Posted in PhD Life, Zilko's Life

#1528 – Some March Stories

ENGLISH

Spring is around the corner

… so it means the day is getting longer now, yay!!

And I love it!!🙂 Longer day means better productivity (for me), better mood, and it makes it even much easier to get up early in the morning, hahaha😆 . The very long day with sunlight is definitely my favorite feature of summer here (while I don’t really like the heat btw).

Holiday Allowance this year

Anyway, to make this my posting ritual in March (lol😆 ), now it is time to reveal how many days of holiday allowance which I am entitled to this year, haha😆 . If in 2013 (the first year I was fully employed by TU Delft) I received 44 days of leaves allowance and last year I got 48 days of leaves allowance, so how many days do I get this year? Well, ladies and gentlemen, this year, I got 50 days of leaves allowance (okay technically 50.25 days to be precise)! Yeaaah! Hahaha😆 .

But unlike the previous two years where the amount of leaves allowance was a lot that I felt like I could “sell” some of them for an extra income (whose tax was so huge btw because it counted as bonus), this year I feel like I will need all of them, haha😆 . Yup, this implies that I have a few trips planned in my mind for myself to take this year. But this, of course, includes my 2014 year end trip to India earlier this year where I used 6 days of my holiday allowance already this year and my upcoming trip to Japan where I plan to extend my stay there for a Spring trip😀 . And there will be 2 days in May where I am forced to use 2 days of my allowance so obviously I am left with no other option than making use of it and will travel somewhere for a short trip. I have chosen the destination btw, as I have bought my ticket and booked my hotel there. But as usual, I feel like being mysterious now and won’t reveal the destination yet at the moment, haha🙂 .

BAHASA INDONESIA

Musim Semi segera datang

… jadi artinya siang hari akan menjadi semakin panjang dong ya, hore!!

Aku suka banget deh!!🙂 Siang yang panjang artinya produktivitas yang lebih baik (untukku), mood yang lebih enak, dan jadi jauh lebih mudah loh untuk bangun pagi, hahaha😆 . Hari yang panjang dengan sinar matahari adalah fitur musim panas favoritku disini (kalau panasnya sendiri sih aku kurang suka btw).

Jatah cuti tahun ini

Ngomong-ngomong, untuk sekalian membuat posting ini adalah ritual untuk ditulis di bulan Maret (haha😆 ), sekarang adalah waktunya untuk menuliskan berapa banyak jatah cutiku tahun ini, haha😆 . Jika di tahun 2013 (tahun pertama dimana selama setahun penuh aku adalah karyawannya TU Delft) aku mendapatkan jatah cuti sebanyak 44 hari kerja dan tahun lalu aku mendapatkan jatah cuti sebanyak 48 hari kerja, berapakah yang aku dapatkan tahun ini? Yak, saudara dan saudari sekalian, tahun ini aku mendapatkan jatah cuti sebanyak 50 hari kerja loh (oke, sebenarnya 50,25 hari kerja sih tepatnya)! Horeee! Hahaha😆 .

Tetapi tidak seperti dua tahun sebelumnya dimana jumlah jatah cutiku itu rasanya banyak banget sehingga aku merasa aku bisa “menjual” beberapa di antaranya untuk mendapatkan pendapatan tambahan (yang mana pajaknya gede banget loh untuk ini karena terhitung sebagai bonus), tahun ini kok rasanya aku akan membutuhkan semuanya ya, haha😆 . Yup, ketahuan deh tahun ini memang sudah ada beberapa rencana perjalanan yang aku buat di pikiran ini, haha. Eh, tetapi jelas ini termasuk perjalanan akhir tahun 2014-ku ke India awal tahun ini dimana aku menggunakan 6 hari jatah cutiku untuk itu dan perjalananku yang akan datang ke Jepang ini dimana aku berencana untuk extend masa tinggalku disana untuk liburan musim semi😀 . Dan akan ada 2 hari di bulan Mei dimana aku wajib menggunakan 2 hari jatah cuti sehingga artinya aku mau tidak mau harus memanfaatkannya dong ya dan akan jalan-jalan untuk sebuah perjalanan singkat. Aku sudah memilih destinasinya sih btw, karena aku sudah membeli tiket pesawatku kesana dan memesan hotelnya juga. Tetapi seperti biasa, rasanya aku ingin misterius gitu dimana tempat tujuannya tidak aku ungkapkan dulu sekarang, haha🙂 .

