Posted in Asia Trip, South Asia, Vacation

#1500 – 2014 Year End Trip (Part II: Karnataka)

ENGLISH

Previous post(s) on the 2014 Year End Trip series to India:
1. Part I: Getting to India

Previously on 2014 Year End Trip: Zilko and his friends went to India for the year end trip of 2014. After taking two flights with one transit in Paris, they finally arrived at Bangalore. And here, their year end trip in India started with the first state: Karnataka.

***

Bangalore

We stayed for one night in a small hotel near the airport in Bangalore. Two taxis had been arranged to pick us up at the airport; and after a late check-in, we went to bed. Technically we did not really spend any time in the city of Bangalore itself since, at 11 AM, our Indian friend’s parents picked us up at the hotel with a Tempo Traveller car to directly go to the city of Mysore.

The journey was not supposed to be that long but we went to the wrong direction for quite some distance several times, unfortunately. So that we arrived at our hotel in Mysore at around 7 PM.

Mysore

The Mysore Junction Railway Station

After we arrived at the hotel and had a buffet dinner there, we decided to walk a little bit. We walked to a nearby main railway station in the city, the Mysore Junction. Obviously we did not go anywhere with the train, but to see a busy Indian railway station was very interesting on its own.

The Mysore Junction Railway Station in Mysore, Karnataka
The Mysore Junction Railway Station in Mysore, Karnataka

An Indian Traditional Market

The next morning, we took three autos (my friends preferred to call it the “tuktuk”, but in Indonesia it is known as “bajaj”😀 ) to go to an Indian traditional market. I felt like the traditional market was largely similar to an Indonesian traditional market though.

A vegetables seller at a traditional Indian market
A vegetables seller at a traditional Indian market

Btw, some of the vendors there were “smart” btw. When they spotted foreigners, they asked where they were from. Then, they would say they had something written in their book in the foreigners’ native language which they did not understand. In our case, since we were from the Netherlands and three of us were actually Dutch, one vendor showed us a page in his book with a recipe of something which was written in Dutch. And then, after we were “awed” (who would have expected to find his/her native language written in a random book owned by a local in a corner of India?), he tried to sell us something. We did not fall for it and did not buy anything from him though; but still, it was quite a smart way to, at least, lure a potential customer in, no?😛

The Mysore Palace and the Chamundi Temple

After the market, we took the autos to go to the main tourist attraction in Mysore, the Mysore Palace. Btw, for the first time in this trip (which we would face pretty much everywhere also later on), I noticed the huge entrance fee difference between an Indian and a foreigner to enter a site in India. For this palace, for instance, as a foreigner I had to pay Rs 200 (approx. €2.70) while my Indian friend only needed to pay Rs 40 (approx. €0.54). Okay, Rs 200 was still practically nothing but still, I had to pay five times more expensive than an Indian! Haha😀 . And in a famous site which I would visit later on in this trip, the difference was even more dramatic. Stay tuned for that!😉

Anyway,  inside the palace, we booked a guide to get around the site. To enter the palace, we had to be bare-footed. So just outside the palace building, there was a very busy footwear deposit place. And since it was already the holiday season, the site was very crowded too today. The palace itself was quite big and beautiful too. I won’t write a lot of details here🙂 . After a visit to the palace, we decided to go around a little bit. There was a small park with camels and elephants behind the palace, where one of my friends got a blessing from an elephant (after he paid the elephant with some cash (yeah, smart elephant!😛 )). Btw, people could ride the camels and elephants too with some fee.

The Mysore Palace
The Mysore Palace

After we finished with the palace, it was already lunch time so we decided to leave. And we decided to be very touristy today by leaving the palace with a horse carriage ride which we rent just outside the gate, lol😆 . The ride circled the palace but instead of dropping us back at the gate, we asked them to drop us off at a restaurant in the city centre where we would have our lunch (find the story about the lunch below).

