Posted in EuroTrip, Weekend Trip

#1525 – Napoli Weekend Trip (Part II: Pompeii and Napoli)

ENGLISH

Previously on Napoli Weekend Trip: Zilko went to Naples for a weekend trip in early February. After a day full of flying drama where he missed his connection flight in Paris, he finally arrived in Naples and was ready to explore the Campania region nearby.

***

Pompeii

One of the biggest reason I chose Naples as the destination of this weekend trip was because Naples was the closest city (with an airport) to a site in my bucket list: Pompeii, an old Roman town which was buried under the ash and pumice of the eruption of Mount Vesuvius in the year 79 (as in 0079, yes, as in 1936 years ago). So obviously Pompeii was in my top priority in this trip.

On Saturday morning, after having a nice (complimentary) breakfast at the hotel, I went to the train station to take the regional Circumvesuviana line train to get there. I took the line with the end destination of Sorrento since this was the only Circumvesuviana line which stopped in Pompeii. The normal train ticket cost €2.60 one way, a very good price for a 40 minutes journey I must say. The train condition was quite poor though in my opinion, as my coach was actually leaking! But the view was quite nice as I could see the Mount Vesuvius itself on the north east side!😀

Mount Vesuvius in Campania
Mount Vesuvius in Campania

Anyway, so I got off at Pompeii Scavi station where the gate to the site of Pompeii was just outside the train station. So it was, indeed, very convenient. I bought the entrance ticket for €11 and borrowed an audio-guide for €6.50 which came with the map of the site. I could not bring my backpack inside so I had to leave it at a deposit centre just outside the gate. In my opinion, this was quite inconvenient as I could not bring my mineral water with me. Given that the site was huge and the “drinking” water there actually tasted strange, I knew I had to be careful not to get dehydrated very soon.

So how was Pompeii? Well, it was cool! It was basically the ruins of an entire town from almost 2000 years ago. My decision to borrow the audio-guide was a good one too as it provided me with a lot of stories of a lot of the remains there. Not just the important ones like the temples, markets, colloseum, theatre, etc; but also the normal houses and apartments. Even apparently there was one luxurious apartment which was open for rent by someone named Primus in one side of the town when the eruption happened.

Pompeii
Pompeii
Pompeii
Pompeii


A Roman theatre in Pompeii
A Roman theatre in Pompeii
The main road of the town of Pompeii
The main road of Pompeii

But to be honest, it was so big that after some time I got a little bit underwhelmed. I mean, it was cool and stuff but basically the entire town was in ruins. You went to different parts of the town and you would still see ruins, anywhere. But overall it was still very beautiful though😀 .

It was a bit of a pity that the weather had not been the best that weekend. I think it might have just rained in the morning so there was a lot of puddle everywhere.

Puddle everywhere
Puddle everywhere

Was it busy? Well, not really. I mean, there were many other visitors as well but because the town was so big, it did not feel crowded at all; which was good in my opinion. And it definitely was not as hot as how I read in the internet before I left. So this probably meant that most people visited the site in the summer where I can imagine it being extremely hot down there in Italy! Lol😆

The City of Naples

As I said, the weather had not been the best this weekend. And unfortunately, this continued on Saturday where just after I came back from Pompeii, this happened:

It was raining really hard
It was raining really hard

Yeah, it was raining, and like really hard! And as you could deduce, I was inside a building when it happened. If you did, then you were correct. Luckily, before the rain started, I decided to stop by at a restaurant for lunch (the story about the food is a bit later down in this post😉 ).

After that lunch, I decided to walk for around 12.5 kilometer, haha😆 . Obviously I went around the city to see what Naples looked like. Architecture-wise it was like other Italian cities; and I have been to Italy a few times before so I was not overly amazed by it, haha😆 . But I did feel the city to be a little bit “dirtier” or “slummier” (is this a word?😆 ) than the others though.

A cute shop in Naples
A cute shop in Naples

The Food

When talking about Italian food, I bet the top two names that come out in people’s mind are pizza and pasta. And obviously these two names were the theme of the culinary side of this trip to Naples😛 .

I had two spaghetti dishes during this trip: a spaghetti carbonara and a seafood spaghetti. Both were delicious; but I suspect the seafood spaghetti which I had was the culprit of my allergy reaction that came out not long after😦 . So I guess the seafood (prawns) that they used there was probably not good. When I had the spaghetti carbonara btw, I also ordered a mozzarella as an appetizer, and it was SO good! It was basically just cutted mozzarella cheese though, but it was really tasty!😀

A shell-shaped pastry from Naples called the sfogliatella. So delicious with very crusty crust!
A shell-shaped pastry from Naples called the sfogliatella. So delicious with very crusty crust!

