Posted in Asia Trip, Movie Review, South Asia, Vacation

#1508 – Watching A Bollywood Movie in India

ENGLISH

It is the weekend now (okay, technically still Friday in the Netherlands but still😛 ) and so I think this story fits it perfectly, as it is about watching a movie in cinema🙂 . So let us just get it started.

***

During our five days stay in Delhi[1] ← put your cursor here in our year end trip to India, we were brainstorming of what would be a fun thing to do while we were in Delhi and had some time to kill. And one of my friends was like “Why don’t we watch a Bollywood movie in a cinema?“. And we unanimously agreed it was such a great idea!

At that time, we saw a lot of advertisement of the movie PK and decided to go for it. The only problem was that the movie was in Hindi and because we were in Delhi, most cinemas did not air the movie with English subtitles. So the first challenge for us was to find a cinema which screened the movie with English subtitles. And luckily we found one; in a cinema that was close to the airport.

So one morning in Delhi we decided to book the tickets online for a screening later on in the evening. The ticket price was Rs 800 per person btw (around €11.43), a very normal nominal in European standard but I knew it was hell a lot in Indian standard. So I immediately guessed it must have been the premier lounge cinema [2] ← put your cursor here which I was, of course, very excited about because I had never been to one![3] And it indeed was.

The Experience

In short, it was amazing!

There were probably just like 40 seats in the room, and each seat was like this:

The seats in the cinema
The seats in the cinema

Haha😆 .

Btw, you could adjust the seat with the small buttons to make yourself comfortable. Also, they provided complimentary water and a blanket!

Watching a movie like this
Watching a movie in a cinema like this

And I am sure you are familiar with the annoying moment when you buy a box of popcorn in a cinema but then the screening starts with (a lot of) advertisement before the movie begins but since you are sitting there already with a box of popcorn in your hand, you cannot resist the temptation to start eating the popcorn even though in the back of your head you know you should keep the popcorn for when the movie actually begins?[4]

Well, this time, I also ordered a box of popcorn. The good one btw, the caramel popcorn! And after paying, of course I expected a box of popcorn. But they did not give me any and so obviously I asked for it. But then the guy in the counter was like “We will deliver the popcorn to your seat Sir“. “Ok, cool“, I thought. And then, they indeed delivered the popcorn to me right when the movie started!!😯 Amazing! So the annoying problem was avoided! Haha😆 . And on top of that, the popcorn was fresh from the oven! So it turned out they actually cooked the popcorn after I ordered it. So it was warm and it was SOO goood!!

Some buttons
Some buttons

Oh, and btw, the seat also came with the “help” button so if you needed something, you could click the button and then a steward would come to help you. Pretty much like the flight attendant call button in an airplane😛 . Pretty cool, no?😛

On top of that, the toilet was super cool too! Just by the sink, to dry our hands they did not provide tissue nor the hand drying machine. Instead, they provided clean hand towel for each guest. Yeah, like proper clean towel[5]!😯 And to wash our hands, not only they provided scented hand soap, but also moisturizer[6]!😯

The toilet
The toilet

Anyway, there was one thing which I found quite interesting. There was actually a break during the movie! After about 90 minutes, there was a ten minutes break so some people used this time to go to the toilet. I found this quite interesting and actually it was not a bad idea, no? With this, you could go to the toilet without missing some part of the movie!

An intermission in an Indian cinema
An intermission in an Indian cinema

The Movie

Anyway, let me focus on the movie itself now.

The movie was about an alien, PK, whose beacon to his spaceship was stolen in India so he could not go back home. In his quest for his beacon, all people he met told him only God could help him because it was pretty much impossible to find the stolen beacon. However, since he was not from the Earth, he was not familiar with the concept of God and got confused. Later on, he met a television reporter, Jaggu, whom was intrigued by him and was willing to help him by making him famous with his own “TV-show” where he challenged some concept of “religion”. Later on, it turned out that his beacon came to the hand of a respected religious guru, who claimed that he obtained the beacon from God Shiva. So, did PK successfully get his beacon back? Well, just find out in the movie yourself😉 .

I have to say that PK was such a very good Bollywood movie! The storyline was interesting, the religion themed issue was very relevant, and the humour was everywhere and it was so funny. So all in all I score this movie 9 out of 10!😛

Btw, there was one line in the movie that made my friends and I laughed quite hard:

“Dit nummer is niet in gebruik.”

