Posted in PhD Life, Zilko's Life

#1526 – March and TA

ENGLISH

Seriously, I can’t believe we are already into the first week of March; even actually at the end of it! This year has been flying really fast!

I believe part of it was because I have been very busy at work too, haha. Okay, in fact, the one and a half year of my work has been very busy and more intense. You know, just the reality of doing a PhD, haha.

Now, speaking about work, especially this month of March is also a very crowded month for me. Crowded as in the sense that there are a few many TA (teaching assistant) duties which I am appointed to that I must handle this month.

Btw, before getting there, here is a bit of a background story about my TA duty this semester. Last year in July, a professor in my group asked me to be the TA on her Master-level course in the summer semester (this semester). I said okay because it was part of my contract anyway and a Master-level course would definitely be much more interesting and challenging to be a TA on than the usual Bachelor-level courses, right?

But of course this was under one condition, that the professor would let the coordinator know that I was a TA in her course so the coordinator would not assign me in other courses. Otherwise, my teaching workload would have been too much while I obviously still had my own project to work and spend my time on. She did, and at that time there was an agreement that this Master course would be the only course I was TA-ing this semester.

However, earlier in January, while I was still in Delhi in India (luckily at that time once I felt like checking my working email. I don’t recommend this btw), another professor sent my TA schedule this semester on a course which was not the Master-level course I was talking above. This course was a Bachelor-level course btw.

Obviously I complained. But then, after a few email exchanges, they (the professors and the coordinator) said that after checking and calculating the workload, even with these two TA appointments, it was still within my contractual teaching workload, at least on paper. So they said sorry that I would still have to do both this semester, but promised that there would be no more TA duty for me other than these two. Haha…

Oh, and btw, I do not get paid extra for this TA duty, at all, btw, as it is already part of my contract.

I really feel that at the moment TU Delft is growing so fast, especially in the Bachelor level where the number of students is increasing. The problem is, the number of teaching staffs and the rooms are limited. Therefore, now they have no other choice than maximizing the potential workforce that they have in the university, including myself, in order to keep the education part of the university going.

I enjoy teaching btw. So honestly, actually I am fine with the TA duty which I am appointed to this semester. However, I must also think more practically about the current state of my PhD research too, where now is in its peak in term of the busyness, pressure, and complexity. As much as I love teaching, it still takes some time, some of my precious time (and energy too).

Btw, back to my TA duty this March. On top of my weekly TA duty for the Master-level course, I am assigned in seven meetings in the Bachelor-level course this month only (seriously). And each meeting takes four hours to complete!😯 Haha😆 . Now I need to be discipline and careful with my time management so that my TA duty is all fulfilled and I still get progress on my own research.

I had one TA duty in this building earlier this week.
I had one TA duty in this building earlier this week.

BAHASA INDONESIA

Beneran loh, aku nggak bisa percaya bahwa sekarang sudah minggu pertama di bulan Maret; bahkan sudah di akhir minggu pertama itu! Tahun ini benar-benar sudah berlalu begitu cepatnya!

Aku duga salah satu penyebabnya adalah karena aku sibuk banget di kantor, haha. Oke, memang sih, satu setengah tahun belakangan ini memang pekerjaanku sudah semakin menyibukkan dan semakin intens. Tahu lah, realita studi S3 memang seperti ini, haha.

Nah, mumpung lagi ngomongin kerjaan, bulan Maret ini jugalah sebuah bulan yang ramai untukku. Ramai dalam artian ada beberapa banyak tugas TA (teaching assistant/asistensi) yang harus aku lakukan bulan ini.

Btw, sebelum kesana, berikut ini sebuah cerita latar belakang penugasan TAku untuk semester ini. Tahun lalu di bulan Juli, seorang profesor di grupku memintaku untuk menjadi TA di sebuah mata kuliah level Master (S2) yang akan ia ampu di semester genap (semester musim panas/semester ini). Aku setuju karena toh ini memang bagian dari kontrakku dan karena menjadi TA di mata kuliah level S2 itu lebih menarik dan menantang daripada di mata kuliah-mata kuliah level S1 seperti yang sebelum-sebelumnya dong ya?

Tetapi tentu saja ini di bawah satu persyaratan, dimana profesornya akan memberi-tahu koordinator bahwa aku akan menjadi TA di kelasnya sehingga koordinatornya tidak akan menugaskanku di kelas lain. Kalau tidak, beban kerja mengajarku jadi terlalu banyak dong ya padahal kan aku masih memiliki pekerjaanku sendiri yang harus aku selesaikan. Profesornya melaporkannya ke koordinatornya, dan waktu itu perjanjiannya adalah mata kuliah level S2 ini adalah satu-satunya mata kuliah yang mana aku menjadi TAnya semester ini.

Namun, awal Januari lalu, sewaktu aku masih berada di Delhi di India (untungnya waktu itu aku iseng mengecek email pekerjaanku. Eh, ini tidak aku rekomendasikan loh btw), seorang profesor lain mengirimkan jadwal TA semester ini untukku yang mana bukan untuk mata kuliah S2 yang aku sebutkan di atas. Ini adalah di sebuah kelas level S1.

