Posted in Asia Trip, South Asia, Vacation

#1502 – 2014 Year End Trip (Part III: Tamil Nadu (1))

ENGLISH

Previous posts on the 2014 Year End Trip series to India:
1. Part I: Getting to India
2. Part II: Karnataka

Previously on 2014 Year End Trip: Zilko and his friends went to India for the year end trip of 2014. After spending three nights in the state of Karnataka, now they were ready to go to continue to adventure south to the state of Tamil Nadu, the state where their Indian friend came from.

Btw, since we spent about one week in total in Tamil Nadu, the story from this state is divided into two different posts; with this post being the first one🙂 .

***

Our Indian friend came from a small town near the town of Erode in Tamil Nadu. And we would stay in her parents’ house during our entire visit in Tamil Nadu.😀 So from Mysore, we went on another Indian road trip to our friend’s hometown. But of course along the way, we made a stop to make the trip more enjoyable. And so we decided to stop at Theppakadu.

Theppakadu

Theppakadu was a small village located near the border of three states: Karnataka, Tamil Nadu, and Kerala. It was interesting for us because it was located in the Mudumalai National Park, where there was a tiger reserve.😀

A safari trip to a tiger reserve was always very tricky as there was no guarantee that we would actually see any tiger. Today we were still quite lucky though as we saw some deers, a group of gray langurs, monkeys, wild boars, peafowls, and elephants. But, well, no tiger in sight indeed, haha😆 . During the trip we also made a quick stop in the middle of the jungle where there was a small abandoned observation tower with good view of the surrounding.

A group of gray langurs at Theppakadu
A group of gray langurs at Theppakadu
An elephant crossing a river at Theppakadu
An elephant crossing a river at Theppakadu

In the evening, we watched an elephant getting bathed and went to an elephant camp nearby to watch the elephant dinner feeding😀 . They opened the camp gate at around 5 PM but the feeding actually did not start until around 6 PM. Even one of the elephants got a little bit bored (I think) and I could swear that this elephant was listening to a disco music or something:

😆

The Journey to Erode

We left Theppakadu at around 6:30 PM. And since Theppakadu was a small village on top of the Nilgiri hills, the road was small and very winding until we reached the bottom of the hill, which was like 120 km away from Theppakadu.

We spent 3 hours for the first 60 km of the trip btw since our driver decided to take a supposedly shortcut; which even though it might be true distance-wise, it actually took longer to complete since the road was even smaller and winding in addition to the day had become dark also. When we reached the town of Ooty, still on the Nilgiri Hill, we decided to stop for a late dinner (story about the dinner can be found below).

Just when we almost finished with the hill, at almost 1 AM, we had to pass a narrow bridge which could only fit one vehicle at a time in a two-way road. In front of us, there was a bus; which obviously had to break down once it entered the bridge; thus pretty much blocking the road. There was already a long line of vehicles behind us so we were pretty much trapped! A few minutes later, however, the bus passengers had to get down and push the broken bus out the bridge, haha.

After the hill, the road was more flat and we entered the highway so the road trip became more drama-free. We arrived at our friend’s place at around 2:30 AM.

Erode and the Indian Hospitality

We spent a few days basically relaxing in our friend’s hometown, which was very nice. And here, we definitely experienced the (South) Indian hospitality (our friend’s dad told us that the South Indian were known for their hospitality🙂 ). To me, I felt like we were treated like kings and queens. Each of us even got a Christmas present from our friend’s parents! I mean, WOW!! Our friend also introduced us to some of her extended family, and they were very nice as well. Even her grandfather’s sister (so that was technically her grandmother as well btw?❓ ) who was in her 90s cooked us her signature Indian dish in her house. They were all so warm and welcoming so that I felt like they were my family🙂 .

I got a Christmas present! Seriously!!
I got a Christmas present! Seriously!!
Inside a Hindu temple
Inside a Hindu temple in India

During our stay there, we also visited a temple in the neighborhood of our friend’s house. It was, I think, the biggest and busiest temple there. Our friend’s mom took us there to experience how the Hindus prayed in a temple. Praying in a Hindu temple was, apparently, much more active physically than praying in a church btw. People kept moving from one chamber to another, where each chamber was designated for a specific God(ess). And in each chamber people were blessed by a monk with a candle, where they put their palms towards it and then faced the blessed palms to their face – to receive the blessing from the God(ess) – and some powder for the forehead. Sometimes they got some stuffs too, like flower petals for instance. It was definitely such a very interesting experience to us.