But my culinary highlight of this trip was the pizza. If you have ever been to Italy, you would know that one of the most popular pizza in Italy is pizza margherita. I am not sure though if it is popular because people genuinely do love the topping or because the topping resembles the Italian flag (color-wise) with the use of tomato sauce (red), mozzarella cheese (white), and basil (green), haha😆 .

Pizza margherita was invented in 1889 when a pizza maker in Naples was commissioned to create a pizza in honor of Queen Margherita. The pizza maker created three different pizzas and Queen Margherita loved the one with the tomato sauce, mozzarella cheese, and basil. And supposedly, this type of pizza, then, became famous and known as pizza margherita.

Pizza margherita was invented here
Pizza margherita was invented here

The pizza maker was Raffaele Esposito, who owned a pizzeria in Naples. And this pizzeria still exists up to now; known as Pizzeria Brandi. So obviously I knew I had to dine there and ordered a pizza margherita. It literally did not get more original than that, did it? Lol😎

The original pizza margherita
The original pizza margherita

And how was it? Well, as always, it was delicious! I did taste that the dough was a little bit different from the other Italian pizza from different regions though. It tasted a bit more chewy, which I actually really liked. I ordered one pizza (in Italy, generally pizza is served with only one size) and I finished it myself, muahaha😆 . Well, I was walking for more than 20 kilometers today I believed, so it was okay, haha😆 .

Back to the Netherlands

Luckily, my trip back to the Netherlands was drama-free. Both flights (Naples – Rome and Rome – Amsterdam) were also on time😀 .

Flight 1:
Flight: Alitalia AZ 1264 (NAP-FCO)
Equipment: Airbus A320-216 EI-DSD

For my first flight, I chose the window seat on the left because I thought if the flight took off from runway 24, I should get a good view of the city of Naples under me with the beautiful Gulf of Naples. But then, not only the flight did not take off from runway 24 (it was from runway 06 instead), the flight path was so perfect for people sitting on the window seat on the right because we flew over the west side of Rome upon approaching Rome-Fiumicino Airport. Basically, this meant that the people sitting on the window seat on the right would be able to get a super good bird’s eye view of Rome!! Daamn!!😦

Anyway, so we landed at runway 16L or Rome – Fiumicino Airport after a short 40 minutes flight from Naples. Here is the landing video:

Flight 2:
Flight: Alitalia AZ 110 (FCO-AMS)
Equipment: Airbus A321-112 EI-IXH

I was excited for my second flight too. Even though technically I had flown twice with Airbus A321 before (actually I just flew on one just two days prior from Amsterdam to Paris), but both flights were with a -200 series. This time, I would fly with an Airbus A321-100, so the -100 series, for the first time ever! Haha😆 .

The flight went quite routine. We took off from runway 25 of Fiumicino Airport, and 2 hours and 10 minutes later we landed at runway 06 of Amsterdam Schiphol Airport. Here is the landing video:

I didn’t have any checked-in luggage so I directly went to Schiphol train station to catch a train to Delft. However, it turned out that due to maintenance work, there was no train service between Den Haag and Delft today. So as a result I got off at Den Haag and took the tram to Delft.

THE END.

BAHASA INDONESIA

Sebelumnya dalam Napoli Weekend Trip: Zilko pergi ke Napoli untuk sebuah perjalanan akhir pekan di bulan Februari. Setelah satu hari penuh drama dengan penerbangan dimana ia ketinggalan penerbangan koneksinya di Paris, ia akhirnya sampai juga di Napoli dan kini telah siap untuk jalan-jalan di regio Campania ini.

***

Pompeii

Salah satu alasan utamaku aku memilih Napoli sebagai tempat tujuan dari perjalanan akhir pekan kali ini adalah karena Napoli merupakan kota besar terdekat (yang memiliki bandara) ke sebuah tempat yang berada di bucket list-ku: Pompeii, sebuah kota dari zaman Romawi kuno yang terkubur di bawah abu letusan Gunung Vesuvius di tahun 79 (maksudnya 0079, dan iya, maksudnya letusannya itu terjadi 1936 tahun yang lalu). Jadi jelas dong Pompeii ini berada di prioritas utama di perjalanan ini.