Yeah, seriously, there was a random line in the movie which was in Dutch! Okay, it was just basically an answering machine saying the phone number was not available. But still, it was so unexpected so it was funny. I bet upon hearing us laughing, all the other people in the cinema were like “What is so funny about this?” though, lol😆 .

A cinema in India
A cinema in India

BAHASA INDONESIA

Oke, sudah akhir pekan kan ya sekarang (eh, memang sih sekarang ini masih hari Jumat di Belanda, tetapi tetap aja lah ya😛 ), jadilah aku rasa cerita berikut ini cocok untuk diceritakan karena ceritanya tentang menonton film di bioskop🙂. Oke deh, langsung kita mulai saja ya.

***

Suatu hari di antara lima hari kami di Delhi[1] ← letakkan kursor di sini di perjalanan akhir tahunku ke India, kami berdiskusi mengenai kegiatan apa yang akan seru untuk dilakukan mumpung kami berada di Delhi dan memiliki waktu untuk dimanfaatkan. Salah seorang temanku berkata “Nonton film Bollywood di bioskop aja yuk!“. Dan langsung kami semua setuju bahwa ini adalah idea yang brilian.

Waktu itu, kami banyak melihat iklannya film PK dan memutuskan untuk menontonnya. Masalahnya, filmnya dalam bahasa Hindi dan karena kami berada di Delhi, kebanyakan bioskop menayangkan versi filmnya tanpa teks terjemahan bahasa Inggris. Jadilah hambatan utama kami adalah mencari sebuah bioskop yang menayangkan film ini dengan teks bahasa Inggris. Untungnya kami menemukan satu; di sebuah bioskop yang lokasinya tidak jauh dari bandara.

Jadilah di suatu pagi di Delhi kami memutuskan untuk membeli tiketnya di internet untuk penayangan di malam harinya. Harga tiketnya Rs 800 per orang btw (sekitar €11.43 atau Rp 160.000,-), sebuah nominal yang sebenarnya normal untuk standar Eropa tetapi aku tahu ini nominal yang tinggi untuk standar India kan. Jadilah aku langsung menebak bahwa ini pasti bioskop yang premiere lounge [2] ← letakkan kursor di sini yang mana aku, jelas, amat excited dong ya karena kan aku belum pernah nonton di bioskop seperti ini![3] Dan ternyata memang benar.

Pengalaman Nonton

Secara singkat, pengalamannya asyik banget dah!

Di dalam satu ruangan mungkin hanya terdapat 40an kursi, dan masing-masing kursinya itu kayak gini:

The seats in the cinema
Kursi di bioskopnya

Haha😆 .

Btw, itu kursinya bisa di-adjust loh dengan tombol-tombol kecil di sampingnya supaya posisi kursinya PW gitu. Juga, di setiap kursi diberikan komplimen air putih botolan dan juga selimut!

Watching a movie like this
Nonton film di bioskop sambil tiduran

Dan aku yakin pasti pada familier dengan momen galau menyebalkan di bioskop dimana kita membeli satu kotak popcorn tetapi kemudian penayangannya dimulai dengan iklan-iklan (yang banyak) sebelum filmnya beneran dimulai padahal kita sudah duduk disana sehingga sulit untuk menolak godaan untuk mulai memakan popcorn-nya padahal kita tahu benar bahwa sebaiknya popcorn-nya disisakan untuk nantinya ketika filmnya beneran dimulai?[4]

Yah, kali ini, aku juga memesan satu kotak popcorn. Dan popcorn-nya popcorn yang enak loh yaitu popcorn karamel! Jadi ceritanya setelah membayar, jelas dong ya aku kira aku akan mendapatkan satu kotak popcorn. Tetapi kemudian aku tidak mendapatkan apa-apa sehingga jelas aku memintanya. Tetapi kemudian petugasnya berkata “Nanti popcorn-nya kami antar ke kursi Bapak“. “Oke, baiklah kalau begitu“, pikirku. Dan kemudian, popcorn-nya diantarkan ke kursiku setelah filmnya dimulai!!😯 Kereen! Jadi kegalauan di atas terhindarkan dong ya! Haha😆 . Dan di samping itu, popcorn yang diantarkan itu baru saja matang dong! Jadi ternyata popcorn-nya baru dimasak setelah aku memesannya. Akibatnya popcorn-nya masih hangat gitu sehingga rasanya enak banget!!