The Food

A homemade Indian breakfast
A homemade Indian breakfast

Most food that we had during our stay in our friend’s place was, not surprisingly, homecooking food. This was actually such a very nice experience to try the real Indian food, right?🙂 Even though a few times we went outside to have some meals at some small restaurants in Erode to, which were very nice.

Btw, as I said above, in our way from Theppakadu to our friend’s hometown, we stopped at a restaurant in Ooty for dinner. There were actually three restaurants which we saw there but only one was very busy. And we followed to well-known rule to always choose the busy one because it was more likely to be a very good place to eat. And God this rule was correct, once again!

The best mutton biryani I have EVER had.
The best mutton biryani I have EVER had.

I decided to order a mutton biryani, which came out as pictured above. As you can see, it was so big. And of course I started eating it from the top layer of rice down. The top layer of the bowl was very good btw, I scored it 8 out of 10. But guess what, as I got deeper into the bowl, it just went better and better! So they put the mutton with most of the sauce at the bottom of the bowl. Hence there was more spice in the bottom which was mixed very well with the biryani rice; and this was the orgasmic part. It was SOO good! Seriously! I would score this part an 11 out of 10 if this was possible, haha.

Seriously, this restaurant was a restaurant I knew I would love to come back badly. Had it not been in India and actually in a remote village in the country, probably I would have planned another trip there just for this restaurant! Haha😆 . This was how the restaurant looked btw; as who knows there are readers who happen to be going to Ooty soon😉 . This restaurant is absolutely recommended:

A very good restaurant in Ooty
A very good restaurant in Ooty

TO BE CONTINUED…

Next on 2014 Year End Trip:
– Yercaud and Tanjore in Tamilnadu
– Goa
– New Year Eve’s celebration in Goa
– Rajasthan and Uttar Pradesh
– Delhi

BAHASA INDONESIA

Posting-posting sebelumnya dalam seri 2014 Year End Trip ke India:
1. Part I: Getting to India
2. Part II: Karnataka

Sebelumnya dalam 2014 Year End Trip: Zilko dan teman-temannya pergi ke India dalam rangka liburan akhir tahun 2014. Setelah menghabiskan tiga malam di negara bagian Karnataka, kini mereka siap untuk melanjutkan petualangan mereka ke negara bagian di sebelahnya, Tamil Nadu, darimana teman mereka yang orang India berasal.

Btw, karena kami menghabiskan sekitar satu minggu di Tamil Nadu, cerita dari negara bagian ini aku bagi ke dalam dua posting; dengan posting ini adalah posting pertamanya🙂 .

***

Teman kami yang orang India berasal dari sebuah kota kecil di dekat kota Erode di Tamil Nadu. Dan kami akan menginap di rumah orangtuanya selama kami berada di negara bagian ini.😀 Jadilah dari Mysore, kami naik mobil lagi untuk pergi ke kota asal teman kami. Tetapi jelas di jalan kami memutuskan untuk mampir di sebuah tempat yang menarik agar perjalanannya lebih menyenangkan. Untuk itu, kami mampir di sebuah tempat yang bernama Theppakadu.


Theppakadu

Theppakadu adalah sebuah desa kecil yang berlokasi di dekat perbatasan tiga negara bagian: Karnataka, Tamil Nadul, dan Kerala. Tempat ini menarik bagi kami karena disana berada Taman Nasional Mudumalai, dimana terdapat tempat penangkaran harimaunya loh😀 .

Perjalanan safari ke tempat penangkaran harimau jelaslah selalu sulit dalam artian tidak ada jaminan kami akan melihat harimaunya kan. Tetapi hari ini kami masih lumayan beruntung loh karena bisa melihat beberapa ekor rusa, satu grup langur abu-abu, money, babi liar, merak, dan juga banyak gajah. Tetapi memang sih kami sama sekali tidak melihat harimau, haha😆 . Di perjalanannya kami juga berhenti di tengah-tengah hutan untuk pergi ke sebuah menara observasi yang sudah tidak dihuni lagi yang mana dari sana pemandangannya bagus.

A group of gray langurs at Theppakadu
Satu grup langur abu-abu di atas pohon di Theppakadu
An elephant crossing a river at Theppakadu
Seekor gajah menyeberangi sungai di Theppakadu

Di sore harinya, kami menonton seekor gajah yang sedang dimandikan dan juga mampir di sebuah tempat perawatan gajah untuk melihat gajah-gajahnya diberi makan malam😀 . Gerbang ke tempat perawatan gajahnya dibuka jam 5 sore tetapi gajahnya baru diberi makan jam 6 sore. Btw, salah satu gajahnya kayaknya merasa bosan juga ketika menunggu hingga jam 6 itu dan kayaknya gajahnya diam-diam mendengarkan musik disko loh:

😆

Perjalanan ke Erode

Kami meninggalkan Theppakadu sekitar jam 6:30 sore. Dan karena Theppakadu adalah desa kecil yang berada di atas perbukitan Nilgiri, jalan yang melaluinya jugalah sebuah jalan yang kecil saja yang amat berliku. Dan jalanannya seperti ini sampai kami mencapai bagian bawah/kaki bukitnya, yang mana sekitar 120 km dari Theppakadu.