Sabtu pagi, setelah sarapan yang enak di hotel (termasuk di rate hotelnya😀 ), aku pergi ke stasiun kereta api untuk menaiki kereta regional jalur Circumvesuviana. Aku menaiki kereta dengan tujuan akhir Sorrento karena hanya inilah kereta di jalur Circumvesuviana yang berhenti di Pompeii. Harga normal tiket keretanya adalah €2,60 (sekitar Rp 38.000,-) satu arah, murah ya untuk perjalanan sepanjang 40 menit. Tetapi sayangnya kondisi keretanya kurang baik sih, karena gerbongku bocor dong! Tetapi pemandangannya oke loh, soalnya di jalan aku mendapatkan pemandangan Gunung Vesuvius jika aku memandang ke sisi timur laut!😀

Mount Vesuvius in Campania
Gunung Vesuvius di Campania

Aku turun di stasiun Pompeii Scavi dimana gerbang masuk ke Pompeii-nya berada di seberang stasiun kereta. Jadi memang gampang banget deh akses kesana. Aku membeli tiket masuk sebesar €11 dan sekalian meminjam audio-guide seharga €6,50 yang mana termasuk peta dengan harga segitu. Aku tidak boleh membawa tas ranselku masuk sehingga aku harus menitipkannya di tempat penitipan tas di luar gerbang. Menurutku, ini sangat kurang nyaman karena aku jadi tidak bisa membawa bekal air mineralku masuk. Karena Pompeii sendiri berukuran besar dan air “minum” (dari kran) yang disediakan di dalam itu rasanya aneh gimana gitu, jadilah aku harus berhati-hati banget agar tidak cepat dehidrasi (haus).

Nah, bagaimanakah Pompeii sendiri? Keren! Ya, pada dasarnya ini adalah reruntuhan dari sebuah kota dari hampir 2000 tahun yang lalu ya. Keputusanku untuk meminjam audio guide adalah keputusan yang ok karena dengannya aku jadi mendapatkan banyak informasi mengenai reruntuhan-reruntuhannya. Informasinya nggak hanya tentang bangunan-bangunan penting semacam kuil, pasar, koloseum, teater, dll loh; tetapi termasuk rumah dan apartemen biasa. Btw, ternyata disana itu dulu ada sebuah apartemen mewah yang sedang disewakan oleh seorang bernama Primus di salah satu sisi kotanya ketika Gunung Vesuvius meletus.

Pompeii
Pompeii
Pompeii
Pompeii


A Roman theatre in Pompeii
Teater Romawi di Pompeii
The main road of the town of Pompeii
Jalan utama di kota Pompeii

Tetapi sejujurnya nih, akibat ukurannya yang memang amat luas, setelah beberapa waktu rasanya jadi bosan karena semuanya ya gitu-gitu aja. Maksudku, keren sih tetapi pada dasarnya keseluruhan kotanya kan ya reruntuhan gitu ya. Mau pergi ke sisi yang mana pun juga yang dilihat reruntuhan gitu deh. Tetapi secara keseluruhan memang indah kok tempatnya😀 .

Agak disayangkan juga waktu itu cuacanya sedang kurang bersahabat. Sepertinya pagi itu hujan disana sehingga dimana-mana becek gitu deh.

Puddle everywhere
Becek dimana-mana, nggak ada ojek lagi #eh

Ramaikah tempatnya? Nggak terlalu sih. Maksudku, memang ada banyak pengunjung lain tetapi karena kotanya besar, aku jadi tidak merasa ramai sama sekali; yang mana asyik dong ya. Dan juga jelas tidak sepanas yang dideskripsikan beberapa artikel di internet yang aku baca sebelum berangkat. Jadi mungkin artinya kebanyakan orang berkunjung kesana di saat musim panas dimana bisa aku bayangkan deh, pasti panas banget di Italia sana! Haha :lol:

Kota Napoli

Seperti yang aku bilang di atas, cuaca akhir pekan ini amat tidak bersahabat. Dan sayangnya, ini berlanjut di hari Sabtu itu dimana begitu aku kembali dari Pompeii, ini terjadi:

It was raining really hard
Hujan deras

Iya, hujan loh, dan lebat lagi! Dan seperti yang bisa disimpulkan dari foto di atas, waktu itu aku memang sedang berada di dalam sebuah bangunan. Jadi ceritanya untungnya waktu itu, sebelum hujan mulai turun, aku memutuskan untuk mampir di sebuah rumah makan untuk makan siang (cerita makan siangnya ada di bawah😉 ).