Our Tempo Traveller picked us up after lunch to go to the Chamundi Hill to the southeast of Mysore. First, we stopped by at the Nandi Hill where a big statue of Nandi was located. Nandi is the bull which serves as the mount of the God Shiva in Hindu. Then, we went to the Chamundi Temple at the top of the Chamundi Hill. It was a busy day at the temple today so we decided not to get in but just enjoyed the temple from the outside, which was already very beautiful on its own.

Nandi at the Nandi Hill
Nandi at the Nandi Hill

Btw, the weather today was also very good. The temperature was around 30°C, the sun was shining, and the sky was clear. And just outside the temple, there was a fresh coconut seller and we bought some coconuts for drinks for Rs 25 (approx. €0.34) each. Yes, such a heavenly day today! And to celebrate that, I took this selfie😛 :

A selfie at the Chamundi Temple
A selfie at the Chamundi Temple

The Food

Since before the trip started, one specific Indian food which I could not wait to taste was the dosa. The reason was very simple, I found the name “dosa” quite funny because “dosa” meant “sin” in Indonesian, haha😆 . And my wish became a reality very soon as I had dosa as my first breakfast in India! Haha😆 . And it was good too!🙂

A serving of dosa for breakfast
A serving of dosa for breakfast

For my lunch in Mysore, we were taken to a famous biryani restaurant in the city, my Indian friend’s father’s favorite restaurant actually. And the eating experience was very interesting as well! We were not served with plates or cutleries. Instead of a plate, each of us was given a fresh banana leaf which was supposed to function just like a normal plate.

As for the cutleries, however, it was a bigger problem for me. As I said here (in Indonesian only), I have a bit of an OCD where I do not like to touch the food I am eating. And here, no cutleries was provided. But obviously I already prepared myself for this situation. I still had the plastic cutleries Air France provided in their meal service on the Paris – Bangalore flight so I still could eat with cutleries. And then my Indian friend’s mom laughed because of this😆 .

A mutton biryani on a banana leaf
A mutton biryani on a banana leaf with my own cutleries
A delicious Indian dinner at the Indra's Cafe
A delicious Indian dinner at the Indra’s Cafe

In our second evening in Mysore, we went to the Mysore Mall which I found quite small, haha😆 . The mall was worth to visit btw since they provided free wifi while our hotel did not and actually charged an exorbitant amount for a connection. But there was no interesting place to eat in the mall. So we decided to leave and had dinner at the Indra’s Cafe in the city centre. And the meal there was really good as well.

TO BE CONTINUED…

Next on 2014 Year-End Trip:
– Theppakadu and Erode in Tamil Nadu
– Yercaud and Tanjore also in Tamil Nadu
– Goa
– Rajasthan and Uttar Pradesh
– Delhi

BAHASA INDONESIA

Posting(-posting) sebelumnya dalam seri 2014 Year End Trip ke India:
1. Part I: Getting to India

Sebelumnya dalam 2014 Year End Trip: Zilko dan teman-temannya pergi ke India untuk perjalanan akhir tahun 2014. Setelah terbang dengan dua penerbangan dimana mereka transit di Paris, akhirnya mereka tiba di Bangalore. Dan disini, perjalanan akhir tahun mereka di India dimulai di negara bagian pertama: Karnataka.

***

Bangalore

Kami menginap selama satu malam di sebuah hotel kecil di dekat bandara di Bangalore. Dua taksi telah kami pesan untuk menjemput kami di bandara; dan setelah check-in, kami tidur. Secara teknis kami tidak menjelajahi kota Bangalore itu sendiri sih karena jam 11 pagi, orangtua temanku yang orang India datang dan menjemput kami di hotel dengan sebuah mobil Tempo Traveller untuk langsung pergi ke kota Mysore.

Perjalanannya sendiri sih seharusnya tidak terlalu lama tetapi kami tersesat beberapa kali dengan jarak tempuh lumayan jauh, sayangnya. Jadilah kami baru sampai di hotel kami di Mysore sekitar jam 7 malam.

