tulis di bawah ya di bagian makanan dari posting ini😀 . Kopdarnya sendiri berlangsung seru dimana kami ngobrol terus selama hampir 2 jam hari itu,😀 . Sekitar jam 3:15 sore, aku harus pergi karena sudah ada janji untuk ke tempat temanku di Copenhagen utara.

Jadi kami meninggalkan restorannya dan berjalan menyebrangi pusat kotanya untuk pergi ke stasiun Norreport dimana aku akan naik kereta lokal S-tog. Dan kami berpisah disana. Trims banyak atas waktunya, dan mudah-mudahan kita bisa bertemu kembali!!😀

Copenhagen dan Teman-Teman

Back to this statue again!!
Patung HC Andersen di Copenhagen

Seperti yang aku bilang sebelumnya, agenda utama perjalanan ini adalah mengunjungi temanku yang baru saja melahirkan musim dingin lalu dan memberikan kado kecil yang kami (aku dan dua orang teman) beli di India. Dan memang inilah tema dari sisa perjalanan ini.

Kami tidak pergi kemana-mana di hari pertama karena pergelangan kakinya salah satu temanku terpelintir sehingga ia tidak bisa berjalan. Jadilah kami santai-santai aja di rumahnya mereka sepanjang sisa hari itu, yang mana seru juga karena kami bisa ngobrol terus dengan bebas! Tahu kan, sudah lama lho kami nggak bertemu, haha😆 . Tetapi aku harus pergi sekitar jam 10:30 malam karena aku harus kembali ke hostelku untuk menyelesaikan proses check-in-nya (siangnya aku sudah kesana tetapi ternyata waktu itu masih terlalu awal untuk check-in).

Copenhagen
Copenhagen

Di hari kedua, kami membuat rencana untuk brunch bareng jam 12 siang di sebuah kafe di Pusat Arsitektur Denmark. Rencanaku adalah bangun siang pagi itu dan santai-santai aja. Tetapi aku nggak bisa dong, haha😆 . Aku bangun terlalu pagi dan jadilah setelah mandi, aku berjalan-jalan aja mengelilingi kotanya.

Kami bertemu di Pusat Arsitektur Denmark tepat waktu jam 12 siang dan langsung kami naik ke lantai dua untuk brunch. Lagi, cerita brunch-nya ada di bawah ya. Setelah brunch, kami berkeliling pusat kotanya. Untukku, tidak ada yang baru sih karena aku sudah pernah mengunjungi Copenhagen tahun lalu (kecuali bahwa tahun ini kami masuk ke Gereja Marmer-nya dimana tahun lalu aku cuma lewat doang). Tetapi masih seru-seru aja kok😀 .

Back to this famous statue again
Patung Den Lille Havfrue yang super terkenal itu di Copenhagen

Setelah mengunjungi Patung Little Mermaid yang super terkenal itu, kami mampir di sebuah kafe. Disana, kami merayakan Hari Pi[2] tahun ini yang amat penting itu (penting untuk aku sih, sebagai matematikawan😛 ) dengan sebuah apple pie yang enak banget! Haha😆 . Untuk makan malam, kami pergi ke Norrebro Byrghus dimana makanannya enaak!

Makanannya

Smørrebrød

Satu hal yang aku sesalkan dari perjalananku ke Copenhagen tahun lalu adalah melewatkan untuk makan smørrebrød, sandwich ala Denmark. Jadi itulah mengapa aku langsung setuju untuk makan siang di Tårnet untuk kopdar karena restoran ini menyediakan smørrebrød untuk makan siang. Ada paket makan siang seharga Dkk 275 (sekitar Rp 515.000,-) yang terdiri atas dua macam smørrebrød yang sudah ditentukan (oleh chef-nya), segelas bir, dan teh atau kopi. Hari ini, dua smørrebrøds yang telah ditentukan adalah smørrebrød ayam dan smørrebrød tartar. Dan aku memilih paket ini.

Super delicious gourmet smorrebrod
Gourmet smørrebrød yang enak banget

Dan ternyata memang enak banget lho! Aku beneran suka banget deh! Aku tidak suka steak tartar di Prancis tetapi aku suka yang mereka sajikan dengan smørrebrød-nya ini! (Eh, tetapi sebenarnya perbedaannya adalah saus mustard-nya sih; karena aku tidak suka sausnya ini, bukan steaknya, haha). Dan semuanya rasanya enaak!

Tetapi kemudian, ternyata umumnya yang bukan orang Denmark pada tidak suka (menurut Kutubuku dan teman-temanku). Jadi mungkin aku adalah pengecualian kali yah? Hahaha😆 .

Brunch

Dua kali aku makan brunch di Copenhagen akhir pekan ini.

Brunch #1 (Pusat Arsitektur Denmark (cerita di atas)) 

A very nice buffet brunch
Brunch model buffet

Brunch-nya sendiri enak walaupun menurutku sih nggak “terlalu” Denmark. Mereka juga menyediakan bacon crispy yang mana enak banget loh. Dan karena brunch-nya bermodel buffet, jadilah pada dasarnya bacon itu tak terbatas jumlahnya. Akibatnya, aku makan banyak banget deh, hahaha😆 .

Brunch #2 (Charlottenlund)

Brunch kedua adalah di hari terakhirku di Copenhagen,  di pagi harinya sebelum aku kembali ke Belanda. Nah, brunch yang kali ini Denmark banget nih; dan memang enak BANGET! Foto berikut ini mendeskripsikannya jauh lebih baik daripada kata-kata deh:

An amazing Danish brunch!!
Brunch ala Denmark yang enak banget!!