Setelah makan siang itu, aku memutuskan untuk berjalan kaki sejauh 12,5 kilometer, haha😆 . Jelas aku mengelilingi kota Napolinya untuk melihat kotanya seperti apa. Secara arsitektur sih kotanya nampak seperti kota-kota di Italia lainnya; dan aku sudah beberapa kali ke Italia sebelumnya jadi aku nggak terlalu merasa wah atau kagum yang gimana gitu deh, haha😆 . Tetapi aku merasa kok kotanya agak lebih “kotor” dan “kumuh” gitu ya dibandingkan dengan kota-kota lain?

A cute shop in Naples
Sebuah toko yang lucu di Napoli

Makanannya

Kalau ngomongin yang namanya makanan Italia, aku yakin dua nama yang langsung muncul di pikiran orang-orang adalah pizza dan pasta. Dan jelas saja kedua makanan ini adalah tema utama dari sisi kuliner perjalanan ke Napoli ini😛 .

Aku makan dua menu spaghetti di perjalanan ini: sebuah spaghetti carbonara dan spaghetti seafood. Keduanya enak; tetapi aku curiga bahwa spaghetti seafood-nya adalah penyebab reaksi alergiku kumat lagi tidak lama kemudian😦 . Jadi aku duga seafood-nya (udang) yang mereka gunakan mungkin tidak bagus. Ketika aku memesan spaghetti carbonara itu btw, aku juga memesan keju mozzarella sebagai makanan pembuka, dan rasanya enak BANGET! Padahal cuma keju mozzarella biasa yang dipotong gitu loh, tapi enak banget!😀

A shell-shaped pastry from Naples called the sfogliatella. So delicious with very crusty crust!
Sebuah kue berbentuk kerang khasnya Napoli yang bernama sfogliatella. Enak dan kulitnya itu crispy banget!

Tetapi fokus utama dari perjalanan kuliner kali ini berada di pizza. Jika pernah ke Italia, pasti pada tahu bahwa salah satu pizza paling populer di Italia adalah pizza margherita. Aku nggak tahu deh ini pizza-nya populer karena orang-orangnya memang suka rasa topping-nya atau karena topping-nya mewakili warna bendera Italia gitu dimana yang digunakan adalah saus tomat (merah), keju mozzarella (putih), dan basil (hijau), haha😆 .

Pizza margherita ditemukan di tahun 1889 ketika seorang pembuat pizza di Napoli ditugaskan untuk menciptakan pizza baru untuk menghormati Ratu Margherita. Si pembuat pizza ini kemudian membuat tiga jenis pizza baru dan Ratu Margherita paling menyukai salah satunya yang dibuat dengan saus tomat, keju mozzarella, dan basil. Dan, konon ceritanya, jenis pizza ini kemudian menjadi terkenal dan dikenal dengan nama pizza margherita.

Pizza margherita was invented here
Pizza margherita diciptakan disini

Pembuat pizza itu adalah Raffaele Esposito, yang memiliki sebuah pizzeria di Napoli. Dan pizzeria-nya masih berdiri loh sampai sekarang ini; yang mana sekarang dikenal dengan nama Pizzeria Brandi. Jadi jelas dong ya aku harus makan disana dan memesan pizza margherita. Sudah nggak mungkin ada lagi lebih original/asli daripada ini kan ya?😎

The original pizza margherita
Pizza margherita yang asli

Dan bagaimana kah pizzanya? Ya, seperti biasa, enak! Eh, aku merasa bahwa adonan rotinya itu agak berbeda daripada pizza-pizza di daerah-daerah lain di Italia sih. Yang ini aku rasakan agak lebih kenyal gitu, yang mana justru aku suka banget loh. Aku memesan satu buah pizza (di Italia biasanya pizza ya hanya ada satu ukuran aja yang mana ukurannya kira-kira di antaranya pizza ukuran medium dan large-nya sebuah jaringan rumah makan pizza yang banyak bertebaran di Indonesia😛 ) dan itu aku habisin sendiri loh, muahahaha😆 . Eh, tapi total hari ini kan aku sudah berjalan kaki sejauh 20an kilometer ya, jadi nggak papa dong, haha😆 .

Kembali ke Belanda

Untungnya perjalananku kembali ke Belanda bebas drama. Kedua penerbananku (Napoli – Roma dan Roma – Amsterdam) juga tepat waktu😀 .