Mysore

Stasiun Kereta Api Mysore Junction

Setelah tiba di hotel dan makan malam buffet disana, kami memutuskan untuk berjalan kaki sedikit. Kami berjalan kaki ke sebuah stasiun kereta api besar di kota ini, yaitu Stasiun Mysore Junction. Jelas kami tidak pergi kemana-mana dengan kereta api, tetapi melihat stasiun kereta api yang sibuk di India itu lumayan menarik juga lho.

The Mysore Junction Railway Station in Mysore, Karnataka
Stasiun Kereta Api Mysore Junction di Mysore, Karnataka

Sebuah Pasar Tradisional India

Keesokan paginya, kami naik tiga auto (teman-temanku sih lebih suka menyebutnya “tuktuk”, dan kalau di Indonesia sih lebih terkenal dengan nama “bajaj”😀 ) untuk pergi ke sebuah pasar tradisional ala India. Menurutku pasar tradisionalnya sangat mirip dengan pasar tradisional di Indonesia loh.

A vegetables seller at a traditional Indian market
Seorang penjual sayuran di sebuah pasar tradisional di India

Btw, beberapa pedagangnya disana itu “pintar” loh. Ketika mereka melihat orang asing, mereka bertanya orang asingnya datang dari mana. Kemudian, mereka akan berkata bahwa mereka memiliki sebuah buku dimana di dalamnya tertulis sesuatu di dalam bahasa ibu si orang asing itu yang mereka tidak pahami. Dalam kasus kami, karena kami datang dari Belanda dan tiga dari kami memang orang Belanda, seorang pedagangnya menunjukkan sebuah halaman dari satu buku dimana disana tertulis sebuah resep dalam bahasa Belanda. Dan kemudian, setelah kita “tersentuh” dan merasa “wow” (siapa yang menyangka kan akan menemukan bahasa ibunya tertulis di sebuah buku random di suatu sudut di India?), pedagangnya berusaha untuk menjual sesuatu. Kami tidak terjebak sih dan akhirnya tidak membeli apa-apa darinya; tetapi tetap aja lah ya, ini adalah cara yang pintar untuk menarik calon pembeli kan?😛

Istana Mysore dan Kuil Chamundi

Dari pasar, kami naik auto untuk pergi ke atraksi utama di Mysore, Istana Mysore. Btw, untuk kali pertama di perjalanan ini (yang mana akan aku hadapi juga berkali-kali di perjalanan ini nantinya), aku merasakan perbedaan yang sungguh besar dalam hal biaya tiket masuk ke tempat wisata bagi orang India dan orang asing. Misalnya aja, untuk istana ini, sebagai orang asing aku harus membayar Rs 200 (sekitar €2,70 atau Rp 40.000,-) sementara temanku yang orang India cukup membayar Rs 40 (sekitar €0.54 atau Rp 8.000,-) aja dong. Oke, memang sih Rs 200 itu sama sekali nggak seberapa (apalagi kalau di-euro-in😀 ), tetapi tetap aja lah ya, aku harus membayar lima kali lebih mahal daripada orang India loh! Haha😀 . Dan di sebuah tempat terkenal lain yang aku kunjungi nantinya di perjalanan ini, perbedaannya lebih dramatis lagi. Jadi ditunggu aja ceritanya!😉

Ngomong-ngomong, di dalam istananya, kami menyewa jasa seorang guide untuk menjelaskan istananya. Oh iya, untuk masuk ke istananya, alas kaki harus dilepas loh. Jadilah tepat di luar gedung istananya ada tempat penitipan alas kaki. Dan karena sedang musim liburan, hari ini istananya ramai bener deh. Istananya sendiri berukuran besar dan memang indah. Aku tidak akan menuliskan detail ceritanya disini🙂 . Setelah mengunjungi istananya, kami memutuskan untuk berjalan-jalan mengelilingi kompleksnya. Di belakang istananya terdapat sebuah taman dimana di tamannya ada unta dan gajah loh, dimana salah seorang temanku diberkati oleh seekor gajah (setelah ia memberikan uang ke gajahnya (ih, gajahnya pintar ya!😛 )). Btw, pengunjung juga bisa menaiki unta dan gajah itu dengan membayar ekstra.