Kami menghabiskan 3 jam untuk menempuh 60 km pertama btw karena sopir kami memutuskan untuk memilih jalan pintas; yang mana mungkin memang jalan pintas dari segi jarak ya, tetapi sebenarnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dilalui karena jalannya lebih kecil, juga berliku-liku, ditambah lagi hari sudah gelap kan. Ketika akhirnya kami mencapai desa Ooty, yang mana masih berada di bukit Nilgiri, kami memutuskan untuk berhenti makan malam (cerita makan malam di Ooty berada di bawah).

Lalu, ketika kami nyaris sampai di bagian bawah bukitnya, sekitar jam 1 pagi, kami harus melewati sebuah jembatan sempit yang hanya bisa dilalui satu arah saja dalam satu waktu di sebuah jalan dua arah. Di depan kami ada sebuah bus, yang mana jelas harus dong untuk mogok pas ketika berada di tengah-tengah jembatannya; jadi jalannya otomatis terblokir. Dan kebetulan di belakang kami sudah terbentuk rangkaian panjang kendaraan-kendaraan lain yang mana artinya kami terjebak! Beberapa menit kemudian, penumpang-penumpang busnya turun dan bergotong-royong mendorong busnya agar bisa keluar jembatan, haha.

Setelah sampai di kaki bukit, jalannya lebih rata dan kami bisa melewati jalan tol sehingga perjalanannya menjadi bebas dari drama deh. Hanya saja akibatnya kami baru sampai di rumah teman kami sekitar jam 2:30 subuh.

Erode dan Keramah-tamahan India

Beberapa hari kami lalui dengan bersantai-santai aja di kota asalnya teman kami, yang mana asyik juga loh. Dan disini, kami benar-benar merasakan yang namanya keramah-tamahan India (Selatan). Papanya teman kami berkata bahwa budaya India Selatan itu budaya yang amat ramah banget terhadap tamu🙂 . Untukku, aku merasa bahwa kami ini diperlakukan seperti raja atau ratu dong. Bahkan masing-masing dari kami mendapat hadiah Natal juga dari orangtuanya temanku! WOW banget nggak sih!! Temanku juga mengenalkan kami ke beberapa anggota keluarganya yang lebih jauh, dan mereka juga baik dan ramah banget. Bahkan ya, adik perempuan kakeknya teman kami (jadi bisa dibilang neneknya temanku kayaknya ya?❓ ) yang umurnya 90an tahun memasakkan masakan India andalannya bagi kami loh. Mereka benar-benar hangat dan ramah sehingga aku merasa seperti keluarga deh🙂 .

I got a Christmas present! Seriously!!
Aku dapat hadiah Natal loh! Serius!!
Inside a Hindu temple
Di dalam kuil Hindu di India

Ketika kami berada disana, kami juga mengunjungi sebuah kuil di dekat rumahnya teman kami. Kayaknya kuil ini adalah kuil Hindu tersibuk dan terbesar disitu. Mamanya teman kami mengajak kami kesana untuk melihat dan merasakan bagaimana umat Hindu beribadah di dalam kuil. Ternyata, beribadah di kuil Hindu itu jauh lebih aktif secara fisik loh daripada beribadah di gereja. Para umat terus-terusan bergerak dari satu ruangan ke ruangan lainnya, dimana setiap ruangan merupakan ruang Dewa/Dewi tertentu. Dan di setiap ruangan, setiap umat diberkati oleh seorang biksu (istilahnya dalam bahasa Indonesia apa sih btw?) dengan sebuah lilin, dimana umat menangkupkan tangannya ke arah lilin tersebut dan kemudian menangkupkannya ke arah muka mereka – sebagai tanda bahwa mereka menerima berkat dari Dewa/Dewi-nya – dan bubuk untuk ditempelkan di dahi. Kadang-kadang mereka mendapatkan beberapa barang juga, seperti beberapa buah kelopak bunga misalnya. Benar-benar sebuah pengalaman yang menarik deh.

