Posted in Asia Trip, South Asia, Vacation

#1511 – 2014 Year End Trip (Part VII: Uttar Pradesh)

ENGLISH

Previous posts on the 2014 Year End Trip series to India:
1. Part I: Getting to India
2. Part II: Karnataka
3. Part III: Tamil Nadu (1)
4. Part IV: Tamil Nadu (2)
5. Part V: Goa
6. Part VI: Rajasthan

Previously on 2014 Year End Trip: Zilko and his friends went to India for the year end trip of 2014. After spending two weeks in India, now they were ready to go to, arguably, the most famous site in India: the Taj Mahal in Agra.

***

The Plan

We did not plan to stay in Agra[1] in this trip because of the distance. We felt like it was possible to do a road trip from Jaipur to New Delhi but with taking a small detour to Agra; all in one day including the time we would spend in Taj Mahal. Even though obviously this meant that we had to leave early from Jaipur.

This was the road trip route map for today:

Road Trip to Agra

So, we departed at 06:15 from Jaipur. Agra was about 250 kilometer from Jaipur. Luckily there was a very good highway between the two cities so the road trip went really smoothly.

Driving in a highway in India was very interesting btw, as everything was using the highway! Aside from the normal vehicles we meet in normal highway everywhere else in the world (cars, buses, trucks, minivans, etc), we saw motorcycles, bicycles, trucks driving on the wrong side of the road, overloaded cars, wagons being pulled by buffalos, wagons being pulled by camels, etc. Even sometimes cows just randomly crossed the highway as if it was nothing. Yes, seriously!

Anyway, we arrived at Agra at around 10:30. We stopped by at a restaurant for a brunch.

The Taj Mahal

So, it is time for the main attraction in Agra: the Taj Mahal!

Let’s start with the ticket first. Obviously since we were foreigners (well, except our Indian friend), we had to buy the foreigners ticket. It was Rs 750 (around €10.90)[2] per person. And guess how much our Indian friend had to pay her ticket? Well, ladies and gentlemen, it was:

Rs 20

Yes, Rs 20 (around €0.30) which meant as a foreigner, I had to pay 37.5 times more than an Indian to enter Taj Mahal!😯

Okay, so let’s move on to not remember the pain of having to pay 37.5 times more expensive than an Indian, so how was the Taj Mahal? Well, there is absolutely no need to describe it. It was magnificent! The beauty that you see on pictures, it was all true. The majesty of the structure, it was also true. The amazingness of the details, it was also true.

And obviously, we went to the Taj Mahal in Agra, Uttar Pradesh
At the Taj Mahal in Agra, Uttar Pradesh

The only thing that underwhelmed me a little bit was that I found the inside of the main structure to be smaller than what I expected. The tombs of Shah Jahan and Mumtaz Mahal were located in the basement of the structure; but now the basement was closed for access[3]. Instead, they put replicas of the tombs on the main room so we still could see how the tombs looked like.

Btw, it was not allowed to take photos inside so I do not have any photos of it.

A Proposal

Btw, here, two of our friends got engaged. So the guy decided to propose in Taj Mahal. He told me (and another friend) a few days before about his plan so we could help with some photos when the moment came😀 . And when it happened, it was so romantic; he was on his knee with the Taj Mahal in the background and obviously the girl said yes😛 .

Road Trip to Delhi

In Agra, there was actually also a famous fort, the Agra Fort. However, since it was already around 3 PM when we left, we decided to skip it. And it turned out to be a wise decision.

New Delhi was around 210 kilometer from Agra. So technically the distance was shorter than from Jaipur to Agra which should translate to shorter travelling time. Plus, since we were going towards New Delhi, we thought the highway should be in a better condition, thus allowing us to get there faster.

And it turned out to be wrong.

First of all, the highway condition was actually poorer because there was a new highway construction work going on. So because of that, we could not drive as fast. Second of all, the road was so crowded too. And third of all, once we almost entered the area of New Delhi, there was an accident (surprise, surprise) so we had to turn around and entered the city with another route. But it was not over. On the other route, a long container truck broke down too in the position where the container blocked the entire road (seriously🙄 ). So we had to take another detour.

And those were all on top of us having to look for our hotel in the big city of New Delhi (our driver was not from New Delhi so he was only familiar with the general area). Long story short, we arrived at our hotel at around 09:30 PM, haha…

Getting Cheated at the Hotel

… and today’s drama was not over yet.

So as it turned out, the rooms that we booked in the hotel did not look the way how they were advertised in their website. Moreover, the ones that they gave us were actually quite dirty and stinky. On top of that, I actually saw a few bums sleeping on the corridor inside the hotel.