Some buttons
Beberapa tombol di kursinya

Oh, dan lagi btw, di kursinya juga ada tombol “help” jadi kalau kita membutuhkan sesuatu, kita bisa memencetnya dan seorang pelayan akan datang ke kursi kita. Yaa, mirip lah seperti tombol pemanggil pramugari/a di pesawat terbang😛 . Keren ya?😛

Selain itu, toiletnya keren juga loh! Jadi di samping wastafelnya, untuk mengeringkan tangan tidak disediakan tisu atau mesin pengering tangan melainkan handuk tangan bersih untuk setiap pengunjung. Iya loh, handuk bersih beneran gitu[5]!😯 Dan untuk mencuci tangan, tidak hanya disediakan sabun cuci tangan yang wangi aja loh, tetapi ada moisturizer-nya juga[6]!😯

The toilet
Di toilet

Ngomong-ngomong, ada satu hal yang menurutku menarik. Jadi di tengah-tengah penayangan filmnya itu ada istirahatnya dong! Setelah 90 menit, ada istirahat selama sepuluh menit dimana beberapa orang memanfaatkan waktu ini untuk pergi ke toilet. Aku rasa ini menarik dan lucu ya tetapi kalau dipikir-pikir sebenarnya merupakan ide yang bagus kan? Dengan ini, kita bisa pergi ke toilet tanpa harus melewatkan beberapa adegan di filmnya!

An intermission in an Indian cinema
Sebuah jeda di bioskop India

Filmnya Sendiri

Anyway, mari sekarang kita ngomongin filmnya sendiri.

Filmnya menceritakan kisah seorang alien, PK, yang mana alat pemancar pemanggil pesawat angkasanya dicuri di India sehingga ia tidak bisa pulang. Dalam usahanya mendapatkan kembali alat pemancar itu, semua orang yang ia temui berkata bahwa hanya Tuhan yang bisa menolongnya karena kan praktis tidak mungkin dong ya ia bisa menemukan alat pemancarnya itu lagi. Namun, karena ia bukan berasal dari Bumi, ia tidak paham mengenai konsep Tuhan ini dan bingung. Beberapa waktu kemudian, ia bertemu dengan seorang reporter televisi, Jaggu, yang tertarik dengan keunikannya PK dan bersedia membantunya dengan cara membuatnya terkenal melalui “acara TV”-nya sendiri dimana PK mempertanyakan beberapa konsep “agama”. Lalu, secara kebetulan, ia mengetahui bahwa alat pemancarnya jatuh ke tangan seorang guru agama yang mengklaim bahwa benda tersebut ia dapatkan dari Dewa Siwa. Nah, apakah PK berhasil mendapatkan alat pemancarnya kembali? Yaa, tonton saja di filmnya ya😉 .

Harus aku bilang bahwa PK adalah sebuah film Bollywood yang bagus banget! Ceritanya menarik, isu tentang agamnya juga relevan, dan ada humor lucu di sepanjang filmnya dan lucu-lucu. Jadi secara keseluruhan film ini aku nilai 9 dari skala 10! :P

Btw, ada satu kalimat dari filmnya yang membuat aku dan teman-temanku tertawa terbahak-bahak:

“Dit nummer is niet in gebruik.”

Iya loh, beneran, ada satu kalimat random dalam bahasa Belanda di dalam filmnya! Oke, memang sih pada dasarnya ini hanyalah sebuah mesin penjawab otomatis yang berkata bahwa teleponnya sedang tidak aktif. Tetapi tetap aja lah ya, bener-bener tidak disangka sama sekali sehingga rasanya lucu aja gitu! Aku kira para penonton-penonton lain di bioskopnya membatin “Ini lucunya dimana sih?” ketika mendengar kami tertawa, lol😆 .

42 thoughts on “#1508 – Watching A Bollywood Movie in India

    1. Iya, keren banget!

      Pelayanannya tidak akan menghalangi karena tangga di dalam ruangannya itu lebar banget (kira-kira 1,5 – 2 meter deh lebarnya). Disamping itu, yang aku amati pelayannya naik melalui tangga samping sehingga mereka meminimalisir “gangguan” ke penonton.😀

    1. Iya, apalagi kalau dibandingin sama harga tiket nonton di Eropa. Di Eropa harga segini sih cuma dapat bioskop biasa ajah, hahaha😆 . Iya, buat tidur memang enak😛

  1. Waaaah, makasih banyak pake banget Ko. Akhirnya terjawab sudah bagaimana suasana menonton di India. Gw pernah kehilangan beberapa momen nontonfilm 3 Idiots di bioskop sini. Lempeng teruuuus aja 3 jam lebih. Di tengah-tengah gw keluar dong, gak tahan kebelet banget. Pasrah Deh.
    Kalo filmnya sendiri gw penasaran buangeeeetttt… Semua bilang filmnya bagus deh.