Makanannya

A homemade Indian breakfast
Sarapan rumahan India

Kebanyakan makanan yang kami makan ketika menginap di rumahnya teman kami ya, tidak mengherankan, masakan rumahan. Yang mana sebenarnya merupakan pengalaman yang seru banget dong ya karena masakan rumahan begini kan justru merupakan masakan India yang sebenarnya kan?🙂 Tetapi beberapa kali kami makan di luar juga sih di beberapa restoran kecil di Erode, yang mana juga enak.

Btw, seperti yang aku bilang di atas, di perjalanan dari Theppakau ke kota asalnya emanku, kami mampir di sebuah restoran di Ooty untuk makan malam. Disana kami melihat ada tiga restoran yang mana salah satunya rame banget. Dan kami memutuskan untuk mengikuti aturan paling dasar dalam hal pemilihan restoran yaitu untuk memilih restoran yang ramai karena artinya kemungkinan restorannya oke dong ya kalau ramai. Dan aturan ini, lagi-lagi, benar banget lho!

The best mutton biryani I have EVER had.
Biryani kambing paling enak yang pernah aku makan.

Jadi ceritanya aku memilih untuk memesan biryani kambing, yang mana penampakannya seperti di foto di atas. Seperti yang bisa dilihat kan, besar banget loh porsinya. Saking besarnya ketika nasinya diambil, nasinya jatuh berceceran di meja dong. Dan tentu saja aku memakannya dari lapisan nasi yang paling atas dan kemudian perlahan-lahan sampai di bagian bawahnya. Nasi biryani di lapisannya enak banget loh btw, aku beri nilai 8 deh dari 10. Tetapi tebak bagaimana, semakin dalam nasi yang aku makan, nasinya semakin enak dan semakin enak aja! Gila! Jadi ceritanya daging kambing dan saus biryaninya mereka letakkan di bagian bawah mangkoknya. Jadilah nasi yang berada di bagian bawahnya tercampur dengan saus biryani kambingnya itu, dan bagian yang ini ENAAKK BANGETTT!!! *gak santai* Serius deh, beneran enak banget! Aku beri nilai 11 deh dari skala 10 kalau ini mungkin, haha.

Beneran deh, restoran ini adalah restoran yang aku tahu aku ingin banget kunjungi lagi. Andaikata lokasinya bukan di India dan itu pun bukan di desa terpencil di negaranya, mungkin aku sudah merencanakan trip untuk pergi kesana lagi demi restoran ini deh! Haha😆 . Btw, berikut ini penampakan restorannya. Siapa tahu ada yang akan mampir di Ooty kan😉 . Restoran ini benar-benar aku rekomendasikan banget deh :

A very good restaurant in Ooty
Sebuah restoran yang enak banget di Ooty

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2014 Year End Trip:
– Yercaud dan Tanjore di Tamilnadu
– Goa
– Perayaan Malam Tahun Baru di Goa
– Rajasthan dan Uttar Pradesh
– Delhi

29 thoughts on “#1502 – 2014 Year End Trip (Part III: Tamil Nadu (1))

    1. Iya, saking banyaknya sampai tumpah ruah nasinya, hahaha😆 . Iya, sepertinya sih mereka memasukkan daging dan bumbunya dulu sebelum nasinya ditambahkan ya.😀

  1. my boyfriend loves briyani so much. hahaha.. tapi emang lumayand enak juga sih mnurut gw. just that it is very heaty.. berasa ga enak gt tenggorokannya stiap kali makan briyani. haha. harus minum super banyak..

  2. klo berkunjung ke negri org, trus disambut ramah dan hangat kyk keluarga jd pengen dtg lagi ya ko? tp aku ga yakin suka sm masakan india, pernah coba ga bgtu doyan… ga tau deh klo beneran makan di india ya? mgkn ikutan suka kali ya? hehe…

  3. Kalo ut yg ga suka kambing tetep bakal bilang enak ga Ko? *penasaran*.. Haha.. Kebayang itu si bis mogok ditengah2.. :p Seru banget pengalamannya. Apalagi makan masakan rumahan gitu.. Otentik banget kan pastinya.🙂

    1. Kalau nggak suka kambing biasanya ada pilihan ayam Py, hehehe😀 . Disana kalau daging biasanya selalu ada dua pilihan: ayam dan kambing😀 .

      Iya kan. Kok bisa gitu kebetulan banget bus di depan kita mogok pas di tengah-tengah jembatan satu-satunya. Gila dah ya, hahaha😆 .

      Iyaa, seru banget makan masakan rumahan gitu karena jelas lebih berasa Indianya daripada sekedar makan di restoran aja kan😀 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s