The Mysore Palace
Istana Mysore

Setelah selesai di istananya, kami pergi untuk makan siang. Dan kami memutuskan untuk menjadi turis deh hari ini dengan menaiki kereta kuda loh untuk meninggalkan istananya, huahaha😆 . Kereta kudanya kami sewa di depan gerbang istananya btw. Kereta kudanya berjalan mengelilingi istananya dan kami meminta untuk tidak diturunkan di gerbang tadi, tetapi di sebuah restoran di pusat kota dimana kami akan makan siang disana (cerita makan siangnya ada di bawah).

Tempo Traveller kami datang menjemput di restoran setelah makan siang untuk pergi ke Bukit Chamundi di sebelah tenggara Mysore. Pertama-tama, kami mampir dulu di Bukit Nandi dimana disana ada patung besarnya Nandi. Btw, pada tahu Nandi kan? Nandi itu adalah sapi yang merupakan tumpangannya Dewa Siwa dalam kepercayaan Hindu. Lalu, kami pergi ke Kuil Chamundi di puncak Bukit Chamundi. Hari ini adalah hari yang amat sibuk di kuil ini sehingga kami memutuskan untuk tidak masuk ke dalam kuilnya. Toh dari luar pemandangannya juga sudah bagus.

Nandi at the Nandi Hill
Nandi di Bukit Nandi

Btw, cuaca hari ini juga asyik banget. Suhu udaranya sekitar 30°C, matahari bersinar cerah, dan langit juga terang. Dan di luar kuilnya, ada penjual kelapa muda dan kami membeli beberapa buah kelapa untuk diminum masing-masing seharga Rs 25 (sekitar Rp 5.000,-). Ya, benar-benar sebuah hari yang menyenangkan! Dan untuk merayakan itu, aku foto-foto selfie dong😛 :

A selfie at the Chamundi Temple
Selfie di Kuil Chamundi

Makanannya

Semenjak sebelum aku berangkat, ada satu makanan India yang sudah ingin banget aku cobain, yaitu dosa. Alasannya sederhana aja, namanya kan lucu gitu ya, huahaha😆 . Dan keinginanku terkabul dengan cepat loh karena sarapanku pertama di India adalah dengan sebuah dosa! Haha😆 . Dan memang rasanya enak!🙂

A serving of dosa for breakfast
Seporsi dosa untuk sarapan

Untuk makan siangku di Mysore, kami diajak ke sebuah rumah makan biryani terkenal di kota ini, rumah makan favorit papanya temanku yang orang India. Dan pengalaman makan disana menarik juga loh! Jadi ceritanya kami tidak diberikan piring atau peralatan makan. Sebagai pengganti piring, kami diberikan sebuah daun pisang segar yang difungsikan seperti piring biasa.

Nah, untuk peralatan makannya sendiri, ini adalah sebuah masalah yang lebih besar untukku. Seperti yang aku sebutkan disini, aku memiliki sedikit OCD dimana aku amat enggan untuk, dengan tanganku, menyentuh makanan yang akan aku makan. Dan di rumah makan ini nggak disediakan peralatan makan dong. Tetapi jelas aku sudah mempersiapkan diriku untuk situasi ini. Aku membawa peralatan makan dari plastik yang diberikan di penerbangannya Air France dari Paris ke Bangalore sehingga aku masih bisa makan dengan peralatan makan deh. Dan kemudian mamanya temanku yang orang India tertawa karena ini😆 .

A mutton biryani on a banana leaf
Biryani kambing di sebuah daun pisang dan peralatan makanku sendiri
A delicious Indian dinner at the Indra's Cafe
Sebuah makan malam India yang amat enak di Indra’s Cafe di Mysore

Di malam kedua kami di Mysore, kami pergi nge-mall ke Mall Mysore yang mana menurutku mall-nya kecil dah, haha😆 . Eh tetapi worth it banget kok ngemall kesana karena di mall-nya ada wifi gratisan loh! Haha😆 . Jadi ceritanya hotel kami tidak memberikan fasilitas wifi gratis gitu deh; dan kami harus membayar mahal untuk koneksi internet. Tetapi sayangnya di mall ini tidak ada rumah makan yang menarik. Jadilah kami memutuskan untuk pergi dan makan malam di Indra’s Cafe di pusat kota. Dan makanan disana enak juga loh.

