Posted in General Life, Zilko's Life

#1524 – Saturday Story

ENGLISH

The New Delft Station

So the town of Delft has been constructing a new central train station for years now because the old one (which first opened in 1847 (yes, as in 168 years ago)) is obviously already too old to handle the current traffic in Delft. Last year in May, an open house was organized for people to see the construction progress which I happened to join.

Last week, a last work needed to be done (so the railway line from Den Haag to Schiedam (Delft is in between) had to be closed for a week), and they officially opened the new train station on Saturday! And it happened that I had a plan to go to Limburg on Saturday too so I was so excited! Haha😆 .

So how was the new station? Well, if the old one was so “European” architecture-wise, like this in case you have never seen it btw:

The old Delft Station
The old Delft Station

the new one looks very modern and futuristic (photos in the gallery below)! Super cool!

Aside from the, undoubtedly, cool, stylish, contemporary-looking station that now Delft has, what I also really like from the new station is the better integration with the other public transportation in Delft (read: bus and tram). Now the bus and the tram stops are literally just outside the main gate of the train station, making it extremely convenient to transfer from one to the other. Before, the bus stop was behind the station so passengers had to climb the (tall) bridge to transfer between train and bus.

Anyway, actually the construction of the new station has not been finished yet. In short, at the moment they have only opened half of the station which handles two (underground) platforms. There will be four (underground) platforms when the new station is complete; but I am still not sure when the entire project will finish, haha.

Shopping Saturday

That Saturday, my plan was to go shopping in Roermond[1], some 185 kilometer from Delft, in the province of Limburg in the Netherlands. I already bought a dagkaart[2] the week before (lucky me when I made the plan, a dagkaart was still being on sale, haha😆 ) so it was perfect.

This time, I felt like I needed new pair of formal shoes because the only other pair that I have has been with me since 2008 so they are old already, haha😆 . They are still good though, but I felt like I wanted new ones with more modish style (and different colour of course so the two pairs that I would have would be complementary). And also I would like a new jacket for myself because the spring is coming soon, haha😆 .

The weather that day was much better than the last time I went to Roermond (which was just less than a year ago, haha). As usual though, the factory outlet there was very crowded. But this time I think it was the most crowded I had ever visited this place. Like, for example, there was this line

We had to queue just to enter a store
We had to queue just to enter a store

just to ENTER a Polo Ralph Lauren store!😯 Yes, to just enter a store, we had to queue first😆 . Yes, it was THAT crowded!! Btw, I ended up buying a Ralph Lauren outerwear jacket which looked good and was on nice (for me) discount from €179.99 to just €99.99, haha. But this was after, literally, three visits to the store that day😆 .

So anyway, in the end I got everything I wanted to buy that day (a new pair of formal shoes (I chose the dark brown color btw) and a new jacket) plus another jacket (Tommy Hilfigher, because I saw this one which looked so cool and came in color I had not had yet😛 ) and three new t-shirts, lol😆 . But it was all still under control though because in total I still spent less than what I originally budgeted for this trip; so it was good😛 .

BAHASA INDONESIA

Stasiun Kereta Api Baru Delft

Jadi ceritanya sudah lumayan lama juga kota Delft membangun sebuah stasiun kereta api utama yang baru karena yang lama (yang pertama kali dibuka pada tahun 1847 (iya, memang sudah 168 tahun beroperasi)) jelas sudah terlalu tua dong ya untuk melayani lalu-lintas penumpang di Delft sekarang ini. Tahun lalu di bulan Mei, ada sebuah open house yang terbuka bagi masyarakat umum untuk melihat progress kemajuan konstruksinya dan waktu itu kebetulan aku ikutan.

Minggu lalu, pekerjaan terakhir perlu dilakukan (sehingga rel kereta dari Den Haag ke Schiedam (Delft ada di tengah-tengahnya) harus ditutup selama seminggu) agar mereka bisa mulai secara resmi mengoperasikan stasiun baru ini di hari Sabtu! Dan kebetulan banget hari Sabtu itu aku memang ada rencana untuk pergi ke Limburg jadi waktunya pas banget dong ya! Haha😆 .

Jadi, bagaimanakah stasiun barunya? Ya, kalau stasiun lamanya itu “Eropa” banget secara arsitektur, kayak gini maksudnya jika ada yang belum pernah melihat btw:

The old Delft Station
Stasiun lamanya Delft

yang baru nampak amat modern dan futuristik banget loh (foto ada di galeri di atas)! Super keren dah!

Di samping, jelas, penampakanannya yang keren, bergaya, dan kontemporer, yang aku amat suka dari stasiun yang baru ini adalah tersatunya stasiun ini dengan mode transportasi umum lainnya di Delft (baca: bus dan tram). Jadi sekarang terminal bus dan halte tramnya berada tepat di luar gerbang masuk stasiun kereta api sehingga sangat amat nyaman bagi penumpang untuk berpindah transportasi dari satu ke yang lain. Sebelumnya, terminal busnya berada di belakang stasiun sehingga penumpang harus menaiki jembatan (yang tinggi banget) untuk menyeberang dari/ke stasiun kereta ke/dari terminal bus.