Before we saw our room, they already made us pay. And luckily we paid with credit cards so we could easily cancel the payment (this was one instance where owning a credit card was super important btw). We booked three rooms for four nights and we did three credit card payments for that (one payment for each room). After endless of arguing (which took us literally two hours with them showing us many different rooms which still did not look like the ones they advertised), they said we could meet their manager the next morning. So we asked them to cancel our payments and we would settle for whatever the next morning.

And here, they insisted on only cancelling two of the three payments that we made instead of all three. We did not understand it at all because cancelling a credit card payment was super easy; just chose the void option on the machine and it was done. And then, after some further arguments, they said that one payment was a payment for one night of stay.

And here, I flipped.

I mean, come on. One payment was a payment for four nights. And now, if we decided to stay, we would only take three rooms for one night. And obviously 3≠4. You see, after cheating us with the rooms, now they wanted to cheat us further by charging us the price of four rooms when we would only occupy three rooms, which on itself was already much worse than what we paid for.

Feeling that something was not right with this hotel (where at one point I also bought a mineral water and the change money literally had a big hole in the middle, which I obviously rejected firmly (lucky I checked my change)), we decided to cancel all reservations and moved to another hotel. During our argument, one of us was searching around on the internet for a list of possible hotels nearby. Luckily we found one which was actually like 1000 times better than our original hotel.

TO BE CONTINUED…

Next on 2014 Year-End Trip:
– The Market of Old Delhi
– A small dose of Delhi Belly
– The Red Fort and the Humayun’s Tomb
– More of New Delhi
– Going back to Europe

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya di dalam seri 2014 Year End Trip ke India:
1. Part I: Getting to India
2. Part II: Karnataka
3. Part III: Tamil Nadu (1)
4. Part IV: Tamil Nadu (2)
5. Part V: Goa
6. Part VI: Rajasthan

Sebelumnya dalam 2014 Year End Trip: Zilko dan teman-temannya pergi ke India dalam rangka liburan akhir tahun 2014. Setelah menghabiskan dua minggu di India, kini mereka siap untuk pergi ke tempat yang paling terkenal di India: Taj Mahal di Agra.

***

Rencana

Kami tidak berencana untuk menginap di Agra[1] di perjalanan kali ini karena masalah jarak. Kami merasa bahwa road trip selama seharian dari Jaipur ke New Delhi masih bisa untuk sekalian meng-cover Agra; tentu semuanya dalam satu hari termasuk waktu yang akan kami habiskan di Taj Mahal. Walaupun memang sih konsekuensinya kami harus berangkat pagi banget dari Jaipur.

Berikut rute road trip hari ini:

Road Trip ke Agra

Kami berangkat jam 6:15 pagi dari Jaipur. Agra berlokasi sekitar 250 km dari Jaipur. Untungnya ada jalan tol yang kondisinya bagus di antara kedua kota ini sehingga perjalannya berjalan dengan mulus.

Naik mobil di sebuah jalan tol di India itu seru juga loh btw, karena apa pun itu ada di jalan tolnya! Di samping kendaraan-kendaraan yang umum ditemukan di jalan tol biasa di semua negara-negara lain di dunia (misalnya mobil, truk, bus, mobil van, dll), kami juga melihat sepeda motor, sepeda, truk yang disetir di arah yang berlawanan, mobil yang diisi terlalu banyak orang, gerobak yang ditarik oleh kerbau, gerobak yang ditarik oleh unta, dll. Semuanya ada dah di jalan tol di India. Bahkan terkadang ada beberapa ekor sapi yang dengan santainya berlenggang-kangkung menyeberang jalan tol sembarangan loh (bukan di zebra cross atau jembatan penyeberangan gitu *krik krik*). Ya gitu deh…

Singkat cerita, tibalah kami di Agra sekitar jam 10:30. Begitu tiba, kami mampir dulu di sebuah restoran untuk brunch.

Taj Mahal

Oke, sudah saatnya untuk kami masuk ke atraksi utama di Agra: Taj Mahal! Btw, buat yang penasaran, “Mahal” berarti “Istana” dalam bahasa Hindi. Jadi nggak sama seperti kata “mahal” dalam bahasa Indonesia yah *ya iya lah* .