BERSAMBUNG…

Selanjutnya dalam 2014 Year-End Trip:
– Theppakadu dan Erode di Tamil Nadu
– Yercaud dan Tanjore juga di Tamil Nadu
– Goa
– Rajasthan dan Uttar Pradesh
– Delhi

39 thoughts on “#1500 – 2014 Year End Trip (Part II: Karnataka)

  1. Zilko, ternyata gak suka makan pake tangan…😀
    Untung ada alat makan plastik yang dibawa ya hehehe…
    Btw ya, pedagang di India yang ibu-ibu itu pinter ya cara nyari customer, sayang gak berhasil dibeli dagangannya.😀

    1. Iya, nggak suka makan pakai tangan Dev. Makanya kemarin di Air France peralatan makan plastiknya aku bawa aja, untuk persiapan, hihihi😀 .

      Iya, pintar ya mereka cari customer. Dan nggak cuma sekali ini aja lho kami menghadapi pedagang yang menggunakan taktik ini. Di tempat lain di India juga ada yang menerapkan cara yang sama, atau setidaknya serupa😀 . Yaa memang dalam kasus kami nggak berhasil, tapi lumayan kan Dev bisa menggaet calon pembeli. Kan lumayan tuh😀 .

    1. Iyaa, nasi biryani memang enaaak!😀

      Ini kita juga makannya kebanyakan di restoran yang oke kok, jadi kebersihannya terjaga. Walaupun nantinya ketika di Delhi akhirnya nggak tahan juga dan beli beberapa street food yang memang enaak banget!!😀 .

      Tapi memang sih, disana street food atau street vendor gitu memang nampaknya gimanaa banget gitu makanannya. Satu kali kita mampir di street vendor di Delhi buat makan siang. Akhirnya aku beli dua bungkus kripik Lays aja buat makan siang saking gimananya ngelihat makanan yang mereka sajikan, hahaha😆 .

    1. Hahaha, nggak bersih-bersih amat sih sebenernya. Banyak tumpukan sampah juga dimana-mana. Cuma memang kebetulan yang di-upload ini bagian yang bersih-bersihnya😛 . Stasiun kereta apinya memang terlihat oke soalnya ekspektasiku lebih jelek lagi stasiunnya, haha. Tapi mungkin ini karena stasiun ini stasiun gede kali yah…

  2. wah nama bajainya keren yah jadi AUTO disana😆
    ikutan penasaran sm dosa, kayanya di indo gada resto india yg jual yah (apa namanya bukan dosa kalo disini).
    btw sama ko, aku juga kl pergi liburan biasain di tas sedia sendok plastik gitu, kalo sewaktu2 butuh makan dan ga disediain sendok jadi aman. plus ga lupa bawa sambel sachet botolan hahaha

    1. Yoi Mey. “Bajaj” itu nama salah satu pabrik yang memproduksi auto ini, hehehe🙂 .

      Dosa kayaknya adalah makanan India dari India daerah selatan. Sementara biasanya di luar India, makanan India dari utara lah yang lebih terkenal dan banyak bertebaran. Mungkin karena itu dosa lebih jarang ditemui ya, hehe😀 .

      Hahaha, iya banget! Aku nggak selalu sedia sendok plastik sih soalnya biasanya rumah makan gitu kan ada peralatan makan. Cuma khusus India ini harus disediakan khusus deh😛 .

    1. Betul, karena tunggangannya dewa sehingga sapi dihormati. Jadilah di India banyak banget sapi berkeliaran bebas dimana-mana, termasuk di jalan tol, hahaha😆 .