Jelas dong aku komplain. Tetapi kemudian, setelah beberapa percakapan melalui email, mereka (profesornya dan koordinator) berkata bahwa setelah pengecekan dan penghitungan jam beban kerjaku, bahkan dengan dua penugasan TA ini, semuanya masih sesuai dengan kontrak dalam hal beban kerja, setidaknya di atas kertas. Jadilah mereka berkata maaf bahwa aku masih harus mengerjakan keduanya semester ini, tetapi berjanji bahwa semester ini tidak akan ada lagi tugas TA lain untukku selain yang dua ini. Haha…

Oh, dan btw, aku sama sekali tidak mendapatkan bayaran ekstra sepeser pun loh dengan penugasan TA ini; karena penugasan ini sudah termasuk dalam kontrakku.

Kini aku benar-benar merasakan deh bahwa TU Delft itu berkembang dengan cepat, terutama di level S1 dimana jumlah mahasiswanya naik banyak. Masalahnya adalah, jumlah tenaga pengajarnya dan ruangannya terbatas. Sebagai akibatnya, mereka sekarang tidak memiliki pilihan lain selain memaksimalkan tenaga kerja mereka di dalam universitas, termasuk aku, agar bagian edukasi dari universitasnya terus berjalan.

Aku amat menikmati yang namanya mengajar btw. Jadi sejujurnya, sebenarnya aku sih fine-fine aja dengan kedua penugasan TAku semester ini. Namun, aku harus realistis juga dong ya terutama berkaitan dengan riset S3-ku sendiri dimana sekarang ini mungkin sedang berada di puncaknya. Puncak dalam artian puncak kesibukan, tekanan, dan kekompleksannya. Jadi walaupun aku suka yang namanya mengajar, mengajar itu juga memakan waktu, waktu (dan tenaga)-ku yang berharga.

Btw, kembali ke cerita penugasan TAku bulan Maret ini. Di samping penugasan TA di level S2-ku setiap mingu, bulan ini aku ditugaskan di tujuh pertemuan di sebuah kelas level S1. Tujuh pertemuan itu bulan ini aja loh (beneran deh). Dan masing-masing pertemuan memakan waktu empat jam!😯 Haha😆 . Yaa, sekarang ini aku benar-benar harus disiplin dan berhati-hati dengan manajemen waktuku agar penugasan TAku berlangsung lancar dan juga mendapatkan kemajuan di risetku sendiri.

33 thoughts on “#1526 – March and TA

    1. Yaaa, kalau kita sudah sampai tahap “mengajar” seharusnya materi yang diajarkan tentu sudah kita kuasai dong ya, hehe😀 .

      Iya nih, karena sudah termasuk kontrak jadi nggak dapat honor tambahan, haha.

    1. Begitulah, sibuk banget bulan ini, haha. Trims!!🙂

      Iya nih, terutama Februari kemarin! Rasanya cepet banget gitu, tiba-tiba sudah habis aja sebulan!!😯

  1. lam kenal… punya bakat bisa ngajar tuh menyenangkan hahaha… dari dulu ga pernah sabar yang namanya ngajarin orang dan ga tau cara ngajarinnya! jadi klo dapet nilai bagus, pasti di cap pelit ilmu wakakakka…

  2. terlanjur baca inggrisnya, ternyata ada bahasa Indonesianya ya Pak… hehe
    kalo di sini, TA artinya titip absen… sukses pak buat studinya ..:))

    1. Trims Non. Iya nih harus jadi dosen juga sebagai bagian dari kerjaan, haha😀 . Iya tuh Non, kayaknya Matt memang cinta banget sama bidangnya ya, hehe. Dan ada juga beberapa mahasiswa yang sudah mesti dia bimbing kan?😀

      1. Dulu waktu masih S2 dia sempet ngajar Zi dan seneng. Kalau sekarang ada beberapa mahasiswa yang dia bimbing tapi sebenarnya dia pengen ngajar beneran di kampus gitu🙂

        1. Hahaha, iya sih, ngajar sama bimbing itu bedaa banget ternyata, hahaha😀 . Tapi lumayan lah kalau ada mahasiswa yang ia bimbing gitu artinya ia ada koneksi juga kan ke universitas-universitas gitu. Minimal udah ada koneksinya duluan lah, haha😛 .

  3. He…he…aku sekarang juga lagi ditugasin jadi guru bahasa Jepang untuk operator mesin kantorku yang mau ditraining ke Jepang dan rencananya tanpa didampingi penerjemah🙂 Dan sama, aku juga gak dibayar tuh, karena ngajarnya masih jam kerja🙂 Tapi itu gak masalah buat aku, karena sebenarnya aku suka ngajar, tapi gak suka waktu pusing mikirin bahan pelajaran apa yang mau diajarin (Makanya aku gak mau jadi guru atau dosen secara formal :-)) secara aku gak punya standar patokan kurikulum😀 Plus, karena sibuk nyari-nyari bahan itu, jadi kepikiran deh buat bikin buku pelajaran bahasa Jepang yang gampang. Semoga bisa terealisasi suatu hari nanti ^o^

    1. Hehehe, good luck dengan kelas bahasa Jepangnya🙂 . Kalau disini kurikulumnya sudah ada panduannya, tetapi detailnya dikembalikan ke profesornya sendiri🙂 . Amiin, mudah-mudahan bisa terwujud ya keinginannya🙂 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s