Norrebro Byrghus

A delicious steak sandwich!!
Steak sandwich yang enak banget!!

Kami makan malam di Norrebro Byrghus di daerah Norrebro di Copenhagen. Dan makanannya memang enak-enak, walau menurutku mahal sih harganya, haha😆 . Awalnya aku berpikir untuk memesan menu three course-nya deh tetapi setelah dipikir-pikir, rasanya lebih mending beli menu yang a la carte saja (yang mana juga jatuhnya lebih murah). Aku memesan sayuran digoreng model chips untuk makanan pembuka, sebuah steak sandwich yang enak banget untuk makanan utama, dan blood orange sorbet (agak awkward rasanya untuk menerjemahkan nama ini ke bahasa Indonesia😛 ) sebagai pencuci mulut. Oh, masing-masing dari kami juga memesan paket bir yang terdiri dari empat macam bir🙂

55 thoughts on “#1532 – A Weekend Trip to Copenhagen

  1. Waduh sedih banget temenmu itu pergelangan kakinya sakit😦 . Oya zi paket makannya lumayan mahal juga ya kalau dikonversi ke rupiah hehe. pas datang mesti laper bener itu

    1. Noni, harga2 di Skandinavia (Denmark, Sweden, Norway) memang relatif mahal dibanding di Eropa lainnya🙂

      Itu disini kelasnya masih biasa aja sih restorannya🙂

    2. Iya, untungnya besoknya sudah mendingan Non soalnya seharian itu dia istirahat aja di rumah, hehehe🙂 .

      Iya, harga-harga Skandinavia memang mahal-mahal Non. Dikonversi ke euro pun jatuhnya (menurutku) masih lumayan mahal loh. Apalagi kalau dikonversi ke rupiah ya, haha😆 .

      Iyaa, pas datang memang laper berat dan udah pengen makan smorrebrod😀

      1. Btw nyobain aebleskiver ngga? itu kalo ga salah makanan sana deh.. snack gitu kan ya. Dulu waktu ke Solvang di California yang katanya sister city nya Copenhagen, aebleskiver dijual dimana mana.. aku suka banget! hehe

            1. Solvang itu bukan sister citynya Kopenhagen, tapi hanya dibikin begitu karena banyak orang keturunan Danish disana. Emang kota turistik sih🙂

            2. Oalaahh… baru tau lagi. Jadi begitu toh kisahnya. Iya, bagus banget dan langsung berasa kayak di Eropa padalah lagi di tengah2 antah berantah California hehe

        1. Begitulah😀 . Enak di lidah, pahit di dompet, hahaha😆 .

          Tapi ya memang harga-harga disana segituan sih. Negara-negara Skandinavia memang tergolong mahal-mahal, termasuk untuk ukuran Eropa.

  2. Mahal ya makananya. hehehe. oh iya mas saya mau tanya2 utk kuliah di UT Delft bisa minta alamat email mas zilko?

  3. Thanks for the meet up! We should do another lunch / food exploring next time you’re here! There are lots of authentic smørrebrød restaurants around the city, and other Danish food you haven’t tried yet, like stegte flæsk with persillesovs (Fried pork with parsley cream sauce)😛

    By the way Tårnet is spelled Taarnet in English because of the a with the dot, just like Aarhus / Århus and Aalborg / Ålborg😛

    1. You’re welcome! And thanks for the time as well!!😀 Yup, we definitely should!😀

      Thanks for the correction. At the time of writing this post I was too lazy to look for the correct “umlaut” å hence I just wrote it as “a”😆😛 .

    1. Begitulah, ia memang pengarang cerita anak-anak yang super terkenal, hehehe🙂 .

      Iya, makanannya enak-enak. Dan mengenai harga, negara-negara Skandinavia memang terkenal akan harga-harganya yang mahal (termasuk untuk ukuran Eropa🙂 )

  4. Kelihatan Ko makanannya enaaakk😀 Harga paketan makanannya lumayan ya Ko kalo dirupiahin😀

    Ada satu nama tempat di Kotamobagu namanya Kopandakan, tapi sama org sana sering dipanggil Copenhagen..hihihi.. *jadi inget aja pas baca tujuan tripnya*

    1. Iya Py, memang enak-enak banget!😀 Haha, kalau dieuro-in pun jatuhnya masih lumayan mahal Py menurutku. Apalagi kalau dirupiahin ya, haha. Tapi ya memang harga-harga di Skandinavia memang begitu sih. Apa-apa harganya tinggi termasuk untuk ukuran Eropa, hehe😀 .

      Hahaha, iya juga ya. Kopandakan kalau sekilas memang terdengar kayak “Kopenhagen”, hahaha😆 .

    1. Hahaha, kapan hari katanya rankingnya sedikit turun Fe. Jadi nomor 2 atau 3 gitu dah, hahaha😆 . Yaaaa, tetap aja lah yaa😀 . Tapi harganya itu lhoooo, hahaha😆 .

  5. Wah ini ya cerita kopdaran sama Mbak Evanya.
    Seruuu. Gw gak kebayang deh makan di tempat yang terbaik di dunia meskipun rankingnya gak nomor satu lagi.

    1. Brunch adalah istilah untuk sarapan yang telat sehingga digabungkan dengan makan siang, sehingga BReakfast+lUNCH = BRUNCH🙂 . Jadi makanan yang dimakan apa ya tergantung orangnya, hehehe

      1. OMG……Jadi BRUNCH adalah gabungan dari Sarapan dan makan siang? Baru tahu gue. Huft…….#menghela nafas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s