  3. Mutton Briyani nyaaaa, ak jd kepengen. Keren jg ya penyajiannya msh tradisional pake daun pisang

    Dosa di yangon juga ada. Trnyt di yangon juga byk turunan india. Jd makanannya juga msh kentel pengaruh indianya

    Dan itu elang2 nya byk bgt. Kerennn. Biasanya kan merpati yg suka terbang2 ya, atau gagak

    1. Iya, penyajiannya dengan daun pisang memang keren banget. Terasa bedaa!!😀

      Oh, berarti di Yangon banyak orang dari India selatan ya🙂 .

      Iya, yang aku suka dari India adalah dimana-mana banyak banget binatang-binatang yang keren yang di tempat lain jarang terlihat, hehehe🙂 .

  4. oalahhh kamu OCD nya sampe gak bisa makan pake tangan ko? Lucu juga…..padahal makan pake tangan misalnya nasi padang gitu bakalll nikmatt banget lohh…Seru juga yaa ke India..

    1. Iyaa, haha. Kalo makan nasi padang ya pakai sendok garpu doong, haha. Makan pizza aja aku juga pakai garpu dan pisau😛 .

      Iya, India seru banget deh!!

  5. Seporsi dosa untuk sarapan.. Kok gmn gitu bacanya ya Ko :p *masih belum terbiasa*..haha😀 Keren yah si mobil Tempo Traveler. Berasa bener jadi traveler.haha😀

    1. Iya kan Py. Dari sebelum berangkat aku juga sudah nggak sabar menuliskan caption foto atau kalimat seperti itu. Kan terdengar agak-agak lucu gimanaa gitu ya, huhahahaha😆 .

      Iya, mobilnya enak ternyata Py. Gede sehingga bisa muat banyak orang dan banyak barang. Apalagi barangnya bisa ditaruh di atap, hahaha😆 .

        1. Hahaha, iya Py. Berasa banget petualangannya. Yang di Karnataka dan Tamil Nadu ini mending tas-tas di atapnya memang terlihat diikat dengan aman. Nanti di Goa, tasnya ditaroh berdiri di atas atap dan ngikatnya dengan tali kayak nggak niat gitu dong. Waktu itu mikir: “Ini beneran nggak akan kenapa-kenapa gitu ya andaikata mobilnya bermanuver kiri-kanan ala India atau kalau ada jalan rusak?”, haha😆 . Tapi nyatanya juga nggak apa-apa sih😛

  6. Jalan-jalannya keren. Sangat menghibur meski sepenggal-sepenggal ceritanya. Coba kalau di ulas lengkap jadi bagus tapi kasihan kamu pasti capek nulisnya. BTW tangan takut kotor kena makanan padahal kan bisa di cuci kan tangannya. Yah…namanya juga sifat manusia jadi tidak bisa menyalahkan.

    1. Hehe, ini dipotong aja sudah segini panjang posting-nya, apalagi kalau ditulis lengkap jadi satu🙂 .

      Hehe, masalahnya di banyak restoran tidak disediakan tempat cuci tangan yang bersih😉 .

  7. India is food heaven ya. Mengenai makan dengan tangan, aku hanya suka dengan makan dengan tangan cara Indonesia. Nasinya dijumput gitu. Lihat orang India makan dengan tangan, makanannya diraup jadi hilang nafsu makanku.

    Apakah sewaktu disana terasa di salah satu negara terpadat didunia?

    1. Hahaha, iya banget! Kalau harus makan pakai tangan, aku juga masih mending makan dengan tangan ala Indonesia. Di India, yang aku amati, memang nasinya diraup dengan telapak tangan dan kemudian dicampur dengan kuah karinya!! Kata beberapa orang memang begitu sebenarnya cara makan kari (!), supaya bumbu di dalam kuah karinya tercampur dengan nasinya dengan mantap katanya😆 .

      Iya, memang terasa bahwa India adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia. Dimana-mana (terutama di kota-kota, dan tidak harus di kota besar) rasanya ada banyak sekali orang dan ramai sekali…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s