Mari kita mulai dengan tiketnya. Jelas sebagai orang asing kami (eh, kecuali teman kami yang orang India ding) harus membeli tiket untuk orang asing. Harganya Rs 750 (sekitar €10.90 atau sekitar Rp 150.000,-)[2] per orang. Dan tebak berapa harga tiket yang harus dibayar teman kami yang orang India? Yak, saudara dan saudari sekalian, teman kami harus membayar:

Rs 20

Iya, Rs 20 (sekitar €0.30 atau sekitar Rp 4.000,-) aja dong yang mana artinya sebagai orang asing, aku harus membayar 37,5 (tiga puluh tujuh setengah) kali lipat daripada orang India untuk masuk ke Taj Mahal!😯

Oke, kita lupakan aja deh sakit hatinya harus membayar 37,5 kali lipat itu. Bagaimanakah Taj Mahal-nya sendiri? Yah, memang tidak ada perlunya untuk dideskripsikan sih. Agung banget! Semua keindahan yang terlihat di foto-foto, semuanya benar. Keagungan strukturnya, benar juga. Kekerenan detail-nya, benar juga.

And obviously, we went to the Taj Mahal in Agra, Uttar Pradesh
Di Taj Mahal di Agra, Uttar Pradesh

Satu hal yang agak di bawah ekspektasiku adalah bagian dalam strukturnya yang ternyata lebih kecil daripada yang aku kira. Makamnya Shah Jahan dan Mumtaz Mahal berada di ruang bawah tanahnya tetapi sekarang ini ruang bawah tanahnya ditutup untuk umum[3]. Namun, toh mereka membuat replika makamnya di dalam ruang utamanya sehingga pengunjung masih bisa melihat bagaimana penampakan makamnya.

Btw, di dalamnya tidak diizinkan mengambil foto sehingga aku tidak memiliki foto-foto bagian dalamnya deh.

Pelamaran

Btw, disini, dua teman kami yang memang berpacaran bertunangan loh. Jadi yang laki-laki memutuskan untuk melamar pacarnya di Taj Mahal gitu deh. Ia memberi-tahuku (dan seorang teman) tentang rencana ini beberapa hari sebelumnya jadi kami bisa membantunya mengambil foto-foto ketika momennya tiba😀 . Dan ketika beneran terjadi, romantis banget deh (kayak di film-film gitu). Ia berlutut di atas satu lutut dengan latar belakang Taj Mahal dan tentu saja yang perempuan menjawab “ya”😛 .

Road Trip ke Delhi

Di Agra, sebenarnya terdapat pula sebuah benteng yang terkenal, Agra Fort. Namun, karena sudah sekitar jam 3 sore ketika kami selesai di Taj Mahal, kami memutuskan untuk melewatkannya. Dan nantinya ini ternyata adalah sebuah keputusan yang bijak.

New Delhi berlokasi sekitar 210 kilometer dari Agra. Jadi secara teknis jaraknya lebih dekat daripada dari Jaipur ke Agra sehingga seharusnya waktu tempuhnya lebih singkat lah. Ditambah lagi, karena kami menuju New Delhi, kami kira jalan tolnya akan berada di kondisi yang lebih baik lagi, sehingga kami bisa lebih cepat lagi kesana.

Ternyata itu semua salah.

Pertama-tama, jalan tolnya malah berada dalam kondisi yang jauh lebih buruk karena sedang ada pekerjaan konstruksi jalan tol baru. Oleh karena itu, kami tidak bisa bergerak dengan cepat. Kedua, jalanannya rame banget. Dan ketiga, ketika kami hampir memasuki area New Delhi, ada kecelakaan loh (surprise, surprise) sehingga kami harus memutar balik dan memasuki kotanya melalui rute lain. Tetapi drama masih belum berakhir. Di rute lain itu, ada sebuah truk kontainer panjang yang tiba-tiba mogok dalam posisi kontainer-nya menghalangi keseluruhan badan jalan yang memiliki tiga ruas (serius deh🙄 ). Jadilah kami harus memutar lagi.

Dan ini masih belum termasuk waktu yang kami butuhkan untuk mencari lokasi hotel kami di kota besar New Delhi (sopir yang kami sewa tidak berasal dari New Delhi jadi ia hanya familier dengan areanya secara umum saja). Singkat cerita, kami baru tiba di hotel kami sekitar jam 09:30 malam, haha…

Ditipu di Hotel

… dan drama hari ini masih belum berakhir.

Ternyata ya, kamar yang kami pesan di hotelnya tidak seperti yang mereka iklankan di internet. Lebih jauh lagi, kamar yang mereka berikan berada dalam kondisi kotor dan bau. Di samping itu, aku melihat ada beberapa gelandangan yang tidur di dalam koridor hotelnya dong.