Penerbangan 1:
Penerbangan: Alitalia AZ 1264 (NAP-FCO)
Pesawat: Airbus A320-216 EI-DSD

Untuk penerbangan pertamaku, aku memilih kursi jendela di sebelah kiri karena aku kira jika pesawatnya lepas landas dari landasan pacu 24, aku seharusnya mendapatkan pemandangan kota Napoli yang oke banget dengan Teluk Napolinya itu. Tetapi kemudian, nggak hanya penerbangannya lepas landas tidak dari landasan pacu 24 (jadinya dari landasan pacu 06), rute penerbangannya juga sempurna banget untuk yang duduk di sisi kanan pesawat dong. Ini karena sebelum mendarat di Roma, pesawatnya terbang dulu di sisi barat kota Roma sehingga yang duduk di sisi kanan pesawat bisa melihat kota Roma yang indah itu dari udara!! Siaaal!!😦

Ngomong-ngomong, kami mendarat di landasan pacu 16L Bandara Roma – Fiumicino setelah penerbangan singkat selama 40 menit dari Napoli. Berikut ini video pendaratannya:

Penerbangan 2:
Penerbangan: Alitalia AZ 110 (FCO-AMS)
Pesawat: Airbus A321-112 EI-IXH

Aku juga merasa senang dengan penerbangan keduaku. Walaupun secara teknis aku sudah pernah terbang dengan sebuah Airbus A321 sebelumnya (sebenarnya dua hari sebelumnya aku baru saja terbang dengan satu dari Amsterdam ke Paris), tetapi kedua pengalamanku itu adalah dengan seri -200. Nah, kali ini aku akan terbang dengan Airbus A321-100, alias seri -100nya, untuk pertama kalinya! Haha😆

Penerbangannya berlangsung rutin. Kami lepas landas dari landasan pacu 25 Bandara Roma-Fiumicino, dan 2 jam 10 menit kemudian mendarat di landasan pacu 06 Bandara Schiphol di Amsterdam. Berikut ini video pendaratannya:

Aku tidak memasukkan bagasi jadi aku langsung pergi ke stasiun kereta api Schiphol untuk naik kereta kembali ke Delft. Namun, ternyata akibat pekerjaan maintenance, hari itu tidak ada kereta di jalur Den Haag dan Delft. Jadilah akibatnya aku turun di Den Haag dan naik tram untuk kembali ke Delft.

SELESAI.

31 thoughts on “#1525 – Napoli Weekend Trip (Part II: Pompeii and Napoli)

  1. aku malah gk suka pizza margherita itu krn ada saos tomatnya,tapi mozarellanya emang enak banget,sekarang malah suka makan mozarella trus dikasih olive oil sedikit enak🙂

    1. Hahaha, aku setuju. Sebenarnya pizza margherita juga bukan favoritku soalnya nggak ada dagingnya jadi rasanya kurang mantap gitu, hahahaha😆 . Yang di restoran ini aku cobain karena ini kan asalnya pizza margherita jadi pantas banget dicobain kan ya, haha. Iya, aku juga suka banget keju mozarella. Cuma dipotong gitu doang dan dingin enak yaa! Bener, dikasih olive oil sedikit juga bikin tambah enak!!

  2. Luar biasa ya Italy… negara impian saya. Kereeen bro, ulasannya, foto-fotonya, jadi semakin terinspirasi. Tidak sabar tahun ini rencananya mau berlibur kesana, tapi sayang Napoli belum masuk daftar kunjungan.. hhmm. Sukses selalu buat kamu !

    1. Trims🙂 . Enjoy Italy! Napoli memang sepertinya masih kalah terkenal daripada Roma, Venezia, Firenze, dan Milano ya. Biasanya memang yang jalan-jalan ke Italy kan fokus utamanya ke empat kota ini dulu, baru kemudian kalau ada waktu mulai melirik kota-kota lainnya disana, hehehe🙂 . Have fun in Italy!

    1. Iya, Pompeii keren memang! Hehe😀 . Thanks!!🙂

      Iya, keretanya dari atapnya itu bocor. Untungnya nggak pas di atas tempat aku duduk, tetapi ada di depanku. Dan kadang bocornya sampai mengenai penumpang lain lho, haha. Gerbong keretanya memang nampak tua gitu sih😛 .

        1. Begitulah. Soalnya disini walaupun berpindah negara, asalkan masih di dalam wilayah Schengen, bebas gitu Dev. Nggak pakai imigrasi-imigrasian lagi. Jadi walaupun terbang dari Belanda ke Italia, ya rasanya sama lah kayak terbang dari Jakarta ke Bali atau Lombok gitu (cuma dua jam-an, nggak pakai imigrasi), hahaha😆 .