    1. Hihihi, ini sih menonton “kelas atas” di India ceritanya😛 . Soalnya tiketnya ada yang ini sih untuk yang film dengan teks bahasa Inggrisnya, hehehe😛 .

      Hahaha, 3 Idiots memang panjang bener ya filmnya. Apalagi 3 jam gitu jadi jelas kemungkinan besar orang butuh ke toilet lah ya. Mungkin karena di bioskop India ada jeda makanya mereka bikin film ya panjang-panjang aja, hahaha😆 .

      Iya, PK ini bagus banget filmnya!🙂 Recommended banget deh!

  2. belum pernah nonton di bioskop, tapi sepertinya seru apalagi pas di bagian popcornnya, kesal juga kalau popcornnya habis pas film belum di putar, terpaksa beli lagi terus di makan, terus habis lagi pas fil belum di putar2 juga, hehehehe pas film di putar mau beli popcorn lagi kantong sudah jebol, hehehe

    1. Hehehe, kalau aku biasanya nggak sampai habis juga sih popcorn-nya di bagian iklan itu😀 . Dan kalau sudah habis ya udah habis aja, nggak perlu beli lagi, hahaha😆 .

  3. keren banget… jadi kalo perlu nambah popcorn atau mau beli yang lain gak perlu keluar dari bioskop ya, pelayannya dateng.. mantep!!!🙂

    film india panjang2 sih ya ko, jadi perlu ada break nya. hahaha.

    1. Yoi, kita tinggal mencet tombolnya aja dan pelayannya datang trus kita tinggal pesan aja, hehe😀 .

      Iyaa, entah karena ada break sehingga filmnya panjang atau karena filmnya panjang-panjang jadi ada break ya, haha😛

  4. Aku barusan nonton Kuch Kuch Hota Hai di Youtube dan pas tengah-tengah film ada tulisan intermission juga. Aku ngebayangin apa kalau di India bioskop ada istirahatnya gitu apa ya… eh ternyata bener tohhh!! Bioskopnya keren banget… business class yah hahaha =)) Pengen nonton PK nihhh, disuruh ibuku nonton, di 21, tinggal 3 bioskop yang nayangin. Penasaran :”)

    1. Hahaha, beneran Na. Itu ada tulisan Intermission soalnya buat break itu, hahaha😆 .

      Iya, kayak kursi di pesawat business class gitu ya Na kursinya😀 . Asyik bener deh. Iya Na, mumpung masih ada yang nayangin buruan nonton aja. Sudah lumayan lama kan filmnya itu😀 .

  5. Waaahh…. Bioskopnya keren banget zil.. Klo aku ada harga segitu di jakarta mau juga ah nonton.. Di mana yak bioskop premier gt.. *tapi klo di jakarta kayaknya lebih mahal deh*

    1. Begitulah🙂 . Iya, tapi aku belum pernah nyobain yang di Jakarta, hihihi. Nggak tahu di Belanda ada atau engga. Tapi kalau ada pasti harganya gila-gilaan deh disini, haha😆 .

  6. Kalau model bioskop kaya gt di yogya udah ada ko, di JCM nah kita pilih yg kelas primer murah kok hari biasa 70rb.
    pelayananya juga sama.
    cuma ngak ada handuk n mosturaiser di toiletnya.😛

      1. Iya Ri. Awalnya aku heran kok ada jedanya segala. Tetapi sebenarnya bagus ya jadi bisa ke toilet dulu tanpa harus melewatkan beberapa adegan di filmnya😀 .

  7. Wih, baca ini jadi pengen ngerasain nonton di bioskop India…Buat aku yang paling menarik adalah si pelayan nganterin popcornnya saat film dimulai. Karena aku tipe orang yang bisa ngabisin cemilan yang dibeli sebelum filmnya mulai😀

  8. Bener banget Ko, gw juga gitu.. Suka ga tega liat si popcorn nganggur lama2..hihih😀

    Btw, lucu si footnote itu.. Caranya gmn Ko?😀 gw gugling tp ga ngerti..hihi😀

    1. Iya kan Py!! Hahaha😀 . Eh terakhir kali aku nonton disini untungnya bisa menahan diri nggak makan popcorn-nya sampai filmnya dimulai loh. Triknya kotak popcorn-nya aku taroh di lantai, huahaha😆 .

      Hahaha, itu pake kode “acronym title” aja Py. Trus untuk [1]-nya pakai superscript😀 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s