Ngomong-ngomong, sebenarnya proses pembangunan stasiunnya sendiri masih belum selesai sih. Singkatnya, sekarang ini kurang lebih baru setengah yang jadi dimana stasiunnya dibuka dengan hanya dua jalur kereta api (bawah tanah) saja. Nantinya akan ada empat jalur kereta api (bawah tanah) ketika stasiunnya selesai; tetapi aku nggak tahu sih kapan selesainya, haha.

Shopping Saturday

Sabtu itu, rencanaku adalah pergi ke Roermond[1], yang berlokasi sekitar 185 kilometer dari Delft, di provinsi Limburg di Belanda. Aku sudah membeli sebuah dagkaart[2] seminggu sebelumnya (hoki banget dah sewaktu aku membuat rencananya itu, kebetulan lagi ada toko yang jualan dagkaart, lumayan banget kan, haha😆 ) jadi rencananya pas deh.

Kali ini, aku merasa aku ingin membeli sepasang sepatu formal baru nih karena satu-satunya sepatu formal lainnya yang aku punyai sudah aku miliki semenjak tahun 2008 jadi sudah lama banget dong ya, haha😆 . Yang lama masih bagus sih sebenarnya, tetapi rasanya kok aku ingin juga memiliki sepasang lagi yang baru yang juga lebih modis gitu (dan warna yang berbeda jadi dua sepatu formal yang akan aku punyai saling melengkapi dong ya). Dan juga rasanya lagi ingin beli jaket baru deh soalnya musim semi akan segera datang kan ini, haha😆 .

Cuacanya hari itu, untungnya, jauuh lebih baik daripada terakhir kali aku pergi ke Roermond (yang mana kurang dari setahun yang lalu, haha). Seperti biasa, factory outlet-nya rame banget. Tetapi kali ini kayaknya adalah yang paling ramai dari yang pernah aku kunjungi deh. Misalnya saja, ada antrian seperti ini

We had to queue just to enter a store
Harus ngantri dulu sebelum masuk toko

cuma untuk MASUK ke tokonya Polo Ralph Lauren!😯 Iya, cuma untuk masuk toko aja harus antri dulu loh😆 . Yup, memang seramai ITU!! Btw, akhirnya aku membeli sebuah jaket outerwear-nya Polo Ralph Lauren sih karena modelnya bagus dan sedang didiskon yang oke banget (menurutku ya) dari €179,99 ke €99,99, haha. Eh, keputusan membeli ini aku buat setelah tiga kali kunjungan ke tokonya di hari itu loh, haha😆 .

Anyway, jadi akhirnya aku mendapatkan semua yang aku cari hari itu (sepasang sepatu formal baru (aku memilik warna cokelat amat tua) dan sebuah jaket baru) ditambah sebuah jaket lain (Tommy Hilfigher, soalnya ada satu model yang oke banget dan warnanya juga belum aku punya😛 ) dan tiga kaus baru, lol😆 . Tetapi semuanya masih terkontrol dengan baik kok karena totalnya aku menghabiskan lebih sedikit daripada budget-ku untuk perjalanan shopping ini; jadi bagus dong ya😛 .

24 thoughts on “#1524 – Saturday Story

  1. stasiun tua berubah jadi apa Ko? rasanya masih akan dipertahankan ya.., Belanda kan salah satu yg ngerawat banget bangunan tuanya

    1. Iya jadi kurang “Eropa” tapi tetap keren ya. Toh masih banyak bangunan-bangunan lain yang masih “Eropa” banget gitu disini😀 .

  2. Salam kenal, Zilko! Aduh ngomong2 stasiun Delft, itu stasiun emang sesuatu banget ya… serem banget gue naik turun tangga pas mau ke halte bus-nya. Tapi seneng banget ternyata sekarang udah baru toh! Asyik, kalo mau main ke Delft ngga harus jiper liat tangga luar biasa tinggi. Salam dari kota sebelah, Leiden!

    1. Salam kenal juga!🙂

      Iya, stasiun yang lama memang nggak enak banget tata letaknya. Apalagi kalau harus naik tangga segitu tinggi sambil bawa-bawa koper, hahaha😆 . Yang baru ini juga harus naik tangga sih karena platform-nya ada di bawah tanah. Tapi untuk naiknya ada pilihan untuk naik eskalator atau lift, haha😆 .

  3. Baguss, tapi terlalu modern yah jadinya.. Macam ga keliatan lagi Eropa-nya..hihihi :p *kenapa jadi gw yg protes*😀

    Dari 2008 dan sepatumu masih awet?? Luar biasa Ko😀

    1. Iya, jadi modern banget feel-nya Py. Keren dah😛 . Toh bangunan stasiun yang lama juga masih berdiri kok😀 .

      Iya, masih awet soalnya jarang dipake Py, hahaha😆

  4. Wow….Benar-benar keren stasiun barunya. Kapan Indonesia jadi kayak gitu ya?
    Asik…belanja sepatu, kaos dan jaket baru…mumpun diskon. Busyet mau masuk toko aja antri sampai kayak gitu? kayak antri sembako aja ya. Hahahaha…:-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s