          Naik kereta dari Belanda ke Paris juga gitu. Jarak kurang lebih 450-500an kilometer. Mirip lah dengan naik kereta dari Jakarta ke Jogja/Semarang. Dan sama, tanpa imigrasi😀 . Bedanya disini keretanya high-speed jadi jarak segitu cuma 2 jam 40an menit aja dengan kereta, hahaha😆 .

  3. Menikmati banget foto-fotonya Ko. Kereen. Ngebayangin berada di tengah-tengah Pompeii rasanya gimana ya. Meskipun itu para victimnya ada partly yang udah buatan tetep serem aja rasanya. Udah hampir 2000 tahun ya. Luar biasa!
    Btw suka deh pizza margherita, yang di sini aja enak, gimana yang di sana ya. Hahaha. jadi ngiler gw baca ceritanya sama lihat potonya…

    1. Thanks!! Begitulah, agak serem juga melihat korbannya itu. Kebayang kan sewaktu kejadian gimana rasanya jadi mereka.

      Hahaha, kalau di Italy pizza margherita-nya bertebaran dimana-mana. Kayaknya setiap pizzeria menyediakan pizza margherita deh😀 .

  4. mantannya temen aku dari italy koo. tapi dia bilang pizza yg paling enak yg pernah dia coba malah di singapore botanic garden. ahahha.. dont know how true it is.. tapi pengen bngt bisa cobain pizza asli darisana sendiri. haha..

    1. Udah pernah nyobain yang di Botanic Garden-kah Jen? Soalnya jarang banget lho orang Italy ngomong makanan di Italy di luar Italy enak abis, apalagi sampai sejauh itu bilang yang paling enak di Botanic Garden. Biasanya mereka cuma bilang: “Yaa, oke lah”. Jadi mungkin yang di Singapore itu luar biasa banget ya, haha😀 .

      Pizza aslinya enaaak! Pastanya juga begitu!!😀

      1. ga pernah ko.. haha.. iya kan. aneh bngt.. mungkin dl lagi pacaran kali yahh.. jadi bilangnya disana paling enak.. ga paham juga kenapa. gw juga kaget pas dnger gt. haha.. haishh. i love pasta too.. bisa gila deh kyknya disana. haha..

        1. Hahaha, bisa jadi ya😛 . Jadi kata-katanya waktu itu mungkin bias😛 .

          Iyaa, pastanya di Italia itu enak-enak. Dan habis itu mikir gila ini karbohidrat seberapa banyak, hahaha😆 .

  5. Cantiik banget ko kotanya, itu beneran km jalan 12,5 km? Hahaha kereeenn, puas banget tapi pasti yaa kelilingnya😀 Liat foto jalanan di Pompei otomatis ngebayangin adegan2 film 300, ga nyambung ya, hahaha

  6. Wow…merinding melihat bangunan reruntuhan di Kota Pompeii. Wisata Pompeii begitu luasnya apakah tidak ada jalur untuk bersepeda biar nggak capek waktu melihat-lihat reruntuhan. Kenapa nggak di desain seperti itu ya, biar pengunjung betah dan puas melihat-lihat sejarah yang kelam itu.

    lagi-lagi saya harus bilang “WOW” masak Pizza 1 porsi lahap di makan sendiri? benar-benar doyan makan ya mas Zilko ini. Mungkin kalau saya makan kuat hanya ¼ saja.

    Bagus mas ceritanya, Coba mas zilko punya waktu luang untuk menceritakan tentang reruntuhan Pompeii lebih lengkap pasti seru dan bisa jadi tahu semua cerita tentang reruntuhan Pompeii.

    1. Hehehe, kota Pompeeii kan dulunya kota zaman Romawi biasa yang tidak didisain untuk “wisatawan”🙂 . Selain itu rasanya justru tidak enak kalau naik sepeda karena jadi tidak tahu dulunya ini reruntuhan apa, itu reruntuhan apa, dll😀 .

      Hehe, pizza Italia ukurannya tidak besar dan ketebalannya tipis kok. Jadi nggak banyak-banyak amat itu porsinya.

      Hehe, menurutku sudah ada banyak artikel di internet yang berisi informasi lengkap mengenai reruntuhan Pompeii. Kalau ada yang penasaran kan bisa tinggal google artikel-artikel itu saja🙂 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s