34 thoughts on “#1528 – Some March Stories

  1. Wow wow 50 hari selama setahun mantap kalau disini mengabdi beberapa puluh tahun baru dapat cuti sebanyak itu.

    ampun ampun pindah ah kebelanda cari kerja disana.

    1. Hahaha, begitulah Ri. Ini sebanyak ini juga karena aku kerja di universitas. Setahuku rata-rata di perusahaan lain nggak sebanyak ini memang jatah cutinya😀 . Tapi tetap lumayan lah, hehehe🙂 .

    1. Begitulah. Tetapi setahuku (kalo nggak salah) jatah cuti basis untuk universitas memang lebih tinggi daripada rata-rata? Atau ini hanya karena ada ADV-dagen ya? Haha😀 . Soalnya waktu baru mulai dulu sekretaris jurusanku menyarankan untuk mengambil jam kontrak kerja mingguan agak panjangan dikit (dari 38 jam jadi 40 jam per minggu) jadi dapat jatah cutinya lebih banyak, haha😆 .

      Iya, enak ya jatah cutinya banyak gini. Jatah cuti itu enaknya kan kita bisa ambil suka-suka kita. Jadi liburannya nggak harus bergantung sama tanggal merah kan? Hahahaha😀 .

    1. Engga harus diambil kok. Kalau mau bisa “dijual” juga lho dan kita dapat pendapatan ekstra dari itu. Tapi pajaknya gedeeee, hahaha😆 . Dan kalau ada sisa, kalau kurang dari sekian hari, bisa dimasukin ke jatah cuti tahun selanjutnya. Enak ya😀 .

      Yang sebaliknya juga berlaku. Kalau merasa kurang, kita bisa “beli” jatah cuti juga. Belinya dengan cara potong gaji/bonus gitu sih, haha.

    1. Iya, enaknya kerja di universitas memang begitu😀 . Tapi nggak tahu sih ini sebanyak ini untuk semua karyawan atau untuk staf akademik aja😛 . Iya, setahuku rata-rata di perusahaan-perusahaan disini juga sekitar segituan jatah cutinya😀 .

  2. Zilkooooo… Envy ihhhh… Aku baru ajamengajukan jatah cutiku ditahun ini buat jalan2 dan langsung habis. Karena cuma dpt cuti 8 hari kerjaaa 😭😭😭😭😭

    1. Hahaha, mungkin begitu😛.

      Sudah ada rencana doong. Mei sudah ada weekend trip, Juni juga begitu, Juli sudah ada di pikiran tapi belum beli tiketnya😛 , dan Agustus juga udah ada. Dan untuk akhir tahun juga sudah ada di pikiran tapi jelas masih belum beli tiketnya juga😀 . Huaa, banyak gini rencananya, hahaha😆 .

  3. wowww.. 50 hari.. gilee.. disini sihh 18 hari aja udah luxury bngt.. yg lain cuman dpt 12-14 biasa.nyaa.. you have to be thankful man! haha.. tapi harusnya emang kyk gt yah yg bener.. kyk si mba nadia bilang.. baru bs appy life-work balance.. haha

    1. Hahaha, thankful banget sama jatah cuti ini,😆 .

      Memang disini standar jatah cutinya lebih banyak daripada di Indonesia ya. Kalau di perusahaan-perusahaan gitu walaupun nggak sampei 40 atau 50 hari jatah cutinya, setahuku mereka memberikan di kisaran 25 – 30an hari (soalnya ada aturan dari pemerintahnya ini). Tetap lumayan lah ya, hehehe🙂 .

      1. iya.. lumayand bngt.. sbenernya paling kasian itu di singapore. haha.. kalo staff kontrak, cuman dapet 7 hari cuti.. kalo confirm baru dpt 12-14 atau lebih tergantung kebijakan company.. di indo, setidaknya libur lebaran agak lama, dan bnyk hari kejepit.nyaa. haha.. jadi kalo di hitung2, mungkin paling bnyk libur.nya di south east asia. ahahha.

        1. Wah, di Singapore begitu ya ternyata😀 . Good to know😀 .

          Iya, di Indo memang enaknya tanggal merahnya banyak bener dan sering ada hari kejepit. Plus kalau Lebaran lumayan lama kan ya liburnya, hehe. Kalau disini tanggal merahnya agak jarang (dan kebanyakan terkonsentrasi di setengah tahun pertama). Jadi terkompensasi deh dengan jatah cuti yang agak banyakan😛 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s