Ceritanya sebelum kami melihat kondisi kamar kami, mereka meminta kami untuk membayar. Dan untungnya kami membayar dengan kartu kredit sehingga pembayarannya bisa dengan mudah dibatalkan (salah satu alasan penting mengapa memiliki kartu kredit itu penting btw). Kami memesan tiga kamar untuk empat malam dan untuk itu kami membuat pembayaran dengan tiga kartu kredit (satu kartu untuk satu kamar). Setelah berdebat panjang lebar (yang memakan waktu dua jam loh dimana mereka menunjukkan banyak sekali kamar yang mana toh masih tidak seperti yang mereka iklankan), mereka berkata bahwa kami bisa bertemu dengan manager-nya keesokan paginya. Jadilah kami meminta mereka untuk membatalkan pembayaran kami dan masalah ini diselesaikan entah bagaimana keesokan paginya.

Dan di saat ini, mereka bersikeras untuk membatalkan dua pembayaran saja bukannya ketiganya. Kami tidak paham sama sekali karena membatalkan pembayaran dengan kartu kredit kan mudah sekali ya; tinggal memilih opsi void di mesinnya aja. Dan akhirnya, setelah berdebat lagi, barulah mereka berkata bahwa satu pembayaran kami sama dengan total biaya menginap satu malam.

Dan disini, aku marah.

Maksudku, please deh ya. Satu pembayaran adalah untuk satu kamar untuk empat malam. Dan sekarang, jika kami memutuskan untuk menginap, kami akan memakai tiga kamar saja selama satu malam. Jelas dong 3≠4. Nah kelihatan kan maksudnya mereka apa, setelah menipu kami dengan kondisi kamar, sekarang mereka mau menipu kami lagi lebih jauh dengan menge-charge harga empat kamar padahal kami mengambil tiga kamar saja, yang mana kamarnya sendiri berada dalam kondisi yang jauh lebih buruk daripada seharusnya.

Merasa bahwa hotel ini sama sekali nggak bener (dimana di satu waktu juga aku membeli air mineral disana dan uang kembaliannya bolong besar di tengah dong, yang mana jelas aku tolak mentah-mentah (untungnya aku mengecek uang kembaliannya)), kami memutuskan untuk membatalkan semua reservasi dan pindah hotel saja. Selama kami berargumen itu, salah seorang teman kami browsing di internet tentang hotel di sekitar area situ yang oke dan untungnya masih ada yang memiliki kamar. Kami memilih salah satunya, yang mana hotel yang ini 1000 kali lebih bagus dah daripada hotel pertama kami.

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2014 Year-End Trip:
– Pasar di Old Delhi
– Sedikit dosis Delhi Belly
– Benteng Merah dan Makam Humayun
– Lebih jauh tentang New Delhi
– Kembali ke Eropa

30 thoughts on “#1511 – 2014 Year End Trip (Part VII: Uttar Pradesh)

  1. Pengen banget eike ke Taj Mahal, tapi entah kapan ke India. Jujur belom begitu tertarik (kalo bayar sendiri), kecuali ada yang bayariin hahahahaa….

        1. Hahaha, iya sih. Banyak yang dengar cerita begitu memang. Disini juga. Tapi kalau perginya dalam grup dan kitanya juga jaga diri sih seharusnya relatif lebih aman ya🙂

  2. aiih so sweet banget itu temen zilko yg ngelamar cewek nya,.macam adegan di film2:-)
    itu masuk taj mahal utk turis asing lebih mahal berarti sama kon dgn di indonesia,dulu aku pernah bawa suami ke borobudur kalo gk salah,akunya bayar 15.000 atau brp ya lupa,eh giliran suami saya krn bule di suruh bayar 150.000

  3. Ya ampun itu hotel beneran speechless deh. Aku termasuk oramg yg rewel soal hotel ko..lebih baik hotel kecil mungil tapi bersih dan masih bangunan baru drpada besar tp oldies2 gt. Duh ga kebayang dalemnya kok ada gelandangan segala. Kamu ga ambil fotonya tah ko?

    1. Hehe, iya kaan. Waktu liat gelandangannya reaksiku langsung buru-buru pergi aja Jo, hahaha😆 . Di hotelnya ditulisi: “Jangan meninggalkan barang-barang berharga di kamar. Jika ada kehilangan kami tidak bertanggung-jawab”. Ok, ini wajar. Tapi kalau ada gelandangan di koridor kamar kan ya gimanaa gitu ya…😐 .

      1. Iya ko…suer aku langsung merinding aja bacanya. Kita liburam kan pengennya nyaman ya dan tidur nyenyak. Di hotel yg bersih aja blom tentu bisa tidur nyenyak..apalagi yg model begitu. Mereka tricky banget tuh.

        1. Iya banget. Mana ini rate kamarnya juga nggak “murah” lho. Rate-nya hampir sama seperti hotel-hotel yang kita inapi sebelumnya di kota-kota lain. Padahal hotel-hotel yang lain itu bagus banget dan aman, fasilitas ok, termasuk breakfast ok pula.

  4. taj mahal… bener2 indah. apalagi ngeliat aslinya yah😀

    pasti orang yang datang ke hotel itu pada kapok dan nggak mau balik lagi… plus ngasih tahu ke teman-temannya agar nggak memilih hotel itu.

    jadi tahu salah satu manfaat pembayaran dengan kartu kredit😀

    1. Iya, aslinya juga seindah di fotonya!!🙂

      Begitulah. Dan bukan hanya kami aja lho yang protes malam itu. Sebelum kami ada satu bapak-bapak yang protes tetapi kemudian akhirnya ia mengalah sih karena ia pergi bersama anaknya. Setelah kami juga ada satu orang lain yang protes.

      Begitulah. Asalkan kita bijak mengelola kartu kredit kita, sebenarnya ada banyak sekali keuntungan dari kartu kredit😉 .

  5. wahh turisnya diketok harga tiket masuknya ya ko…kayak ke Borobudur aja tuh turis asing bayar lebih mahal. tapi gak sampe 37x lipat sih. Bagus Taj Mahalnya…

    1. Iya, diketok banget! Di Indonesia juga gitu sih tapi bedanya jelas nggak sampai 37,5 kali lipat kan ya, hahaha😆 . Dan ini dimana-mana lhoo, nggak cuma di Taj Mahal aja. Walaupun perbedaannya di Taj Mahal ini yang paling mencolok sih😀 .

    1. Taj Mahal baguus Dev, hehehe😀 .

      Hahaha, untuk nama dituliskan di internet ogah ah Dev. Sebaiknya main aman aja daripada ntar disalah-gunakan kan (kayak kasusnya Prita😛 ). Tapi kalau diomongin via obrolan langsung gpp deh sebut nama, haha😛 .

  6. Wah itu jalan tol apa jalan umum kok semua numplek di situ.

    Btw yang di taj mahal itu makamnya jodha istrinya apa raja akbar ko..

    wah romantis deh dilamar di taj mahal.

    1. Hahaha, iya kan Ri. Gimana banget gitu rasanya ngelihat jalanan di India. Begitu ke India, jalanan di Indonesia jadi berasa tertib dah, huahaha😆 .

      Taj Mahal itu sebenarnya makan istri rajanya Ri (Mumtaz Mahal). Tetapi kemudian ketika rajanya (Shah Jehan) meninggal, ia juga dimakamkan disana di sebelah makam istrinya.

      Iya, romantis banget ya😀

  7. Nama hotel nya apa Ko? Gilak bener yah kalo kondisinya jelek bgt gitu..ckckc.. Sampe ada gelandangan pula, jadi sedikit kebayang situasi nya.. Tp emang drama yah seharian..haha :p Padahal dari tempat yg indah, si Taj Mahal.

    Temenmu jago banget Ko milih tempat ut ngelamar.. memory indah sepanjang masa tuh😀 *kemudian pengen*..haha

    1. Haha, nama nggak aku sebarkan disini Py. Main aman aja lah😛 *teringat beberapa kasus di Indonesia kan😛 *. Tapi memang gila banget itu hotelnya kayak begitu.

      Hahaha, jago banget Py! Sewaktu dia minta bantuanku buat foto-foto itu (dia belum bilang bakal dimana), aku langsung nanya: “Di Goa kah?” (soalnya kan pantai gitu, dan siapa tahu mau pas sunset gitu kan😛 ). Trus dia bilang “Engga dong, tapi di Taj Mahal”. Gilaaa, aku langsung mikir kok aku nggak kepikiran ya, haha. Taj Mahal jelas paling engga 1 juta kali lebih romantis dan keren daripada Goa buat ngelamar kan ya😛 . Jago dah dia memang😛

      1. Owhh iya sih ya, tar kena pasal ya kan :p

        Emang jauhh lah ya Ko antara pantai dan Taj Mahal..haha😀 Duhh, kok gw jadi gatel pen liat fotonya sih..hahaha :p Kepo bet dah kalo dah urusan bgini..haha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s